Dunia Fantasi Ancol Harga Tiket: Rp265.000-Rp600.000 Jam Buka: 10.00 WIB-17.00 WIB No Telp: (021)29222222 Alamat: Jalan Lodan Timur, RW.10, Kota Tua,, Ancol, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia, 14430.

Mengunjungi Ancol tanpa mencoba berbagai wahana di Dunia Fantasi atau Dufan akan terasa kurang lengkap. Taman hiburan yang menjadi daya tarik khas Ancol ini memiliki luas setidaknya 9,5 hektar.

Dunia Fantasi memiliki beberapa kawasan dan wahana yang sayang jika terlewat karena memiliki berbagai keseruannya. Pada saat mengitari Dunia Fantasi, pengunjung akan merasakan suasana kental berbagai negara berbeda di tiap wahana Dufan.

Baca: SEAWORLD Ancol Tiket & Berbagai Wahana

Dufan berdiri sebagai taman bermain pertama di Indonesia sejak tahun 1985. Selain sebagai kawasan bermain, Dunia Fantasi juga memperkenalkan konsep edutainment yang menampilkan sensasi Fantasi Keliling Dunia.

Sejauh ini Dufan memiliki kawasan hiburan outdoor dengan berbagai wahana berteknologi tinggi yang terbagi menjadi 9 kawasan. Yaitu Jakarta, Indonesia, Asia, Amerika, Eropa, Hikayat, Yunani, Kalila, dan Fantasy Lights.

Selanjutnya Seiring berjalannya waktu, Dunia Fantasi Ancol mulai berkembang dengan menambahkan kawasan indoor sebagai daya tarik pengunjung. Jadi pengunjung dapat menikmati lebih banyak wahana dan keseruan yang tersedia di Dufan.

Maka tidak heran jika Dunia Fantasi menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan dalam maupun mancanegara. Dufan dengan maskotnya yaitu Bekantan, tentunya menjadi tempat wisata paling tepat untuk mengisi waktu liburan.

Baca: 50+ Destinasi Wisata Terbaik di Ibukota Jakarta

Harga Tiket Masuk Dufan Ancol

Harga tiket masuk Dufan masih tergolong terjangkau, jika melihat berbagai keseruan di dalamnya. Untuk masuk kawasan Dunia Fantasi, pengunjung harus melewati pintu gerbang Ancol dan membayar tiket masuk. Tiket berbeda berlaku berdasarkan kendaraan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Dufan Ancol 
Jenis Tiket Senin-Jumat Sabtu/Minggu/Libur
Tiket Ancol Rp25.000 Rp25.000
Ecard Annual Pass Dufan Rp600.000 Rp600.000
Reguler Dufan + Tiket Ancol Rp295.000 Rp295.000
Reguler Dufan + Magic House + Tiket Ancol Rp265.000 Rp265.000
Tiket Kendaraan Motor Rp15.000
Tiket Kendaraan Mobil Rp25.000

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian pengunjung:

  1. Dufan terbuka untuk semua wisatawan dari berbagai daerah.
  2. Pembelian tiket H-1 sebelum kunjungan melalui website resmi www.ancol.com.
  3. Anak-anak sudah dapat masuk ke area Dufan dengan pendamping orang dewasa, sementara itu dewasa di atas 60 tahun dan ibu hamil belum boleh masuk ke area Dufan.
  4. Anak-anak dengan tinggi badan minimal 100 cm sudah berlaku harga tiket normal.
  5. Sampai saat ini untuk berkunjung ke Dufan, pengunjung tidak perlu membawa surat rapid test.
  6. Wahana yang beroperasi: New Ontang-anting, Zig-zag, Baling-baling, Kolibri, Turangga-rangga, Bianglala, Kora-kora, Hysteria, Niagara-gara, Istana Boneka, Alap-alap, Ombang-ombang, Halilintar, Arung Jeram, Burung Tempur, Baku Toki, Gajah Beledug, Karavel, Paralayangan, Pontang-pontang, Poci-poci, Tornado, Turbo Drop, Rumah Miring dan Rumah Kaca.

Baca: 60+ Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

Jam Buka Dufan Ancol

Dengan adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro, maka Dufan tidak beroperasi dari tanggal 24 Juni 2021 sampai ada pengumuman selanjutnya.

Dufan buka setiap hari. Baik hari biasa maupun akhir pekan. Pengunjung bisa mulai datang dari pagi hari hingga sore hari.

Jam Buka Dufan
Setiap Hari 10.00-17.00 WIB

Berbagai Atraksi & Wahana Dufan Ancol

wahana kincir dunia fantasi
Wahana kincir-kincir. foto: Google Maps/ivant prayoga

Wahana di Dufan Ancol terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tingkat adrenalinnya yaitu Children Rides, Family Rides, Water Rides, dan Thrill Ride. Berikut beberapa wahana populer di Dufan Ancol :

Zona Playground di Dufan Ancol

Wahana di Dufan Ancol tersedia untuk segala tingkatan umur, salah satunya Children Rides. Kawasan Children Rides menawarkan wahana terutama untuk anak-anak usia 5-12 tahun.

Terdapat wahana Dream Playground dengan luas 900 m2 dan dengan berbagai fasilitas permainan anak. Seperti mini rides, sand pool, trampoline, wall climbing, futsal, block puzzle, play panel hingga education toys, dll. Ada juga wahana Ubanga Banga untuk anak-anak yang suka bermain mobil-mobilan.

Berfoto dengan Karakter Kartun dan Boneka Lucu

Salah satu wahana Family Rides favorit anak-anak dan keluarga, yaitu Hello Kitty Adventure. Hello Kitty merupakan karakter kartun mendunia yang imut dengan adventure penuh keunikan bersama karakter lainnya. Jika belum merasa puas maka pengunjung dapat mengunjungi Istana Boneka yang bergaya eropa klasik.

Selama di sini pengunjung dapat menjelajahi budaya nusantara dan mancanegara dengan menyaksikan 600 boneka yang keren. Sedangkan untuk menyaksikannya, pengunjung harus menaiki perahu dan berlayar melalui sebuah terowongan yang penuh dengan boneka.

Pemandangan Romantis di Wahana Bianglala

wahana kincir raksasa atau bianglala dufan
Bianglala atau kincir raksasa. foto:  Google Maps/Dian Prasetyo

Selama di Dufan Ancol tidak lengkap rasanya jika tidak menaiki Bianglala (kincir besar). Karena wahana Bianglala akan membawa pengunjung menikmati pemandangan seluruh kawasan Ancol dari ketinggian 30 meter.

Terutama saat sore hari, pengunjung dapat menikmati romantisnya suasana matahari terbenam dan gemerlap lampu Ancol. Sekali putar, Bianglala dapat menampung hingga 180 orang. Jadi pengunjung bisa menikmati wahana ini bersama teman, pasangan, dan keluarga.

Asyiknya Bermain Komidi Putar Ala Koboi

wahana ontang-anting dunia fantasi.
Wahana komidi putar Turangga-rangga dunia fantasi ancol. foto: D.C. Agus Setyawan

Selanjutnya terdapat juga wahana komedi putar atau terkenal dengan Turangga-Rangga. Wahana ini akan memberi pengunjung sensasi klasik Dunia Fantasi. Pengunjung dapat merasakan menjadi seorang koboi dengan mencoba salah satu kuda tunggangan yang bergerak memutar.

Sementara areanya sendiri sudah lengkap dengan lampu-lampu cantik dan semarak, semakin menambah keunikan wahana ini. Maka tidak heran jika tak hanya anak-anak yang menikmatinya, tetapi juga orang dewasa.

Baca: TAMAN SAFARI Cisarua Tiket & Atraksi Satwa

Thrill Rides: Wahana Menguji Adrenalin

Ingin menguji adrenalin dengan wahana menegangkan, namun belum cukup berani menaiki wahana Thrill Rides? Maka pengunjung dapat mencoba beberapa wahana Family seperti Ontang-Anting atau Alap-Alap. Ontang-Anting memberi pengunjung sensasi melayang di udara di ketinggian 4 meter, kemudian berputar secara cepat.

Jika pengunjung ingin mencoba wahana Halilintar namun terlalu takut, maka cobalah wahana Alap-Alap terlebih dahulu. Alap-Alap merupakan kereta luncur dengan jalur rel yang tidak terlalu tinggi atau secepat wahana Halilintar.

Baca: Jungleland Sentul Tiket & 12 Wahana Seru

Rasakan Sensasi Terbang Menyenangkan di Udara

Di Dufan, pengunjung juga dapat merasakan sensasi melayang dengan menaiki wahana binatang terbang yang menyenangkan. Family Rides memiliki wahana Gajah Bledug yang mampu membawa pengunjung terbang hingga ketinggian 100 cm. Dengan gerakan naik turun seperti terbang, sangat aman dan menyenangkan untuk anak-anak.

Untuk terbang lebih tinggi, wahana Burung Tempur akan membawa pengunjung berputar 360 derajat hingga ketinggian 15 meter. Juga terdapat wahana Rajawali yang akan membawa pengunjung terbang dan berputar hingga ketinggian 25 meter.

Mengunjungi Ice Age

Bagi pengunjung yang mencintai film animasi Ice Age dan karakternya maka wajib mengunjungi Ice Age Arctic Adventure. Karena di sini pengunjung dapat merasakan serunya berpetualang dan menyaksikan proses pencairan es seperti di film Ice Age.

Wisatawan akan merasakan petualangan dengan konsep dark ride yang memberi sensasi dingin dan seramnya Antartika. Pengunjung juga akan terkejut dengan berbagai efek spesial yang menggunakan teknologi canggih.

Baca: Ocean Dream Samudra Tiket & Atraksi

Wahana Niagara-Gara

Ingin merasakan sensasi berseluncur dengan arus kencang seperti di sungai-sungai Amerika? Maka pengunjung dapat merasakannya di wahana Water Rides seru Dufan yaitu Niagara-Gara. Wahana ini yaitu perahu kayu berbentuk balok yang meluncur kencang mengikuti arus air.

Selanjutnya pengunjung akan merasakan sensasi terjun dari ketinggian 20 meter seperti menuruni arus air terjun yang dahsyat. Pengunjung yang menaiki Water Rides harus siap membawa pakaian ganti jika tidak ingin berbasah-basahan seharian.

Bermain Arum Jeram

Tak ada sungai, maka mengunjungi wahana Arum Jeram di Dufan Ancol pun jadi. Pengunjung dapat merasakan sensasi Arum Jeram sungguhan dengan jeram buatan panjangnya 325 meter di sini.

Dengan teknologi pompa air 1000 liter/detik, dan rintangan jeram buatan, membuatnya menjadi seperti sungai sungguhan. Nikmati keseruannya bersama teman dan rombongan, untuk 1 ban dapat menampung 10-12 orang.

Wahana Halilintar Dunia Fantasi

roller coaster dufan
Roller coaster salah satu wahana yang paling menantang di dunia fantasi. foto:  Google Map/R.B.S

Dunia Fantasi terkenal akan wahana yang satu ini. Permainan yang membuat pengunjung merasakan ketegangan tinggi dan berteriak histeris. Salah satu wahana ekstrim yang juga banyak peminatnya di Dufan yaitu wahana Halilintar (Roller Coaster).

Baca: Promo Dufan Diskon Tiket Masuk Hingga 45%

Halilintar akan membawa pengunjung melintasi tanjakan, turunan, berputar 360o, dan tikungan dengan kecepatan tinggi. Pengunjung akan merasakan lonjakan adrenalin dan ketegangan tingkat tinggi yang akan mendorong untuk berteriak histeris.

Wahana Tornado

Wahana Dufan Tornado
Wisatawan akan merasakan sensasi luar biasa di Wahana Dufan Tornado. img: Riyana Fauzy

Wahana ini juga terkenal ekstrim, karena tubuh akan berputar hingga jungkir balik di udara. Namun keamanannya tak perlu khawatir, karena pengunjung mendapat pengaman yang kuat dan tidak akan terlepas.

Saat mesin menyala, pengunjung akan terangkat keatas dan perlahan berputar 360 derajat , dengan kecepatan yang terus meningkat. Pengunjung harus menyiapkan fisik dan mental sebelum menaikinya, karena tubuh akan terjungkir balik dalam waktu lama.

Wahana Hysteria

Permainan yang satu ini memang untuk menguji keberanian dan memacu adrenalin pengunjung yang menaikinya. Wahana Hysteria akan membawa pengunjung naik ke puncak setinggi 60 meter hanya dalam 4 detik. Kemudian menghempas ke bawah dengan cepat, dan seterusnya berulang kali, sehingga perut terasa seperti teraduk.

Saran bagi pengunjung yang lemah fisik dan mental untuk tidak mencobanya, karena akan berefek samping pusing hingga mual-mual. Masih banyak wahana lainnya yang menyenangkan, menegangkan, dan menghibur di Dufan.

Baca: Pantai Ancol Jakarta Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Fasilitas di Dunia Fantasi Ancol

fasilitas restoran di dalam area dufan
Berbagai fasilitas juga lengkap tersedia di dunia fantasi. foto:  Ari Nugraha

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Dufan Ancol terbilang lengkap dan tersebar di seluruh area demi kenyamanan pengunjung. Dunia Fantasi Ancol memiliki setidaknya 12 fasilitas toilet yang tersebar di berbagai area wahana.

Bagi pengunjung yang ingin beribadah, tersedia juga Masjid dan Mushola untuk menjalankan ibadah sholat. Bagi pengunjung yang kehabisan daya baterai HP-nya, Dufan telah menyediakan fasilitas charging point. Letaknya berada di beberapa lokasi seperti dekat pintu keluar, dekat Rumah Cermin, dan di restoran.

Sedangkan untuk ibu-ibu dan bayi, Dufan menyediakan fasilitas seperti Baby Care dan Baby Stroller. Tersedia pula locker penitipan barang di beberapa lokasi Dunia Fantasi, dengan tarif sewa Rp. 30.000/tiap pemakaian.

Bagi pengunjung yang kelelahan, dapat menikmati Fresh Water yang tersedia di beberapa lokasi dan terjamin kebersihannya. Dunia Fantasi juga menyediakan lokasi ATM Center dan ruang P3K jika ada yang mengalami cedera. Bagi pengunjung yang ingin makan siang, dapat mengunjungi restoran dan cafe yang tersebar di area Dunia Fantasi.

Transportasi dan Rute Angkutan Umum

Lokasi Dunia Fantasi Ancol sangat strategis sehingga mudah mencapainya dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bagi pengunjung yang berasal dari dalam wilayah Jakarta, dapat menggunakan bus TransJakarta untuk sampai lebih cepat.

Naik bus TransJakarta dengan rute Koridor 1 atau Koridor 5 turun tepat di Halte Ancol. Jika pengunjung menggunakan bus reguler, naiklah bus dengan jurusan Blok-M untuk sampai tepat di Ancol. Sedangkan bagi pengunjung yang berasal dari luar Jakarta, dapat menggunakan KRL Commuter Line.

Jika dari Bekasi, naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota, teruskan dengan Mikrolet M15 tujuan Ancol. Jika dari Bogor atau Serpong, naik KRL tujuan stasiun Kampung Bandan, setelah itu berpindah dengan Mikrolet M15.

Alamat dan Kontak Dufan Ancol

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Dufan Ancol, dapat mengunjungi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Beralamat di Jalan Lodan Timur No.7, Ancol, Jakarta Utara, berlokasi antara Marina Ancol dan Hotel Raddin. Kontak lebih lanjut dapat menghubungi via Line di @dufanancol dan Instagram @infodufan, atau call center ancol di (021) 29 222 222.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,65 | 79 Pembaca

95 KOMENTAR

    • Untuk harga tiket dan jam operasional Dufan saat hari Raya Idul Fitri akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Informasi yang kami dapat. Pengunjung yang membeli tiket reguler dan Magic House mendapat tiket masuk Dufan dan akses menikmati pertunjukan Magic House mulai pukul 13.00 WIB. Untuk informasi wahana yang beroperasi dari tanggal 19-30 April 2021, dapat dilihat di halaman artikel. Terima Kasih

    • Menurut informasi yang kami dapat. Harga tiket Rp140.000 mendapat tiket masuk Dufan dan akses untuk menikmati pertunjukan Magic House yang mulai pukul 13.00 WIB di Panggung Hysteria. Untuk pembelian tiket dapat melalui website resmi Ancol. Terima Kasih

    • Menurut informasi yang kami dapat. Pengunjung yang memilih melakukan pembelian tiket Reguler dan Magic House mendapat tiket masuk Dufan dan dapat menikmati pertunjukan Magic House yang dimulai setiap hari pukul 13.00 di Panggung Hysteria. Terima Kasih

    • Setiap minimal pembelian 4 tiket, pengunjung cukup membayar biaya tiket Rp120.000/orang saat Weekday dan Rp170.000/orang untuk Weekend. Pembelian tiket melalui website resmi Ancol dan berlaku hingga 12 April 2021. Terima Kasih

    • Informasi yang kami dapat. Saat ini ibu hamil belum diperbolehkan berkunjung ke Dufan. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Informasi yang kami dapat. Lansia atau dewasa 60 tahun ke atas saat ini hanya dapat berkunjung ke Pantai Ancol dan Allianz Ecopark. Untuk wisata lain seperti Dufan, Sea World dan Ocean Dream Samudra belum diperbolehkan. Terima Kasih

    • Informasi yang kami dapat. Anak-anak sudah diperbolehkan masuk ke area Dufan dengan pendamping orang dewasa. Terima Kasih

    • Menurut informasi yang kami dapat, Anak di bawah 9 tahun sudah diperbolehkan masuk dengan pendamping ke area rekreasi Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark, Pasar Seni Faunaland, dan Gondola. Sementara untuk pengunjung dengan usia di atas 60 tahun diperbolehkan masuk ke kawasan Pantai Ancol tapi belum diperbolehkan masuk ke area Dufan dan tempat rekreasi lain. Terima Kasih

    • Untuk informasi harga tiket masuk Dufan periode 1-18 Desember 2020 dapat dilihat di halaman artikel. Terima Kasih

    • Info yang kami dapat, Dufan dan Sea World Ancol sudah memperbolehkan anak usia di bawah 9 tahun untuk masuk ke area dengan didampingi orang tua. Pengunjung yang datang wajib menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Terima Kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini