Mungkin belum banyak yang menyadari bahwa Ancol memiliki kebun binatang, selain Ocean Dream. Kebun binatang ini adalah Faunaland Ancol didirikan di atas lahan seluas 5 hektar. Mengusung konsep Papua, yang merupakan perpaduan dari Asia dan Australia.

Tak heran jika keanekaragaman flora dan faunanya seperti di dua benua tersebut. Dan tentu saja, Faunaland Ancol memiliki hewan unik dan langka.

Harga Tiket Masuk Faunaland Ancol

Untuk masuk ke Faunaland, pengunjung diberi pilihan beberapa paket tiket masuk. Mulai dari tiket masuk reguler, hingga annual pass. Ditambah lagi, paket tambahan gratis marchendise.

Harga Tiket Masuk Faunaland Ancol
Jenis TiketSenin – JumatSabtu – Minggu & Musim Liburan
IndividuRp65.000Rp75.000
Individu + River CruiseRp90.000Rp100.000

Baca: Kebun Binatang Ragunan Jakarta Tiket & Zona Wisata

Jam Buka Faunaland Ancol

Untuk hari Senin – Jumat, kebun bintang ancol ini buka mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Sementara hari Sabtu dan Minggu, buka pukul 8 pagi dan tutup 5 sore. Jika ingin puas menjelajah, pengunjung dapat datang sejak wisata ini dibuka.

Jam Buka
Senin – Jumat09.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu08.00 – 17.00 WIB

Mengenal Berbagai Satwa di Faunaland

Untuk memasuki Faunaland Ancol, pengunjung awalnya harus menuju ke area Ecopark. Tenang saja, di Ecopark ini tidak dikenakan tiket masuk.

Baca: Ecopark Ancol Tiket & 9 Aktivitas

Begitu masuk area Ecopark, pengunjung akan disambut dengan pepohonan yang teduh. Jalan setapak yang ada rimbun oleh pepohonan. Semilir angin seolah turut mengantar pengunjung menuju ke loket tiket.

Kabar baik bagi pengunjung yang membawa kereta bayi atau kursi roda. Karena, jalanan dapat dilalui oleh kereta bayi maupun kursi roda. Tanpa harus mengangkatnya, karena jalanan sudah rata dan halus.

Sebelum masuk ke area satwa, pengunjung harus melewati jembatan terlebih dahulu. Pengunjung dapat menyempatkan untuk berhenti sejenak di jembatan ini. Karena, dari sini dapat menyaksikan indahnya pemandangan Faunaland.

Pemandangan sungai dengan air yang bersih dan jernih. Ditambah lagi kanan kiri sungai dengan pepohonan yang rimbun. Sangat menyejukkan mata siapapun yang memandang.

Baca: Dufan Ancol Tiket & 12 Wahana Top

1. Berfoto Bersama Burung

Setelah berjalan melewati jembatan, pengunjung akan bertemu dengan photobooth. Photobooth ini terdapat burung warna – warni yang siap difoto bersama.

Ada petugas yang siap mengambilkan gambar pengunjung. Untuk biaya ambil gambar dan cetak, dikenakan tarif Rp 35.000. Namun, petugas pun tidak keberatan membantu pengunjung berfoto dengan kamera pribadi.

2. Menyaksikan Singa Putih yang Langka

singa putih yang langka di Faunaland
Singa Putih yang Langka di Faunaland. Foto: Gmap/bayu anggriawan

Singa putih, adalah salah satu jenis dari spesies singa. Singa putih memiliki warna bulu putih. Warna putih ini bukan karena kelainan atau albino, melainkan jenis dari singa ini.

Singa putih berasal dari Timbavati, Afrika Selatan. Singa putih dikatakan hasil mutasi langka yang terjadi pada singa kruger.

Meskipun unik, di habitat aslinya singa putih sulit untuk mendapatkan mangsa. Karena bulunya yang berwarna putih, sulit bagi singa putih untuk berkamuflase.

Di Faunaland, pengunjung dapat menyaksikan singa putih yang langka ini. Singa putih ini aman di dalam kandang yang dibatasi dengan kaca. Tentunya, kandang dibuat seperti habitat aslinya di Timbavati.

Baca: OCEAN DREAM SAMUDRA Ancol Tiket & 6 Atraksi Seru

3. Mengunjungi Berbagai Satwa di Replika Habitat Aslinya

Selain singa putih, Faunaland juga memiliki satwa lain yang tak kalah unik. Diantaranya kanguru putih, keledai mini, kura – kura raksasa, hingga macan dahan. Hewan – hewan ini terawat dengan baik dan ditempatkan dalam kandang yang bersih.

Kandang dari hewan – hewan tersebut dibuat berbeda. Untuk hewan buas, dibuat kandang dari kaca tembus pandang yang tebal. Untuk hewan yang jinak, diberi kandang kayu atau pagar.

pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan satwa jinak
Pengunjung dapat Berinteraksi Langsung dengan Satwa yang Jinak. Foto: Gmap/Harry Renren

Ada juga hewan yang dapat dipegang langsung oleh pengunjung, seperti kura – kura raksasa. Kandangnya pun dibuat pendek supaya pengunjung dapat langsung memegangnya.

4. Meonton Pertunjukan Bird Show

Pengunjung dapat menyaksikan para burung unjuk gigi di acara Bird Show. Bird Show dimulai tepat pukul 11 siang. Jadi, jika ingin menyaksikan Bird Show, datanglah sebelum pukul 11 siang.

Lokasinya berada di alam terbuka. Jadi, cukup panas di siang hari karena tidak semua mendapat tempat teduh. Yang terpenting, bawalah pelindung panas seperti topi atau kacamata hitam.

Baca: ATLANTIS ANCOL Tiket & 8 Wahana Top

5. Menyusuri Sungai di Safari River Cruise

ular replika di tepi sungai
Replika Ular di Tepi Sungai Supaya Habitat Terkesan Lebih Asli. Foto: Gmap/Amih Qalbi Azzahra

Puas dengan objek di daratan, pengunjung bisa mencoba Safari River Cruise. Pengunjung akan diajak berkeliling sungai dengan perahu kayu berkapasitas 8 – 10 orang.

Sungainya begitu bersih dan jernih. Di kanan kiri sungai, tumbuh rimbun pepohonan hingga terlihat seperti hutan. Bahkan, di beberapa spot diletakkan replika hewan, seperti buaya dan ular.

Baca: SEAWORLD Ancol Tiket & 9 Aktivitas

Lokasi dan Kontak Faunaland Ancol

Berlokasi di Ecovention Building – Ecopark, Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Untuk informasi dapat menghubungi Ancol Customer Care di 021-29-222-222 atau SMS di 0812-8799-2222.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.