Beranda Wisata Kuliner

7 Gudeg Jogja Terkenal Rasanya Lezat

0

Para pecinta kuliner pasti sudah tidak asing dengan makanan khas yang menjadi ikon kota Jogja ini. Gudeg Jogja selalu jadi pilihan utama saat bertandang ke Jogja. Makanan yang cenderung manis ini terbuat dari Nangka muda yang berkombinasi dengan telur, ayam suwir, sambal krecek, tahu dan tempe. Pasti menggugah selera sekali kan?

Nah, kali ini ada rekomendasi gudeg Jogja yang terkenal dan tentu wajib didatangi untuk sekedar mencicipinya atau dijadikan oleh-oleh. Langsung saja, simak yuk beberapa di antaranya.

1
Rasa gudegnya manis dan gurih dengan berbagai macam pilihan lauk, tempatnya juga nyaman untuk bersantap. Foto: Gmaps/Rudyanto A. Wibisono

Gudeg Yu Djum Wijilan 167 Jogja

Sebagian besar warga Yogyakarta pasti sudah kenal dan tahu dengan pamor gudeg satu ini. Gudeg Yu Djum terkenal karena keasliannya yang tetap mempertahankan cita rasa dari resep turun temurun. Tersedia kemasan besek atau kendil, Gudeg Yu Djum terkenal tidak gampang basi.

Tersedia gudeg telur, ati ampela, ayam dan tahu tempe. Kuliner legendaris satu ini juga populer di kalangan wisatawan hingga para tokoh dan artis nasional. Rasa gudegnya manis berpadu dengan krecek pedas yang khas. Ada pula aneka pilihan lauk yang tidak kalah enaknya.

Baca: 7 Angkringan Jogja yang Enak dan Murah Meriah

2
Salah satu tempat makan yang memberikan pengalaman wisata kuliner berbeda, di mana pembeli langsung mengantre di dapurnya. Foto: Gmaps/Mutia Putri

Gudeg Pawon

Tempat makan satu ini sudah berdiri sejak tahun 1958 dan pengelolaannya secara turun temurun. Bukan di etalase, uniknya gudeg di sini tersaji langsung di dapur. Karena itulah bernama Gudeg Pawon. Dalam Bahasa Jawa ‘Pawon’ berarti dapur. Dapurnya juga masih tradisional dengan tungku kayu.

Aroma wangi dari bumbu masakan di sini pasti langsung tercium. Berbeda dengan gudeg Jogja umumnya yang bercita rasa manis, Gudeg Pawon lebih gurih. Meski warnanya merah kecokelatan seperti gudeg lainnya, namun rasanya tidak terlalu manis. Setiap porsi Gudeg Pawon dihidangkan degan sambal goreng krecek.

Baca: 7 Wisata Kuliner Jogja Legendaris, Wajib Coba!

3
Gudegnya sudah pasti enak, rasa kreceknya yang pedas mantap selalu terasa bikin ketagihan. Foto: Gmaps/Wen Suwanto

Gudeg Permata Bu Narti Jogja

Kalau mencari gudeg dengan cita rasa sedikit pedas, Gudeg Permata Bu Narti bisa jadi pilihannya. Rasa sedikit pedas tersebut berasal dari kreceknya. Meski begitu, rasa asli gudeg yang gurih dan manis tetap terasa di lidah. Sudah ada sejak 1961, gudeg satu ini menjadi salah satu yang legendaris di Yogyakarta.

Gudeg Permata menyajikan gudeg basah di mana ciri khasnya yaitu pada kuahnya. Kuah gudeg di sini terasa gurih, ditambah sambal krecek yang berkuah. Selain itu, ada juga tambahan sayur daun singkong dan sambal tempe.

4
Tidak seperti gudeg pada umumnya, di sini gudegnya terasa sangat pedas sehingga lebih terasa nikmat. Foto: Gmaps/Linda Sastradi

Gudeg Mercon Bu Tinah

Warung makan satu ini diketahui sudah berdiri sejak 1992 silam. Tempat makannya memang hanya berupa warung kecil, tetapi tidak pernah sepi pembeli. Cita rasa manis gudeg masih terasa ditambah gurihnya kuah areh.

Tetapi, sensasi pedas langsung terasa saat mencicipi merconnya yang dituang di atas nasi. Nah, mercon inilah yang menjadi andalan tempat ini. Yaitu sayur tempe dengan potongan cabai hijau. Selain itu, ditambah juga dengan krecek dan cabai rawit yang terasa sangat pedas. Pokoknya cocok untuk para pecinta kuliner pedas!

5
Tempat makannya nyaman dan bersih, ayam goreng atau bebek gorengnya terasa gurih, cocok jadi lauk makan gudeg. Foto: Gmaps/Bernard Bernard

Gudeg Sagan Jogja

Gudeg Sagan adalah gudeg basah yang menghidangkan ayam kampung sebagai lauk utamanya. Agar cita rasanya semakin kuat, gudeg di tempat ini mendapat areh cukup banyak. Rasa pedas dari kreceknya juga sangat pas.

Lauk pauk lain yang ada di Gudeg Sagan di antaranya ati ampela, tahu, tempe, telur hingga uritan. Bahkan, tersedia juga pilihan bubur krecek. Berbeda dengan tempat lainnya, semua masakan di sini sama sekali tidak menggunakan MSG.

6
Rasa gudeg di sini tidak terlalu manis tapi gurih, tempatnya lesehan, cocok untuk makan bersama teman sambil menikmati suasana Jogja. Foto; Gmaps/ahmad waskitho aji

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Cita rasa gudeg di tempat ini lebih cenderung gurih dan tidak terlalu manis. Meskipun rasanya berbeda dengan gudeg Jogja umumnya, namun warung makan satu ini tidak pernah sepi pembeli. Bahkan, pengunjung harus rela mengantre demi mencicipi rasa gurih yang khas dari gudeg ini.

Harga gudegnya berbeda-beda, tergantung pilihan lauk, tapi tentunya masih ramah kantong. Gudeg Bromo Bu Tekluk buka mulai pukul 23.00 WIB hingga subuh. Bahkan, para pembeli biasanya sudah antre sejak warung belum buka.

7
Tempatnya memang sederhana, tapi rasanya dijamin juara. Menariknya, pembeli bisa memilih mau menikmati gudeg dengan nasi atau bubur. Foto: Gmaps/Elsi Rumawati

Gudeg Ibu Kota

empat makan satu ini bisa menjadi pilihan saat tiba-tiba merasa lapar Ketika malam hari. Pasalnya, Gudeg Ibu Kota mulai buka pukul 20.30-05.00 WIB.

Di sini tersedia gudeg basah dengan kuahnya yang gurih dan beragam pilihan lauk. Selain ayam dan telur, ada juga ceker ayam dan aneka sate khas angkringan Jogja. Pembeli pun bisa memilih mau dihidangkan dengan nasi atau bubur. Mantap kan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini