Beranda Tiket Wisata

TELAGA SAAT Puncak Tiket & Aktivitas - Juli 2021

Telaga Saat Harga Tiket: Rp10.000 - Rp25.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No Telp: - Alamat: Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16750.

Telaga Saat seringkali disebut sebagai keindahan tersembunyi di Puncak, Bogor. Telaga wisata ini memang belum terlalu populer di kalangan wisatawan. Kebanyakan lebih mengenal Telaga Warna sebagai tujuan rekreasi danau di kawasan Puncak.

Padahal, danau seluas 1,5 hektar ini merupakan titik 0 Sungai Ciliwung. Dari sinilah sumber aliran sungai itu berasal. Lokasinya berada di kaki Gunung Kencana yang sejuk dan asri. Perkebunan teh yang mengelilinginya semakin menambah pesona danau alami ini.

Tiket Masuk Telaga Saat

Untuk memasuki kawasan Telaga Saat, pengunjung perlu membayar tiket masuk perkebunan teh. Memang harga tiketnya masih terjangkau. Harganya belum termasuk biaya parkir kendaraan. Wahana rakit dan fasilitas area berkemah dikenai tarif berbeda.

Tiket Masuk
Tiket Masuk Perkebunan TehRp25.000
Tiket Masuk Telaga SaatRp10.000
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000
Jasa FotoRp5.000
Rakit Keliling (max. 6 orang)Rp100.000
Camping Wisata Javana SehatRp30.000

Baca Juga: 14 Tempat Wisata Terbaik di Puncak Bogor

Jam Buka

Telaga Saat dapat buka setiap hari mulai pagi hingga sore. Udaranya tetap sejuk bahkan di siang hari. Pengunjung tidak perlu khawatir cuaca panas apabila datang kemari di siang hari sekalipun

Jam Operasional
Setiap Hari07.00 – 17.00 WIB

Keelokan Bentang Alam Telaga Saat

Panorama Telaga Saat
Destinasi wisata danau alami di kawasan Puncak yang berada di tengah perkebunan teh dan dikelilingi pegunungan – Foto: Google Maps/Daffa Nur Dzaky

Jika ingin mencari suasana yang berbeda dari biasanya, spot wisata alam di puncak selalu jadi incaran. Salah satu tempat yang belum banyak diketahui yaitu Telaga Saat. Danau ini berada di Desa Tugu Utara, Cisarua.

Telaga ini menawarkan suasana danau alami di tengah perkebunan teh. Telaga ini juga dikelilingi perbukitan yang menyegarkan mata. Berwisata di sini memang pas untuk yang sedang mencari ketenangan alam.

Baca Juga: TELAGA PELANGI PAYANG Tiket & 10 Wahana Seru

Perkebunan Teh Telaga Saat

Perkebunan teh Perhutani
Area perkebunan teh di sekitar danau yang menambah keasrian suasana – Foto: Google Maps/Ade Ruhiyat

Lokasi danau ini sebenarnya tidak terlalu tersembunyi. Hanya saja tempat wisata ini memang baru terbuka untuk umum pada tahun 2018. Situasinya masih relatif lebih sepi dibandingkan tetangga jauhnya, Telaga Warna. Meskipun begitu sajian panoramanya tak kalah indahnya.

Telaga ini berada di tengah area perkebunan teh milik Perhutani. Untuk mengunjunginya, wisatawan perlu melintasi jalan makadam yang berbatu di antara kebun teh. Sedangkan jalan beraspal baru ada ketika memasuki area danau.

Baca Juga: CIMORY RIVERSIDE Puncak Bogor Tiket & Aktivitas

Pesona Telaga Saat

Pemandangan di sekitar danau
Permukaan danau yang jernih memantulkan citra langit dan perbukitan yang ada di sekitar danau. Foto: Google Maps/anwar Ksw

Telaga Saat adalah danau alami dengan luas setidaknya 1,5 hektar. Danau dangkal ini merupakan titik 0 kilometer Ciliwung alias hulu sungai. Dari danau ini, air mengalir ke kali-kali yang nantinya bertemu di sebuah sungai. Sungai inilah yang mengalir terus hingga ke Jakarta.

Sebagai hulu sungai, kondisinya tentu jauh berbeda dari hilirnya. Jika Ciliwung punya pamor sebagai tempat sampah raksasa maka danau ini adalah kebalikannya. Airnya jernih, dingin, dan bersih. Pemandangan yang sungguh menyegarkan mata maupun pikiran.

Bahkan saking jernihnya permukaan ari telaga memantulkan bayangan pepohonan di sekitarnya. Pemandangan cantik ini berselimut udara dataran tinggi yang bersih dan sejuk. Siapapun tentu betah untuk berlama-lama menatap keindahannya.

Baca Juga: Kebun Teh Puncak Gunung Mas Tiket & Aktivitas

Ragam Aktivitas Rekreasi

Pengunjung duduk menikmati suasana danau telaga saat
Suasana danau yang tenang dan udara yang bersih sangat layak jadi tempat rekreasi yang menenangkan hati – Foto: Google Maps/Cipta Abdussalam

Selama berada di kawasan telaga berbagai aktivitas tersedia bagi wisatawan. Salah satunya tracking keliling danau. Wisatawan juga bisa memanfaatkannya sebagai arena lari atau bersepeda santai.

Piknik adalah kegiatan rekreasi lainnya yang bisa dilakukan di tempat ini. Pengunjung boleh membawa perlengkapan pikniknya sendiri dari rumah. Jika kurang makanan, di sini sudah tersedia warung makan. Menunya sederhana, seperti mi instan hangat dan gorengan.

Telaga Saat juga menyediakan wahana rakit. Rakit ini dapat menampung maksimal enam orang penumpang. Menumpangi rakit wisatawan akan diajak berkeliling menyusuri setiap sudut danau.

Jangan lupa abadikan foto terbaik di tulisan ‘0 Kilometer Ciliwung’-nya. Jika tidak mau ribet, tersedia juga jasa foto dengan tarif terjangkau bagi yang ingin mendapatkan hasil jepretan yang lebih oke. Bahkan danau ini sering menjadi lokasi pengambilan foto pre-wedding yang romantis, lho.

Baca Juga: THE RANCH Puncak Tiket & Aktivitas

Camping Telaga Saat

Tenda didirikan di dalam saung di perkebunan teh sekitar telaga saat
Suasana malam di area berkemah Wisata Javana Sehat – Foto: Google Maps/aviessena akbar

Di sekitar danau, terdapat sarana gazebo untuk istirahat. Sehingga wisatawan bisa berlama-lama menikmati panorama danau di sini. Pemandangan sunset di sini adalah momen yang terlalu sayang jika terlewat.

Sayangnya, tidak ada penginapan di dekat sini. Kegiatan berkemah pun tidak diizinkan. Namun jangan khawatir, wisatawan tetap bisa bermalam di dekat danau.

Karena di sisi selatan, terdapat campground Wisata Javana Sehat. Area ini memiliki fasilitas toilet untuk mendukung acara berkemah. Tempatnya bersih dan tentunya sejuk. Pengunjung tinggal membawa perlengkapan berkemah sendiri dari rumah.

Baca Juga: MANDALAWANGI Cibodas Tiket & Aktivitas

Fasilitas

Sarana pendukung yang tersedia di Telaga Saat adalah area parkir, toilet, gazebo, dan warung makan. Tempat wisata ini tidak memiliki sarana musala. Fasilitas lainnya yaitu sewa rakit dan jasa foto. Campground tersedia di Wisata Javana Sehat dan terpisah dari area danau.

Lokasi Telaga Saat

Danau dengan panorama memukau ini terletak di kawasan Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Gerbang masuknya berada dekat tempat wisata Melrimba Garden. Dari gerbang, pilih jalan ke kiri dan lurus terus ke utara. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kampung Agrowisata Kopi Cibulao.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 4 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini