HUTAN PINUS BOGOR : Ini 7 Destinasi Terbaik

Memiliki banyak wilayah dataran tinggi, Bogor menyimpan pesona wisata alam yang tak pernah membosankan. Tak terkecuali kawasan hutan Pinus dengan daya tarik nuansa alami dan segarnya oksigen alami. Akses yang mudah dengan jarak yang tak jauh dari pusat kota turut menjadi nilai tambah. Berikut 7 destinasi wisata hutan Pinus di Bogor yang dapat menjadi pilihan:

1. Hutan Pinus Sentul Bogor

Taman Wisata Alam Gunung Pancara Bogor.
Taman Wisata Alam Gunung Pancara Bogor. Foto: GMap/Haerudin Herry

Berlokasi di Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, wisata alam Gunung Pancar memang cukup populer. Lokasinya tak jauh dari jalan utama, tak mengherankan jika destinasi ini tak pernah sepi pengujung. Sementara kawasannya masih termasuk area konservasi juga terkenal sebagai Hutan Pinus Sentul. Dengan vegetasi pepohonan Pinus di area perbukitannya memiliki udara segar serta aroma khas pohon Pinus.

Wisata Alam Gunung Pancar cocok sebagai lokasi rekreasi bersama rekan dan keluarga. Dari ketinggian 800 Mdpl, tersaji pemandangan perpaduan panorama hutan Pinus dengan aliran sungai di bawahnya. Kemudian berbagai aktivitas seperti menarik hiking, hammocking, bersepeda, outbond hingga berkemah menjadi favorit di area ini. Tak ketinggalan berbagai area foto menarik pun bertebaran di areanya dengan latar hutan Pinus yang dramatis.

Baca: 7 Destinasi Wisata Curug Terbaik di Bogor

2. Panorama Pabangbon Wisata Di Tengah Sejuknya Hutan Pinus Bogor

Wisata Panorama Pabangbon di tengah sejuknya hutan pinus bogor
Wisata Panorama Pabangbon Bogor. Foto: GMap/Larasati Tri Utami

Wisata Panorama Pabangbon menyajikan panorama alam Bogor dari dataran tinggi Kecamatan Leuwiliang. Keindahan pepohonan hijau berlatar pegunungan bahkan sudah terlihat sejak memasuki gerbang kawasannya. Areanya berada di antara kokohnya jajaran hutan Pinus dengan suasana yang menyejukkan. Sementara udaranya yang bersih membuat segar pikiran sekaligus baik bagi kesehatan paru-paru.

Lokasi wisata Panorama Pabangbon menawarkan banyak wahana menarik berlatar bentang alam yang menghijau. Terdapat wahana sarang burung, jembatan cinta, ayunan ekstrem, gardu pandang, hingga ayunan hammock. Berbagai wahana dengan standar keamanan tinggi misalnya sepeda layang pun dapat ditemukan. Kemudian keberadaan tree house cukup ikonik, sebuah rumah pohon dengan jembatan panjang yang terapit pepohonan Pinus.

Baca: 7 Destinasi Wisata Gunung Terbaik di Bogor

Wisata Populer Bogor

3. Ranggon Hills

Ayunan Ranggon Hills berlatar perbukitan hutan pinus bogor
Mencoba wahana pemacu adrenalin di ketinggian alam Ranggon Hills Bogor. Foto: GMap/Ranggon Hills

Ranggon Hills menawarkan panorama alam terbuka dengan hamparan hutan lebat yang dibingkai area perbukitan hijau. Lokasinya berada di tengah kawasan hutan Pinus dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor. Jajaran Pinus yang menjulang tinggi menghasilkan udara yang sejuk menyegarkan dengan suhu relatif dingin.

Potensi wisata alam dataran tinggi ini berkolaborasi dengan ragam atraksi menarik. Berbagai wahana swa-foto unik berlatar alam menjadi salah satu magnet. Beberapa di antaranya cukup menantang nyali, seperti sepeda gantung, jembatan gantung, hingga flying jumping. Sedangkan untuk sensasi bermalam di tengah nuansa alami, bisa memilih menginap di area perkemahan atau penginapan.

Baca: 7 Tempat Wisata Bernuansa Alam Bogor

4. Penangkaran Elang Loji

Kawasan wisata Penangkaran Elang Loji Bogor.
Kawasan wisata Penangkaran Elang Loji Bogor. Foto: GMap/sandalkuilang

Wisata kawasan Penangkaran Elang Loji berada di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Lokasinya yang berada di tengah hutan Pinus merupakan tempat singgah sebelum elang dilepas-liarkan. Sebelumnya, satwa perlambang kekuatan ini berada dalam Kandang Transit, Kandang Rehabilitasi, serta Kandang Display. Namun hanya kandang display atau sanctuary saja yang diperbolehkan dilihat wisatawan dalam jarak lebih dekat.

Selama perjalanan menuju lokasi wisatawan akan menempuh jalur treking dengan medan yang menanjak. Melewati rimbunnya pepohonan rindang menemani di sepanjang jalan sebelum akhirnya tiba di area hutan Pinus. Di sini, wisatawan dapat mendirikan tenda untuk bermalam di tengah pepohonan Pinus. Selain itu, wisatawan dapat mengunjungi Curug Cibadak yang memiliki ketinggian hingga 40 meter.

Melihat secara langsung Burung Elang, wisatawan diajak menelisik seluk-beluk kehidupannya dan proses rehabilitasi oleh petugas. Selain itu wisatawan dapat menjelajah termasuk mengakses jembatan gantung kayu dengan jaring-jaring di kedua sisinya.

Baca: TAMAN SAFARI Bogor Tiket & Atraksi Seru

5. Kesejukan alami Hutan Pinus Bogor di Taman Sukawangi Highland

Sudut taman dengan hamparan rumput di Taman Sukawangi Haighland Bogor.
Sudut taman dengan hamparan rumput di Taman Sukawangi Haighland Bogor. Foto: GMap/andy miranto

Taman Sukawangi Highland menawarkan kawasan yang memadukan keindahan taman dan lahan perkemahan dengan suasana pegunungan. Nuansa alami khas Bogor masih sangat terasa karena lokasinya berada di perbukitan area Sukamakmur. Sementara areanya berdiri di tengah lebatnya kawasan hutan pinus. Dengan akses jalan yang sudah cukup baik.

Memasuki areanya, wisatawan disambut dengan jejeran pohon Pinus yang menyajikan kesegaran alami. Kemudian kawasan tamannya tertata apik dengan padang rumput hijau. Ditambah dengan balutan lebatnya pepohonan dan pemandangan perbukitan ikut menyemarakkan suasana.

Selain itu tersedia Area camping ground yang berada di hamparan rumput hijau. Dengan kapasitas hingga 100 tenda. Bermalam di Taman Sukawangi Highland, wisatawan akan disajikan keindahan pegunungan yang tinggi menjulang.

Selain perkemahan, terdapat pilihan penginapan lain seperti vila bambu maupun vila permanen. Wisatawan juga dapat melakukan aktivitas treking melalui jalur bukit dan melewati aliran sungainya. Selanjutnya tak jauh dari kawasannya, terdapat Curug Arca, sebuah air terjun alami.

Baca: 7 Tempat Wisata di Puncak Bernuansa Alam Memukau

6. Jajar Gunung Kinayungan

Jajar Gunung Kinayungan Bogor.
Jajar Gunung Kinayungan Bogor. Foto: GMap/Wahyu Hidayat

Jajar Gunung Kinayungan hadir sebagai salah satu destinasi wisata alam di dataran tinggi Sukamakmur, Bogor. Lokasinya berada di tengah hutan Pinus yang teduh. Bahkan tak jarang kabut acapkali turun dan menyelimuti.

Di tengah kawasan yang sejuk ini tersedia lahan untuk kegiatan berkemah. Selain itu bisa juga memilih aktivitas treking maupun bersepeda bersama komunitas.

Sedangkan untuk pemandangan tak perlu diragukan lagi. Karena dari ketinggian 1500 Mdpl terlihat jelas bentang alam hijaunya perbukitan dan pegunungan. Salah satu yang paling ikonik adalah pemandangan Gunung Batu Jonggol dengan bentuknya yang khas.

Untuk memudahkan pada saat menikmati pemandangan terdapat berbagai gardu pandang tematik. Sedangkan di malam hari panorama hamparan pemukimannya menyajikan taburan gemerlap cahaya lampu dengan langit bertabur bintang.

Baca: 8 Tempat Wisata Bogor Unggulan

7. Bukit Pinus Paseban Camp

Bukit Pinus Paseban Camp Bogor.
Bukit Pinus Paseban Camp Bogor. Foto: GMap/Adhiari Subekti

Suhu dingin dan selimut kabut justru menjadi daya tarik dari Bukit Pinus Paseban Camp. Berlokasi di Megamendung, Bogor menghadirkan salah satu hutan Pinus dengan fasilitas staycation.

Bukit Pinus Paseban menawarkan wisata berbasis petualangan untuk menyusuri sungai dan mendaki puncak. Lokasinya tak jauh dari Curug Cibulao. Sementara areanya berada di Gunung Gedoan serta telah berdiri sejak tahun 2000-an.

Selain itu destinasi wisata ini juga menawarkan camping ground dengan pilihan berkemah maupun pondok ala rumah pohon. Berbagai fasilitas pendukung untuk kebutuhan menginap bagi wisatawan pun telah disediakan dalam areanya.

Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *