Kebun Raya Cibodas Bogor merupakan UPT balai Konservasi tumbuhan Kebun raya Cibodas di bawah pusat konservasi Kebun Raya Bogor. Lokasinya berada di antara gunung Gede dan Pangrango dan  berada di ketinggian 1425 di atas permukaan laut. Kebun raya ini berjarak 100 km dari Jakarta dan 80 km dari kota Bandung.

Selain sebagai balai konservasi, Kebun Raya ini juga membuka diri untuk melayani masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Banyak layanan yang ditawarkan kepada masyarakat seperti pendidikan Lingkungan dan penelitian. Namun, Kebun Raya Cibodas juga sering dijadikan destinasi wisata karena kesejukan dan keindahan pemandangannya.

Harga Tiket Kebun Raya Cibodas

Pengunjung yang ingin datang dan berekreasi di kebun raya ini akan dikenakan biaya tiket yang cukup murah. Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas bisa didapat seharga Rp16.500.

Harga Tiket Kebun Raya Cibodas
Harga Tiket Masuk Rp16.500
Tiket Motor Rp5.000
Tiket Mobil Rp16.000

Baca: Kebun Raya Bogor Tiket & Berbagai Aktivitas 

Jam Buka

Wisatawan bisa mulai datang ke Kebun Raya mulai dari pagi hari. Jam Buka kebun raya Cibodas dari pukul 08.00 pagi hari hingga sore hari.

Jam Buka Kebun Raya Cibodas
Setiap Hari 08.00 – 16.00 WIB

Aktivitas di Kebun Raya Cibodas

Beragam aktivitas bisa dilakukan di taman rekreasi dan konservasi ini. Terutama aktivitas yang bernuansa alam dan pengenalan tanaman. Berikut beberapa diantaranya.

1. Gathering

kegiatan gathering kebun raya cibodas
Kebun raya Cibodas juga bisa digunakan sebagai tempat untuk kegiatan gathering komunitas maupun perusahaan. foto:  Pristowo Putra

Aktivitas kebersamaan dengan keluarga atau teman sejawat dalam lembaga adalah hal yang cocok dilakukan di Kebun Raya. Alam yang indah dan udara yang sejuk membuat acara seperti ini semakin bermakna. Kebersamaan yang dibangun tidak akan terasa capek karena kesejukan udaranya.

Banyak travel atau Event Organizer yang menyediakan paket dalam gathering di Kebun Raya Cibodas ini. tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di Kebun Cibodas, semuanya sudah lengkap dari gedung hingga makan siang. Pengunjung tinggal memilih harga paket yang cocok dan siap berpetualang taman wisata ini.

2. Shooting Film

pengambilan gambar & film kebun raya cibodas
Bentang alam yang indah serta taman yang tertata rapi tidak jarang kebun raya Cibodas dijadikan tempat pengambilan gambar. Baik untuk film atau sekedar pemotretan. foto: Agie Putra

Di Kebun Raya Cibodas masih banyak area yang masih alami dan belum tersentuh oleh modenisasi. Karena itu, Kebun Raya ini sering juga dijadikan lokasi shooting film Layar Lebar maupun sinetron. Selain area tersebut, keindahan pemandangan dan kesejukannya menjadi alasan lain shooting di Kebun Raya ini.

Bagi wisatawan yang hobi sekali membuat film pendek atau mau shooting video Klip, Kebun Raya adalah tempat yang cocok. Shooting film dengan tema alam atau kolosal jaman dulu, bisa dilakukan di sini. Namun, untuk kelancaran pengunjung dengan aktivitas ini dikenakan biaya tambahan hingga maksimal enam juta perhari.

Baca: Kebun Raya Purwodadi Tiket, Aktivitas & Aneka Taman

3. Pemotretan

Karena latar alamnya yang indah pula, Kebun Raya Cibodas sering dijadikan tempat untuk pemotretan. Biasanya pemotretan ini untuk keperluan pra wedding atau komersil seperti pemotretan Produk dagang. biaya yang digunakan untuk pemotretan ini berkisar pada satu hingga dua juta Rupiah.

Selain pemotretan professional, pengunjung juga bisa berfoto selfie dengan kamera Hp. Keindahan alam dipadukan dengan pengelolaan yang baik, membuat beberapa titik cocok untuk berfoto selfie. Untuk berfoto Selfie, pengunjung tidak akan dikenakan biaya tambahan.

4. Menginap

penginapan di kebun raya cibodas
Pengunjung juga bisa menginap di kebun raya. Terdapat beberapa pilihan guest house yang bisa disewa ke pengelola. foto:  Kreasi Gue

Bagi wisatawan yang kurang puas bermain di Kebun Ray Cibodas dalam satu hari, bisa menginap dengan menyewa penginapan. Di Kebun raya Cibodas ini, terdapat Guest House yang siap melayani wisatawan yang ingin menginap. Terdapat 3 Guest House dengan jumlah kamar dan tempat tidur berbeda dan wisatawan tinggal menyesuaikan kebutuhannya.

5. Mengunjungi Galeri Tanaman Hias

Sebagai tempat dengan keanekaragaman hayati yang banyak, Kebun Raya Cibodas memiliki Galeri tanaman. Salah satu Galeri yang ada adalah Galeri tanaman hias dengan berbagai tanaman hias yang cantik. Wisatawan bisa mengunjunginya dari jam 08.00 hingga jam 16.00 dalam setiap harinya.

6. Mengikuti Pendidikan Lingkungan

pelatihan tanaman kebun raya
Aktivitas lain yang tidak kalah seru adalah mengikuti pelatihan mengenai lingkungan dan tanaman. foto: Sony Wirawan

Bagi wisatawan yang ingin tahu tentang apa, bagaimana dan manfaat menjaga Lingkungan, bisa mengikuti Program pendidikan Lingkungan. Pendidikan Lingkungan di Kebun Raya ini terbagi ke dalam dua kategori besar yaitu Wisata Flora dan Pemanduan. Wisata Flora adalah paket pendidikan Lingkungan untuk Pelajar dari mulai SD hingga SMA.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas akan diarahkan mengikuti Program Pemanduan. Kegiatan ini berisi tentang pengenalan lingkungan, tanaman hias dan tempat menarik. Untuk mengikuti program ini wisatawan harus melakukan reservasi tiket sebelumnya.

Alamat & Kontak

Kebun Raya berlokasi di Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253. Kontak lebih lanjut silahkan menghubungi Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas – LIPI. PO. Box. 19 Sdl. Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253. Telp. 0263-520448, 511385 Fax. 0263-512233. jasin.krcibodas@mail.lipi.go.id

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,83 / 46 pembaca