Beranda Destinasi Pilihan

7 Tempat Wisata di Puncak Bernuansa Alam Memukau

0

Kawasan Puncak merupakan wisata pegunungan yang populer sebagai destinasi wisata terutama bagi warga Jakarta dan Jawa Barat. Lokasinya berada di dataran tinggi, kawasan wisata Puncak terkenal akan kesejukan udaranya yang segar dan alami.

Sebagian besar kawasannya merupakan perkebunan teh yang hijau menghampar luas. Wisatawan juga akan dapat menikmati sajian pemandangan yang indah berselimut kabut. Bagi yang ingin ke puncak berikut 7 tempat wisata di puncak dengan nuansa alam memukau.

1. Masjid At Ta’awun Puncak

Masjid Attaawun di kawasan Wisata Puncak dengan arsitektur khas dikelilingi area hijau dan taman.
Masjid Attaawun di kawasan Wisata Puncak dengan arsitektur khas dikelilingi area hijau dan taman. Foto: Instagram/alivikry

Berada di tepi jalan raya Puncak, Masjid At Ta’awun menjadi salah satu ikon wisata Puncak. Bukan hanya sebagai tempat beribadah, namun lokasi ini juga merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan.

Bangunannya megah dengan arsitektur yang khas dan sederhana. Interior Masjid At Ta’awun memiliki aksen kayu yang indah. Kemudian setelah memasuki area parkir, wisatawan bisa langsung naik dan memasuki bangunan dengan kubah yang khas tersebut.

Masjid ikonik ini dikelilingi oleh ruang hijau dengan aliran sungai gemercik dan taman bunga. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati pemandangan dari areanya ditemani sajian kuliner di pujasera.

2. Agrowisata Gunung Mas

Menjelajah perkebunan teh dengn berkuda di Agrowisata Gunung Mas Puncak
Menjelajah perkebunan teh dengn berkuda di Agrowisata Gunung Mas Puncak. Foto: Instagram/anandhamilmil

Agrowisata Gunung Mas berada di tengah hamparan luas perkebunan teh yang menghijau. Lokasinya sekitar 3 kilometer sebelum Masjid At Ta’awun. Sejak memasuki areanya, wisatawan akan langsung disuguhkan dengan lanskap alami yang memukau.

Wisatawan bisa menikmati pesona tur keliling perkebunannya yang sejuk sekaligus merasakan sensasi menunggang kuda. Bagi wisatawan dengan anak-anak dan keluarga, dapat juga mencoba wahana ATV yang tersedia.

Agrowisata ini memang cocok sebagai tempat bersantai menikmati udara sejuk berkabut bersama keluarga. Bukan hanya menikmati keindahan perkebunannya, wisatawan juga bisa menikmati seduhan tehnya. Wisatawan cukup menukarkan barcode di tiket masuk dengan teh gratis di kafe tea corner yang tersedia.

3. Talaga Saat Puncak

Bersantai menikmati pemandangan Talaga Saat Puncak yang dikelilingi perbukitan.
Bersantai menikmati pemandangan Talaga Saat Puncak yang dikelilingi perbukitan. Foto: Instagram/stsumiati21_

Selama berwisata di puncak Talaga Saat merupakan salah satu yang cukup populer di media sosial. Sajian latar danau dan perbukitan hijau yang mengelilinginya begitu memukau.

Suasana yang disuguhkan pun alami sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai ketenangan. Suhu udara areanya cenderung dingin dengan sejuknya angin khas pegunungan.

Danau ini berada di jalur pendakian yang melintasi perkebunan teh dan lereng hutan. Kabut tipis sering kali turun menyelimuti kawasan danau dan pegunungannya.

4. Taman Safari Cisarua

berkeliling taman safari bogor menggunakan mobil
Wisatawan bisa berkeliling taman safari menggunakan mobil untuk melihat langsung hewan-hewan seperti di habitat aslinya. Foto: Google Maps/yenti yenti

Taman Safari sejak dahulu menjadi ikon lainnya dari kawasan wisata Puncak. Destinasi wisata ini menawarkan sensasi petualangan alam liar dengan satwa yang lepas liar. Wisatawan harus menggunakan kendaraan roda empat untuk dapat melintasi areanya.

Dari dalam kendaraan pribadi maupun bus, wisatawan dapat melihat lebih dekat binatang-binatang yang ada. Wisatawan dapat melihat kehidupan aneka hewan di alam liar, seperti harimau, singa, atau kuda nil. Selain itu Taman Safari menawarkan pula sensasi petualangan Safari Siang, Safari Malam, serta trek dan outbond.

Di samping sensasi petualangan yang mendebarkan, Taman Safari memiliki berbagai wahana lainnya. Seperti permainan anak-anak, pertunjukan teater, hingga air terjun. Taman Safari juga dilengkapi dengan restoran, resort dan hotel di areanya.

5. Kebun Raya Cibodas

penginapan di kebun raya cibodas
Pengunjung juga bisa menginap di kebun raya. Terdapat beberapa pilihan guest house yang bisa disewa ke pengelola. foto:

Kebun Raya Cibodas memiliki konsep wisata alam, konservasi, edukasi, penelitian, hingga jasa lingkungan. Destinasi ini memberikan juga virtual tur, tour de kebun, maupun kelas edukasi.

Sejak era tahun 1970-an, destinasi wisata Kebun Raya Cibodas sudah populer di kalangan wisatawan. Wisatawan dapat berkemah dan melakukan aktivitas trekking menjelajahi area ini. Berbagai aktivitas outbond yang seru dan menyenangkan juga ditawarkan di sini.

Semakin menarik, kini Kebun Raya Cibodas mempercantik diri dengan Taman Sakura. Taman ini menyajikan area yang ditumbuhi pepohonan bunga sakura. Wisatawan dapat menikmati suasana dan keindahan Sakura ala Jepang tanpa harus datang ke negara asalnya.

Spot menarik lainnya pun tersaji, seperti Taman Rodhodendron, Taman Lumut, Taman Liana, serta Rumah Kaca.

6. Taman Bunga Nusantara

Aneka warna koleksi tanaman tematik di Taman Bunga Nusantara Puncak.
Aneka warna koleksi tanaman tematik di Taman Bunga Nusantara Puncak. Foto: Instagram/aziss_abdul

Sejak 1992, Taman Bunga Nusantara menjadi taman tematik yang pertama di Indonesia. Dengan koleksinya setidaknya 2000 spesies tumbuhan dan bunga yang akan membuat wisatawan berdecap kagum.

Taman bunga ini memiliki sejumlah spot yang terinspirasi dari berbagai penjuru dunia. Masing-masing bunga dan tanaman yang dibudidayakan disesuaikan dengan tempat asalnya.

Area taman bunganya pun terbagi sesuai tema, lengkap dengan ornamen dan bangunannya. Tanaman dan bunga yang tumbuh di dalamnya pun disesuaikan dengan habitat asal. Antara lain Jepang, Timur Tengah, Perancis, dan juga dari nusantara seperti Bali.

7. Little Venice Kota Bunga

Sesuai namanya Little Venice Kota Bunga berkonsep ala Venice, Italia. Destinasi ini memiliki daya tarik kanal-kanal yang berada di antara resor serta vila yang antik. Suasanya pun sejuk khas kawasan Puncak dengan latar pegunungan.

Wisatawan bisa naik perahu mengarungi kanal-kanalnya layaknya berwisata di Italia. Trek susur kanal akan berakhir pada sebuah danau yang sejuk. Kemudian di danau tersebut, wisatawan bisa naik perahu naga, sepeda air, dan berbagai wahana lainnya.

Di dalam areanya memiliki banyak spot foto instgrammable. Taman dan ornamen patung bertebaran di dalam areanya. Bangunan ala Eropa dan latar perairan danau pun mempercantik tampilan area ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini