TAMAN BATU PURWAKARTA Tiket, Aktivitas & Akses Februari 2024

TAMAN BATU PURWAKARTA

  • Harga Tiket Masuk: Rp20.000 - Rp35.000
  • Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
  • Nomor Telepon: +6283126242265
  • Alamat: Cijanun Road, Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia, 41164

Taman Batu Purwakarta cocok buat kita yang mencari kolam renang alami dengan bebatuan besar bervariasi menghiasi areanya. Destinasi wisata ini terletak di lereng perbukitan kaki gunung Burangrang.

Letaknya di antara persawahan, perbukitan dan sungai memberi suasana kesejukan yang asri. Kolam renang seluas 5000 m2 tersebut berdiri sejak 2016. Di kalangan warga sekitar, tempat ini juga terkenal dengan nama Wisata Mata Air Cijanun.

Harga Tiket Masuk Taman Batu Purwakarta

Memasuki Taman Batu Purwakarta kita perlu menyiapkan sejumlah uang untuk tiket masuk. Tiket masuk bisa kita beli dengan harga mulai dari Rp20.000 – Rp25.000. Selengkapnya harga tiket masuk Taman Batu Purwakarta

  • Tiket masuk: hari biasa Rp20.000 dan Rp25.000 untuk akhir pekan
  • Tiket Camping: hari biasa sebesar Rp30.000 dan akhir pekan sebesar Rp35.000

Baca: Cikao Park Purwakarta Tiket Masuk & 6 Aktivitas

Ketentuan Harga dan Tiket Masuk Taman Batu Purwakarta

  • Semua usia sudah wajib memiliki tiket masuk.
  • Harga tiket camping sudah termasuk tiket reguler wisata dan mendapat fasilitas toilet, air dan listrik.
  • Camping wajib Reservasi H-1 sebelum kunjungan.
  • Pengunjung dapat mendirikan tenda pukul 16.00 dan tenda wajib dibongkar maksimal pukul 09.00.
  • Untuk pasangan wajib membawa KTP, buku nikah atau kartu keluarga.

Jam Buka

Taman wisata ini buka setiap hari mulai dari pagi sampai sore hari. Baik hari biasa maupun akhir pekan. Kita bisa datang mulai pukul 08.00 hingga 5 sore.

  • Weekday: 08.00 – 17.00
  • Weekend: 07.30 – 18.00

Ragam Aktivitas Wisata di Taman Batu Purwakarta

Area taman batu purwakarta
Area Taman Batu Purwakarta lengkap dengan kolam dan pemandangan perbukitan. Foto: Google Maps/M Bahrun I Chourmain

Wisata Taman Batu Purwakarta berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Purwakarta. Sesuai namanya, di sini banyak terdapat batu alam yang tersebar di sekitar kolam. Batu-batu tersebut berasal dari gugusan batuan pegunungan Burangrang dengan ukuran bervariasi.

Taman rekreasi unik ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata wahana air keluarga dengan nuansa asri yang alami. Kita bisa berenang sekaligus menikmati panorama di sekelilingnya yang memberi efek relaksasi.

Kolam Renang Bertingkat

Berenang di segarnya Kolam Renang alami
Berenang di segarnya Kolam Renang alami. Foto : Google Maps/dhika rizkiaputri

Taman Batu Purwakarta memiliki beberapa kolam renang yang bentuknya berundak-undak. Sementara hamparan batu-batu aneka ukuran bertebaran di area kolam menjadi keunikan wahana air ini.

Kolam-kolam yang ada di taman wisata ini berasal dari pembendungan mata air Cijanun. Airnya yang alami khas pegunungan masih bersih, dingin, dan sejernih air mineral. Air tersebut tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit sehingga tidak perih di mata.

Masing-masing kolam renang berukuran 10 x 6 meter. Kedalaman kolam bervariasi sesuai dengan usia wisatawan yang biasanya datang bersama keluarga dan anak-anak. Kolam-kolam renang tersebut memiliki kedalaman mulai dari semata kaki hingga 4 meter.

Baca: Taman Air Mancur Sri Baduga 6 Aktivitas

Panorama Alam Indah

Taman Batu Purwakarta menyuguhkan pemandangan perbukitan, sungai, dan persawahan menghijau
Taman Batu Purwakarta menyuguhkan pemandangan perbukitan, sungai, dan persawahan menghijau. Foto : Google Maps/Salsabilla Fatin

Lokasi Wisata Mata Air Cijanun ini berdampingan dengan kawasan hutan yang pengelolaannya di bawah Perhutani KPH Purwakarta. Sementara untuk akses jalan menuju lokasi kita akan melewati perkampungan warga dan kebun teh yang ada di kecamatan Bojong Purwakarta.

Kolam renang di taman rekreasi ini terletak di lereng perbukitan yang sekitarnya merupakan hutan alami dan perkebunan. Sambil berenang, kita dapat melihat keindahan bukit, hutan, hingga persawahan. Letaknya di ketinggian memberikan panorama alam yang begitu eksotis dengan udara yang sejuk.

Baca: Giri Tirta Kahuripan Purwakarta Tiket Masuk & Aktivitas

Area Foto Menawan

Kolam renang infinity Pool
Bersantai di Kolam Renang. Foto :Google Maps/explorepurwakarta

Dengan penataan yang unik, taman rekreasi ini menjadi tempat berburu spot Instagramable. Di setiap tepian kolam renang terdapat batu-batu yang dapat digunakan untuk duduk sekaligus berswafoto.

Di area ini banyak terdapat saung-saung dan pendopo-pendopo kecil di tepi kolam renang. Saung dan pendopo tersebut juga merupakan salah satu spot menarik untuk mengabadikan momen liburan.

Panorama di sekeliling kolam renang pun tak luput menjadi latar foto. Berlatar hijaunya perbukitan dan hamparan sawah memberikan kesan eksotis.

Baca: Urban Farming Purwakarta Tiket Masuk & Aktivitas

Mandi di Air Terjun Buatan

Mandi dan bermain air di bawah guyuran air terjun buatan
Mandi dan bermain air di bawah guyuran air terjun buatan di Taman Batu Purwakarta.
Foto : Google Maps/syafrizal panyalai

Pengelola tempat wisata sengaja membuat air terjun buatan di dalam area wisata. Kita bisa memanfaatkan guyuran air terjun ini untuk bermain air. Berbasah-basahan bermandikan guyurannya memberikan keseruan tersendiri. Spot air terjun buatan ini juga menjadi salah satu titik favorit untuk berfoto.

Fasilitas Taman Batu Purwakarta

Kolam renang Taman Batu Purwakarta telah menyediakan fasilitas yang cukup memadai di areanya. Seperti toilet, ruang bilas, dan ruang ganti. Saung dan pendopo di tepi kolam berguna sebagai tempat bersantai dan istirahat.

Kita juga dapat menemukan banyak tempat makan di sekitar lokasi wisata ini. Sajian hidangannya beraneka ragam, salah satunya ikon makanan khas Purwakarta, yaitu Sate Maranggi. Di sekitar lokasi juga ditawarkan beberapa penginapan dan tempat hammocking.

Lokasi dan Akses Taman Batu Purwakarta

Wisata wahana air alami ini berada di Jalan Cijanun, Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41164. Atau berjarak kurang lebih 35 Km dari Kota Purwakarta.

Akses

Untuk menuju tempat wisata ini, terdapat beberapa pilihan rute.

Rute pertama: Dari Jakarta – Sadang – Purwakarta – Situ Wanayasa – Bojong -Cipeudeuy – Cijanun. Mendekati lokasi wisata, akses jalan hanya selebar 1 mobil. Diharapkan kita berhati hati ketika berpapasan dengan mobil lain.

Rute kedua: Dari Jakarta – Sadang – Purwakarta – Pondok Salam – Cipeudeuy – Cijanun. Rute kedua dengan jarak tempuh lebih pendek ini lebih nyaman ditempuh dengan motor. Sekitar 1 km mendekati lokasi wisata, kita pun harus berhati-hati. Karena akses hanya berupa jalan setapak persawahan.

Rating Pembaca

4.7 - 132 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: