Kekuasaan kerajaan pada masa lalu tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia. Tak terkecuali dengan Semarang, ibu kota dari Jawa Tengah. Terdapatlah kompleks candi peninggalan agama hindu yang bernama Candi Gedong Songo.

Terletak di kaki Gunung Ungaran, membuat kompleks candi ini begitu unik. Selain keindahan alam dan kemegahan bangunan candi, di sini juga wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas seru.

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Untuk masuk ke kawasan Candi Gedong Songo, pengunjung dikenakan tarif masuk yang murah. Namun, tarif masuk antara wisatawan domestik dan mancanegara dibedakan. Karena menanjak, pengunjung juga dapat mendaki menggunakan kuda dengan tarif berbeda per candi.

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo
Wisatawan DomestikRp10.000
Tarif Naik Kuda
Candi IRp30.000
Candi IIRp60.000
Candi IIIRp70.000
Sumber Air PanasRp80.000
Paket Candi 9Rp90.000

Baca: SALOKA PARK Semarang Tiket & Wahana

Jam Buka Candi Gedong Songo

Wisatawan dapat berkunjung ke objek wisata ini setiap hari. Candi sudah di buka mulai pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari06.30 – 18.00

Aktivitas Wisata Di Candi Gedong Songo

Keindahan alam dan arsitektur candi merupakan daya tarik utama tempat wisata ini. Lokasinya yang berlatarkan Gunung Ungaran menjadikan tempat ini sangat eksotik untuk dikunjungi. Selain itu berbagai kegiatan wisata bisa dilakukan berikut beberapa diantaranya.

Keindahan Kawasan Candi

Keindahan alam dan candi
Perpaduan keindahan alam pegunungan Ungaran dan keunikan arsitektur candi menjadi daya tarik utama objek wisata ini. Foto: Google Maps/ Masrur Shofian

Kompleks Candi Gedong Songo terletak di kaki Gunung Ungaran. Yaitu pada ketinggian 1.200 mdpl. Tak heran, suhu di sini sangat sejuk, yaitu berkisar diantara 19 – 27 derajat celcius.

Pengunjung dapat menaiki candi mulai dari Candi I hingga seterusnya. Setiap candi menawarkan pemandangan yang berbeda – beda. Semakin tinggi, pemandangan akan semakin indah, ditambah kabut tipis yang menyelimuti.

Baca: Kampung Pelangi Semarang Tiket & Keindahan

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan lingkungan yang hijau. Pepohonan tinggi berjajar membentuk barisan rapi. Pelatarannya pun ditumbuhi rumput segar serta bunga warna – warni yang menghiasi semak.

Mitos Candi Gedong Songo

Tidak ada yang benar – benar mengetahui jumlah candi di Gedong Songo. Foto: Gmap/dewo.s ariyanto

Jika dilihat dari namanya, “Songo” berarti “sembilan” dalam Bahasa Jawa. Namun ternyata, candi yang ada di objek wisata ini tidak berjumlah tepat sembilan. Jumlah pastinya tidak ada yang mengetahui.

Hal ini dikarenakan, candi peninggalan Wangsa Syailendra ini lokasinya tidak berurutan. Antara Candi 1 hingga 9 tidak berada berurutan, namun berpencar. Ada pengunjung yang menghitung jumlahnya 7 candi, ada juga yang 8 candi.

Baca: Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang Tiket & Aktivitas

Jika ada yang menghitung berjumlah 9 candi, dikatakan akan mendapatkan keberuntungan. Terlepas dari itu semua, objek wisata ini ternyata mempunyai bio energi. Bahkan, bio energi ini lebih baik daripada di Tibet, Cina.

Berkuda Mengelilingi Candi

berkeliling naik kuda di kawasan candi
Berkeliling kawasan candi dengan menunggang kuda. Foto: Google Maps/xuehang shi

Tantangan berwisata di Gedong Songo adalah tanjakan di setiap candinya. Pengunjung dapat mengunjungi semua candi yang ada dengan berjalan. Tentunya, akan sangat melelahkan, apalagi tidak terbiasa dengan mendaki.

Alternatif lain bagi pengunjung yang ingin mendaki tanpa berjalan adalah dengan naik kuda. Di pintu masuk area candi, pengunjung akan ditawari persewaan kuda. Pengunjung pun dapat memilih paket candi yang akan dikunjungi.

Di candi yang berada lebih tinggi, pengunjung juga akan menemukan jajaran penjual makanan. Jadi, tidak perlu khawatir kelaparan ketika berada di atas sini.

Pemandian Air Panas

Pemandian air panas candi gedong songo
Nikmati juga kesegaran di kolam rendam air panas di sekitar area candi gedong songo. Foto: Google Maps/Masrur Shofian

Di sekitar kawasan candi juga terdapat pemandian air panas. Ketika menuju candi IV dan V, pengunjung akan menemui sumber mata air. Sumber mata air ini mengandung belerang yang asapnya mengepul tebal.

Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wilayah tersebut. Banyak wisatawan yang berfoto di spot asap mengepul ini. Bahkan, mereka seolah lebih tertarik berfoto daripada menikmati hangatnya sumber mata air ini.

Spot Foto Kekinian di Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo. Foto: Gmap/yudhistira dwi putra

Tak jauh dari Candi I, terdapat spot khusus berfoto bernama Ayanaz Gedong Songo. Seolah bertolak belakang dari kekhasan sejarah Gedong Songo, Ayanaz justru tampil sebaliknya. Tampil sebagai objek wisata yang menawarkan spot kekinian dan menarik.

Kebanyakan, tujuan utama pengunjung yang datang ke Ayanaz adalah berfoto ria. Ada banyak sekali spot yang ditawarkan. Mulai dari spot rumah iglo, balon udara, hingga tempat duduk di atas air.

Baca: Ayanaz Gedong Songo Tiket & Spot Foto Keren

Fasilitas

Objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas yang dapat dikatakan lengkap. Lahan parkir yang luas dan dibedakan mobil dengan motor. Jajaran warung, toilet, mushola, serta toko souvenir di jalan menuju pintu keluar.

Lokasi Candi Gedong Songo

Objek wisata ini terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Dari pusat kota semarang berjarak kurang lebih 1 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,33 / 3 pembaca