Beranda Wisata Kuliner

Cicipi Nikmatnya Sate Maranggi Purwakarta di 7 Resto ini

0

Sate Maranggi merupakan salah satu makanan khas Purwakarta yang populer karena memiliki cita rasa unik. Hidangan satu ini bisa terbilang cukup berbeda dengan sate-sate pada umumnya. Pasalnya, Sate Maranggi Purwakarta tersaji dengan oncom, ketan bakar atau nasi timbel dan acar sambal tomat.

Bukan hanya lezat, Sate Maranggi juga dipercaya mempunyai filosofi, yaitu “Tiga Daging Setusuk”. Artinya adalah tri tangtu yang dalam bahasa Sunda berarti tekad, ucap dan lampah alias tindakan. Tidak hanya populer di Purwakarta, Sate Maranggi juga bisa ditemukan di Cikampek, Cianjur hingga Tangerang.

Kalau ingin mencicipi Sate Maranggi Purwakarta yang enak dan otentik, berikut ini daftar tempatnya.

1. Sate Maranggi Haji Yetti Purwakarta

Bukan hanya sate maringgi, Warung Haji Yetti juga menawarkan aneka menu lainnya
Enaknya Sate Maranggi Haji Yetti, paling cocok disantap dengan kuah sup hangat dan gurih. Foto: Gmaps/Kopi Coklat

Alamat warung Sate Maranggi Haji Yetti berada di Jalan Raya Cibungur, Purwakarta, Jawa Barat. Di warung ini pengunjung wajib mencicipi Sate Maranggi yang sudah terkenal sejak tahun 90-an. Tersedia tiga jenis Sate Maranggi, yaitu daging ayam, kambing dan sapi. Soal harga, tidak bikin kantong jebol kok.

Warung satu ini menjual sate seharga Rp5.000 per tusuk. Jadi, pengunjung bisa memilih daging dan porsi sate sesuai keinginan. Setiap piring Sate Maranggi bakal tersaji dengan irisan jeruk limau dan tomat. Sehingga rasa sate legendaris ini semakin nikmat untuk disantap.

Baca: URBAN FARMING Purwakarta Tiket Masuk & Aktivitas

2. Bah Use Purwakarta

Paling enak menyantap sate maringgi Bah Use dengan minuman air kelapa utuh
Lezat sekali menyantap Sate Maranggi Bah Use dengan dilengkapi sop serta kelapa muda sebagai penutupnya. Foto: Gmaps/suluh suharso

Lokasi Sate Maranggi Bah Use yaitu di Desa Cihuni, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Purwakarta. Tempat ini menjadi salah satu yang paling representatif untuk para pecinta kuliner. Sate Maranggi di sini terkenal dengan dagingnya yang empuk dan rasanya yang lezat. Selain sate, tersedia juga menu lain seperti cobek ikan nila dan sop sapi.

Sate Maranggi di warung ini menggunakan daging sapi. Tapi ada dua jenis pilihan sate, yaitu sate sapi campur dan sate sapi polos. Selain menyajikan menu yang lezat, Sate Maranggi Bah Use juga menawarkan suasana nyaman bagi pelanggannya. Sebab, suasana di tempat makan ini sangat asri. Selain itu, lokasinya juga jauh dari kebisingan kendaraan.

Baca: Taman Batu Purwakarta Tiket Masuk & Aktivitas

3. Sate Maranggi Maskar Ajib

Beberapa varian Sate Maringgi Maskar Ajib
Sate Maranggi daging kambing menjadi salah satu yang pantang dilewatkan saat kulineran di warung Maskar Ajib. Foto: Gmaps/Dahlan Ali

Lokasinya di Jalan Mr. Dr. Kusumahatmaja No.3, Cipaisan, Purwakarta, Sate Maranggi berada tidak jauh dari Alun-alun dan Masjid Agung. Itulah kenapa warung ini menjadi sangat ramai, terutama saat bulan Ramadhan. Kelezatannya pun tidak perlu ditanyakan, soal harga juga tidak bikin kantong kering.

Restoran ini menawarkan dua jenis daging sate, yaitu sapi dan kambing. Bukan saja menawarkan menu sate, tapi juga menyediakan beraneka olahan kuah dari daging kambing. Seperti sop sumsum, sop iga dan sop daging. Rasanya juga tidak kalah mantap dan layak untuk menggoyang lidah.

Baca: CIKAO PARK Purwakarta Tiket Masuk & 6 Aktivitas Seru

4. Sate Maranggi Anwar

Di Warung Sate Maringgi Anwar juga menyediakan berbagai pilihan menu lainnya
Ikan bakar di Warung Sate Maranggi Anwar juga tidak kalah favorit loh. Foto: Gmaps/Bodhaswara Setiawan

Warung Sate Maranggi Purwakarta berikutnya yaitu Sate Maranggi Anwar. Warung makan satu ini berlokasi di Jalan Terusan Kapten Halim, Pesawahan Kidul. Tempat makan ini memiliki konsep lesehan sehingga pelanggan bisa lebih santai untuk menikmati aneka makanan.

Bukan hanya menyajikan menu Sate Maranggi yang enak, warung ini juga punya panorama pedesaan yang asri dan sejuk. Pembeli bisa melihat persawahan sekaligus pegunungan yang pasti bikin betah. Selain Sate Maranggi, juga menawarkan menu istimewa lainnya, mulai dari ikan bakar hingga keredok yang tidak kalah lezat.

Baca: Wisata Purwakarta: Ini 8 Destinasi Menawan

5. Sasak Situ Wanayasa

Ikan bakar dan sate maringgi di rumah mahan Situ Wanayasa juga tidak kalah menggoda
Manis gurih rasa Sate Maranggi dan lezatnya ikan bakar di Rumah Makan Sasak Situ Wanayasa sulit untuk ditolak begitu saja. Foto: Gmaps/Maesuri HNI

Jika penasaran dengan kelezatan Sate Maranggi di Sasak Situ Wanayasa, pembeli bisa langsung menuju ke Jalan Wanasaya, Bojong. Tempat ini menawarkan Sate Maranggi dengan konsep warung lesehan. Bukan itu saja, pelanggan juga bisa menemukan spot foto di sekitarnya.

Menyantap makanan dengan lesehan yang santai memang enak. Namun tempat ini memberikan sensasi makan yang lebih nikmat dengan pemandangan hijau di sekitarnya. Bukan hanya kenyang, mata juga akan senang dengan pemandangannya yang menyegarkan.

6. Sate Maranggi Ibu Eri Purwakarta

Suasana lesehan dengan menu khas sate maringgi serta sup iga sapi menjadikan warung Ibu Eri tempat yang pas untuk makan bersama keluarga
Aneka hidangan di Warung Sate Maranggi Ibu Eri terasa makin lezat jika disantap lesehan bersama keluarga. Foto: Gmaps/sriyono dkn

Warung sate Ibu Eri ini berlokasi di Wanakerta, Bungursari, Purwakarta. Pilihan satenya pun beragam, mulai dari daging kambing, ayam dan sapi. Tempat makannya juga luas sehingga cocok dikunjungi untuk makan bareng bersama keluarga atau teman-teman.

Warung Sate Maranggi Ibu Eri buka setiap hari mulai pagi hingga malam. Racikan rahasia dari warung sate ini membuat cita rasanya khas. Pokoknya beda deh dari tempat lainnya.

7. Sate Maranggi Mang Udeng Plered

Sate Maringgi Mang Udeng Plered yang khas dengan sambal tetes tebunya
Ini dia sambal Sate Mariggi Mang Udeng Plered yang terkenal khas dengan tambahan tetes tebu. Foto: Gmaps/Ganjar Ginanjar

Sate di tempat ini terkenal mengambil ciri khas sate dari Plered yang merupakan sebuah kecamatan di Purwakarta. Satenya orisinal tanpa tambahan rempah-rempah. Untuk lokasinya sendiri beralamat di bawah fly over Jalan Veteran-Sadang. Jika tertarik mencicipinya, Sate Maranggi Mang Udeng buka setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Salah satu yang istimewa dari tempat ini adalah sambalnya terdapat tambahan cuka tebu. Tersedia dua varian sate yaitu daging kambing dan daging sapi. Harganya juga tak terlalu mahal, tidak sampai Rp5.000 per tusuknya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini