Beranda Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Jogja 40 Restoran & Cafe Terpopuler

Keistimewaan Kota Jogja sebagai salah satu kota wisata budaya di Indonesia menjadikan geliat pariwisata di kota ini tak pernah lesu. Sejalan dengan itu, industri wisata kuliner Jogja pun ikut berkembang.

Di kota ini kini mulai menjamur restoran dan cafe dengan beragam pilihan kuliner. Konsep yang ditawarkan juga unik, kreatif, dan cocok sebagai referensi wisata kuliner Jogja. Lantas, dimana saja restoran-restoran yang istimewa itu. Restoran dan cafe ini bahkan telah diulas lebih dari 1000 orang. Berikut 40 diantaranya.

Daftar Resto & Cafe Wisata Kuliner Jogja

Berikut adalah daftar Resto dan Cafe yang sering dijadikan tujuan wisata kuliner di Jogja.

Baca: 7 Café & Resto unik di Yogyakarta Top Banget

Restoran Kuliner Khas Jogja

Menikmati kuliner Jogja tentu kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Restoran khas Jogja, berikut beberapa pilihan restoran yang menyajikan Kuliner Khas Jogja.

1. Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Gudeg khas jogja Yu Djum Wijilan
Kuliner Jogja – Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Foto: Satrio G. Nugraha.

Dari sekian banyak penjual Gudeg di Jogja, nama Gudeg Yu Djum bisa dikatakan salah satu populer. Berdiri sejak 1950, Gudeg Yu Djum yang beralamat di Jalan Wijilan No.167 ini tak pernah sepi karena tetap mempertahankan cita rasa khasnya.

Beberapa hal yang dianggap membuat Gudeg ini berbeda dari yang lain adalah nangkanya yang benar-benar kering serta rasa gudegnya yang tidak terlalu manis. Kelebihan lain ialah Gudeg Yu Djum bisa tahan sampai 24 jam dan dapat dijadikan oleh-oleh khas jogja.

Buka dari jam 6 pagi sampai 10 malam, restoran Gudeg Yu Djum juga terbilang nyaman. Sentuhan ornamen tradisional menjadikan suasana makan gudeg lebih terasa nikmat.

Sudah mengantongi sertifikat Halal dari MUI, satu porsi Gudeg Yu Djum berisi nasi, gudeg, sambal krecek, dan lauk sesuai selera. Pilihan lauknya yaitu telur bebek, tahu, tempe, suwiran ayam kampung, ampela hati, dan jeroan.

Harganya sendiri mulai dari Rp14.000 untuk lauk telur, hingga Rp40.000 untuk Nasi Gudeg Krecek Paha Atas. Selain itu juga tersedia kemasan paket, bisa memilih kemasan besek dengan harga Rp45.000 dan kemasan kendi dengan harga Rp115.000.

2. Rumah Makan Gudeg Pawon

Jika tak ingin antre, jangan makan ke Gudeg Pawon’. Mungkin begitulah istilah yang tepat untuk menggambarkan bagaimana ramainya Rumah Makan yang berada di Jalan Janturan No.36, Umbulharjo, Yogyakarta ini. 

Nama Gudeg Pawon memang sudah terkenal karena sering dijadikan tujuan wisata kuliner jogja, tak hanya bagi warga Jogja tapi juga bagi wisatawan.

Berjualan di rumah nyatanya tak membuat pelanggan mengurungkan niat untuk datang karena yang dicari ialah cita rasa Gudeg nya yang khas.

Menu Gudeg Pawon Jogja
Kuliner Jogja – Gudeg Pawon Jogja. Foto: Fahmi Husein.

Sensasi lain yang mungkin membuat Gudeg Pawon berbeda ialah karena masih menggunakan kayu bakar dan pelanggan langsung masuk ke dapur untuk mengambil makanannya.

Untuk makan, bisa makan ditempat ataupun dibawa pulang. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi gudeg ialah mulai dari Rp15.000 – Rp24.000, tergantung pilihan lauk. Gudeg Pawon buka dari jam 21:30 malam hingga habis.

3. Bale Raos Kraton

Mencoba kuliner Jogja ala Sultan Jogja tentu menjadi pengalaman yang menarik. Untuk merasakan sensasi tersebut, Bale Raos Kraton bisa menjadi pilihan.

Restoran yang berada di Jalan Magangan Kulon No.1 Kraton ini, berada di samping Keraton Yogyakarta, bahkan bangunan tersebut adalah tempat menginap prajurit keraton di abad 18.

Buka dari jam 10 pagi sampai 10 malam, ada baiknya melakukan reservasi terlebih dahulu melalui telepon atau website resmi terutama jika datang rombongan.

Disini pengunjung bisa melihat langsung suasana keraton lengkap dengan sambutan dari pelayan dengan pakaian adat dan alunan musik tradisional. 

Kuliner khas Jogja Bale Raos Kraton
Kuliner Jogja – Bale Raos Kraton. Foto: Kenny A.

Karena sajian ala Keraton, maka menu makanan disini tidak bisa ditemui di tempat lain. Beberapa menu utama ialah Semur Piyik, Gudeg Manggar, Bestik Lidah, Bestik Jawa, Bebek Suwar Suwir, Urip Urip Gulung, Bebek Ungkep, Ayam Tauco, Sekul Blawing dll.

Ada juga menu kudapan seperti Pam Brid, Tapak Kucing, Bendul, dan Prawan Kenes. Untuk harga rata-rata masih di angka puluhan ribu rupiah per porsi. 

4. Warung Bu Ageng

Restoran milik seniman Butet Kertaradjasa ini menjadi salah satu tempat kuliner jogja yang populer. Bahkan namanya semakin terkenal lantaran bos Facebook, Mark Zuckerberg, pernah mampir dan makan disini.

Beralamat di Jalan Tirtodupuran No.13, Warung Bu Ageng adalah restoran spesialisasi makanan nusantara terkhusus perpaduan kuliner Kutai dan Jawa.

Menjadi khas karena menyajikan menu khas rumahan yang dibuat oleh Bu Ageng yang tak lain adalah istri Butet Kertaradjasa. Masakan yang biasanya untuk dinikmati oleh keluarga dan tamu, kini bisa dinikmati para penikmat kuliner jogja.

Masakan rumahan Bu Ageng
Kuliner Jogja – Warung Makan Bu Ageng. Foto: Shinta Paruntu.

Menu yang disediakan antara lain Lidah Masak Semur, Sambal Kutai, Ayam Nylekit, Nasi Pecel, Oseng Mercon, Baceman Kambing, Eyem Penggang, Paru Masak Ketumbar, Nasi Ayam Suwir dan lainnya.

Harganya sendiri berkisar Rp25.000 sampai Rp35.000. Selain menunya yang tradisional, resto ini juga memiliki desain Rumah khas Jawa dan diperkuat dengan penambahan perabot antik. 

Cafe 24 Jam Jogja

Bagi yang ingin nongkrong berlama – lama sambil menikmati suasana malam Jogja, Cafe-cafe berikut bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Mato Kopi Yogyakarta

Mencari tempat nongkrong yang buka 24 jam di Yogya? Mampir saja ke Jalan Selokan Mataram, Kecamatan Depok, Sleman. Di sana ada warung kopi legendaris bernama Mato Kopi.

Berupa sebuah bangunan dengan saung bambu, Mato Kopi menjadi lokasi yang cocok untuk berkumpul bersama teman-teman. 

Menu minuman yang disajikan Mato Kopi cukup lengkap, antara lain Kopi Panas, Es Kopi, Kopi Susu, Kopi Jahe, Teh, Teh Jahe, Teh Tarik, teh Tubruk, Es Susu, Susu Hangat, Coklat, Es Coklat Mocacino, Es Coklat Vanila dl, dengan harga beragam mulai dari Rp4.000 – Rp12.000.

Menu makanan mie rebus, nasi pecel Mato Kopi Jogja
Kuliner Jogja – Mato Kopi. Foto: Rangkum Bagi.

Sebagai pengganjal perut, Mato Kopi menyediakan Nasi Lele, Nasi Ayam, Nasi Ampela, Nasi Telur, Nasi Tahu/tempe, Nasi Goreng, Nasi Pecel, Nasi Sambel Teri, Kentang Keju dll. Harganya juga tak kalah terjangkau, diantara Rp6.000 – Rp13.000.

6. Semesta Cafe Kotabaru

Salah satu Cafe 24 jam di Jogja ini berada di Jalan Abu Bakar Ali, Kotabaru, Gondokusuman. Cafe ini juga memiliki konsep yang menarik dan tidak membosankan.

Menghadirkan suasana tradisional dengan penggunaan bahan bambu, jerami, serta tanaman-tanaman tropis. Meskipun di tengah kota, suasana di cafe ini mampu memberikan ketenangan bagi pengunjung.

Fasilitas yang disediakan Semesta Cafe yaitu Mushola, area parkir, internet dan Toilet. Nah, untuk internet, pengunjung cukup membayar tambahan Rp5000 untuk menikmati fasilitas wifi yang kencang selama 12 jam.

Di Semesta Cafe, terdapat banyak pilihan hidangan seperti aneka Mie, Bakmi, Spaghetti, Ayam Penyet, Ayam Goreng/Bakar, Nasi Goreng, Chicken Sandwich, Jamur Crispy, Jagung Manis, Kentang Greng, Chicken Nugget dll. 

Harganya juga terjangkau sekitar Rp12.000 untuk makanan berat dan sekitar Rp5000 – Rp10.000an untuk makanan ringan.

Makanan ringan Semesta Cafe
Kuliner Jogja – Semesta Cafe. Foto: Black Coffe.

Sedangkan untuk minuman, ada Kopi Spesial Semesta dan aneka kopi lain, Minuman Coklat, Teh, Milkshake, Softdrink, hingga minuman tradisional seperti Wedang, Jahe Jeruk, Tape Susu dan Sekoteng dengan harga sekitar Rp5000 – Rp10.000.

7. Silol Kopi & Eatery

Memadukan arsitektur modern dengan elemen-elemen klasik, Silol Kopi & Eatery berhasil mencuri perhatian anak muda Jogja. Apalagi, cafe yang berada di Jalan Suroto, Kotabaru ini buka 24 jam.

Fasilitas yang disediakan terbilang lengkap, area parkir yang luas, ruang khusus merokok, free wifi, toilet bersih, mushola, area rooftop dan live music. Tidak hanya itu saja, tersedia ruang yang bisa disewakan untuk kegiatan meeting berkapastitas hingga 100 orang.

Silol Kopi & Eatery menyediakan menu tradisional hingga modern, mulai dari Rawon, Soto, Sop, Gado-gado, Nasi Goreng hingga Steak, Salad, French Toast Bread, Black Papper Noodle, Lasagna dan Burger. Harganya juga terjangkau mulai dari Rp20.000 dan untuk menu Tenderloin Steak harganya Rp185.000.

Menu makanan di Silol Jogja
Kuliner Jogja – Silol Kopi & Eatery Menu. Foto: Diian Nuswantari

Sedangkan untuk minuman, Yeo dan Vietnam Drip adalah kopi andalan dengan harganya sekitar Rp15.000. Namun tentu masih ada aneka minuman lain seperti Chocolate Ice/Hot, Mochachino, Long Black, Frapucino, Milkshake dll, dengan harga berkisar belasan ribu rupiah.

8. Legend Coffee

Legend Coffee berada di sekitaran GOR Kridosono, tepatnya di Jalan Abu Bakar Ali No.24-26. Selain nongkrong, pengunjung dapat bermain Playstation, nintendo, xbox , meja bilyar, pingpong, soccer table dan catur. Cafe yang menamakan diri sebagai ‘games cafe’ ini beroperasi selama 24 jam. 

Menu Makanan di Legend Cafe Jogja
Kuliner Jogja – Legend Coffee Menu. Foto: Elisabeth ARTI Wulandari.

Menu yang tersedia di Legend Coffe sangat beragam, beberapa diantaranya ialah aneka Nasi Goreng, Mie, Ayam Penyet, Chicken Yakiniku, Chicken Katsu, Calamary, Beef Black Papper, dan Chicken Cordon Bleu, dengan harga dikisaran Rp15.000 – Rp28.000.

Tempat Nongkrong Istagramable Jogja

Dengan desain Cafe yang unik dan menarik, tempat nongkrong berikut bisa menjadi pilihan untuk menambah koleksi foto di Instagram.

9. Cafe Brick

Cafe yang beralamat di Jalan Damai No.8, Yogyakarta ini memiliki konsep Vintage British. Berhiaskan berbagai ornamen lampu, telephone box, motor serta mobil antik yang dipajang dihalaman depan sangat menambah kesan jalanan Kota London tempo dulu.

Menu Makanan di Cafe Brick Jogja
Kuliner Jogja – Cafe Brick Jogja. Foto: Veronica Setiawati.

Tidak heran jika lokasi ini menjadi favorit pengunjung untuk berfotoSelaras dengan tema ruangnya, menu yang disediakan juga didominasi hidangan khas barat, seperti Butter Rice, English Breakfast, Bolognese, Carbonara, Sirloin Steak, Grilled Ribs, Beef Stew dll. Harga menu makanan Cafe Brick berkisar Rp25.000, dengan jam operasional Cafe 24 Jam

10. Lantai Bumi Coffee & Space

Dengan konsep tempat bergaya unfinished design, Lantai Bumi Coffee & Space menjadi salah satu alternatif  hangout anak muda Jogja.

Dinding bangunan yang tidak di cat atau masih berupa lapisan semen dipadukan dengan penambahan elemen tanaman untuk melenturkan kesan kaku sering dijadikan objek foto bagi pecinta fotografi dan anak-anak instagram.

Menu Pasta dan Kopi Lantai Bumi.
Kuliner Jogja – Lantai Bumi Jogja. Foto: Belinda S.

Menu yang tersedia di Lantai Bumi antara lain seperti Espresso, Cappucino, Cafe Latte, Cafe Macha, Caramel Macchiato, dan Americano, Red Velvet Latte dll untuk menu minuman.

Untuk menu makanan nya Lantai Bumi menyediakan Burger, Chicken Wings, Onion Ring, Fish & chip, dan French Fries, Nasi / Mie Goreng, Dori sambal matah, Chicken steak dan spahetti.

Harga makanan di Lantai Bumi berkisar Rp25.000 hingga Rp30.000 dan minuman berkisar Rp20.000. Jam operasional Cafe Lantai Bumi mulai dari jam 8 pagi hingga tengah malam.

11. Roaster and Bear

Tempat nongkrong yang asyik dan cozy ini memiliki desain vintage yang menarik dan lucu, terutama bagi kaum hawa. Tema beruang mendominasi dari mulai lukisan dinding, foto, hingga boneka teddy bear.

Beralamatkan di Jalan P Mangkubumi No.52, Jetis, Kota Jogja, Resto Roaster and Bear masih dalam satu bangunan dengan Hotel Harper.

Buka sejak jam 7 pagi sampai 11 malam, pengunjung bisa menempati area di lantai 1 atau lantai 2 dimana keduanya sama-sama lucu dan nyaman.

Menu makanan di Roaster and Bear
Kuliner Jogja – Roaster and Bear. Foto: S. Lee.

Menu hidangan yang ditawarkan Roaster and Bear sangat beragam. Beberapa diantaranya yaitu Chicken Hot Plate, Sandwich, Croissant Wagyu Beeg, Beef Burger, Pizza, aneka Pasta, Chicken Schitzel, Grilled Baby Chicken dan banyak lainnya. Harga menu-menu ini dikisaran Rp50.000 – Rp100.000.

Selain itu, tersedia juga aneka Steak seperti Sirloin Wagu, Tenderloin Wagu, dan Rib Eye Wagyu dengan harga Rp250.000an. Menu makanan ringan juga ada mulai dari Nachos, Tachos, french fries, Belgian Fries, Fish Finger, Chicken Finger, dan Mac n cheese dengan harga Rp20.000 sampai Rp35.000.

Restoran Spesial Ayam Goreng di Jogja

Dengan menu andalan Ayam Goreng, Restoran berikut dapat menjadi pilihan para penyuka Ayam Goreng.

12. Ayam Goreng Suharti

Berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto No.208, Ayam Goreng Suharti merupakan restoran yang cukup terkenal di dunia kuliner Jogja. Menu Ayam Goreng bumbu kremes menjadi sajian utama yang ditawarkan.

Di Jogja sendiri ada 2 restoran yang memiliki nama yang mirip yaitu Ayam Goreng Suharti dengan logo seorang wanita berpakaian adat Jogja dan satu lagi Ayam Goreng Ny. Suharti dengan logo gambar dua ekor ayam dan huruf S ditengahnya. Keduanya saat ini dipegang oleh dua pemilik yang berbeda.

Restoran Ayam Goreng Suharti cukup besar dan dilengkapi area parkir yang luas. Suasana tradisional sudah nampak dari bangunan luarnya. Ruang dalamnya yang nyaman dan dilengkapi fasilitas seperi toilet dan mushola.

Menu Ayam Goreng di Ayam Goreng Suharti
Kuliner Jogja – Rm Ayam Goreng Suharti. Foto: yudi setiawan.

Menggunakan ayam kampung muda, Menu Ayam Goreng Suharti memiliki keunggulan daging yang empuk dengan tulang nya yang lunak ditambah kremesan yang selalu menjadi primadona. 

Harga satu ayam goreng utuh ialah Rp110.000. Namun jika tidak makan untuk berombongan, bisa juga memesan ayam goreng setengah ekor dengan harga Rp57.000.

Menu lain juga tersedia seperti Nasi Pecel, Gado-Gado, Ati Ampela, Gudeg Telur, Sayur Lodeh, Sayur Asem, Nasi Soto Ayam dan Nasi Rames yang harganya dikisaran Rp20.000-Rp30.000. 

13. Lombok Idjo Diponegoro

Bernuansa tradisional, Restoran Lombok Idjo yang berada di Jalan Diponegoro, Jetis ini selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner jogja. 

Dihiasi dengan ornamen lampu gantung klasik dan Patung tokoh pewayangan Semar tepat di pintu masuk ibarat menyambut pengunjung.

Membicarakan hidangannya, restoran ini memiliki menu andalan Ayam Goreng Spesial dengan sambal Idjo. Harganya hanya Rp16.500 per porsi. Ada juga Ayam Bakar Kecap sambal bawang yang dihargai Rp17.000.

Menu ayam goreng di Lombok Idjo Diponegoro
Kuliner Jogja – Lombok Idjo Diponegoro. Foto: Vic Easter.

Tidak hanya menu ayam goreng, restoran ini juga mnyediakan Gurame Sambel Terasi, Gurame Bakar Sambal Matah, Udang Sambal, Pecel Lele Sambel Tomat, Nila Bakar/Goreng Sambel Terasi Mentah, dll, dengan harga mulai dari Rp20.000 – Rp50.000.

14. Waroeng Pohon Omah Sawah

Berkonsep taman tropis, Waroeng Pohon Omah Sawah mampu memberikan warna baru dalam dunia kuliner Jogja. Resto yang beralamatkan di Jalan Parangtritis KM 67, Bantul ini sering terlewatkan dari radar pecinta kuliner Jogja karena lokasinya yang bukan dijalan utama dan bukan dikawasan kuliner Jogja.

Walaupun begitu, Waroeng Pohon Omah Sawah tidak kehilangan daya tarik nya. Menggunakan bahan batu alam untuk hardscape-nya, kolam ikan dan beraneka jenis pepohonan rindang menambah kenyaman dalam bersantap di Resto ini.

Untuk menu makanan, Resto Waroeng Pohon Omah Sawah memiliki menu makanan andalan yaitu Sego Sarang Ingkung Ayam. Ini adalah hidangan khas Jawa yang hanya ada di hari-hari besar.

Sego Sarang Ingkung Ayam Waroeng Pohon Omah Sawah
Kuliner Jogja – Waroeng Pohon Omah Sawah. Foto: F R Mafaza.

Sego Sarang Ingkung terdiri dari satu ekor ayam kampung goreng utuh, sego (nasi uduk di sajikan menggunakan anyaman daun kelapa), 3 macam lalapan, dan kuah ingkung.

Satu porsi Sego Sarang Ingkung bisa dinikmati untuk empat sampai lima orang. Harga hidangan ini Rp120.000 dan porsi personal dengan harga Rp31.000.

Untuk hidangan lain tersedia Pecel Ayam, Pecel Lele, Ikan Gurame, Cumi Goreng Tepung, Sop Daging Sapi, Sop Ayam, Nila Bumbu Rujak dan Bebek Goreng Sambel Terasi. Harganya mulai dari Rp15.000 – Rp30.000. 

Resto Waroeng Pohon Omah Sawah buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website Resto Waroeng Pohon Omah Sawah.

15. Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum 1

Menu Ayam Geprek bisa dikatakan tengah hits dimana-mana. Tak hanya di warung tenda, makanan berupa ayam goreng yang digeprek / tumbuk dengan sambal ini menjadi tujuan wisata kuliner jogja.

Tapi dari sekian banyak penjual Ayam Geprek di Jogja, salah satu yang populer ialah Ayam Geprek Bu Rum 1 yang ada di Jalan Wulung, Sleman. 

Menu ayam Geprek di Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum 1
Kuliner Jogja – Ayam Geprek Bu Rum 1. Foto: Natasya Putri Hasian.

Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum 1 yang merupakan warung tenda pinggir jalan ini tak pernah sepi pelanggan terutama saat jam makan siang.

Ayam Geprek ini punya keunikan yaitu konsumen boleh menentukan jumlah cabai yang diinginkan dan tanpa biaya tambahan.

Urusan harga tak perlu diragukan. Dengan Rp15.000 saja sudah bisa menikmati seporsi ayam geprek, nasi, dan lauk seperti sayur dan telur dadar. Warung ini beroperasi dari jam 9 pagi hingga sore.

Resto Dengan Pemandangan Alam

Menikmati hidangan makanan sambil ditemani pemandangan alam yang indah, resto berikut bisa dijadikan pilihan yang tepat.

16. Abhayagiri Restaurant

Menikmati pemandangan alam dari ketinggian adalah hal yang menyenangkan. Apalagi sambil menikmati hidangan yang nikmat. Untuk merasakan sensasi ini bisa langsung datang ke Abhayagiri Restaurant.

Berada di Sumberwatu Heritage Resort, Dusun Sumberwatu, Sambirejo, Sleman, resto ini bisa ditempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Jogja.

Buka dari jam 11 siang sampai 10 malam, Abhayagiri memadukan konsep bangunan tradisional dan modern. Bagi pengunjung yang datang saat siang, panorama lanskap hijau menjadi suguhan utamanya.

Saat malam hari, pemandangan kerlap-kerlip lampu perkotaan berpadu bintang dan bulan menjadi suguhan yang romantis.

Menu makanan di Abhayagiri Resturant
Kuliner Jogja – Abhayagiri Resturant. Foto: Rofid Wafa.

Sepadan dengan suguhan panoramanya, menu Abhayagiri juga spesial. Menyediakan berbagai jenis hidangan seperti Chicken Steak, Oxtail Soup, Gurame Szechuan, Baramundi, Beef Black Papper, Nasi Goreng, Roasted Chicken, Pan Roasted Salmon, Abhyagiri Duck Special dll.

Harga untuk menu makanan utama ini ialah mulai dari Rp70.000 sampai Rp 100.000, kecuali Rib Eye Steak yang dipatok harga Rp195.000. 

17. Rosella Easy Dining

Dari sekian banyak restoran nuansa tradisional di Jogja, Rosella Easy Dining bisa menjadi pilihan wisata kuliner Jogja. Tidak hanya mengusung konsep tradisional dari bangunannya, Restoran ini juga diperindah dengan pemandangan hamparan sawah.

Beralamat di Jalan Kabupaten KM 3,5 No.50, Rosella Easy Dining buka setiap hari dari pukul 4 sore sampai setengah 11 malam. Saung besar dengan arsitektur adat jawa menjadi bangunan utama resto dan dihiasi dengan lampu gantung antik serta kain batik.

Masakan nusantara adalah menu yang dihidangkan dari Rosella Easy Dining ini. Namun ada satu hidangan lain yang diberikan yaitu Rijsttafel. Ini adalah gaya khas kolonial Belanda dalam menghidangkan makanan dimana setiap menu disajikan dalam porsi kecil.

Menu makanan di Rosella Easy Dining
Kuliner Jogja – Rosella Easy Dining. Foto:  Rosella Easy Dining Restaurant Yogyakarta.

Setidaknya ada 20 menu makanan yang akan disajikan seperti Nasi Goreng, Nasi Putih, Sate Ayam, Lawar Timun, Telor Bumbu, Perkedel, Serundeng, Opor Tahu Curry, Sambel Uleg, Peyek Kacang dll. Harga sajian ini ialah Rp75.000 dengan minuman pemesanan 2 orang.

Namun selain itu masih ada aneka menu lain seperti Nasi Goreng, Nasi Nanas, Nasi Campur, Rawon dan Pecel Ayam. Harganya bervariasi sekitar Rp40.000 – Rp70.000.

Tempat Ngopi Nyaman di Jogja

Tidak hanya menawarkan kopi saja, cefe-cafe berikut juga memberikan tempat yang nyaman bagi pengunjung untuk bercengkrama sambil menikmati kopi.

18. Klinik Kopi

Pernah ingat adegan dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 ketika Rangga mengajak Cinta ngopi? ternyata lokasi nya ada di Jalan Kaliurang KM 7,5 bernama Klinik Kopi.

Dinamakan klinik, karena dianggap lebih sehat tanpa penggunaan susu dan gula sebagai tambahan. Namun jangan khawatir, karena meskipun tanpa gula, rasanya tetap bisa dinikmati oleh pelanggan yang tidak terbiasa menkonsumsi kopi tanpa gula.

Buka hari Senin sampai Sabtu, Klinik Kopi juga punya jam praktek yang tidak begitu panjang, hanya dari jam 5 sore sampai 10 malam. Bisa dikatakan cocok untuk tempat singgah selepas bekerja atau nongkrong malam.

Tempat shooting AADC 2 Jogja
Kuliner Jogja – Klinik Kopi.Foto: muhammad yusra.

Suasana tradisional sangat kental terasa di cafe ini, didominasi bambu dan suasana alam menambah suasana akrab khas warung kopi.

Jangan heran jika datang tapi tidak ada daftar menunya, karena memang tidak disediakan di cafe ini. Pengunjung justru akan dijelaskan oleh karyawan pembuat kopi atau disebut brewer.

Brewer akan menanyakan karakter kopi apa yang disukai dan akan memberikan saran. Hal ini tentu cukup unik dan memang sesuai dengan namanya ‘klinik’. Untuk urusan harga juga tidak akan menguras kantong terlalu dalam lantaran hanya mulai dari Rp15.000 saja.

19. Epic Coffee & Epilog Furniture

Ngopi sambil belanja furniture? ternyata dua hal tersebut dapat dilakukan di Cafe yang terletak di Jln Palagan Tentara Pelajar No.29, Mudal, Sleman, Yogyakarta. Tidak hanya melayani pengunjung yang ingin ngopi, sekaligus juga menjajakan furnitur.

Bertemakan industrial design, Epic Coffee & Epilog Furniture memiliki area indoor dan outdoor dengan Suasana taman dan pepohon disekitar area cafe. Cocok dipilih jika datang saat sore atau malam hari.

Epic Coffee & Epilog Furniture menyajikan menu makanan western seperti Spaghetti, Grilled Rosemary Chicken, Chicken Schnitzel, Fish & Chip, Steak Sandwich, Beef Burger, Warm Croque Monsieur, Veal Sausage, French Onion Soup, Mushroom Cream Soup, Caesar Salad dll.

Menu makanan Epic Coffee & Epilog Furniture Menu Jogja
Kuliner Jogja – Epic Coffee & Epilog Furniture Menu. Foto: Kun Chen.

Harga makanan di cafe ini mulai dari Rp25.000 – Rp40.000an. Tersedia juga pilihan steak yaitu Black Angus Sirloin Steak dan Tenderloin Steak yang dibandrol dengan harga Rp138.000 dan Rp158.000. Jam operasioanl Epic Caffee setiap hari dari jam 10 pagi hingga 11 malam. 

20. Blanco Coffee and Books

Suka bersantai sambil membaca buku? Blanco bisa menjadi alternatif untuk didatangi. Di cafe ini, pengunjung bisa membaca koleksi buku yang disediakan sambil makan dan minum.

Arsitektur bangunannya nampak minimalis modern dengan dominasi warna hitam dengan Tulisan Blanco yang besar dibagian depan menjadi tanda cafe yang berlokasi di Jalan Kranggan No.30, Cokrodiningrat, Jetis, Kota Yogyakarta.

Blanco Coffee memiliki menu Kopi spesial yaitu The Hamingway. Merupakan kombinasi dari triple shots espresso dan susu, menjadikan The Hamingway memiliki rasa yang khas, tidak terlalu asam, dengan aroma yang wangi. Harganya sendiri ialah Rp30.000.

Tersedia menu lain yang juga tak kalah nikmat ialah M&M Frapucino, Flemings Vanilla, Frapuccino Coton Candy, Cogge Cruse dan Ice Choco Oreo yang juga dibandrol dengan harga Rp30.000.

Selain itu, Blanco Coffee menyediakan Espresso, Machiato, Afogato, Cappucino, Amaricano, Mochacino dan Caffe Late dengan harga Rp20.000.

Menu makanan roti dan kopi di Blanco Coffee and Books
Kuliner Jogja – Blanco Coffee and Books. Foto: Blanco Coffee And Books

Untuk menu makanan, ada Croissant, Apple Slipper, Almond Pie, Hungarian Strawberry Pastry, Smooked BeefSandwich, Churos, Calamary, Nacchos dan Australian Creme Brulee Toast. Harganya mulai dari Rp16.000 sampai Rp25.000.

Operasional Blanco Coffee yaitu dari jam 7 pagi sampai 1 dini hari pada hari Senin sampai Kamis, dan pukul 1 siang sampai 1 dini hari pada Jumat sampai Minggu.

Tempat Makan Keluarga di Jogja

Restoran berikut cocok bagi wisatwan rombongan / keluarga yang ingin menikmati kuliner jogja.

21. Jejamuran

Restoran yang beralamat di Jalan Pendowoharjo Niron, Kabupaten Sleman, khusus menyajikan menu makanan olahan Jamur. Menu jamur yang disajikan antara lain Sate Jamur, Tongseng Jamur, Jamur Bakar, Jamur Asam Manis, Jamur Goreng Penyet, Rendang Jamur dan banyak lagi. Harganya berkisar Rp12.000 – Rp20.000 per porsi.

Kuliner khas Jogja Jejamuran
Kuliner Jogja – Menu Jamur Jejamuran. Foto: dwi dunyeh.

Tak cukup sebagai menu makanan, jamur juga diolah sebagai snack berupa kripik jamur. Ada 4 jenis kripik yang tersedia yaitu Kripik Jamur Kuping, Jamur Merang, Jamur Tiram, dan Kancing. Harganya mulai dari Rp17.000 – Rp30.000 pertoples.

Selain menikmati sajian jamur, pengunjung juga bisa belajar jenis-jenis jamur yang diolah menjadi makanan dan juga bisa sebagai spot foto. Jam operasional Restoran Jejamuran dari jam 9 pagi hingga 9 malam. 

22. Nasi Uduk Palagan Pusat

Salah satu tempat kuliner Jogja yang berada di Jalan Palagan, Tentara Pelajar Ngaglik, Kabupaten Sleman ini, buka dari hari Senin sampai Sabtu jam 7 pagi sampai 9 malam dan Minggu pukul 7 pagi sampai 3 sore.

Menu makanan yang disajikan antara lain Gurame bakar/goreng, Udang Goreng/Balado, Ayam Goreng/Bakar, Lele, Bebek, Kepala Ayam Goreng, Usus, Otak-otak, Telur Dadar, Ati Ampela dll.

Tersedia juga menu sayuran seperti Sayur Asem, Oseng Daun Pepaya, Terong Balado, Semur Jengkol, Oseng Pare dan lainnya.

Menu makanan di Nasi Uduk Palagan Joga
Kuliner Jogja – Nasi Uduk Palagan Pusat. Foto: Iwan Kurniawan.

Harga nasi uduk mulai dari Rp1000 sampai Rp3000 perbungkus. Untuk lauk, dibandrol dengan harga mulai dari Rp4000 – Rp15.000 dan minuman mulai dari Rp2000. Menariknya lagi, ada juga menu Nasi Goreng Uduk dengan harga mulai dari Rp10.000 sampai Rp14.000.

23. Restoran Taman Pringsewu

Restoran Taman Pringsewu berkonsep tempat makan tradisional pedesaan. Bangunan berupa rumah adat Jawa nampak serarasi dengan lingungan sekitar berupa lahan sawah. Di resto ini juga dibangun taman yang cantik bagi pengunjung untuk bersantai sambil memandang sawah.

Menu makanan yang disajikan di resto ini ialah masakan tradisional, seperti Gurame Goreng, Ayam Goreng/Bakar, Ayam Opor, Soto Ayam/Daging, Cumi Asam Manis, Tahu/Tempe Penyet, Cap cay Seafood, Tofu Cah Jamur, Tumis Kerang, Jamur Crispy dll, dengan harga rata-rata sekitar Rp20.000 – Rp50.000 per porsi.

Menu makanan Pringsewu Jogja
Kuliner Jogja – Restoran Taman Pringsewu. Foto: rista dheviana.

Restoran ini berada di Mulungan, Jalan Magelang, Kabupaten Sleman dan dilengkapi dengan fasilitas Hall, Gazebo, Lesehan, Mushola, hingga playground. Jam operasional Restoran mulai dari pukul 08:00 – 23:00 WIB.

