Beranda Wisata Kuliner

7 Warung Seafood Favorit di Semarang

0

Tidak lengkap rasanya jika tidak berburu kuliner seafood di kota Semarang. Banyak sekali pilihan tempat makan yang menyajikan berbagai menu makanan laut. Agar tidak salah pilih, berikut 7 rekomendasi warung seafood favorit di Semarang:

1. Gama Ikan Bakar Seafood Semarang

Suasana romantis di Gama Ikan Bakar Seafood
Suasana romantis di Gama Ikan Bakar Seafood. Foto: Googlemaps/Gamaikanbakarseafood

Restoran ini menempati sebuah gedung berlantai satu, dengan lahan parkir yang cukup luas. Masuk ke dalam, pengunjung akan  suasana yang hangat serba coklat sangat terasa. Meja dan kursi yang terbuat dari kayu jati, dinding berwarna coklat pastel, serta lampu gantung berwarna kuning, semakin menegaskan suasana. Di area dalam restoran ini menggunakan pendingin ruangan sehingga pengunjung tidak boleh merokok.

Restoran yang berlokasi di Jalan MT Haryono, Semarang ini sudah terkenal dengan olahan serba seafood-nya. Menu yang menjadi favorit di antaranya Cumi Goreng Tepung, Gurame Goreng, Kepiting Telur Asin, Ikan Kuah Asam, dan Sop Ikan. Selain seafood ada juga menu lainnya seperti Nasi Brokohan, Bakmi Goreng Seafood, dan Cah Ginseng. Kemudian untuk minumannya ada Es Teler, Es Shanghai, Wedang Uwuh, dan Wedang Ronde.

Baca: 7 Restoran Legendaris Di Semarang

2. Seafood Pak Sangklak Semarang

Seafood Pak Sangklak tampak dari depan
Seafood Pak Sangklak tampak dari depan. Foto: Googlemaps/Agustjiptodjati

Restoran ini menempati ruko berlantai dua di Jalan Telagamas Raya, Semarang. Di lantai satu, terdapat dapur yang terbuka sehingga pengunjung dapat melihat proses sang koki memasak. Karena konsepnya terbuka, di lantai satu pengunjung diperbolehkan merokok. Di lantai dua, konsepnya lebih tertutup dengan pendingin ruangan dan bersih dari rokok. Setelah memesan menu di bagian kasir dan membayar, pengunjung bebas memilih tempat duduk.

Untuk menu seafoodnya, restoran favorit ini menyajikan Cumi Bakar, Kepiting Lada Hitam, Simping Goreng Bawang, Kerang Saus Singapore, dan Udang Asam Manis. Ada juga menu ikan seperti Kakap Putih, Kakap Merah, Kerapu, Baronang, yang cara masaknya bisa dipillih. Misalnya dibakar, digoreng, atau di sup kuah. Tidak ketinggalan menu pelengkap lainnya seperti Cah Kangkung, Keripik Tempe, dan aneka sambal. Untuk minumannya ada Es Kelapa Muda Jeruk, Es Teler, dan aneka jus buah segar.

Baca: 7 Rekomendasi Restoran Steak Enak di Semarang

3. Restoran Kampung Laut

Salah satu sudut di Restoran Kampung Laut
Salah satu sudut di Restoran Kampung Laut. Foto: Googlemaps/Kawiboedisetio

Berlokasi di Jalan Anjasmoro Raya, Semarang, restoran favorit ini menempati lahan super luas, dengan danau buatan di tengahnya. Pilihan tempat duduknya bisa di area dalam maupun di area luar. Di bagian dalam sebenarnya juga semi terbuka karena bangunannya tanpa sekat dan jendela yang tertutup. Bedanya di area luar, pengunjung dapat memilih untuk duduk di saung dengan suasananya lebih privat.

Restoran ini menyajikan menu serba seafood seperti Sapo Tahu Seafood, Udang Mayo, Kepiting Telur Asin, dan Nasi Goreng Seafood. Ada juga menu serba ikan seperti Bandeng Goreng, Bandeng Kropok, dan Gurame Bakar Kecap Manis. Untuk menu minumannya bisa dipilih Es Kelapa Muda Gula Merah, Es Jeruk, dan Banana Split.

Baca: 7 Pilihan Cafe Populer dan Unik Di Semarang

4. Kepiting Nyoto Roso

Kepiting Nyoto Roso tampak dari depan
Kepiting Nyoto Roso tampak dari depan. Foto: Googlemaps/Mosesheryanto

Menempati sebuah rumah lawas di Jalan Taman Beringin, Semarang, restoran ini mempertahankan suasana rumahan yang jadul. Masuk dari pintu depan, sebuah ruangan yang panjang menyambut pengunjung. Hanya ada empat meja di ruangan itu, karena mejanya panjang bisa menampung hingga 20 orang. Sebagai pemisah dengan dapur ada sebuah pintu yang tertutup dengan tirai model lama yang masih terawat dengan baik.

Untuk menu seafood-nya, restoran ini menyajikan menu favorit seperti Udang Telur Asin, Kerang Rebus, Kepiting Saus Tauco, Simping Goreng, Pecel Udang, dan Cumi Saus Padang. Ada juga menu selain seafood seperti Tauge Ikan Asin, Kangkung Tauco, Nasi Langgi, dan Nasi Goreng Seafood. Untuk minumannya ada Es Campur, Es Jeruk Manis, Es Teler, dan Es Campur.

Baca: Tempat Wisata di SEMARANG: 39 Rekomendasi Lengkap

5. Seafood Nggemeske Semarang

Suasana makan di Seafood Nggemeske
Suasana makan di Seafood Nggemeske. Foto: Googlemaps/Teguhgendut

Satu lagi warung seafood tenda yang wajib dikunjungi di Jalan Lamper Tengah, Semarang. Meski cuma warung tenda, tapi tempatnya sangat nyaman dan bersih. Langit-langitnya tinggi sehingga tidak sumpek. Bagian lantainya juga selalu bersih karena selalu disapu setiap pengunjung pulang. Meja dan kursinya tidak banyak karena ruangannya memang tidak terlalu luas.

Untuk menunya, warung favorit ini menyajikan Kerang Dara Saus Padang, Cumi Saus Telur Asin, Kepiting Saus Nggemeske, Udang Saus Blackpepper, dan Kerang Batik Goreng. Sausnya ada level kepedasannya juga lho, mulai dari Sedang, Pedas, Megap, hingga Mbledos. Ada juga aneka olahan sayur seperti Cah Kangkung dan Cah Brokoli. Sedangkan minumannya ada Es Kelapa Muda, Es Teler, dan Es Campur.

Baca: DUSUN SEMILIR Tiket Masuk & 5 Wahana Seru

6. Horapa Seafood & Thai Kitchen Semarang

Sudut yang romantis di Horapa Seafood & Thai Kitchen
Sudut yang romantis di Horapa Seafood & Thai Kitchen. Foto: Googlemaps/Banifr

Berlokasi di Jalan Gajah Mungkur Selatan, Semarang, restoran ini memang sedikit lebih mewah. Makan di restoran ini lebih cenderung ke konsep fine dining. Ruangannya mewah dengan lampu gantung kristal dan furnitur yang modern. Lampu yang temaram memberikan kesan yang romantis, cocok untuk makan malam bersama pasangan.

Restoran ini menyajikan masakan seafood khas Thailand. Untuk makanan beratnya ada Tom Yam Seafood Soup, Seafood Fried Rice, Som Tam Thai, dan Pat Thai. Ada juga menu yang lebih umum seperti Ayam Pandan Thai, Nasi Goreng Nanas, Mango Salad, dan Grouper. Untuk minumannya wajib mencoba Thai Tea dan Mango Fantasy Juice.

Baca: GOA KREO Semarang Tiket & Pesona

7. Hola! Crab Setiabudi

Hola! Crab Setiabudi di area indoornya
Hola! Crab Setiabudi di area indoornya. Foto: Googlemaps/Fransangga

Di kawasan Banyumanik ada restoran seafood yang juga sering menjadi tempat nongkrong favorit anak muda Semarang. Selain harganya yang terjangkau, tempatnya juga kekinian dan instagramable. Dinding serba kaca memberikan kesan lapang meski ruangannya tidak terlalu besar. Meja dan kursi tertata agak berjauhan sehingga pengunjung masih memiliki privasi meski suasana sedang ramai. Di beberapa sudut tersedia spot foto dengan dekorasi yang unik, sehingga sering menjadi titik antrean untuk berfoto.

Seperti tempat makan seafood kekinian lainnya, menu seafood yang ditawarkan sesuai paket. Ada Mix Seafood dan Seafood Tumpah dengan berbagai pilihan saus. Di antaranya Saus Padang, Saus Asam Manis, Saus Mentega, dan Saus Pedas Manis. Buat yang ingin nongkrong saja, ada menu kudapan seperti aneka roti bakar, Potato Wedges, French Fries, dan Jamur Crispy. Sedangkan minumannya ada Lychee Mojitos, Affogato, dan Red Velvet Latte.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini