KEBUN RAYA BATURRADEN Tiket Masuk dan Aktivitas Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Kebun Raya Baturraden: Rp20.000 - Rp25.000
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00
  • Nomor Telepon: 0281681822
  • Alamat: Jl. Pancurantujuh - Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53151

Banyumas memiliki kawasan wisata yang juga merupakan area konservasi beragam jenis tanaman. Objek wisata tersebut adalah Kebun Raya Baturraden yang telah dirintis sejak tahun 2001. Wisatawan bisa melihat beragam koleksi tanaman dan bibit bahkan tanaman langka.

Total tidak kurang dari 3000 spesimen tanaman tumbuh di kebun raya ini. Dengan total luas area 143,5 Ha berada di kawasan wisata hutan pinus Perhutani yang teduh dan sejuk. Kebun raya ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Baturraden

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan berwisata ke kebun raya perlu menyiapkan biaya tiket. Harga tiket masuk terbilang cukup terjangkau mulai dari Rp20.000 untuk hari biasa dan Rp25.000 di akhir pekan.

Baca: The Village Baturraden Tiket Masuk & Wahana

Jam Buka Kebun Raya Baturraden

Pengunjung bisa datang ke tempat wisata ini setiap hari. Kebun Raya Baturraden sudah buka mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 04.00 sore baik hari biasa maupun akhir pekan.

Aktivitas Wisata di Kebun Raya Baturraden

area kebun raya
Area Kebun Raya Baturraden yang bersih dan teduh. Foto: Google Maps/Avuk Jimmy

Berbagai kegiatan wisata bisa dilakukan di sini. Melihat beragam jenis tanaman adalah suguhan utama. Selain itu wisatawan juga bisa berpiknik, bermain di berbagai wahana, serta berolahraga. Berikut beberapa aktivitas menarik di kawasan wisata kebun raya.

Melihat Aneka Jenis Tumbuhan

Di Kawasan sekitar area kebun raya terdapat beragam koleksi tumbuhan.  Koleksi yang tumbuhan yang ada di kebun raya dengan konsep kebun Tanaman Pegunungan Jawa ini mencapai 116 suku tanaman. Jumlah tanaman yang menjadi koleksi, bisa bertambah mengingat kawasan ini termasuk kawasan konservasi.

Pengunjung bisa melihat tanaman kantong semar, anggrek Vanda, Polygala, Rhododendrum ataupun pinang dan mandalaka. Semua tanaman yang tumbuh di Kebun Raya Baturraden sudah memiliki dengan papan nama. Papan nama tersebut berisikan nama tanaman dan bahasa latinnya serta penanamnya.

Untuk melengkapi sarana belajar bagi pengunjung, pengelola juga menyediakan fasilitas lain. Beberapa di antaranya adalah tempat pembibitan, rumah kaca, rumah kompos. Selain itu juga terdapat rumah anggrek untuk mengenal beragam jenis anggrek koleksi Kebun Raya ini.

Baca: Lokawisata Baturraden Tiket Masuk & Wahana

Berolahraga di Area Kebun Raya

Bersepeda di area kebun raya
Bersepeda salah satu aktivitas yang sering dilakukan mengingat luasnya area kebun wisata. Foto: Google Maps/gazkart ben beckmann

Di kawasan Kebun Raya Baturraden sudah tersedia jalur trekking untuk pengunjung. Di sekitar jalur ini, terdapat beragam jenis tumbuhan seperti tumbuhan pinus. Pengunjung bisa mengelilingi kebun raya mengikuti jalur ini agar lebih nyaman saat trekking.

Pengunjung juga bisa mencoba untuk memanah di area panahan. Nantinya pengunjung akan mendapat pendampingan petugas yang berada di area panahan untuk mencoba. Misalnya mengarahkan cara memanah dan membidik target yang baik dan benar.

Area taman wisata yang memiliki ketinggian 600-700 mdpl sehingga memiliki tipografis yang menantang. Dengan suhu sekitar 20-30 derajat celcius, pesepeda bisa lebih nyaman saat bersepeda. Pesepeda bisa mengelilingi kawasan Kebun Raya Baturraden sambil menikmati pemandangan dan kesejukan alam.

Baca: Small World Baturaden Tiket Masuk & Atraksi

Berfoto

Pengunjung bisa berfoto di Kebun Raya Baturraden misalnya di pintu masuk ataupun di taman. Tanaman yang ada di sini dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Selain itu di sekitar taman sudah terdapat dengan pagar agar tanaman tidak rusak karena terinjak.

Taman tersebut memiliki ketinggian yang berbeda. Sehingga ada yang berada di tempat yang agak tinggi dan ada yang di tempat yang agak rendah. Dengan penataan tersebut, pengunjung bisa berfoto dan mendapatkan pemandangan beragam tanaman di taman.

Baca: KEBUN RAYA Bogor Tiket Masuk, Jam Buka, Aktivitas, Fasilitas & Lokasi

Berbagai Jenis Permainan

Di kawasan sekitar terdapat air terjun alami. Air terjun kecil ini berada di sekitar pepohonan besar. Karena debit airnya tidak terlalu besar membuat  pengunjung bisa bermain air di tempat tersebut.

Di taman wisata ini juga memiliki rumah pohon yang bisa menjadi tempat istirahat dan bermain anak. Untuk sampai ke rumah pohon tersebut, pengunjung harus melewati jembatan kayu. Butuh keseimbangan dan keberanian agar bisa melewati jembatan tersebut terutama untuk anak-anak.

Ada beragam wahana mainan di sini dan salah satunya adalah jungkat jungkit. Mainan ini bisa menampung 2-4 orang, misalnya 1 orang di masing-masing sisi mainan. Pengunjung bisa bermain jungkat jungkit dengan anak ataupun dengan teman dan keluarga.

Tidak jauh dari jungkat-jungkit, pengunjung bisa bermain seluncuran. Anak-anak bisa bermain seluncuran yang tidak terlalu tinggi tersebut secara bergantian. Saat bermain harus lebih berhati-hati agar tidak tersandung akar pohon yang ada di ujung bawah seluncuran.

Pengunjung bisa menguji keakuratan dan kerjasama di taman labirin. Jika datang berkelompok, salah satu bisa naik ke atas tempat yang ada di pohon untuk memberikan petunjuk. Sedangkan yang lain, melalui labirin yang terbuat dari tanaman pagar agar bisa keluar dari labirin.

Baca: Caping Park Purwokerto Tiket Masuk & Wahana

Berpikinik

wahana permainan jembatan gantung
Berbagai wahana juga bisa dimainkan baik untuk anak maupun dewasa. Foto: Google Maps/ Ganang Restu Bariadi

Saat akhir pekan atau saat libur panjang objek wisata ini bisa jadi tujuan wisata yang tepat. Pengunjung bisa membawa bekal sendiri dari rumah atau membeli di Kebun Raya Baturraden.

Agar lebih bisa menikmati suasana alam dengan keluarga, pengunjung bisa menggelar tikar misalnya di dekat taman bermain. Sehingga sambil bersantai dengan keluarga juga bisa mengawasi anak yang bermain.

Fasilitas

Di tahun 2016, Kebun Raya Baturraden membangun rumah kaca untuk pelestarian, gedung pengelola. Setelah itu dibagun taman tematik. Di tahun 2017, pengunjung bisa menikmati fasilitas jalan inspeksi dan lingkungan. Di tahun 2018, fasilitas untuk pengunjung bertambah dengan berdirinya signage, pujasera, café serta musala.

Lokasi Kebun Raya Baturraden

Taman wisata ini berada di Jl. Pancurantujuh – Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi pengelola kawasan wisata ke nomer (0281) 681822.

Berikan Rating

4.6 - 71 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

2 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Terima kasih sudah memberi masukan kepada kami. Namun apa dapat diinfokan, informasi mana yang tidak valid? Terima Kasih

  2. Tolong informasi diatas masih belum valid, tidak sesuai dengan judul, sepertinya hanya comot di wesite lain. perlu dikonfirmasi ke Kebun Raya lagi, biar tidak menyesatkan masyarakat.