Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole Lembang : Rp40.000-Rp100.000Jam Buka: 09.00-18.00 WIBNo. Telepon: (022) 27612816/0811 222 1284Alamat: Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Orchid Forest Cikole Lembang sudah berdiri sejak Agustus tahun 2017. Tempat ini merupakan taman anggrek terluas di Indonesia. Berada di tengah kawasan hutan lindung dan terbentang seluas 12 hektar. Setidaknya terdapat 157 jenis bunga anggrek beraneka macam dikembangkan di sini.

Orchid Forest Cikole Bandung memfokuskan diri untuk memperkenalkan dan membudidayakan berbagai tanaman anggrek. Menggunakan metode lokal maupun internasional. Spesies Anggreknya tidak hanya berasal dari Indonesia yang memang merupakan negara kedua terbanyak memiliki varian anggrek. Tanaman anggrek di Orchid Forest juga berasal dari negara lain, seperti Venezuela, Argentina, Filipina, Peru, dan Amerika serikat.

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Lembang

Untuk bisa masuk ke Orchid Forest wisatawan cukup membayar biaya tiket masuk yang relatif terjangkau. Harga tiket masuk Orchid Forest Lembang mulai dari Rp40.000.

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Lembang
Tiket Masuk Reguler Domestik Rp40.000
Tiket Masuk Reguler Mancanegara Rp100.000
Asuransi LHI Perhutani Weekday Rp7.500
Asuransi LHI Perhutani Weekend Rp10.000
Putt – Putt Golf Rp10.000
Orchid Castle Rp40.000
Wood Bridge Rp20.000
Horse Ranch Rp50.000
Tiket Parkir Kendaraan
Tiket Parkir Motor Rp5.000
Tiket Parkir Mobil Rp10.000
Parkir Bus Rp50.000

Baca: Dago Dream Park Bandung Tiket Masuk & Aktivitas Seru

Syarat & Ketentuan berkunjung ke Orchid Forest: 

  1.  Orchid Forest hanya menerima pengunjung yang sudah melakukan vaksin. Yaitu dengan menunjukkan bukti vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.
  2. Anak-anak dapat masuk dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker atau face shield. Kemudian untuk Usia 3 tahun ke atas wajib memiliki tiket masuk.
  3. Segala transaksi di area Orchid hanya bisa menggunakan pembayaran non tunai (Kartu Debit dan Kredit semua Bank).
  4. Harga tiket masuk reguler belum termasuk Asuransi Perhutani.
  5. Shuttle Car tersedia gratis untuk mengantarkan pengunjung kembali ke parkir A/B.
  6. Harga tiket masuk reguler sudah mendapat akses ke Orchid House, Rabbit Forest dan  Shuttle gratis.

Jam Buka Orchid Forest

Orchid Forest Cikole Bandung ini buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore. Pada saat akhir pekan pengunjung bisa menikmati suasana malam hari dengan berbagai hiasan lampu.

Jam Buka Orchid Forest Bandung
Senin-Jumat 09.00 – 18.00 WIB
Sabtu-Minggu 08.00 – 19.00 WIB

Wahana & Aktivitas Orchid Forest Bandung

Baca: Cikao Park Purwakarta Tiket Masuk & 6 Aktivitas Wisata Air

Salah satu yang paling khas dari tempat wisata ini yaitu koleksi bunga Anggreknya. Bahkan bunga Anggrek langka yang sulit ditemukan seperti anggrek hitam atau Coelogyne pandurata, anggrek kantong semar atau Paphiopedilum Glaucophyllum dan juga jenis Paraphalaenopsis Laycocky terpajang di sini.

Selain dapat menikmati keindahan beragam bunga anggrek, wisatawan yang berkunjung dapat menikmati indahnya pohon pinus yang berjejer dan hawa yang luar biasa sejuk. Suhu yang dingin ini membuat bunga anggrek tumbuh dengan sangat baik.

Baca: 49 Tempat Wisata Di Bandung Terlengkap

Selanjutnya Tempat wisata Bandung yang satu ini menyediakan berbagai wahana, atraksi, dan aktivitas yang dapat memanjakan wisatawan. Baik itu permainan atau pergelaran. Berikut beberapa hal yang menjadi daya tarik di Orchid Forest Cikole Bandung.

1. Wood Bridge

Suasana Orchid Forest bandung malam hari
Suasana Orchid Forest Bandung malam hari. foto: instagram.com/orchidforestcikole

Jembatan yang bergoyang-goyang ini dibuat dari kayu dan tali tambang berwarna putih. Jembatan ini memanjang kurang lebih sepanjang 50 meter. Ketika malam hari, otomatis lampu-lampu di tempat ini akan menyala karena telah dipasangi sensor cahaya. Seketika suasana menjadi kian romantis di tempat ini.

Untuk bisa menaiki jembatan ini, wisatawan perlu membayar  Rp20.000 per orangnya. (Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari Orchid Forest Cikole Bandung).

Baca: Trans Studio Bandung: Tiket Masuk, Wahana & Studio Seru

2. Kegiatan Outbond

Tak lengkap rasanya jika di tempat sesejuk ini wisatawan tidak mencoba kegiatan outbond. Lokasinya menarik karena berada di ruang terbuka hijau. Ada beberapa wahana yang tersedia yaitu wahana Flying fox, airsoft Gun, high rope, panahan, dan lain-lain yang bisa menjadi pilihan untuk menguji keberanian.

3. Garden Of Light

Selama berada tempat wisata ini tak lengkap rasanya jika wisatawan tidak mengabadikan momen saat berjalan-jalan. Di tempat ini terdapat spot-spot foto menarik yang akan memanjakan mata.

Beberapa di antaranya yaitu terdapat panggung terbuka, rumah pohon, dan rumah kelinci. Di sini wisatawan dapat mengabadikan momen berwisata ke dalam kamera kesayangan.

4. Camping Ground Orchid Forest Cikole

taman romantis orchid forest bandung
Area orchid forest yang begitu romantis dengan pencahayaan yang sangat baik.

Selama new normal, Camping belum beroperasi.

Selanjutnya bagi yang ingin bermalam di Orchid Forest Bandung bisa berkemah di camping Ground. Serunya berkemah di alam terbuka dapat wisatawan rasakan di tempat ini.

Sedangkan biayanya cukup terjangkau mulai dari Rp450.000 untuk empat orang, dan Rp950.000 untuk 9 orang per malamnya. Biaya ini sudah termasuk biaya makan pagi, api unggun, dan jagung bakar.

Baca: 10+ Tempat Wisata Di Lembang Rekomendasi

5. Toko dan Konsultasi

tanaman anggrek orchid forest bandung
Berbagai jenis tanaman anggrek juga bisa dilihat di taman ini.

Selain dapat menikmati keindahan bunga anggrek dan pohon pinus. Wisatawan dapat membeli bunga anggrek yang tersedia. Namun jangan terlalu kaget jika wisatawan harus merogoh dompet cukup dalam untuk bisa memilikinya.

Selain terdapat penjualan bunga anggrek, wisatawan yang sudah menanam anggrek di rumah juga dapat berkonsultasi. Seperti berdiskusi perihal cara merawat bunga anggrek dengan baik, sampai permasalahan bunga anggrek yang sakit atau tidak berkembang dengan benar.

6. Wahana lain

Tidak kalah menarik dari wahana dan fasilitas yang ada di tempat ini, terdapat rumah kaca berbentuk kubah, ada juga spot foto di mana wisatawan bisa langsung memberi makan kelinci. Bagi yang suka berolahraga terdapat tempat untuk tenis meja.

Fasilitas Orchid Forest Cikole

fasilitas restoran dengan berbagai menu
Berbagai fasilitas pendukung seperti restoran juga tersedia di Orchid Forest Cikole. foto: Nikolai Sergeev/google maps

Bagi wisatawan yang enggan berjalan kaki mengitari hutan anggrek yang sangat luas, Orchid Forest Cikole menyediakan mobil golf. Mobil golf ini akan membawa pengunjung berkeliling  ke tempat-tempat indah yang ada di sini. Sedangkan untuk biayanya jangan khawatir. Karena wisatawan tidak perlu membayar biaya lagi untuk menaikinya alias gratis.

Fasilitas lain yaitu tempat di mana terdapat kursi berundak dari kayu yang membentuk tribun stage. Tempat ini bisa juga dijadikan sebagai tempat pagelaran musik dan acara lain yang bertemakan alam, tempat ini disebut teras paphio.

Baca: Grafika Cikole Tiket Masuk & Ragam Aktivitas Wisata Seru

Untuk menambah kenyamanan pengunjung Orchid Forest Cikole juga menyediakan cafe. Pengunjung bisa menikmati berbagai menu makanan tanpa khawatir merasa lapar. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan, parkiran yang cukup luas juga tersedia.

Pengunjung juga bisa menginap di Orchid Forest Bandung. Dengan menyewa fasilitas ground yang tersedia di taman anggrek ini.

Angkutan Umum ke Orchid Forest Cikole

Untuk bisa menjangkau ke taman ini wisatawan bisa menggunakan transportasi umum. Angkutan umum yang bisa digunakan yaitu angkot Ciroyom-Lembang dan berhenti di Jalan Panorama. Namun sangat disayangkan dari titik ini tidak ada kendaraan umum yang bisa digunakan hingga mencapai tujuan. Wisatawan harus rela berjalan sekitar 3 Km menuju Jalan Tangkuban Perahu. Atau bisa juga menggunakan alat transportasi tradisional baik itu secara langsung atau melalui aplikasi ponsel.

Alternatif lainnya adalah menggunakan angkot St.hall – Lembang dan turun di perempatan Lembang, Maribaya, Tangkuban Perahu. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan angkot jurusan Lembang-Cikole. Namun lagi-lagi wisatawan harus melanjutkan dengan berjalan kaki atau membayar lebih jika ingin diantarkan ke tempat tujuan dengan cara negosiasi dengan pengemudi angkot.

Baca: Chinatown Bandung Tiket Masuk & Berbagai Atraksi Wisata Menarik

Alamat & Lokasi Orchid Forest Cikole Lembang

Orchid Forest Bandung berlokasi di alamat Orchid Forest Cikole, Genteng, Cikole, West Bandung Regency, West Java, Indonesia. Kurang lebih 20 kilometer dari kota Bandung.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 99

Berikan Rating

15 KOMENTAR

  1. Persyaratan di atas yang boleh masuk hanya yang sudah vaksin, vaksin di sini maksudnya vaksin ke 2 atau booster, bagaimana dengan anak yang belum vaksin, bisa masuk kah?

    • Menurut informasi yang kami dapat. Pengunjung disarankan sudah vaksin minimal 2 dosis. Sementara untuk anak-anak dapat masuk asal dalam kondisi sehat dan menggunakan masker. Terima Kasih

  2. 1.Apakah bis besar 59 seat bisa masuk ke lokasi Orchid FC?
    2. Apakah di lokasi ada tempat makan/minum? Atau diperbolehkan membawa makanan?
    3. Apakah di lokasi ada space yang luas untuk mengadakan acara/lomba2 untuk 100an orang?
    Terima kasih

    • Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut, dapat langsung menghubungi pihak Orchid Forest Cikole melalui Whatsapp ke nomor 0811 222 1284. Terima Kasih

    • Informasi kunjungan rombongan silakan langsung menghubungi pihak Orchid Forest ke nomor telepon yang tertera di halaman artikel. Terima Kasih

    • Untuk saat ini, Orchid Forest Cikole sudah memperbolehkan pengunjung membawa peliharaan di jalur khusus Petventure, silakan melakukan reservasi dahulu ke nomor Orchid Forest Cikole yang tertera di halaman artikel. Terima Kasih

  3. Untuk rombongan apakah harus reservasi terlebih dahulu atau datang langsung dan untuk pembayarannya apakah tetap menggunakan kartu debit?

    • Untuk kunjungan rombongan silakan menghubungi pihak Orchid Forest melalui telepon ke nomor yang tertera di halaman artikel. Terima Kasih

    • Dari informasi yang kami dapat. Per tanggal 1 Oktober 2021, segala transaksi di Orchid Forest Cikole hanya bisa menggunakan kartu debit dan kartu kredit semua bank. Terima Kasih

    • Menurut informasi yang kami dapat, Anak usia di bawah 2 tahun dapat berkunjung ke Orchid Forest dengan tetap menggunakan masker atau Face shield. Terima Kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini