Orchid Forest Cikole Lembang
Orchid Forest Cikole Lembang

Orchid Forest Cikole Lembang baru dibuka sekitar Agustus tahun 2017. Tempat ini merupakan taman anggrek terluas di Indonesia. Berada di tengah kawasan hutan lindung dan terbentang seluas 12 hektar. Tidak kurang ada 157 jenis bunga anggrek beraneka macam dikembangkan disini.

Orchid Forest Cikole Bandung memfokuskan diri untuk memperkenalkan dan membudidayakan berbagai tanaman anggrek. Menggunakan metode lokal maupun internasional. Tidak hanya berasal dari Indonesia yang merupakan negara kedua terbanyak varian anggrek. Tanaman anggrek di Orchid Forest juga berasal dari negara lain, seperti Venezuela, Argentina, Filipina, Peru, dan Amerika serikat.

Bahkan bunga Anggrek langka yang sulit ditemukan seperti anggrek hitam atau Coelogy pandurata, anggrek kantong semar atau Paphopedilum glaucophyllum dan juga jenis paraphalaenopsis laycocky bisa dilihat di sini.

Selain dapat menikmati keindahan beragam bunga anggrek, wisatawan yang berkunjung dapat menikmati indahnya pohon pinus yang berjejer dan hawa yang luar biasa sejuk. Suhu yang dingin ini membuat bunga anggrek tumbuh dengan sangat baik.

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Lembang

Untuk bisa masuk ke Orchid Forest wistawan dikenakan biaya yang cukup murah. Harga tiket masuk Orchid Forest Lembang ditawarkan mulai dari Rp25.000.

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Lembang
Hari BiasaRp25.000
Peak Season – Hari LiburRp35.000

Baca: Dago Dream Park Bandung Tiket & Aktivitas Seru

Jam Buka Orchid Forest

Orchid Forest Cikole Bandung ini buka setiap hari mulai dari pagi sampai sore. Jam buka dari pukul 09.00 untuk hari biasa dan jam 08.00 pada akhir pekan

Jam Buka Orchid Forest Bandung
Hari Biasa09.00 – 18.00 WIB
Akhir Pekan08.00 – 19.00 WIB

Pada akhir pekan pengunjung bisa menikmati suasana Orchid Forest Cikole malam hari dengan berbagai hiasan lampu.

Wahana & Aktivitas Orchid Forest Bandung

Tempat wisata Bandung yang satu ini menyediakan berbagai wahana, atraksi, dan aktivitas yang dapat memanjakan wisatawan. Baik itu permainan atau pegelaran. Berikut beberapa hal yang menjadi daya tarik di Orchid Forest Cikole Bandung.

Sky Bridge

Suasana Orchid Forest Cikole Lembang malam hari
Suasana Orchid Forest Cikole Lembang malam hari. foto: instagram.com/orchidforestcikole

Jembatan yang bergoyang-goyang ini dibuat dari kayu dan tali tambang berwarna putih. Jembatan ini memanjang kurang lebih sepanjang 50 meter. Ketika malam hari, otomatis lampu-lampu di tempat ini akan menyala karena telah dipasangi sensor cahaya. Seketika suasana menjadi kian romantis di tempat ini.

Untuk bisa menaiki jembatan ini, wistawan diharuskan membayar uang sebanyak Rp15.000 per orangnya. (Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari Orchid Forest Cikole Bandung).

Baca: Trans Studio Bandung Wahana Indoor Terbesar Di Indonesia

Kegiatan Outbond

Tak lengkap rasanya jika di tempat sesejuk ini wisatawan tidak mencoba outbond yang menarik di ruang terbuka hijau. Terdapat Flying fox. airsoft Gun, highrope, panahan, dan lain-lain yang bisa menjadi pilihan untuk menguji keberanian.

Spot Foto

Tak lengkap rasanya jika wisatawan tidak mengabadikan momen saat berjalan-jalan. Di tempat ini terdapat spot-spot foto menarik yang akan memanjakan mata wisatawan. Terdapat panggung terbuka, rumah pohan, dan rumah kelinci. Di tempat-tempat ini, wisatawan dapat mengabadikan momen berwisata ke dalam kamera kesayangan.

Camping Ground

Penginapan di Orchid Forest Bandung bisa berkemah di camping Ground. Serunya berkemah di alam terbuka dapat wisatawan rasakan di tempat ini. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp450.000 untuk empat orang, dan Rp950.000 untuk 9 orang per malamnya. Biaya ini sudah termasuk biaya makan pagi, api unggun, dan jagung bakar.

Toko dan Konsultasi

Selain dapat menikmati keindahan bunga anggrek dan pohon pinus. Wisatawan dapat membeli bunga anggrek yang disediakan, namun jangan terlalu kaget jika wisatawan harus merogoh dompet cukup dalam untuk bisa memilikinya.

Selain terdapat penjualan bunga anggrek, wisatawan yang sudah menanam anggrek di rumah juga dapat berkonsultasi. Seperti berdiskusi perihal cara merawat bunga anggrek dengan baik, sampai permasalahan bunga anggrek yang sakit atau tidak berkembang dengan benar.

Wahana lain

Tidak kalah menarik dari wahana dan fasilitas yang ada di tempat ini, terdapat rumah kaca berbentuk kubah, ada juga spot foto dimana wisatawan bisa langsung memberi makan kelinci. Bagi yang suka berolahraga terdapat tempat untuk tenis meja.

Fasilitas Orchid Forest Cikole

Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Orchid Forest Cikole Bandung:

Bagi wisatawan yang enggan berjalan kaki mengitari hutan anggrek yang sangat luas Orchid Forest Cikole menyediakan mobil golf. Wisatawan dapat menaiki mobil golf ini untuk berkeliling dan diantarkan ke tempat-tempat indah yang ada di sini. Jangan khawatir, wisatawan tidak ditarik biaya lagi untuk menaikinya alias gratis.

Fasilitas lain yaitu tempat dimana terdapat kursi berundak dari kayu yang membentuk tribun stage. Tempat ini bisa juga dijadikan sebagai tempat pagelaran musik dan acara lain yang bertemakan alam, tempat ini disebut teras paphio.

Untuk menambah kenyaman pengunjung Orchid Forest Cikole juga menyediakan cafe. Pengunjung bisa menikmati berbagai menu makanan tanpa khawatir merasa lapar. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan, parkiran yang cukup luas juga tersedia.

Penginjung juga bisa menginap di Orchid Forest Bandung. Dengan menyewa fasilitas ground yang tersedia di teman anggerk ini.

Angkutan Umum

Untuk bisa menjangkau tempat ini, wisatawan bisa menggunakan transportasi umum. Angkutan umum yang bisa digunakan adalah angkot Ciroyom-Lembang dan berhenti di Jalan Panorama. Namun sangat disayangkan dari titik ini tidak ada kendaraan umum yang bisa digunakan hingga mencapai tujuan. Wisatawan harus rela berjalan sekitar 3 km menuju Jalan Tangkuban Perahu atau menggunakan alat transportasi tradisonal baik itu secara langsung atau melalui aplikasi ponsel.

Alternatif lainnya adalah menggunakan angkot St.hall – Lembang dan turun diperempatan Lembang, Maribaya, Tangkuban Perahu. Perjalanan dilanjutkan dengan angkot jurusan Lembang-Cikole, namun lagi-lagi wisatawan harus melanjutkan dengan berjalan kaki atau membayar lebih jika ingin diantarkan ke tempat tujuan dengan cara negosiasi dengan pengemudi angkot.

Alamat & Lokasi Orchid Forest Cikole Lembang

Orchid Forest Cikole Bandung berlokasi di alamat Orchid Forest Cikole, Genteng, Cikole, West Bandung Regency, West Java, Indonesia. Kurang lebih 20 kilometer dari kota Bandung.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,44 - 18 Pembaca
Loading...