Kebun Raya CibodasHarga Tiket: Rp15.500-Rp25.500Jam Buka: 08.00-16.00 WIBNo Telp: 0263 - 2953070/0812 - 2466 - 7108Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan,, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43253

Kebun Raya Cibodas Bogor merupakan UPT balai Konservasi tumbuhan Kebun raya Cibodas di bawah pusat konservasi Kebun Raya Bogor. Lokasinya berada di antara gunung Gede dan Pangrango di ketinggian 1425 di atas permukaan laut. Areanya sejuk menempati lahan setidaknya seluas 85 Ha.

Selain sebagai balai konservasi, Kebun Raya ini juga membuka diri untuk melayani masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Banyak layanan yang ditawarkan kepada masyarakat diantaranya pendidikan Lingkungan dan penelitian. Namun, Kebun Raya ini juga menjadi destinasi wisata karena kesejukan dan keindahan pemandangannya.

Harga Tiket Kebun Raya Cibodas

Pengunjung yang ingin datang dan berekreasi di kebun raya ini akan dikenakan biaya tiket yang cukup murah.

Harga Tiket Kebun Raya Cibodas
Harga Tiket Masuk Domestik & Mancanegara WeekdayRp15.500
Harga Tiket Masuk Domestik & Mancanegara WeekendRp25.500
Tiket Masuk Sepeda WeekdayRp15.000
Tiket Masuk Sepeda WeekendRp20.000
Tiket Kendaraan
Tiket MobilRp35.000
Tiket MotorRp5.000

Syarat dan ketentuan masuk Kebun Raya Cibodas selama PPKM berlangsung: 

  • Pengunjung wajib menunjukan surat vaksin minimal dosis pertama atau swab Antigen dengan hasil Negatif.
  • Pengunjung wajib menggunakan masker & membawa hand sanitizer.
  • Pengunjung yang memiliki suhu badan di atas 37.3 derajat, tidak diperkenankan masuk ke dalam Kebun Raya Cibodas.

Baca: Kebun Raya Bogor Tiket & Berbagai Aktivitas 

Jam Buka

Wisatawan bisa mulai datang ke Kebun Raya mulai dari pagi hari. Jam Buka area kebun raya dari pukul 08.00 pagi hari hingga sore hari.

Jam Buka
Senin-Jumat08.00-16.00 WIB
Sabtu, Minggu dan Libur Nasional07.00-16.00 WIB

Aktivitas di Kebun Raya Cibodas

Beragam aktivitas bisa tersedia di taman rekreasi dan konservasi ini. Terutama aktivitas yang bernuansa alam dan pengenalan tanaman. Berikut beberapa diantaranya.

1. Gathering

kegiatan gathering kebun raya cibodas
Kebun raya Cibodas juga bisa digunakan sebagai tempat untuk kegiatan gathering komunitas maupun perusahaan. foto:  Pristowo Putra

Berencana mengadakan aktivitas kebersamaan dengan keluarga atau teman sejawat, Kebun Raya Cibodas punya tempatnya. Area tanah lapang berlatar keindahan alam serta udara yang sejuk cocok sebagai lokasi gathering. Sehingga acara kebersamaan yang berlangsung tidak akan terasa melelahkan karena kesejukan udaranya.

Selain komunitas atau pribadi, banyak travel agent atau Event Organizer yang menyediakan paket gathering di sini. Sedangkan untuk fasilitas yang tersedia tidak perlu khawatir. Karena di Kebun Cibodas, semuanya sudah lengkap dari gedung hingga makan siang. Jadi pengunjung tinggal memilih harga paket yang cocok dan siap berpetualang taman wisata ini.

2. Shooting Film

pengambilan gambar & film kebun raya cibodas
Bentang alam yang indah serta taman yang tertata rapi tidak jarang area kebun raya dijadikan tempat pengambilan gambar. Baik untuk film atau sekedar pemotretan. foto: Agie Putra

Di sini masih banyak area yang alami dan belum tersentuh oleh modenisasi. Karena itu, Kebun Raya ini sering juga dijadikan lokasi shooting film Layar Lebar maupun sinetron. Selain area tersebut, keindahan pemandangan dan kesejukannya menjadi alasan lain shooting di Kebun Raya ini.

Sementara bagi wisatawan yang hobi sekali membuat film pendek atau mau shooting video Klip, kebun raya ini adalah tempat yang cocok. Karena suasana alamnya bisa menjadi latar video dengan berbagai tema baik alam maupun kolosal. Namun, untuk kelancaran pengunjung dengan aktivitas ini terdapat biaya tambahan hingga maksimal enam juta perhari.

Baca: Kebun Raya Purwodadi Tiket, Aktivitas & Aneka Taman

3. Pemotretan

Selain shooting video area kebun raya juga sering dijadikan tempat untuk pemotretan. Biasanya pemotretan ini untuk keperluan prewedding atau kegiatan komersial seperti pemotretan Produk dagang. Sedangkan untuk biaya pemotretan ini berkisar pada 1 hingga 2 juta Rupiah.

Bagi wisatawan yang belum pro dalam penggunaan kamera juga bisa mendapatkan gambar yang bagus cukup dengan kamera HP. Hal ini sangat mungkin karena keindahan alamnya berpadu dengan pengelolaan area yang baik. Sehingga membuat beberapa titik cocok untuk berfoto selfie. Jika hanya berfoto Selfie, tidak perlu membayar biaya tambahan.

4. Menginap di Kebun Raya Cibodas

area penginapan dengan nuansa hijau
Pengunjung juga bisa menginap di kebun raya. Terdapat beberapa pilihan guest house yang bisa disewa ke pengelola. foto:  Kreasi Gue

Sedangkan bagi wisatawan yang kurang puas bermain dalam satu hari, bisa bermalam dengan menyewa penginapan. Di sekitar area kebun raya, terdapat Guest House yang siap melayani wisatawan yang ingin menginap. Setidaknya terdapat 3 Guest House dengan jumlah kamar dan tempat tidur berbeda. Wisatawan tinggal menyesuaikan kebutuhan.

5. Mengunjungi Galeri Tanaman Hias

Sebagai tempat yang memiliki keanekaragaman hayati, di Kebun Raya Cibodas juga terdapat Galeri tanaman. Salah satu Galeri yang ada yaitu Galeri tanaman hias. Koleknya penuh dengan berbagai tanaman hias yang cantik. Wisatawan bisa mengunjunginya dari jam 08.00 hingga jam 16.00 setiap harinya.

6. Mengikuti Pendidikan Lingkungan

pelatihan tanaman kebun raya
Aktivitas lain yang tidak kalah seru adalah mengikuti pelatihan mengenai lingkungan dan tanaman. foto: Sony Wirawan

Tidak ketinggalan untuk wisata edukasi program pendidikan lingkungan. Sangat cocok bagi pengunjung yang secara khusus ingin lebih mengenal lingkungan. Terutama berbagai tanaman dan bunga.

Sementara untuk programnya sendiri terbagi ke dalam dua kategori besar yaitu Wisata Flora dan Pemanduan. Wisata Flora adalah paket pendidikan Lingkungan untuk Pelajar dari mulai SD hingga SMA.

Sedangkan untuk umum terbuka bisa mengikuti program pemanduan. Kegiatan ini terutama berisi tentang pengenalan lingkungan, tanaman hias dan tempat menarik. Untuk mengikuti program ini wisatawan harus melakukan reservasi tiket sebelumnya.

Alamat & Kontak Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya berlokasi di Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253. Berjarak kurang lebih 45 Kilometer dari Kota Bogor. Untuk sampai ke sini setidaknya memakan waktu 1,5 berkendara.

Kontak lebih lanjut silahkan menghubungi Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas – LIPI. PO. Box. 19 Sdl. Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253. Telp. 0263-520448, 511385 Fax. 0263-512233. jasin.krcibodas@mail.lipi.go.id.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,81 | 48 Pembaca

136 KOMENTAR

    • Menurut informasi yang kami dapat. Anak-anak dibawah 12 tahun dapat masuk ke area Kebun Raya Cibodas. Terima Kasih

    • Saat ini wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama atau surat hasil test antigen. Terima Kasih

    • Menurut informasi yang kami dapat. Ada restoran di dekat Pintu 1 dan kolam besar. Terima Kasih

  1. Kalau pesan tiket di websitenya kan ada jam kedatangannya, misal kita tulis jam 8 tapi kita datangnya jam 10 itu bisa ka? Atau beli ulang ka kalo misal jamnya ngga sesuai?

    • Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center melalui telepon ke nomor 02632953070. Terima Kasih

    • Menurut informasi yang kami dapat. Mobil dapat masuk dan parkir di tempat yang telah tersedia. Khusus Minggu dan tanggal merah, mobil dapat masuk sampai jam 12.00 WIB. Terima Kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini