Beranda Tiket Wisata

PASAR SENI Ancol Tiket & 5 Atraksi Desember 2021

Pasar Seni AncolHarga Tiket: Rp15.000 - Rp25.000Jam Buka: 07.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan timur, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia, 14430

Sebagai ibukota, Jakarta jadi pusat perkembangan bagi segala bidang, termasuk kesenian dan pariwisata. Kedua hal itu bisa dinikmati bersama saat berkunjung ke Pasar Seni Ancol. Di sini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati karya seni bak di galeri. Tapi juga bisa melihat proses pembuatan atau berpartisipasi secara langsung.

Pasar Seni merupakan salah satu wahana rekreasi di komplek Taman Impian Jaya Ancol. Gagasan pendirian pasar ini muncul pada tahun 1975. Sejak diresmikan pada tahun 1977, kawasan ini jadi kawasan seni tertua di Jakarta. Pasar ini tumbuh menjadi wadah bagi seniman, kolektor, penikmat seni, sekaligus wisatawan. 

Tiket Masuk Pasar Seni Ancol

Pasar Seni berada dalam kawasan Ancol. Sehingga, pengunjung perlu membayar tarif tiket masuk kawasan Ancol. Selain Pasar Seni, tiket ini juga bisa digunakan untuk masuk Pantai Ancol dan Allianz Ecopark.

Tiket Masuk
Tiket Reguler Rp25.000
Tiket Mobil Rp25.000
Tiket Motor Rp15.000
Annual Pass Rp1.000.000

Baca: 33 Tempat Wisata di Jakarta Terbaik

Jam Buka

Pasar seni pada jam yang sama dengan operasional Ancol. Objek wisata ini buka setiap hari sejak pagi hingga malam hari.

Jam Operasional
Pintu Gerbang Timur 06.00 – 19.00 WIB
Pintu Gerbang BaratWeekday 09.00 – 17.00 WIB
Weekend 06.00 – 19.00 WIB
Pintu Gerbang Busway 06.00 – 19.00 WIB

Wisata Artistik ala Pasar Seni

Gapura Pasar Seni
Salah satu gerbang masuk kawasan Pasar Seni – Foto: Google Maps/pohon bumi

Pasar tradisional di Indonesia seringkali berasosiasi dengan para pedagang sayur atau daging. Lain ceritanya jika berkunjung ke Pasar Seni Ancol. Di pasar yang satu ini, pengunjung tidak akan menemukan sayur atau daging. 

Pasar yang sudah jadi bagian dari kawasan Ancol sejak tahun 1977. Tujuannya tak lain adalah mempertemukan para pegiat dan penikmat seni dalam satu wadah. Sejak resmi berdiri pasar ini menjadi sisi lain kawasan wisata di pantai utara Jakarta itu. Suasana yang ditawarkan jauh berbeda dari keramaian taman hiburan.

Baca: Art1 Museum Tiket & Koleksi Seni

Studio Seni Terbesar

Galeri Pasar Seni
Pengunjung dapat mengapresiasi karya para seniman yang dipamerkan di acara pameran tetap maupun temporer yang digelar di galeri-galeri yang tersedia – Foto: Google Maps/Pance mangatus

Kawasan wisata ini menempati lahan seluas tak kurang dari 5,2 hektare. Pada saat memasuki kawasan ini, gapura unik akan menyambut pengunjung. Gapura ini biasanya berhias sesuai tema acara yang sedang berlangsung. Untuk memperingati hari tertentu, dekorasi gapura juga akan selaras, seperti imlek atau tahun baru.

Di lahan ini, setidaknya terdapat 240 kios sewaan para seniman dan kolektor. Ada yang berfungsi sebagai geri, namun kebanyakan merupakan studio bagi seniman dan perajin. Melihat luas lahannya area ini bisa jadi merupakan studio seni terbesar di Indonesia bahkan dunia.

Baca: Tiket DUFAN & 12 Wahana Seru

Dari Lukisan Hingga Pahatan

Studio patung dan pahatan
Selain pelukis, di sini juga menyediakan ruang bagi seniman lain, seperti para pengrajin dan pemahat – FOto: Google Maps/Pututpandu Purwoko

Kebanyakan karya seni yang dijajakan dan dipamerkan adalah lukisan. Pengunjung akan sangat mudah menemukan lukisan dalam berbagai gaya dan ukuran di sini. Jika belum puas, calon pembeli bisa memesan sesuai selera terlebih dahulu.

Selain lukisan, karya seni lainnya yaitu patung dan pahatan. Pasar ini bisa jadi surga bagi para kolektor karya seni ini. Bahannya pun beragam, mulai dari kayu, batu, hingga barang bekas. Setiap karya memiliki gayanya masing-masing.

Tidak sedikit juga pengunjung yang datang untuk membeli karya seni secara langsung. Umumnya merupakan wisatawan mancanegara yang ingin membawa pulang suvenir. Pasar ini memang belum sepenuhnya jadi tujuan bagi para kolektor seni. Namun, tidak ada salahnya untuk berkunjung dan mengapresiasi, siapa tahu ada yang menarik hati.

Baca: ATLANTIS ANCOL Tiket & 8 Kolam Terbaik

Apresiasi Langsung

Melukis di Pasar Seni
Para seniman yang sedang mengerjakan karyanya merupakan pemandangan menarik bagi pengunjung – Foto: Google Maps/Pance mangatus

Di samping gerai-gerai, terdapat galeri yang buka sepanjang tahun. Beberapa di antaranya adalah Galeri Pasar Seni dan North Art Space. Sejumlah pameran pun rutin diadakan di galeri-galeri ini.

Berkunjung ke sini bukan sekadar mencari dan mengapresiasi karya seni. Pengunjung pun akan mendapatkan pengalaman lain yang masih seputar dunia seni. Misalnya, melihat langsung para seniman bekerja. 

Pada saat hari cerah, sejumlah seniman akan mengerjakan karya mereka di luar studio. Suasana pasar memang sejuk dan teduh karena banyaknya pepohonan rindang. Pengunjung dapat melihat langsung bagaimana ide dituangkan menjadi karya-karya yang indah. Beberapa seniman bahkan mau berdiskusi dengan senang hati.

Baca: Galeri Nasional Indonesia Pameran & Ekshibisi

Re-Kreasi Seni

Gemerlap dekorasi lampu di malam hari
Jadikan Pasar Seni sebagai tujuan wisata rekreasi seni sekaligus selfie yang tidak biasa – Foto: Google Maps/Iwan Haniyoto

Tidak hanya melihat, pengunjung pun bisa mendapatkan pengalaman berkarya yang nyata. Di sini juga rutin menggelar berbagai kegiatan untuk masyarakat umum. Misalnya sebut saja kelas melukis, membuat kerajinan tangan, dan sebagainya. Kegiatan semacam ini bisa diikuti oleh hampir semua kalangan usia. 

Di waktu tertentu, areanya sering juga menjadi lokasi berbagai pertunjukan. Ada teater, tarian, pembacaan puisi, hingga penampilan musik. Acara ini biasanya berlangsung di panggung terbuka pada akhir pekan. Namun, tidak sedikit juga yang menggelar pertunjukan di area pedestrian yang lapang.

Beraneka ragam instalasi seni tersebar di seluruh area pasar. Selain sebagai objek pameran tetap, instalasi ini juga jadi dekorasi menarik. Pengunjung bisa bebas mengambil foto maupun berswafoto ria. 

Baca: SEAWORLD ANCOL Tiket & 8 Atraksi Seru

Fasilitas Pasar Seni 

Fasilitas umum yang tersedia di kawasan wisata ini antara lain toilet dan musala. Terdapat juga kios makanan dan kedai kopi bagi yang ingin mengisi perut. Pasar ini memiliki lebih dari 240 kios yang menjual berbagai karya seni serta suvenir. Kemudian ada panggung terbuka yang bisa digunakan oleh masyarakat umum.

Lokasi Pasar Seni

Kawasan wisata ini berada di Taman Impian Jaya Ancol, tepatnya di Jalan Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Pengunjung bisa datang dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang