Wisata Purwakarta : 8 Destinasi Menawan

Purwakarta bukanlah kota yang asing karena berada pada jalur penghubung antara Jakarta dan Bandung. Hal tersebut tentu menjadi ruang bagi kota yang semakin berkembang dengan basis budaya ini. Begitu pula dengan berbagai daya tarik wisatanya yang semakin spektakuler. Menelisik keunikan dan pesona wisatanya, berikut 8 Tujuan Wisata Purwakarta:

1. Waduk Jatiluhur

Menikmati ketenangan suasana Waduk Jatiluhur Purwakarta.
Menikmati ketenangan suasana Waduk Jatiluhur Purwakarta. Foto: GMap/Idris Idris

Waduk Jatiluhur menawarkan keindahan panorama yang menjadi salah satu ikon wisata Purwakarta. Membendung Sungai Citarum dengan luas 8.300 hektar, waduk ini merupakan bendungan terbesar di Indonesia.

Destinasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan dan masa liburan. Permukaan airnya tenang berbingkai keindahan Gunung Bongkok dan Gunung Parang. Ditambah dengan area tepi waduk yang sering menjadi sebagai lokasi favorit untuk bersepeda hingga berkemah.

Selain itu wisatawan dapat pula naik perahu serta kano mengarungi perairan Waduk Jatiluhur. Dengan latar keindahan alamnya yang eksotis, berbagai spot foto tersebar di sekitar areanya. Jangan lupa untuk mencicipi sajian kuliner khas Purwakarta, wisatawan dapat mampir ke restoran apung di sisi waduk.

2. Gunung Bongkok

Sajian panorama Waduk Jatiluhur dengan perbukitan di sekitar Gunung Bongkok Purwakarta. F
Sajian panorama Waduk Jatiluhur dengan perbukitan di sekitar Gunung Bongkok Purwakarta. Foto: GMap/muhammad dwizulfan rohman

Kawasan Gunung Bangkok hadir dengan daya tarik wisata alamnya di Tegal Waru, Purwakarta. Dari puncak gunungnya, wisatawan dapat menyaksikan panorama menakjubkan hutan dan lembah di bawahnya. Sajian utamanya yaitu pemandangan luasnya Waduk Jatiluhur yang semakin indah terlihat dari ketinggian.

Menuju daerah tertinggi, jalur pendakian melintasi hutan dan area terbuka. Sementara wilayahnya masih alami dengan suasana yang asri, sedangkan puncaknya merupakan area berbatu. Kesejukan hembusan angin semakin terasa dengan nuansa ketenangan.

Dari lokasi ini, wisatawan dapat menyaksikan keindahan matahari terbit. Begitu pula sebaliknya dengan semburat cantik sinar matahari jelang terbenamnya. Kawasan Gunung Bongkok ini juga memiliki berbagai instalasi sebagai spot foto berlatar keindahan panorama alamnya.

3. Bukit Katumbiri

Masih dari wilayah ketinggian selanjutnya ada Bukit Katumbiri yang sudah beroprasi sebagai lokasi wisata sejak 2018. Dari atas bukit ini, terhampar keindahan tera sering ara persawahan yang terbingkai jejeran perbukitan hijau. Dengan area bukit tersebut merupakan jejeran hutan pinus yang menjulang tinggi. Ditambah dengan suasananya tenang dan asri dengan udara yang sejuk alami.

Destinasi wisata Bukit Katumbiri sangat cocok bagi terutama untuk kalangan muda. Karena di sekitar area bukit tersedia gardu pandang dan banyak spot foto menarik. Beberapa instalasinya foto misalnya Rumah Pohon dan Jembatan yang mengambil latar pemandangan alam dari ketinggiannya.

4. Waduk Cirata

Luasnya Danau di Waduk Cirata
Luasnya Danau di Waduk Cirata. Foto: Gmap/Kang Didno

Fungsi utamanya memang Pembangkit Listrik Tenaga Air. Namun Waduk Cirata juga menjadi salah satu destinasi wisata Purwakarta bernuansa alam. Dengan luasnya wilayah perairan waduk, pemandangan yang tersaji begitu alami. Ditambah dengan jejeran perbukitan yang memagarinya. Menawarkan suasana relaksasi yang berada di sini.

Melihat lebih dekat, wisatawan dapat langsung mengarungi wilayah perairannya dengan perahu. Selama berperahu tanaman Eceng Gondok dan keramba apung terlihat di beberapa sisi danau. Di sekitar area waduk, wisatawan juga dapat mencoba sajian kuliner khas dataran Sunda.

5. Urban Farming Purwakarta

Zona selfie Urban Farming berisi cantiknya deretan rumah warna-warni.
Zona selfie Urban Farming Purwakarta berisi cantiknya deretan rumah warna-warni. Foto: GMap/Agung Rizqi

Urban Farming Purwakarta menawarkan destinasi instagramable dengan keunikan konsep wisata perkebunannya. Sejak memasuki gerbang utama, wisatawan disambut dengan bangunan Joglo dan gazebo. Sedangkan untuk tempat bersantai, beberapa spot seperti Guest House bisa menjadi pilihan.

Area utamanya berupa Selfie Zone dengan latar taman bunga, perkebunan urban, dan area persawahan. Zona tersebut merupakan daya tarik utama dari destinasi Urban Farming Purwakarta. Deretan rumah beraneka warna menjadi latar berfoto dengan suasana dan ekspresi cerianya liburan.

Kawasan ini juga memiliki Rumah Ternak serta Rumah Hidroponik sebagai tempat edukasi bagi wisatawan. Selanjutnya tersedia pula loket benih dekat dengan pintu masuk dan gerai cendera mata perkebunan. Aneka bibit buah, bunga, hingga sayuran bisa menjadi buah tangan. Terutama bagi wisatawan yang gemar berkebun.

6. Taman Air Mancur Sri Baduga

Atraksi air mancur dengan efek animasi teknologi laser di Taman Air Mancur Sri Baduga.
Atraksi air mancur dengan efek animasi teknologi laser di Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta. Foto: GMap/Tatag Snex

Taman Air Mancur Sri Baduga terkenal dengan air mancur menari dengan aneka warna. Air mancurnya disebut-sebut menyerupai Wing of Time Singapura. Dengan ukurannya, atraksinya diklaim sebagai yang termegah di wilayah Asia Tenggara. Berada di Situ Buleud, lokasinya strategis di pusat Kabupaten Purwakarta.

Kawasan taman ini merupakan ruang terbuka hijau yang terawat dan tertata dengan baik. Pada beberapa bagiannya terdapat patung-patung penghias taman. Suasanya asri dengan hawa udara yang sejuk dan tenang. Destinasi ini juga bisa menjadi lokasi pilihan yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Pada malam hari, terutama akhir pekan, Taman Air Mancur Sri Baduga ramai oleh wisatawan. Atraksi air mancur aneka warna menjadi pertunjukan utama yang dinantikan oleh seluruh pengunjung. Sebagai tambahan teknologi laser di air mancur tersebut bisa menghasilkan efek cahaya dan animasi. Areanya air mancur yang cukup besar dan berpagar rapi sehingga terlihat semakin indah.

7. Cikao Park Purwakarta

Bermain di taman air ala pantai Cikao Park Purwakarta.
Bermain di taman air ala pantai Cikao Park Purwakarta. – Wahyu Sri kuncoro

Cikao Park Purwakarta memang populer karena menawarkan aneka wahana taman rekreasi airnya. Berada di Desa Cisalada, destinasi ini berada di kawasan berlatar perbukitan hijau yang asri.

Beragam wahana air seru dapat dinikmati wisatawan di dalam area Cikao Park Purwakarta. Beberapa yang favorit antara lain water park dengan seluncur airnya dan Kolam Ombak.

Cikao Park Purwakarta didesain layaknya area bibir pantai dengan tampilan yang natural. Kawasan wisata air ini juga memiliki banyak atraksi lain yang menarik untuk dicoba. Seperti Rumah Ilusi, Lampion Garden, Taman Satwa, Pantai Cikao, Kolam Busa, dan Bird Park.

8. Curug Cipurut

Eksotisme alami Curug Cipurut Purwakarta.
Eksotisme alami Curug Cipurut Purwakarta. Foto: Instagram/relixapip

Berlokasi di Kampung Cileungsing, Curug Cipurut menawarkan wisata air terjun dengan suasana yang asri. Berada di kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, kelestariannya dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat.

Menuju lokasi air terjun, wisatawan akan melewati kawasan perkebunan teh. Suasananya sejuk dengan suhu udara cenderung dingin.

Curug Cipurut memiliki 3 curahan dalam lokasi yang sama dengan ketinggian berbeda. Area sekitar air terjun juga dapat dijadikan tempat untuk berkemah bagi wisatawan.

Bagikan Konten ke: