Wisata Baturraden merupakan kawasan wisata yang terkenal memiliki panorama alam yang indah. Berada di lereng Gunung Slamet, suasana di Baturraden sejuk, asri, dan alami. Berbagai objek wisata juga menawarkan atraksi kesenian tradisional mulai dari kuliner, pertunjukan hingga situs sejarah.

Dengan ketinggian 640 mdpl, suhu udara di Baturaden berkisar 18-25°Celsius. Kawasan ini wisata berjarak sekitar 14 kilometer arah utara Purwokerto, Jawa Tengah.

Harga Tiket Masuk

Memasuki kawasan wisata ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk sendiri bisa dikatakan masih cukup terjangkau. Berlaku sama untuk semua umur wisatawan. Tidak ada perbedaan harga tiket untuk hari biasa dan akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Wisata Baturraden
Senin – Minggu Rp14.000

Baca: Lokawisata Baturraden Tiket & Ragam Wahana Wisata

Area Wisata Batturaden

Kepadatan wisatawan terlihat di berbagai wahana dan obyek wisata yang ada di Baturraden. Objek wisata seperti Pancuran Pitu, Taman Bunga Baturraden, Kebun Raya Baturraden, dan Lokawisata menjadi favorit. Pada puncak musim liburan, jumlah wisatawan mencapai 170.000 orang.

Baca: Kebun Raya Baturraden Tiket & Aktivitas

Berbagai wahana tersedia di berbagai objek wisata yang ada. Antara lain sepeda air, sepeda gantung, permadani layang, ayunan layang, jembatan kaca, dan flying fox. Di luar wahana wisata, pengelolaan Lokawisata Baturraden tetap dikonsentrasikan pada keindahan alamnya.

Nama Baturaden diambil dari legenda sepasang kekasih yang konon kurang berntung. Yaitu seorang laki-laki pelayan (Batur) dan seorang perempuan darah biru (Raden). Berdasarkan cerita rakyat tersebut, maka kawasan wisata di lereng Gunung Slamet ini dinamakan Baturraden.

1Panorama Alam Baturaden

Lokawisata maupun Wanawisata menjadi pilihan untuk menikmati panorama alam Baturraden. Lokawisata merupakan objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Sedangkan Wanawisata dikelola oleh PT. Palawi.

Berada di Lereng Gunung Slamet, Baturraden menyuguhkan pesona alam dan suasana sejuk dan asri.

2Mandi Air Panas Belerang

Pancuran Pitu menjadi lokasi wisata favorit dan paling terkenal di Baturraden karena wisatawan dapat berendam di air panas sambil menikmati pemandangan pegunungan hijau. Foto : Google Maps/Deden Guyus

Baturraden terkenal dengan pemandian air panas belerangnya yang masuk dalam kawasan Lokawisata Baturraden. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu memiliki pemandian mengandung belerang yang dipercaya menyembuhkan penyakit kulit. Terpisah cukup jauh, suhu air di kedua pemandian air panas ini berkisar 60-70° Celcius.

Kedua pancuran ini menjadi lokasi wisata favorit dan paling terkenal di Baturraden. Wisatawan dapat berendam di air panas sambil menikmati pemandangan pegunungan yang hijau. Selain itu, dapat juga mencoba pijat sulfur dengan tarif per 15 menit.

Baca: Lokawisata Baturraden Tiket & Wahana

3Rekreasi Taman Air

Aneka wahana di Lokawisata Baturraden dapat dinikmati anak-anak hingga dewasa, mulai berenang hingga meluncur di kolam seluncur. Foto : Instagram/lokawisatabaturradenofficial

Wisatawan dapat menikmati rekreasi taman air di kawasan Lokawisata Baturraden. Segarnya air kolam renang di lokasi wisata tersebut dialiri dari mata air Gunung Slamet.

Aneka wahana yang tersedia di Lokawisata Baturraden dapat dinikmati anak-anak hingga dewasa. Wisatawan dapat meluncur dan berenang di kolam renang yang dilengkapi papan seluncur air. Bagi yang ingin bersantai di alam pegunungan yang sejuk, dapat mencoba wahana Sepeda Air.

4Berenang di Jernihnya Curug Telu

Berenang dan bermain kesegaran jernihnya aliran air Curug Telu Baturraden. Foto : Instagram/alif_m.c

Berenang di 3 air terjun Curug Telu sangat diminati wisatawan karena airnya yang jernih. Berlatar pemandangan yang indah, lokasi ini menjadi pilihan untuk berfoto mengabadikan momen liburan. Udara di kawasan wisata ini masih sejuk alami khas pegunungan.

5Treking ke Curug Bidadari

Dengan jalur treking cukup menantang, Curug Bidadari merupakan salah satu keindahan tersembunyi di Baturraden. Pintu masuknya berbentuk menyerupai gua dengan letak tidak jauh dari Curug Telu.

6Menyelami Telaga Sunyi

Dengan kedalaman 2-6 meter, wisatawan dapat berenang maupun menyelam di Telaga Sunyi. Foto : Instagram/radityohari

Telaga sunyi ini merupakan sebuah mata air yang sangat jernih dengan air yang alami dan segar. Panorama alamnya indah dengan udara pegunungan sejuk dan pohon-pohon besar yang rindang. Dengan kedalaman 2-6 meter, wisatawan dapat berenang maupun menyelam di telaga ini.

7Piknik di Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya Baturraden menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin berpiknik santai. Foto : Instagram/fahri.bahtiiar

Bagi wisatawan yang ingin berpiknik santai, dapat menjadikan Kebun Raya Baturraden sebagai pilihan. Destinasi wisata ini memiliki aneka macam tanaman yang membuat pemandangan tempat ini indah. Seperti Liliana, perdu, tanaman merambat, Anggrek, dan masih banyak lainnya.

Baca: Kebun Raya Baturraden Tiket & Aktivitas

8Teater Alam Baturraden

Di Teater Alam Baturraden, Banyumas wisatawan dapat merasakan sensasi naik pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia sambil menonton film pendek. Foto : Google Maps/Adiyanto Sukardi

Sebuah bioskop berbentuk pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia memutar film di Teater Alam. Wisatawan khususnya yang belum pernah naik pesawat dapat merasakan sensasi terbang di dalamnya. Wisatawan dapat duduk sambil menikmati tontonan film di layar yang telah disediakan.

Teater ini menayangkan film pendek yang berisi tentang alam yang ada di Indonesia. Seperti film dongeng budaya TMII, tragedi tsunami, atau peristiwa gunung berapi berdurasi 10-15 menit.

9Menikmati Kuliner Pasar Pinggir Alas

Mencicipi kuliner khas tempo dulu di Pasar Pinggir Alas yang menjual lebih dari 100 jenis makanan tradisional. foto : Instagram/buistri

Berada di ruas jalan utama ke Lokawisata Baturraden, wisatawan dapat menikmati  kuliner tradisional. Lokasi wisata yang menjual lebih dari 100 jenis makanan tradisional ini disebut Pasar Pinggir Alas. Dapat dijumpai pula musik kentongan atau kotekan lesung melengkapi suasana layaknya pasar tempo dulu.

Pasar ini dibangun lantaran para penikmat kuliner kerap mencari suasana desa yang asri dan sejuk. Jajanan ‘ndeso’ atau makanan tradisional pun menjadi primadona untuk menemani suasana santai berlibur. Tersedia juga spot swafoto dan mainan tradisional seperti Egrang.

Di Pasar Pinggir Alas, transaksi pembayaran hanya menggunakan uang Kepengan. Satu kepeng setara dengan Rp 2.000 dan Rp 5.000. Wisatawan harus menukarkan terlebih dahulu uang rupiah dengan kepengan sebelum membeli makanan dan minuman.

10Desa Wisata Ketenger Baturraden

Desa Wisata Ketenger merupakan destinasi wisata yang memiliki udara sejuk nan asri. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan berbagai hiburan kesenian menarik. Seperti Ebeg atau Kuda Lumping, Siteran, Begalan, Rengkong, dan Wayang Kulit khas Banyumasan.

Wisatawan juga dapat menyusuri situs peninggalan sejarah seperti rel lori dan Waduk Ketenger. Makanan khas pedesaan seperti Mendoan, Pecel, dan Nopia juga dapat dinikmati di sini. Cinderamata berupa kerajinan dari logam dan seni lukis pun tersedia sebagai kenang-kenangan.

11The Village Baturraden

Area taman rekreasi dengan desain bangunan eropa the village baturaden. Foto: Google Maps/Adien Akhmad

Family City Park yang sayang dilewatkan jika berkunjung ke kawasan wisata Baturraden. Objek wisata bergaya bangunan-bangunan khas desa eropa. Berdiri di area seluas 2,8 Ha menawarkan berbagai aktivitas wisata seru.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini antara lain: melihat berbagai spesies burug di Bird Dome, bermain perahu dayung, berbagai wahana permainan anak dan tidak ketinggalan foodcourt tematik.

12Taman Miniatur Dunia Small World

Small World Baturaden Purwokerto

Objek wisata Taman Miniatur Dunia Small World memiliki miniatur bangunan-bangunan ikonik dunia. Seperti Menara Pisa, Colosseum, Patung Liberty, Menara Eiffel, Patung Merlion, dan Menara Petronas.

Mengelilingi taman ini, wisatawan suka berfose berlatar miniatur bangunan ikonik yang ada. Di malam hari, wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan dengan lampu-lampu di sekitar taman.

Baca: Small World Baturaden Tiket & Atraksi

13Adventure Forest di Kawasan Wisata Baturraden

Wisatawan yang menyukai destinasi wisata yang menantang dapat mencoba berpetualang di Baturraden Adventure Forest. Seperti wahana River Boarding mengajak wisatawan meluncur bersama arus air sungai. Sedangkan Canyon Adventure dapat dicoba untuk menelusuri sungai untuk merambah lembah dan jurang.

Bagi yang menyukai panjat tebing, ada Rapperlling atau Abseilling yakni menuruni tebing dengan tali. Terdapat juga Mini Circuit Bike, Forest Trekking, TreeTrek Adventure, Longslide, dan Bungee Trampoline.

14Berkemah di Area Wisata Baturraden

Kawasan wisata Baturraden memiliki area yang cocok untuk wisatawan yang menyukai aktivitas berkemah. Camping ground atau bumi perkemahan ini juga sering dipakai untuk aktivitas outbond. Selain itu, lokasi ini juga pernah menjadi tempat diadakannya Jambore Nasional Gerakan Pramuka.

Fasilitas Area Wisata Baturraden

Kawasan wisata Baturraden telah menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan berbagai aktivitas wisatawan. Hotel, penginapan, termasuk camping ground tersedia bagi wisatawan yang ingin bermalam. Kafe-kafe menyajikan hiburan seperti live music maupun karaoke bagi wisatawan.

Akses ke Kawasan Wisata Baturraden

Lokasi wisata Baturraden dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Angkutan umum jurusan Baturraden akan mengantarkan wisatawan sampai ke terminal Lokawisata Baturraden.
Menggunakan kendaraan pribadi, jarak tempuhnya sekitar 15 km atau sekitar 15 menit dari sentra kota Purwokerto.  Akses jalan alternatif dapat melalui Desa Wisata Ketenger sekaligus menikmati suasana pedesaan.

Lokasi Wisata Baturraden

Kawasan wisata Baturraden berada di sisi selatan lereng Gunung Slamet. Tepatnya di Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here