Beranda Wisata Kuliner

7 Angkringan Jogja yang Enak dan Murah Meriah

0

Jogja memang selalu identik dengan angkringan. Hampir di setiap sudut kotanya, selalu ada warung angkringan yang menawarkan menu sederhana. Selain itu, harganya pun ramah untuk semua kalangan.

Dari ratusan atau bahkan ribuan angkringan Jogja, ada beberapa tempat yang ikonik dan menjadi favorit. Kalau bertandang ke Yogyakarta, beberapa angkringan berikut ini wajib banget didatangi satu-satu. Simak yuk daftarnya!

1
Bukan hanya kopi josnya saja yang terkenal, aneka jenis sate di sini jadi teman bersantai yang rasanya enak. Foto: Gmaps/Leo Cahyadi

Angkringan Kopi Jos Lik Man Jogja

Tempat ini terbilang adalah salah satu angkringan paling terkenal di Jogja. Tempat ini dikenal dengan kopi Josnya yang mantap. Kopi Jos merupakan kopi tubruk yang ditambahkan sebongkah arang panas ke dalamnya.

Salah satu yang membedakan Kopi Jos di sini dengan tempat lainnya yaitu penggunaan arang kayu asem. Selain itu, ada juga nasi kucing, gorengan dan aneka sate. Beberapa pilihan satenya yaitu sate kerang, sate kulit, sate usus hingga sate kikil. Jika tertarik, Angkringan Kopi Jos Lik Man buka setiap hari mulai pukul 16.00-01.00 WIB.

Baca: 7 Wisata Kuliner Jogja Legendaris, Wajib Coba!

2
Tempatnya luas, menunya tersaji secara prasmanan, sehingga pengunjung bisa bebas memilih makanan. Foto: Gmaps/Adam Sst

Angkringan Kang Harjo

Angkringan Jogja satu ini terkenal juga dengan Angkringan Wijilan. Tempat satu ini menyajikan berbagai menu secara prasmanan. Mulai dari sayuran, ayam goreng hingga aneka sate tersedia. Lokasinya juga luas dan terdiri dari dua lantai yang dapat menampung hingga 200 orang.

Kalau penasaran, Angkringan Kang Harjo buka mulai pukul 17.00-02.00 WIB. Harganya juga tidak berbeda jauh dengan tempat-tempat lainnya, murah meriah. Kalau kesulitan mencarinya, tempat ini tidak jauh dari Alun-alun dan Malioboro. Jadi, setelah puas berkeliling Alun-alun dan Malioboro, tempat ini bisa menjadi tujuan selanjutnya.

Baca: 7 Café & Resto unik di Yogyakarta Top Banget

3
Paling enak menyantap aneka menu di Angkringan Pak Jabrik dengan suasana hangat kota Jogja. Foto: Gmaps/Rizky Indriyani siregar

Angkringan Pak Jabrik Jogja

Biasa yang juga terkenal dengan nama Angkringan KR karena letaknya yang berada di depan Kantor Harian Kedaulatan Rakyat. Angkringan satu ini juga menjadi tempat ‘kopi darat’ atau silaturahmi berbagai komunitas. Menu yang tersedia di antaranya Nasi Kucing, Sambal Tongkol, Nasi Mercon Kikil, Rica-rica dan banyak lainnya.

Di sini, tersedia minuman kopi hitam yang dipadukan dengan susu kental manis dan arang membara yang ‘joss’. Lebih dari itu, Angkringan Pak Jabrik memberikan suasana akrab. Orang dari berbagai latar belakang bisa menikmati waktunya sambil bersantap di angkringan ini.

4
Tempat yang seru untuk nongkrong atau sekedar bersantai menikmati suasana Kota Jogja sambil ditemani aneka makanan khas Angkringan. Foto: Gmaps/phadma arum shaffira

Angkringan Kali Code

Ingin menikmati suasana malam Sungai Code dan rumah-rumah penduduk di sekitarnya? Datang saja ke Angkringan Kali Code. Di sini, pengunjung bisa menikmati kopi dan aneka makanan ditemani suara gemercik aliran sungai.

Pasalnya, angkringan Jogja satu ini memang berada di pinggiran Sungai Code. Selain itu, lampu-lampu dari rumah penduduk pada malam hari juga menjadi sajian tersendiri. Siapa bilang suasana indah pada malam hari hanya bisa dinikmati saat langit cerah dan penuh bintang? Nyatanya, duduk di Angkringan Kali Code sambil menikmati minuman dan makanannya berteman lampu-lampu rumah warga juga menghadirkan kesan tersendiri.

5
Suasananya nyaman, bersih dan luas, menunya juga berbagai macam dengan harga murah meriah khas angkringan Jogja. Foto: Gmaps/tandang m praceka

Warung Klangenan

Warung Klangenan memiliki tempat dengan konsep tempo dulu. Berbeda dengan angkringan umumnya yang berupa tempat sederhana di bawah tenda, Warung Klangenan sangat nyaman. Pada bagian samping warung terdapat area lesehan sementara pada bagian belakang terdapat tempat makan di tengah taman.

Kenyamanan inilah yang membuat banyak pengunjung betah, bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat berkunjung. Meski buka mulai siang hari, namun menu angkringan di tempat ini hanya tersedia saat malam hari. Sebab, pada siang hari Warung Klangenan menghidangkan aneka makanan rumahan seperti Oseng-oseng, sayur lodeh dan sayur bening.

6
Menikmati nasi kucing dengan aneka lauk dan sate di Angkringan Batas Kota menjadi momen menyenangkan saat berada di Jogja. Foto: Gmaps/Didi Widjanarko

Angkringan Batas Kota Jogja

Angkringan Batas Kota menjadi salah satu angkringan Jogja yang terkenal lainnya. Dinamakan Angkringan Batas Kota karena lokasinya yang terletak di perbatasan antara Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

Angkringan satu ini pun tidak pernah sepi pembeli dan menjadi salah satu tempat nongkrongnya para mahasiswa. Kalau sedang berwisata ke Yogyakarta, tidak ada salahnya mencicipi nasi kucing dengan aneka kudapan di sini. Harganya sudah pasti bersahabat!

7
Segelas kopi jos, berteman beberapa tusuk sate dan nasi kucing memang pas sekali untuk menghabiskan sedikit waktu menikmati momen di Kota Jogja. Foto: Gmaps/Mameme Music

Angkringan Pak Agus

Angkringan satu ini juga sangat terkenal di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Lokasi tepatnya terletak tidak jauh dari perempatan Tugu Malioboro. Yang terkenal dari tempat ini adalah kopi Jos yang bukan hanya dari kopi hitam saja, sebab, kopinya bisa bercampur dengan susu. Cocok untuk yang menyukai kopi bercita rasa manis.

Sebagai teman kopi, tersedia pula beraneka camilan enak. Mulai dari roti bakar, pisang bakar, baceman, aneka sate dan nasi kucing. Pilihan minuman lainnya yaitu tes susu, es jeruk wedang jahe dan banyak lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini