Bandungan merupakan salah satu daerah dataran tinggi di Kabupaten Semarang. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Ungaran membuatnya khas dengan hasil kebun. Hasil perkebunan seperti sayuran, buah, dan bunga ini bisa dibeli wisatawan di Pasar Wisata Bandungan.

Berkonsep pasar tradisional, di sini wisatawan akan menemukan beragam hasil bumi sekitar kawasan wisata Bandungan. Selain tentu saja oleh-oleh khas dan berbagai warung kuliner dengan sajian menu tradisional.

Baca: Ayanaz Gedongsongo Tiket & Spot Selfie

Jam Operasional Pasar Wisata Bandungan

Pasar wisata ini buka selama 24 jam. Bahkan, transaksi sudah terjadi sejak malam hari dan memuncak pada dini hari. Karena pada waktu ini, sayur dan bunga masih dalam keadaan segar.

Jam Buka
Setiap hari24 jam

Menjajaki Segarnya Bandungan di Pasar Wisata

Bandungan menjadi tujuan wisata bagi banyak orang, terlebih ketika akhir pekan dan hari libur. Tidak hanya warga Semarang, tapi juga luar Semarang. Seperti Jogja, Solo, dan sekitarnya.

Hawa dingin serta kabut yang turun menjadi teman dalam malam di Bandungan. Suhu di ketinggian 1035 mdpl tak menyurutkan keinginan wisatawan untuk berkelana menjajaki Pasar Wisata. Seolah tak gentar, pedagang dan pembeli pun menambah hangat dan ramai suasana.

Serunya Menyaksikan Hiruk Pikuk Pasar Kembang

Bunga Berselimut Koran yang Siap untuk Dijual. Foto: Gmap/Hadi Siswanto

Pasar Kembang menjadi salah satu pasar wisata di Bandungan. Sesuai dengan namanya, pasar ini menjual berbagai jenis bunga. Aktivitas jual beli sudah dimulai sejak dini hari.

Jika membeli pada pukul 02.30 – 05.00 WIB, harga yang ditawarkan cukup murah. Berbeda ketika sudah pagi, harga akan meningkat, dan akhir pekan menjadi 3 – 5 kali lipat. Sehingga tak heran, jika dini hari menjadi puncak aktivitas jual beli.

Baca: Candi Gedong Songo Tiket & Aktivitas

Bunga krisan, gladiol, sedap malam, melati, aster, mawar, menjadi komoditas utama yang dijual. Bunga ini ada yang dijual per ikat dan ada pula yang per tangkai. Biasanya, bunga diselimuti dengan koran supaya tidak rusak dan tetap segar.

Kebun Bunga Bandungan

jejeran bunga-bunga di salah satu kios pasar wisata bandungan
Ada juga bunga yang dijual dengan pot. Foto: Gmap/Yanti Bahar

Bunga – bunga yang dijual di Pasar Kembang berasal dari kebun bunga milik warga. Banyak warga Bandungan yang berkebun menanam bunga. Bunga ini sengaja tidak dipanen bersamaan supaya dapat dipanen secara berkala.

Bau semerbak wangi bunga menemani langkah menuju Pasar Wisata. Apalagi, pengunjung mencium aroma tersebut kala pagi hari. Dimana udara masih sangat dingin dan sejuk.

Baca: Taman Bunga Celosia Tiket & Aktivitas

Bunga – bunga ini dibudidayakan di kebun yang terbuat seperti rumah kaca. Dimana kanan kirinya ditutup dengan plastik bening. Pada bagian atas juga ditutup jaring, supaya terlindung namun tetap mendapat sinar matahari.

Berburu Sayur di Sub Terminal Agribisnis Jetis

berbagai sayur dan buah
Penjaja Sayuran di Pasar Wisata Bandungan. Foto: Gmap/Tsuwen Wang

Selain bunga, tentu yang menjadi komoditas utama di Bandungan adalah sayuran. Wisatawan dapat mengunjungi Sub Terminal Agribisnis Jetis, karena ini merupakan pusat pasar sayuran. Warga lebih mengenal pasar ini sebagai Pasar Ngasem.

Pasar Ngasem menjadi pusat sayuran segar yang diambil langsung dari petani. Tak heran, banyak pedagang besar yang berbelanja grosir di sini untuk dijual kembali. Harganya pun tentu saja jauh lebih murah daripada di pasar lainnya.

Aktivitas jual beli sayuran sudah dimulai sejak malam hari. Pasar pun terbilang lebih luas, dan tidak menimbulkan macet di jalanan. Inilah mengapa, banyak pedagang dari luar Kabupaten Semarang yang juga senang berbelanja di sini.

Menyambut Pagi di Ketinggian Ribuan Meter

Kala fajar menyingsing, tampak pemandangan indah di ufuk timur. Warna oranye yang berpendar menyapu kabut yang menyelimuti malam. Mentari meski malu – malu, mulai menampakkan keanggunannya dan menghangatkan bumi.

Dari ketinggian ini, terlihat bukit – bukit kecil berhimpitan dengan berselimut kabut tipis. Pembatas daratan dan perairan yang meliuk – liuk di Rawa Pening pun tampak sangat elok.

Hewan – hewan yang terlelap di kala malam pun mulai terbangun. Turut menyambut datangnya pagi.

Lokasi Pasar Wisata Bandungan

Pasar Wisata ini terletak di Jalan Ngasem, Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasinya sangat mudah dijangkau dan dilalui kendaraan.