24. Ambarketawang Resto

Laiknya sebuah rest area, resto yang terletak di Jalan Wates KM 6 ini buka 24 jam. Resto ini memang biasanya menjadi restoran singgah bagi pengguna jalan yang melintas.

Selain memiliki tempat makan dan area parkir yang luas, resto juga dilengkapi fasilitas seperti gerai ATM, Toilet, minimarket, Mushola, wifi, dan Outdoor area berupa taman dan mini playgorund. Bahkan tersedia juga kamar sewa bagi yang ingin istirahat sejenak.

Menu makanan Ambarketawang Jogja
Kuliner Jogja – Ambarketawang Resto Menu. Foto: Zainul Arifin.

Dengan penyajian prasmanan, pengunjung dapat dengan bebas memilih menu hidangan yang disajikan. Menu makanan rumahan menjadi sajian utama Resto Ambarketawang.

Beberapa menu nya yaitu Ayam Goreng/Bakar, Ayam Kecap, Sayur Asem, Tempe Mendoan, aneka Sayuran, Daging, dan banyak lainnya. Harganya cukup terjangkau mulai dari belasan ribu rupiah perporsi.

Restoran Unik Dengan Desain Nyentrik di Jogja

Bagi yang ingin merasakan tempat kuliner Jogja yang unik dan nyentrik bisa datang ke Restoran berikut.

25. Bong Kopitown

Ada yang ingin masuk penjara? tentu saja tidak, ya. Tapi jika hanya sekedar ingin merasakan sensasi di Penjara, cobalah ke Bong Kopitown yang beralamat di Jalan Sagan No.4, Terban, Kota Yogya.

Memiliki tagline ‘The Happiest Prisoner on Earth’, resto satu ini memang akan membawa pengunjungnya merasakan kebahagiaan sebagai Narapidana.

Menu makanan di Bong Kopi Town
Kuliner Jogja – Bong Kopitown. Foto: homestay di jogja.

Sedangkan untuk menu makanan, tersedia banyak pilihan, seperti Nasi Goreng khas Bong, Nasi Goreng Petai, Char Kway Teow, Kway Teow Soup, Singapore Fried Bee Hoon, Mie Goreng Penang, Nasi Lemak Ayam dll. Harga makanan di Bong Kopitown rata-rata dikisaran Rp35.000.

26. Mak Semarangan Resto-Gallery-Coffee Halal Food

Mak Semarangan adalah nama dari restoran unik di Jalan Monjali, Yogyakarta. Dinamakan Semarangan karena memang menyediakan masakan tradisional khas Semarang.

Memiliki konsep tempat makan yang unik dan menarik, Mak Semarangan sering dijadikan tujuan wisata kuliner jogja, apalagi banyak barang-barang antik yang membuat restoran ini seperti galeri seni.

Terdiri dari 4 lantai, lantai pertama dikhususkan untuk parkir kendaraan, barulah di lantai 2 dan 3 sebagai ruang galeri dan resto. 

Menu makanan mak semarangan jogja
Kuliner Jogja – Mak Semarangan Resto-Gallery. Foto: june elita.

Buka setiap hari dari jam 11 siang sampai 11 malam, Mak Semarangan menyediakan menu makanan seperti Lontong Opor, Nasi Opor, Nasi Ayam Semarangan, Nasi Bakmoy Ayam Campur, Lontong Tahu Telur dan Nasi Bakar, dengan harga rata-rata Rp20.000.

Tak hanya makanan, tersedia juga minuman tradisional, seperti Wedang Uwuh, Wedang Kacang, Es Setup Pisang Nanas dll, dengan harga belasan ribu rupiah. 

27. Mediterranea Restaurant by Kamil

Merasakan kuliner Jogja dengan nuansa Mediterania, bisa datang ke Mediterranea Restaurant yang berada di Jalan Tirtodipuran No,24A, Mantrijeron, Jogjakarta.

Menu makanan yang disajikan bercita rasa eropa terutama Perancis dan Mediterania. Beberapa menu nya yaitu Pizza Formaggio, Meze, Tartine, Focaccia, Salad, Soup, Pasta, Kebab dll, dengan kisaran harga mulai dari Rp50.000 – Rp200.000.

Menu makanan di Mediterranea Restaurant by Kamil
Kuliner Jogja – Mediterranea Restaurant by Kamil. Foto: Adrianus salinding.

Selain menikmati wisata kuliner jogja ala eropa, pengunjung juga bisa membeli aneka roti khas Eropa dan produk kecantikan organik. Restoran ini buka dari jam setengah 9 pagi hingga 11 malam.

28. Gubug Makan Mang Engking Soragan Castle

Tempat kuliner Jogja yang satu ini terbilang unik. Berkonsep kerajaan kuno ala Eropa, bangunan restoran di desain seperti kastil kerajaan. Berlokasi di Jalan Serogan No.13, Bantul, restoran ini beroperasi dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

Meskipun bangunan kastil menjadi fokus utamanya, terdapat juga bangunan tradisional jawa nya. Disini pengunjung bisa memilih lokasi makan, di gubug lesehan bernuansa rumah adat atau memilih makan di dalam kastil.

Sebenarnya Gubug Makan Mang Engking adalah restoran tradisional yang memiliki beberapa cabang di Jawa dengan nuansa tradisional jawa pedesaan, namun khusus di Soragan, ada nuansa kastil yang disuguhkan.

Kuliner Jogja Gubug Makan Mang Engking soragan
Kuliner Jogja – Gubug Makan Mang Engking. Foto: Ivan Cedric Prasetyo.

Menu hidangan yang di resto ini umumnya adalah seafood seperti Udang Bakar Madu, Udang Saus Padang, Udang Saos Tiram, Gurame Bumbu Colek, Gurame Bakar Kecap, Gurame Sop, Gurame Saos Padang, dan lainnya, harganya sekitar Rp70.000 – Rp85.000 per porsinya. 

Restoran Khas Sunda di Jogja

Walaupun di Jogja, pecinta kuliner sunda masih bisa menikmati sajian sunda di restoran berikut.

29. Restoran Bumbu Desa

Restoran Bumbu Desa cabang Jogja berada di Jalan Kartini No.8, Terban, Gondokusuman. Restoran khas Sunda ini menyajikan menu makanan seperti Gepuk, Ayam Goreng/bakar, Bebek Goreng, Babat, Limpa, Paru Goreng, Sop Buntut, Abon Sapi, Gurame Goreng / Bakar dll.

Menu makanan di Restoran Bumbu Desa Jogja
Kuliner Jogja – Restoran Bumbu Desa. Foto: agata vera.

Harga menu makanan restoran ini rata-rata berada di kisaran belasan ribu hingga Rp30.000, kecuali olahan Gurame yang berada di harga Rp67.000 per porsi.

Untuk nasi, ada 3 pilihan, Nasi Putih seharga Rp8.000, Nasi Merah Rp8.500, dan nasi Liwet Rp10.000. Restoran Bumbu Desa juga dilengkapi Fasilitas parkir, ruangan ber-AC, toilet, wifi, dan mushola. 

Resto Seafood Jogja

Bagi pengunjung yang ingin menikmati kuliner jogja khusus nya seafood, restoran berikut bisa menjadi referensi yang tepat.

30. The Westlake Resto

Seperti namanya, The Westlake Resto mengusung konsep rumah makan di tepi danau. Resto ini memiliki bangunan yang semi terbuka dan menghadap ke danau.

Jika ingin lebih private, pengunjung juga bisa memilih gazebo atau saung. Aktivitas rekreasi berupa bebek-bebekan air dan rakit juga tersedia sebagai hiburan keluarga dapat menambah keseruan berwisata kuliner Jogja.

Beralamatkan di Jalan Ring Road Barat, Trihanggo, Jogjakarta, The Westlake Resto memiliki fasilitas seperti Parkiran, musholla, toilet yang bersih, hingga ruang meeting berkapasitas hingga 150 orang.

Menu makanan di The West Lake Resto Jogja
Kuliner Jogja – The West Lake Resto. Foto: titik suharti.

Buka dari pukul 10 pagi sampai 10 malam, The Westlake Resto menghadirkan aneka hidangan terkhusus seafood.

Beberapa menu yang tersedia seperti Tomyam Seafood, aneka Ikan Goreng/Bakar, Sup Patin, Udang Pancet, Kerang Hijau, Kerang Dara, Kepiting Soka, Sop Buntut, dan aneka sayuran.

Harganya sekitar Rp30.000 sampai Rp100.000an perporsi. Untuk minuman, ada aneka Jus, Kelapa Muda, Es Buah, Es Kelengkeng, Cappucino, Kopi, Teh, Es Soda Gembira, dan lainnya dengan harga mulai dari Rp10.000 sampai Rp25.000.

31. Banyu Mili Resto

Banyu Mili Resto adalah restoran milik Banyu Mili Country Club yang merupakan salah satu wahana rekreasi air di Jogja. Berlokasi di Komplek Perumahan Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, resto ini menyajikan aneka hidangan seafood.

Menu seafood yang di sajikan, antara lain Kepiting, Udang, Cumi, Nila, dan Gurame. Tak ketinggalan menu pelengkap seperti Kangkung, Sayur Asem, Lalapan dan Sambal.

Menu seafood di Banyu Mili Resto
Kuliner Jogja – Banyu Mili Resto. Foto: utami putri.

Untuk harga makanan sekitar Rp50.000 – Rp100.000 per porsi. Namun jika datang secara rombongan, bisa memesan menu paket 6 orang seharga Rp700.000 yang terdiri atas beberapa variasi menu.

Selain itu, disini pengunjung juga dapat menikmati fasilitas yang disediakan Banyu Mili Resto seperti Wifi, Mushola, live Music, kolam renang dan kolam memancing. Banyu Mili Resto buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam. 

Resto Pizza di Jogja

Tidak hanya terpaku pada kuliner tradisional saja, kini kuliner mancanegara sudah menjadi destinasi wisata kuliner Jogja, salah satu nya adalah Pizza. Berikut Restoran Pizza yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner jogja.

32. Panties Pizza Pakuningratan

Panties Pizza cabang Pakuningratan adalah salah satu dari tiga gerai yang ada di Jogja. Panties Pizza menjadi begitu dikenal lantaran memiliki keunikan yaitu bentuknya tidak berupa lingkaran melainkan berupa lipatan seperti pastel.

Panties Pizza cabang Jalan Pakuningratan No.77 ini cukup digemari. Dengan interior ruang yang ditata dengan menarik dan lucu membuat pengunjung yang menjadi betah dan nyaman.

Sajian pizza-nya sendiri beragam, seperti Chic & Cheese, Choco Cheese, Banana Pizza, Beef BBQ, Mushroom & Cheese, Beef kebab, Tuna Maya, Pepperoni dll.

Panties Pizza jogja
Kuliner Jogja – Panties Pizza. Foto: darmawan aw.

Harga Pizza Panties berkisar Rp23.000 – Rp27.000 dan bisa request jika ingin mendapat extra cheese dengan tambahan Rp7.000.

Sedangkan untuk minuman, Panties Pizza menyediakan Capucino, Latte, Teh, Es Coklat, Es Strawberry, Es Lemon dan lainnya, dengan harga mulai dari Rp7.000 – Rp15.000.

33. Nanamia Pizzeria Tirtodipuran

Berlokasi di Jalan Tirtodipuran No.1, Mantrijeron, Yogyakarta, restoran Pizza ini sudah cukup lama dikenal para penikmat kuliner Jogja.

Dengan desain tempat yang modern, restoran pizza ini dilengkapi area outdoor yang bisa digunakan untuk kegiatan pesta kebun serta ruang khusus bermain anak.

Resto yang buka dari jam 11 siang sampai 11 malam ini menyediakan pizza otentik Italia dengan aneka topping seperti tuna, keju, dan daging. Nama-namanya ialah Margerita, Napoli, Chicken Funghi, Vegetaria, Al Tonno, Hawaii, Spinach, Giovani, Capricciosa, Paesana dll.

Menu Pizza Nanamia Pizzeria
Kuliner Jogja – Pizza Nanamia Pizzeria. Foto: Akson nurhanafi.

Harganya Nanamia Pizzeria mulai dari Rp15.000 – Rp30.000 untuk ukuran medium serta Rp25.000 – Rp45.000 untuk ukuran Large.

Restoran Cepat Saji Cocok Buat Nongkrong

Tidak ingin berlama-lama menunggu makanan dan minuman saat nongkrong, restoran berikut adalah pilihan yang tepat.

34. Pizza Hut Sudirman Yogya

Salah satu pilihan kuliner Jogja yang terletak di Jalan Jendral Sudirman No.65 ini, merupakan salah satu gerai Pizza Hut di Jogja dengan desain yang menarik. Secara tampilan, gerai ini tampak unik dengan adanya sisi bangunan segi 8 khas Desain bangunan Kolonial.

Menu pizza di Pizza hut Sudirman Jogja
MKuliner Jogja – Pizza hut Sudirman Jogja. Foto: Wisnu Nandhi.

Untuk menu tidak jauh berbeda dari gerai Pizza hut lainnya, aneka pilihan Pizza , pasta, Meat Lovers, Tuna Melt, Black Paper Beef, Deluxe Cheese, Beef Spahetti, Lasagna, Fusili, dan Zuppa Soup.

Harganya pun sama, mulai dari Rp40.000 – Rp150.000. Jam operasioanl gerai Pizza hut ini mulai dari pukul 7 pagi sampai 11 malam. 

35. McDonald’s Sudirman

Restoran cepat saji lain nya yang ada di Jalan Sudirman Yogyakarta ialah McDonald’s. Dengan jam operasional 24 jam seringkali dijadikan tempat nongkrong malam hari anak muda jogja. Sama dengan gerai McD lain nya disini juga tersedia fasilitas Drive thru dan layanan pesan antar.

Kuliner Jogja Mcd Sudirman.
Kuliner Jogja – Mcd Sudirman Jogja. Foto: tiesa nikkorina.

Menu makanan yang disediakan antara lain Burger dan paket Ayam+nasi tetap menjadi menu favorit. Pilihan menu lain juga tersedia seperti Spaghetti, Apple Piefrench fries dan es krim dengan harga mulai dari Rp10.000 – Rp50.000.

Tempat Kongkow Asik Bareng Teman – Teman

Tempat Kuliner Jogja berikut cocok bagi untuk nongkrong baramai – ramai ataupun yang ingin mengadakan acara.

36. Dixie Jogjakarta

Dixie merupakan salah satu restoran berkonsep modern di Jogja yang terletak di Jalan Affandi No.40B, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Dengan interior casual yang menarik, Dixie menjadi tempat yang cozy untuk bersantai. 

Apalagi resto yang buka dari pukul 10 pagi hingga tengah malam ini menyediakan fasilitas komplit seperti ruang full AC, parkir yang luas, toilet bersih, adanya area outdoor, Mushola, Smooking area, dan wifi gratis.

Tak cukup disitu, resto ini juga menyediakan ruang private no-smoking area yang bisa digunakan untuk 20-25 orang. Ada juga Gathering room yang bisa dipesan untuk kegiatan gathering atau press conference dengan kapasitas hingga 60 pax.

Menu makanan di Dixie Jogja
Kuliner Jogja – Dixie Jogja. Foto: Rachma Budianawati.

Restoran yang telah berusia lebih dari satu dekade ini juga kerap melakukan inovasi hidangan agar pelanggan tidak merasa bosan.

Menyediakan menu makanan lokal hingga barat seperti Nasi Bali, Ayam Goreng Betutu, Pindang Ikan Pantin, Sop Kambing, Tongseng, Sate Campur, Gado-gado, Nasi Goreng, Chicken Quasadillas, Pastrami Sandwich, aneka Pasta dll, dengan harga mulai dari Rp25.000 – Rp100.000.

37. Roemi Xtraordinary Ice Cream

Berlokasi di Jalan Suroto No.1, Kotabaru, Yogyakarta, Roemi Xtraordinary Ice Cream menyajikan bermacam jenis menu es krim, seperti Avocado Bubble Green, Bitter Chocolate, Bluebery Riffle, Burger Ice Cream, Caramel Ice Cream, Cheese Milk, Cookies Ice Cream dll. Harga Ice Cream disini rata-rata Rp20.000. 

Kuliner Jogja Ice cream di Roemi Xtraordinary
Kuliner Jogja – Roemi Xtraordinary Ice Cream. Foto: Ghani Akbar Habibie.

Tidak hanya menyediakan Ice Cream, Resto ini juga menyajikan menu makanan Bakmi Goreng, Bakso, Calamary Tartar, Capcay, Chicken Crispy, French Fries Bolognaise, Tomyam, aneka Pasta, Kwetiaw, Mie Kuah dll, dengan kisaran harga Rp20.000.

Untuk menu lain, juga tersedia Kopi, Teh, Jus, Milkshake, Squash dll. Selain itu, resto ini juga menyediakan fasilitas yang memadai, mulai dari area parkir yang luas, mushola, toilet, kursi sofa, ruang ber-AC, wifi gratis, smooking area, dan area outdoor.

38. Kedai Oak

Kedai yang berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim No.50, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta ini buka dari jam 10:00 – 02:00 WIB

Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai jenis menu makanan seperti Nasi Goreng, Mie Goreng, Mie Rebus, Chicken Wings with Rice, Nasi Telur, dan Creamble Egg dll. 

Makanan di Kedai Oak Yogyakarta
Kuliner Jogja – Kedai Oak Yogyakarta. Foto:  Intan Ekapratiwi.

Selain itu, Kedai Oak juga menyediakan menu cemilan Omelette, Macaroni Cheese, French Fries, Onion Ring, Sosis, Mushroom Cream Soup dan Nugget

Sedangkan untuk menu minuman, Kedai Oak menyediakan teh, kopi dan smoothies. Untuk harga makanan dengan harga dikisaran Rp10.000 saja. 

Untuk Harga makanan berkisar Rp10.500 – Rp25.000 dan untuk minuman Rp6.000 – Rp18.000. Tidak hanya menyediakan makanan dan minuman, Kedai Oak juga menyediakan wifi gratis, area parkir dan mushola. 

39. Marko Milk And Coffee

Bagi pecinta minuman olahan susu dan kopi, bisa mampir ke kedai Marko Milk and Coffee yang terletak di Jalan Wetas KM 3 No.68, Bantul, Yogyakarta.

Tempat ini sering dijadikan lokasi berkumpul dan nongkrong anak muda lantaran tempatnya yang cozy, nyaman dan juga ada free wifi nya.

Marko Milk And Coffee menyediakan bermacam minuman olahan susu dan kopi seperti milkshake, hot milk, greentea milk, kopi susu dan espresso.

Menu roti bakar, milkshake, kentang goreng di Marko Milk dan Coffee
Kuliner Jogja – Marko Milk dan Coffee Jogja. Foto: Rian Apriliani.

Sedangkan untuk menu makanan, tersedia Roti Bakar, Pisang Bakar, French Fries, Spaghetti dan Nugget. Harga makanan Marko Milk And Coffee berkisar Rp8.000 hingga Rp11.000 dan untuk minumanya dibawah Rp10.000 (ukuran medium) dan sekitar Rp11.000 (ukuran large/besar).

40. Koki Joni 

Koki Joni adalah restoran spesialisasi Pasta dan kalkun yang berada di Jalan C.Simanjuntak Gk.V, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta.

Buka dari pukul 11 siang sampai 10 malam, resto ini juga cocok sebagai tempat nyantai lantaran tempatnya yang cukup kekinian khas tongkrongan anak muda.

Menu makanan di Koki Joni Jogja
Kuliner Jogja – Koki Joni. Foto: ACT Risa Umami NK.

Memanfaatkan bangunan sederhana bertiang kayu dan atap tanpa plafon khas bangunan tradisional dan interior diset sedemikian rupa sehingga tampak menarik. 

Menu makanan yang disajikan Restoran Koki Joni antara lain Angry Tuna, Bolognaise, Baked Mac a la Bolognaise, Creamy Dory Basil, Clasic Carbonara, Creamy Turkey, Creamy Dory Basil, Marinara, Dar Meat, Fetucini dll. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp20.000 – Rp50.000.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus (No Ratings Yet)