Beranda Tempat Wisata

Tempat Wisata di SEMARANG: 39 Rekomendasi Lengkap 2021

Kota Semarang punya potensi pariwisata yang amat besar. Kota di bagian utara pulau Jawa ini memiliki pantai hingga dataran tinggi. Tidak heran jika pilihan tempat wisata di Semarang pun banyak tersedia.

Berikut ini adalah rekomendasi 39 tempat wisata di Semarang dan sekitarnya.

1. Kota Lama Semarang

Tempat wisata di Semarang bernuansa Kolonial Kota Lama
Wisatawan bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi Kota Lama – Foto: Google Maps/Wihandono Yogo

Seperti halnya Kota Jakarta, Semarang juga sempat menjadi kota pelabuhan yang ramai pada masa kolonial. Itulah kenapa keduanya memiliki kawasan Kota Tua. Kawasan ini sudah hadir dan berkembang sejak abad ke-17. Saat ini Kota Tua menjadi destinasi wisata dengan berbagai daya tarik.

Tempat wisata di Semarang yang satu ini selalu terbuka untuk umum selama 24 jam. Wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi kawasan ini. Banyak bangunan umum bergaya Eropa yang menjadi landmark. Tidak ketinggalan berbagai komunitas dan agensi tur tak jarang mengadakan tur sejarah di sekitar objek wisata ini.

Beberapa tempat yang menarik salah satunya yaitu Taman Srigunting dan Gereja Blenduk. Pasar Klitikan juga hadir untuk memenuhi hasrat para kolektor barang antik. Kota Lama juga memiliki sejumlah galeri dan museum. Salah satunya yaitu Galeri Seni Kontemporer Semarang alias Galsem.

Selengkapnya: Kota Lama Semarang Wisata Era Kolonial

2. Saloka Park

Soloka Park tempat wisata di semarang dengan berbagai wahana seru
Saloka Park di Semarang jadi alternatif liburan keluarga – Foto: Google Maps/denbagus88 andri

Tempat wisata di Semarang yang satu ini bertajuk theme park berskala besar yaitu Saloka Park. Taman bermain ini terletak di Jalan Fatmawati No. 154, Tuntang. Lokasinya strategis karena berada di jalur utama Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar).

Di area seluas 18 hektar, Saloka Park membuka 25 wahana seru. Seluruh wahana ini terbagi menjadi beberapa zona. Zona tersebut yaitu Zona Pesisir, Zona, Balalantar, Zona Segara Prada, dan Zona Ararya. Tiket masuknya bisa berupa tiket terusan atau tiket per wahana.

Saloka Park terinspirasi dari banyak kebudayaan dan kearifan lokal. Wahana permainan yang wajib dicoba ialah bianglala Cakrawala setinggi 33 meter dan rollercoaster Lika-Liku. Ada juga area Ekowisata Angon-Angon dan Agrowisata Ijo Royo-Royo. Selain itu, ada museum edukasi bernama Lumbung Ilmu Galileo yang tak kalah menarik.

Lebih lengkap: SALOKA PARK Tiket & 7 Wahana Terseru

3. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo tempat wisata di Semarang menyajikan alam perbukitan
Berburu selfie cantik di Ayanaz Gedong Songo – Foto: Google Maps/Sofia Nabila

Semarang juga tidak mau ketinggalan dalam wisata swafoto kekinian. Ada Ayanaz Gedong Songo yang merupakan taman rekreasi penuh dengan spot Instagramable. Objek wisata ini berada dalam kawasan komplek Candi Gedong Songo. Lokasinya berada di daerah Bandungan, Semarang.

Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan harus memasuki komplek candi. Selanjutnya, wisatawan bisa membeli tiket masuk Ayanaz mulai dari 10 ribu hingga 25 ribu rupiah. Pengunjung dapat berfoto di spot-spotnya secara cuma-cuma. Namun, beberapa spot terdapat biaya tambahan.

Spot foto di Ayanaz tampak lebih menarik karena memiliki latar belakang pegunungan seperti SumbingSindoro. Wisatawan bisa mendapatkan pemandangan indah ini dengan berfoto di spot balon udara atau bubble tent yang unik. Spot lainnya merupakan tempat duduk berbagai bentuk yang terletak di lokasi yang tak biasa. Misalnya, hammock dan kursi melingkar di tengah kolam.

Baca: AYANAZ GEDONG SONGO Tiket & Spot Selfie

4. Taman Bunga Celosia

"<yoastmark

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata di Semarang bertema alam yang berpadu dengan tren selfie datanglah ke Taman Bunga Celosia. Taman bunga ini berada di Jalan Gedong Songo, Bandungan, Semarang. Menempati kawasan kaki Gunung Ungaran, taman ini menghadirkan pemandangan alam yang cantik.

Taman ini memberlakukan harga tiket yang sangat terjangkau. Wahana dan fasilitasnya pun ramah untuk seluruh kalangan usia. Sehingga, sangat cocok sebagai destinasi piknik keluarga di akhir pekan.

Daya tarik utamanya adalah aneka bunga yang tertata rapi dan cantik. Hamparan bunga celosia, hebras, krisan, hingga lavender bisa dinikmati di sini. Semua bunga ini disandingkan dengan replika beragam landmark negara yang populer. Replika seperti Menara Eiffel, Patung Merlion, dan Taj Mahal akan jadi pelengkap wisata selfie yang menyenangkan.

Lebih lanjut: TAMAN BUNGA CELOSIA Tiket & 6 Spot Selfie Keren

5. Taman Rekreasi Marina

Taman Rekreasi Marina tempat wisata di Semarang bertemakan water park
Berenang dan bermain air di Taman Rekreasi Marina – Foto: Google Maps/kiky dpra

Cuaca panas dan lembab Kota Semarang seketika hilang dengan bermain air di Taman Rekreasi Marina. Tempat wisata di Semarang yang bertemakan waterpark sehingga cocok untuk keluarga. Terdapat berbagai jenis kolam serta wahana permainan yang sayang jika terlewat.

Taman Rekreasi Marina terletak di dekat Pantai Marina. Tepatnya, di Villa Marina, Ruko No. 3, Jalan Villa Marina, Semarang. Tiket masuk taman ini cukup terjangkau, mulai dari 35 ribu hingga 45 ribu rupiah.

Ada beberapa jenis kolam renang di sini. Wisatawan balita hingga orang dewasa bisa berenang di kolam dengan masing-masing kedalaman. Tidak lupa wahana ember tumpah juga melengkapi keseruan. Jangan lupa mencoba seluncurannya yang memiliki ketinggian hingga 20 meter.

Baca: Taman REKREASI MARINA Tiket & Ragam Aktivitas Seru

6. Grand Maerakaca

"<yoastmark

Grand Maerakaca terkenal juga sebagai ‘Puri Maerokoco’. Taman rekreasi ini merupakan ‘taman mini’ versi Jawa Tengah. Berlokasi di Jalan Puri Anjasmoro, jaraknya hanya sekitar 5 km dari Tugu Muda Semarang.

Grand Maerakaca merupakan bagian dari Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah. Tiket masuknya sangat terjangkau dengan berbagai fasilitas dan wahana yang tersedia. Taman ini cocok sebagai tempat rekreasi sekaligus edukasi bagi anak-anak.

Sebagai ‘taman mini Jawa Tengah’, Grand Maerakaca menghadirkan replika dan miniatur bangunan dari Jawa Tengah. Mulai dari rumah adat hingga landmark setiap kabupaten dapat ditemui di sini. Di samping itu, ada arena outbond, agrowisata, serta Jateng Science Center yang menyenangkan untuk anak-anak. Lengkapi acara liburan dengan selfie ria di area Trekking Mangrove sambil menyegarkan mata.

Selengkapnya: GRAND MAERAKACA Taman Mini Jateng Tiket & Berbagai Wahana Seru

7. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti Tempat wisata alam bertemakan kolang renang di perbukitan
Berendam di tengah suasana alam yang asri – Foto: Google Maps/Farid Fanani

Umbul Sidomukti salah satu tempat wisata di Semarang bertemakan alam yang berada di daerah Bandungan. Tempat ini merupakan kolam renang yang menampung air dari mata air alami pegunungan. Berlokasi di sekitar lereng Gunung Ungaran menjadikan hawanya sejuk dan segar.

Kawasan wisata Umbul Sidomukti berada di ketinggian hingga 1.200 mdpl. Dengan luas 32 hektare, destinasi wisata ini menyajikan kolam renang sebagai daya tarik utama. Dengan dukungan sejumlah fasilitas seperti penginapan, camping ground, dan area outbond serta gathering. Sambil berenang, wisatawan dapat menyaksikan panorama pegunungan seperti Gunung Ungaran dan Merbabu.

Selain berenang, wisatawan juga dapat menikmati berbagai kegiatan dan wahana permainan outdoor. Ada flying fox, ATV, berkuda, hingga panahan dan soft-gun. Semua fasilitas ini bisa dinikmati dengan biaya 15 ribu hingga 75 ribu rupiah. Sementara harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu 5 ribu rupiah.

Lebih lanjut: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Ragam Aktivitas

8. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong tempat wisata di Semarang bertema kebudayaan
Salah satu bangunan di komplek Klenteng Sam Poo Kong – Foto: Google Maps/andrian ranti

Kota Semarang lekat dengan sejarah etnis Tionghoa di Indonesia. Salah satu saksi sejarahnya yang masih ada hingga kini adalah Klenteng Sam Poo Kong. Tempat peribadatan ini merupakan bekas petilasan Laksamana Zheng He atau Ceng Ho.

Komplek klenteng ini memiliki empat bangunan utama. Keempat bangunan tersebut yaitu Klenteng Dewa Bumi, Klenteng Juru Mudi, Klenteng Sam Poo Tay Djien, dan Klenteng Kyai Jangkar. Keunikan klenteng ini adalah arsitektur bangunannya yang merupakan perpaduan dari berbagai budaya. Wisatawan dapat melihat adanya campuran unsur China, Jawa, hingga Islam.

Di sekitar klenteng, tersebar sejumlah makam dan patung. Patung Zheng He setinggi 10,7 meter yang terbuat dari perunggu jadi salah satu ikon tempat ini. Klenteng ini berlokasi di Jalan Simongan No. 129, Semarang. Tiket masuk yang berlaku mulai dari 20 ribu hingga 35 ribu rupiah saja.

Selengkapnya: Klenteng SAM POO KONG Tiket & Pesona Menawan

9. Water Blaster

Water Blaster salah satu tempat wisata di semarang bertemakan permainan air
Berenang dan bermain air bersama keluarga dan teman di Water Blaster Semarang – Foto: Google Maps/HTMSD Freecss

Water Blaster Waterpark tempat wisata di semarang yang juga menyediakan wahana permainan air seru. Ajak keluarga atau teman untuk menikmati lebih dari 20 wahana permainan air. Taman bermain air ini terletak di Jalan Bukit Candi Golf No. 1, Tembalang, Kota Semarang.

Tiket masuk Water Blaster mulai dari 60 ribu hingga 80 ribu rupiah. Pengunjung sudah bisa mencoba seluruh wahana permainan yang tersedia tanpa biaya tambahan. Beberapa wahana andalannya adalah Slide Race yang memiliki panjang lintasan 60 meter. Dari ketinggian 12 meter, pengunjung bisa mencoba balap seluncur di wahana ini.

Selanjutnya adalah Family Slide yang ramah untuk pengunjung anak-anak. Tingginya hanya 3,5 meter, sehingga anak-anak bisa meluncur dengan aman dan seru di sini. Ada pula Lazy River yang merupakan sungai arus sepanjang 250 meter. Pengunjung dapat bersantai menikmati arus artifisial menggunakan pelampung di sungai buatan ini.

Lebih lanjut: Water Blaster Semarang Tiket & Berbagai Wahana Seru

10. Brown Canyon

Brown Canyon Tempat wisata di Semarang dengan tebing gersang
Objek wisata unik dan murah-meriah, Brown Canyon – Foto: Google Maps/Yerica Kurniawan

Brown Canyon adalah tempat wisata di Semarang yang unik. Namanya sendiri terinspirasi dari Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Objek wisata ini berada di daerah Rowosari, Tembalang, Semarang.

Brown Canyon sebenarnya bukanlah objek wisata yang resmi. Tempat ini merupakan bekas galian tambang pasir yang sudah terbengkalai. Bekas-bekas tambang ini berupa tebing sisa bukit yang sudah habis. Situasi tebing berkeliling perbukitan serta kolam bekas tambang yang terisi air hujan. Pemandangan inilah yang kemudian menarik banyak wisatawan terutama para penyuka fotografi.

Sebagai objek wisata tak resmi, Brown Canyon tidak memiliki tiket masuk. Pengunjung cukup membayar parkir atau biaya seikhlasnya pada warga sekitar. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan panorama eksotis dari tebing yang sekitar kawasannya tandus. Brown Canyon bisa jadi alternatif wisata hemat yang unik dan tidak biasa.

Baca: Brown Canyon Semarang Tiket & Daya Tarik

11. Masjid Agung Jawa Tengah

Halaman Depan Mesjid Agung Jawa Tengah
Selain sebagai tempat ibadah, Masjid agung Jawa Tengah juga bisa sebagai tujuan wisata – Foto: Google Maps/Rob

Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu masjid raya kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah. Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini banyak mengundang wisatawan karena arsitektur komplek-nya yang menarik. Dengan sejumlah elemen bangunan unik dan spot wisata.

Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Jalan Gajah Raya, Semarang. Masjid yang diresmikan pada tahun 2006 ini memiliki luas area sekitar 10 hektar. Memasuki halaman masjid, pengunjung sudah dibuat takjub oleh adanya payung hidrolik raksasa. Payung setinggi 20 meter ini bisa ditemui juga di Masjid Nabawi Madinah.

Spot yang sayang untuk dilewatkan adalah Menara Al-Husna. Menara ini memiliki sebuah stasiun radio, museum, dan kafe yang dapat berputar sejauh 360 derajat. Wisatawan juga dapat menikmati panorama Kota Semarang dari puncak menara. Taman dan plaza sekitar masjid juga bisa jadi tempat bersantai atau berfoto yang tak kalah menarik.

Baca: Masjid Agung Jawa Tengah Tiket & Kemegahan Arsitektur

12. Eling Bening

Eling Bening tempat wisata di semarang dengan area asri pegunungan
Pemandangan yang didapatkan dari spot foto ikonik Eling Bening – Foto: Google Maps/Lukman Hakim

Jika mencari tempat wisata di Semarang yang bisa dinikmati seluruh keluarga, Eling Bening adalah jawabannya. Eling Bening adalah perpaduan resort serta taman hiburan outdoor yang berada di Ambarawa, Semarang. Keunggulannya terletak di lokasi dataran tinggi yang dengan panorama alam. Di sini, wisatawan dapat menikmati sejumlah wahana rekreasi.

Beberapa di antaranya adalah spot foto, kolam renang, arena outbond, dan restoran. Spot foto Eling Bening jadi salah satu favorit pengunjung karena keindahan panorama yang tersaji di sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati latar pegunungan, hamparan sawah, hingga Danau Rawa Pening yang cantik. Menikmati seluruh pemandangan cantik ini juga bisa sambil berenang di infinity pool-nya.

Selain itu, tersedia arena outbond untuk anak-anak. Anak-anak dapat mencoba flying fox, meniti tali, menangkap ikan, hingga berkuda. Tersedia juga taman bermain dan restoran yang menyajikan kuliner khas Jawa Tengah. Tiket masuk Eling Bening dapat tersedia mulai dari 20 ribu hingga 25 ribu rupiah saja.

Selengkapnya: ELING BENING: Tiket & Wahana SPEKTAKULER

13. Pecinan Semarang

Atraksi barongsai
Atraksi barongsai meramaikan kawasan Pecinan Semarang – Foto: Google Maps/Tom Kusuma

Masih berkaitan dengan keberadaan etnis Tionghoa, Semarang memiliki kawasan Pecinan yang sudah lama populer. Kawasan ini menyajikan pengalaman wisata sejarah, religi, dan budaya Tionghoa di Semarang. Berwisata ke Pecinan Semarang bisa jadi alternatif wisata murah-meriah yang menarik.

Berbagai komunitas dan agen wisata seringkali mengadakan tur budaya dan sejarah di sini. Wisatawan akan bisa berkeliling dengan berjalan kaki hingga ke gang-gang sempit. Sambil berjalan, pemandu akan menceritakan sejarah Pecinan. Peserta dapat menikmati arsitektur khas Cina yang banyak menghiasi bangunan di sini.

Pecinan Semarang juga terkenal sebagai kawasan 1.001 klenteng. Ada banyak klenteng di kawasan wisata ini. Di akhir pekan, ada pasar kuliner Semawis di sepanjang Gang Warung. Aneka makanan oriental, halal maupun non-halal terdapat di pasar ini.

Baca: Pecinan Semarang Wisata Budaya Tionghoa

14. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi tempat wisata di semarang yang unik
Pemandangan rumah-rumah Kampung Pelangi yang cantik – Foto: Google Maps/Shiera Elena Yovika

Suasana kampung seringkali bersanding dengan keadaan kumuh dan serba ketinggalan. Nyatanya, Kampung Pelangi Kalisari di Semarang justru menyajikan pemandangan yang berbeda. Kampung yang awalnya bernama Wonosari ini tampil cantik dengan bangunan warna-warni yang menarik hati. Lebih asyik lagi karena objek wisata ini tidak menetapkan tiket masuk atau secara cuma-cuma alias gratis.

Kampung ini terdiri dari 300 rumah yang bercat warna-warna pelangi. Tidak hanya atap berwarna, seluruh area juga terhias oleh berbagai dekorasi yang tak kalah menarik. Payung, bola-bola, dan bendera jadi pemandangan yang akrab di sini. Setiap spot bisa jadi tempat berfoto yang instagenik.

Kampung Pelangi Kalisari juga memiliki Taman Kasmaran. Dari taman ini, wisatawan dapat melihat pemandangan kampung dari atas. Untuk mendukung konsep pelangi, penduduk menjajakan makanan serta suvenir khas dengan warna ceria. Ada roti, es mambo, serta celengan yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Selengkapnya: Kampung Pelangi Semarang Tiket & Keindahan Memikat

15. Ice Cream World

berfoto di ruang laundry
Pengunjung berfoto di salah satu spot Ice Cream World – Foto: Google Maps/dewi rahmawati

Bagi penggemar tempat wisata di Semarang yang sedang hits dan kekinian datanglah ke Ice Cream World. Tempat ini merupakan toko es krim sekaligus objek wisata selfie yang menggemaskan. Tidak hanya menyantap es krim, pengunjung dapat menghasilkan foto-foto berlatar manis di sini.

Ice Cream World terletak di Jalan Suari No. 8, Kota Semarang. Memasuki toko ini, pengunjung akan langsung disambut oleh etalase gelato dan es krim. Sebelum memasuki arena foto, pengunjung dapat membeli varian yang disukai. Varian yang tersedia mulai dari yang sederhana seperti coklat dan vanilla hingga rasa unik seperti buah naga.

Untuk memasuki arena foto, pengunjung harus membeli tiket seharga 25 ribu hingga 35 ribu rupiah. Ada berbagai instalasi foto keren di sini. Tengok saja spot ruang laundry, kolam bola, dan burung bangau. Spot favorit adalah instalasi pita berwarna-warni dan lampu gantung es krim terbalik yang unik.

Lebih lanjut: Ice Cream World Semarang Tiket & Ragam Spot Foto

16. PRPP Semarang

PRPP tempat wisata di semarang yang memiliki jalur Trekking Mangrove
Keberadaan Trekking Mangrove adalah salah satu daya tarik PRPP – Foto: Google Maps/Dewi Lestari

PRPP merupakan singkatan dari Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan. PRPP adalah yayasan yang mengembangkan wisata budaya, hiburan, dan edukasi. Ketiganya diwujudkan sebagai taman hiburan dan gelaran budaya rutin.

PRPP berlokasi di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat. Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah untuk tiket masuk. Tiket ini terpisah dari tiket wahana yang ada di dalamnya. Namun, harganya masih sangat terjangkau oleh semua kalangan.

Pusat daya tariknya adalah Grand Maerakaca yang berjuluk ‘taman mini Jawa Tengah’. Selain itu, ada Dermaga Cinta, Jembatan Harapan, Wall of Hope, dan Lampion Light Garden yang romantis. Ada juga wahana permainan seperti Merry-Go-Round, Kids Park, Bianglala, hingga Pasar Apung. Kegiatan budaya yang digelar rutin di sini yaitu M2M (Malem Mingguan @Maerakaca) dan Jateng Fair.

Selengkapnya: PRPP Semarang Tiket & Anjungan

17. Jungle Toon Waterpark

seluncuran Jungle Toon waterpark salah satu tempat wisata di semarang
Taman bermain air bertema hutan ala Jungle Toon Waterpark – Foto: Google Maps/Lestari Fitriyaningrum

Rekomendasi lainnya untuk para penggemar tempat wisata di semarang bertema waterpark adalah Jungle Toon. Taman bermain air ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Lokasinya berada di Jalan bukit Wahid Boulevard, Gedongsongo, Semarang.

Jungle Toon Waterpark merupakan taman bermain air tematik dengan konsep hutan. Setiap sudut terhias dengan beragam ornamen alam seperti batu dan pohon palem. Tak ketinggalan patung aneka hewan yang menambah keceriaan bagi pengunjung anak-anak. Tiket masuknya seharga 30 ribu hingga 40 ribu rupiah per orang.

Beberapa wahana di Jungle Toon Waterpark yaitu berbagai jenis kolam dan papan seluncur. Tersedia kolam renang untuk anak-anak, kolam dewasa dengan kedalaman 1,5 meter, serta kolam pijat air hangat. Di samping itu, ada fitness dan gym center bagi penggemar olahraga. Taman ini juga memiliki permainan bola air untuk pengunjung yang ingin mencoba berjalan di atas air menggunakan bola raksasa.

Baca: Jungle Toon Waterpark Tiket & Ragam Wahana Seru

18. Lawang Sewu

Lawang Sewu tempat wisata di Semarang sarat nilai sejarah
Suasana zaman kolonial di koridor Lawang Sewu – Foto: Google Maps/yopie franz

Landmark atau bangunan ikonik Kota Semarang yang sudah tersohor adalah Lawang Sewu. Bangunan bersejarah ini sudah dibangun sejak tahun 1904 pada masa pemerintahan Belanda. Lawang Sewu yang berarti ‘seribu pintu’ berfungsi sebagai kantor pusat Perusahaan Kereta Api pada zamannya. Saat ini, fungsinya beralih sebagai objek wisata budaya dan sejarah.

Lawang Sewu terletak di Simpang Lima, tepatnya di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah. Objek wisata ini juga memiliki tempat bersejarah lainnya seperti Taman Wilhelmina dan Gereja Katedral Belanda. Keunikan arsitektur Lawang Sewu jadi daya tarik utamanya. Untuk memasukinya, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah saja.

Bangunan ini memiliki gaya arsitektur kolonial dengan 928 pintu dan jendela. Wisatawan dapat mempelajari sejarah perkeretaapian Indonesia di sini. Terdapat museum, galeri, dan diorama yang menarik untuk dilihat. Tempat yang sering dijadikan spot berfoto ini juga memiliki jendela kaca mosaik setinggi 9 meter yang menawan.

Lebih lengkap: LAWANG SEWU Tiket & Daya Tarik

19. Gravity Trampolin

Gravity Trampolin tempat wisata di Semarang bertema olah raga
Berolahraga dengan cara seru di Gravity Trampolin – Foto: Google Maps/Wihandono Yogo

Keseruan taman bermain trampolin kini hadir di Kota Semarang. Gravity Trampolin memberi pengalaman melompat di trampolin dengan berbagai variasi permainan. Taman bermain indoor ini bisa tersedia baik untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Gravity Trampolin memberlakukan tiket masuk mulai dari 90 ribu hingga 125 ribu rupiah per dua jam. Jika ingin tambahan waktu, cukup membayar 50 ribu rupiah untuk bermain sepuasnya. Dengan biaya tersebut, pengunjung sudah bisa menikmati 5 area bermainnya.

Wahana yang cukup ini di sini terdapat perpaduan permainan bola basket dengan trampolin di area Slam Dunk. Selain itu pengunjung bisa mencoba keseruan panjat dinding di arena Spiderman dan Foam Fit & Wall Climbing. Taklukkan rintangan di arena Ninja Warrior atau ajak anak-anak melompat di arena Kids & Freestyle. Bagi yang ingin mencoba olahraga trampolin profesional, tersedia kelas khusus yang dibimbing oleh instruktur ahli.

Baca: GRAVITY TRAMPOLIN Semarang Tiket & Ragam Aktivitas

20. Curug Lawe

Curug Lawe tempat wisata di semarang yang menyegarkan
Curug Lawe berada di tengah tebing berbentuk cekung di Gunung Ungaran Semarang – Foto: Google Maps/Atha Indra Rifansha

Tempat wisata di Semarang yang menawarkan kesegaran air terjun datang saja ke Curug Lawe. Air terjun alami ini terletak di kawasan Gunung Ungaran. Lokasi tepatnya di Desa Kalisidi, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Berada di tengah hutan berkeliling tebing memberi tantangan tersendiri.

Curug Lawe juga masih satu kawasan dengan Curug Benowo. Keduanya seringkali disebut sebagai CLBK atau Curug Lawe Benowo Kalisidi. Pengunjung cukup membayar satu tiket masuk untuk menyambangi keduanya. Tiket masuk seharga 8 ribu rupiah tentu terjangkau bagi semua kalangan.

Untuk menuju Curug Lawe maupun Curug Benowo, pengunjung perlu melakukan treking. Rutenya menyusuri jalur irigasi buatan di tepi jurang yang cukup menegangkan. Sepanjang perjalanan, wisatawan dapat menikmati udara segar dan pemandangan hutan. Curug Lawe terletak di tengah dinding tebing setinggi 30 meter dengan jatuhan air menyerupai benang (lawe).

Selengkapnya: Air Terjun Curug Lawe Benowo Tiket & Daya Tarik

21. Old City 3D Trick Art Museum

pengunjung berfoto di lukisan 3D
Berfoto dengan berbagai lukisan ilusi optik di Old City 3D Trick Art Museum – Foto: Google Maps/Setyo Wicaksono

Tambah koleksi selfie unik dengan berkunjung ke Old City 3D Trick Art Museum. Museum unik ini terletak di Jalan Letjen Suprapto No. 26, Tanjung Mas, Semarang Utara. Lokasinya tak jauh dari kawasan Kota Lama Semarang.

Museum ini menyajikan berbagai instalasi ilusi mata berbagai rupa. Terdapat beragam lukisan serta ruangan dengan interior terbalik yang unik. Lebih seru lagi, tema dan instalasi ini akan berganti setiap 3 bulan sekali. Wisatawan bisa menikmati pameran yang ada dengan membeli tiket mulai dari 30 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Terdapat lebih dari 100 latar foto 3 dimensi yang tersaji di sini. Semuanya memiliki tema yang berbeda. Ada tema kartun, film, lukisan populer, hingga spot wisata mancanegara. Tersedia juga ruangan dengan perabot terbalik. Spot foto lainnya yang tak kalah menarik adalah lukisan yang menimbulkan ilusi mata.

Lebih Lanjut: Old City 3D Museum Semarang Tiket & Spot Foto Keren

22. Gua Kreo

Patung Kera Gua Kreo tempat wisata di Semarang dengan latar danau dan bukit
Salah satu tempat wisata yang selalu ramai di kawasan Waduk Jatibarang ialah Gua Kreo – Foto: Google Maps / saegaleri

Gua Kreo adalah tempat wisata di Semarang yang cocok dikunjungi saat akhir pekan bersama keluarga. Objek wisata alam ini terletak di tengah Waduk Jatibarang, tepatnya di Jalan Raya Goa Kreo, Kandri, Gunung Pati, Semarang.

Gua ini terbentuk secara alami dan memiliki legenda yang menyelimutinya. Lokasinya menawarkan suasana bukit yang masih hijau, asri dan sejuk. Tempat ini juga merupakan habitat bagi monyet ekor panjang. Tak heran jika banyak patung monyet tersebut yang menghiasi jalan masuknya.

Untuk menuju lokasi gua, pengunjung harus melewati sebuah jembatan panjang. Jembatan berlatar panorama alam yang cantik ini seringkali jadi spot foto bagi wisatawan. Dikelilingi Waduk Jatibarang, pemandangan sekitarnya tampak sangat cantik terutama saat matahari terbenam. Objek wisata murah-meriah ini membanderol tiket masuk paling mahal seharga 8 ribu rupiah saja.

Selengkapnya: GOA KREO Semarang Tiket & Ragam Pesona Memukau

23. Desa Wisata Lembah Kalipancur

Bangkai pesawat yang disulap jadi restoran
Piknik di salah satu objek wisata legendaris Semarang, Desa Wisata Lembah kalipancur – Foto: Google Maps/Lingga Kusuma

Jika ingin menikmati suasana piknik di pedesaan yang asri, Semarang punya Desa Wisata Lembah Kalipancur. Objek wisata ini merupakan taman rekreasi dengan konsep pedesaan. Lokasinya berada di area perbukitan, tepatnya di Jalan Raya Kalipancur, Manyaran, Semarang.

Desa Wisata Lembah Kalipancur menyajikan berbagai wahana serta fasilitas rekreasi untuk semua kalangan. Yang terbaru dan banyak diburu para penggemar swafoto adalah Japanese Village. Area sekitar kolam berhiaskan beragam ornamen ala Jepang yang cantik.

Tempat ini juga memiliki area Western Village lengkap dengan kandang kuda. Spot populernya adalah sebuah bangkai pesawat yang disulap menjadi restoran. Selain itu, ada kolam renang, Floating Market, dan Green House. Ada juga taman satwa sederhana dengan bebek, rusa, sapi, dan aneka hewan jinak lainnya.

Lebih lanjut: Desa Wisata Lembah Kalipancur Tiket & Wahana

24. River Walk Boja

Koleksi burung di taman burung River Walk Boja
Menikmati akhir pekan yang menyenangkan di River Walk Boja yang menyawarkan wisata edukasi hingga selfie – Foto: Google Maps/CP

River Walk Boja adalah perpaduan taman rekreasi dan restoran yang cocok sebagai destinasi liburan keluarga. Taman bertajuk amazing park and resto ini berlokasi di sebelah barat Semarang, tepatnya di Jalan Veteran, Boja, Kendal. Taman ini menawarkan destinasi wisata kuliner dan rekreasi untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Daya tarik utama River Walk Boja adalah beragam replika bangunan bergaya mancanegara sebagai spot foto. Untuk mengunjunginya, wisatawan perlu membayar tiket mulai dari 25 ribu hingga 30 ribu rupiah. Dengan satu tiket ini, pengunjung sudah bisa menikmati semua wahana yang ada di dalamnya.

Selain spot foto, taman rekreasi ini memiliki wahana glamping, mini waterpark, dan arena outbond. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan berbagai satwa di Bird House Paradise dan Bahtera Noah Animal House. Tidak ketinggalan sejumlah restoran tematik yang tersedia sebagai venue acara spesial.

Selengkapnya: RIVER WALK BOJA Tiket & Ragam Wahana

25. Gumuk Reco

menyusuri sisi tebing
Gumuk Reco adalah tujuan wisata yang pas bagi para penyuka tantangan – Foto: Google Maps/Martin The

Bagi para penyuka tantangan tempat wisata di Semarang yang satu ini adalah pilihannya. Gumuk Reco namanya. Objek wisata alam Semarang ini menawarkan berbagai wahana penguji adrenalin di ketinggian tebing. Pengalaman ini berpadu dengan panorama alam sekitarnya yang menakjubkan.

Gumuk Reco berada di Jalan Kenongo, Banyubiru, Semarang. Tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu 5 ribu hingga 10 ribu rupiah saja. Tiket ini belum termasuk biaya wahana di dalamnya. Sedangkan tarif wahananya juga masih terjangkau mulai dari 10 ribu hingga 25 ribu.

Di sini, pengunjung bisa mencoba tiga wahana menantang yang tersedia. Ketiga wahana tersebut adalah Ondo Langit, Ayunan Langit, dan Flying Fox. Wahana paling populer adalah Ondo Langit yang menawarkan sensasi berjalan menyusuri pinggiran tebing dari ketinggian 2.000 meter. Tidak perlu khawatir karena seluruh wahana sudah memiliki standar keamanan yang tinggi.

Baca: GUMUK RECO Semarang Tiket & Ragam Aktivitas Menantang

26. Kampoeng Kopi Banaran

Pengunjung berkeliling dengan kereta wisata
Wisatawan bisa mengelilingi kebun kopi dengan beragam pilihan transportasi seperti kereta wisata dan golf car – Foto: Google Maps/Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran tempat wisata di Semarang yang tepat untuk wisata alam sekaligus edukasi. Kawasan perkebunan yang pengelolaannya oleh PTPN ini berada di ketinggian 480 – 600 mdpl. Udara yang sejuk menjadikan tempat ini lokasi yang nyaman untuk rekreasi keluarga. Berbagai wahana serta fasilitas akomodasi dengan beragam pilihan tersedia di sini.

Daya tarik utamanya adalah agrowisata kebun kopi. Wisatawan akan bisa berkeliling sambil memperkaya wawasan seputar kopi Banaran. Tidak hanya kebun, wisatawan juga bisa mengunjungi pabrik dan museum kopi. Di samping itu, ada kebun kakao, kebun karet, serta kebun buah-buahan.

Tempat wisata ini juga menawarkan beragam aktivitas outdoor untuk semua kalangan usia. Beberapa di antaranya adalah panahan, ATV, berkuda, dan paint ball. Seluruh fasilitas hiburan ini bisa dinikmati dengan tarif terpisah dari tiket masuk. Tiket masuknya mulai dari 5 ribu rupiah, sementara tarif wahana mulai dari 15 ribu rupiah.

Selengkapnya: Kampoeng Kopi Banaran Tiket & Ragam Aktivitas

27. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda tertinggi di Indonesia
Rasakan suasana yang berbeda saat berwisata ke Pagoda Avalokitesvara – Foto: Google Maps/simon simeon

Tempat wisata di Semarang unik lainnya adalah Pagoda Avalokitesvara. Selain sebagai tempat beribadah, pagoda ini juga objek wisata yang populer. Pagoda ini juga merupakan pagoda tertinggi di Indonesia dan sudah tercatat oleh MURI. Lokasinya berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket untuk memasuki area pagoda. Namun, bisa memberi donasi seikhlasnya pada para penjaga vihara. Jika ingin menulis di pita harapan, pengunjung perlu membayar 10 ribu rupiah.

Pagoda Avalokitesvara memiliki tinggi 45 meter dan 7 lantai. Pengunjung memang tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam. Namun, bagian luar dan halamannya juga sangat indah karena terdapat banyak patung cantik. Beberapa sudut yang sayang jika terkewat adalah Patung Buddha Tidur dan Pohon Bodhi yang menawan.

Selengkapnya: Pagoda Avalokitesvara Semarang

28. Nirwana Stable

asyiknya berkuda santai di Nirwana Stable
Para pemandu berpengalaman siap mengajari teknik berkuda di Nirwana Stable – Foto: Google Maps/Beny Styawan

Bosan dengan olahraga yang itu-itu saja? Mungkin berkuda bisa jadi alternatif pilihan. Semarang memiliki Nirwana Stable, sebuah kandang kuda sekaligus tempat wisata. Sambil rekreasi di alam terbuka, wisatawan bisa mendapatkan pengalaman berkuda di sini.

Nirwana Stable terletak di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan pelajaran berkuda. Terdapat restoran, villa, playground, serta mini zoo yang cocok untuk acara rombongan. Biaya berkuda mulai dari 40 ribu untuk kuda poni dan 60 ribu untuk kuda besar.

Tersedia arena pacu yang luas untuk berkuda di Nirwana Stable. Jika belum mahir, instruktur akan mengajari mulai dari dasar berkuda. Pengunjung juga bisa belajar seputar perawatan kuda dengan mengunjungi kandangnya.

Lebih lanjut: Nirwana Stable Semarang Tiket & Ragam Atraksi Menarik

29. Candi Gedong Songo

panorama candi dan sekitarnya
Memanjakan mata dengan pemandangan alam yang indah di kawasan Candi Gedong Songo – Foto: Google Maps/Tirta Sari MegaHari

Semarang juga memiliki candi sebagai salah satu peninggalan sejarah masa lalu. Candi tersebut ialah Candi Gedong Songo yang berada di kawasan kaki Gunung Ungaran. Tepatnya, di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Untuk memasuki komplek candi, pengunjung perlu membayar tiket masuk seharga 8 ribu hingga 10 ribu rupiah saja.

Daya tarik utama candi ini adalah lokasinya yang berpagar pegunungan maupun perbukitan. Candi ini berdiri di bukit dengan ketinggian 1.200 mdpl. Ini menjadikan temperatur udara di sekitarnya sangat sejuk.

Untuk mencapai lokasi, pengunjung perlu menjajaki jalanan yang menanjak. Jika tidak ingin menguras keringat bisa menyewa jasa tunggangan kuda hingga ke lokasi candi. Di sekitar kawasannya juga terdapat objek wisata lain. Objek wisata tersebut antara lain pemandian air panas dan Ayanaz Gedong Songo yang kekinian.

Selengkapnya: CANDI GEDONG SONGO Tiket & Ragam Aktivitas

30. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

kolam renang di tengah perbukitan
Menyegarkan badan dan pikiran di Kolam Renang Tirto Argo Siwarak – Foto: Google Maps/Muhammad Zuhri Alwi Algivfary

Tak jauh dari Kota Semarang, ada Kolam Renang Tirto Argo Siwarak. Kolam renang keluarga ini berada di Jalan Tirto Argo, Ungaran Barat. Objek wisata ini adalah alternatif destinasi wisata yang ramah di kantong serta cocok untuk semua kalangan.

Tiket masuknya hanya seharga 15 ribu rupiah. Dengan biaya yang terjangkau ini, pengunjung bisa menikmati seluruh fasilitas yang tersedia. Keistimewaan kolam renang ini adalah airnya yang segar karena bersumber langsung dari mata air pegunungan.

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak juga memiliki wahana permainan seperti aneka jenis seluncuran. Ada juga wahana ember tumpah yang akan menambah keseruan. Di sekitar kolam, terdapat gazebo untuk bersantai dan rumah makan. Tak ketinggalan ada kolam ikan yang menambah keindahan suasana.

Baca: Trito Argo Sirawak Tiket & Ragam Aktivitas Seru

31. Taman Wisata Kopeng Semarang

Taman Wisata Kopeng
Tempat wisata keluarga di Semarang yang berlokasi di kawasan sejuk perbukitan – Foto: Google Maps/Ucik Ucik

Taman Wisata Kopeng merupakan destinasi wisata keluarga yang termasuk dalam kawasan wisata Kopeng. Udaranya sejuk karena berada di ketinggian 1.500 mdpl lereng Gunung Merbabu. Taman ini menawarkan beragam atraksi dan wahana wisata dengan suasana alam pegunungan.

Lokasinya berada di Jalan Raya Salatiga-Magelang KM 15, Kopeng, Getasan, Semarang. Pengunjung dikenakan tarif tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah. Fasilitas rekreasinya meliputi wahana wisata dan akomodasi penginapan keluarga. Tarif wahana mulai dari 20 ribu, sementara penginapan mulai dari 200 ribu per malam.

Beberapa fasilitas yang tersedia di taman ini yaitu water-park, camping ground, outdoor games, outbond arena, dan pasar segar. Kopeng Waterpark memiliki kolam setinggi 50 cm dengan berbagai permainan seperti seluncuran yang cocok untuk anak-anak. Outdoor games yang tersedia meliputi paintball dan ATV. Wisatawan juga dapat membeli buah dan sayur lokal langsung dari petani di pasar segar.

Baca: Taman Wisata KOPENG Tiket & Aktivitas Menarik

32. Watu Gajah Park

gerbang kedatangan Watu Gajah Park
Alternatif tempat rekreasi terbaru di Semarang salah satunya yaitu Watu Gaja Park – Foto: Google Maps/Juna Idah

Agak menjauh dari keramaian Kota Semarang, ada objek wisata Watu Gajah Park. Watu Gajah Park adalah taman rekreasi yang memadukan keindahan alam serta tren wisata masa kini. Taman ini terletak di Dusun Watu Gajah, Desa Ngobo, Wringin Putih, Bergas, Kabupaten Semarang.

Watu Gajah Park sengaja dibangun di daerah pegunungan. Selain suasana yang masih sejuk dan asri, diharapkan pariwisata tidak berpusat di daerah kota saja. Taman ini juga bisa jadi opsi rekreasi dengan biaya terjangkau. Tarif tiketnya mulai dari 15 ribu hingga 25 ribu rupiah saja.

Taman rekreasi ini memiliki sejumlah spot foto cantik seperti deretan payung warna-warni dan Lorong Cinta. Ada pula Taman Bunga Vertikal yang menawan sekaligus unik. Jangan lewatkan berkunjung ke kandang love bird terbesar, kandang kupu-kupu, serta kandang kunang-kunang. Keindahan tempat ini semakin terlihat di malam hari yang berhias lampu-lampu temaram nan romantis.

Selengkapnya: WATU GAJAH PARK Semarang Tiket & Ragam Wahana Menghibur

33. Gunung Ungaran

Pendaki menyaksikan matahari terbit di Puncak Ungaran
Menyaksikan panorama matahari terbit dari puncak Gunung Ungaran jadi hadiah spesial setelah melalui perjalanan yang melelahkan – Foto: Google Maps / Laksamana Balinga

Bila mencari tujuan pendakian di sekitar Semarang, coba sambangi Gunung Ungaran. Gunung ini berada di kawasan Ungaran Barat dan memiliki tiga pintu masuk pendakian. Meskipun tergolong sebagai gunung berapi, gunung ini relatif aman untuk didaki baik oleh amatir maupun ahli.

Biaya registrasi untuk mendaki di Gunung Ungaran sebesar 10 ribu rupiah. Jam registrasi terbatas hanya dari pukul 1 siang hingga pukul 7 malam. Pendaki yang bisa masuk pun terbatas hanya 300 orang per harinya.

Ada tiga jalur pendakian yang tersedia di gunung setinggi 2.050 mdpl ini. Jalur Gedong Songo memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi karena rute yang terjal. Sementara Jalur Promasan menawarkan hamparan kebun teh cantik di awal rutenya. Jalur Mawar lebih disarankan bagi pendaki amatir atau yang ingin melakukan pendakian santai.

Selengkapnya: GUNUNG UNGARAN: Tiket & 4 Jalur Pendakian

34. The Fountain Water Park

Kolam renang anak-anak
Nikmati keseruan berenang bersama keluarga di The Fountain Waterpark Semarang – Foto: Google Maps/agus pauluz

Masih di kawasan Ungaran, terdapat The Fountain Waterpark sebagai pilihan destinasi liburan. Seperti taman bermain air lainnya, The Fountain menyuguhkan kolam renang dengan aneka wahana permainan. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Ungaran membuat area taman ini sejuk. Panorama pegunungan yang indah turut menghiasi pemandangan sekitarnya.

Tiket masuk The Fountain terbilang sangat terjangkau. Dengan 15 ribu rupiah per orang, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai keseruan. Fasilitas yang ada yaitu empat jenis kolam renang, wahana permainan air, dan playground.

Kolam renang paling dalam memiliki kedalaman 150 cm. Wahana seluncuran, outbond air, ember tumpah, hingga basket air ikut melengkapi taman ini. The Fountain juga menyajikan arena outbond untuk acara gathering serta restoran dengan menu khas Jawa Tengah.

Lebih lanjut: The Fountain Ungaran Tiket & Berbaga Wahana Air Seru

35. Kopeng Treetop Adventure

wahana outbond di antara pepohonan
Melatih ketangkasan fisik di Kopeng Treetop Adventure – Foto: Google Maps/achmad ihsan nurhandri

Di kawasan wisata Kopeng, ada Kopeng Treetop Adventure yang cocok untuk para penyuka kegiatan outdoor. Taman bermain ini menawarkan variasi aktivitas outbond di tengah hutan pinus yang asri dan sejuk. Wisatawan akan merasakan suasana berpetualang yang seru melalui berbagai wahana yang tersedia.

Tiket masuk Kopeng Treetop Adventure seharga 25 ribu rupiah. Sementara tarif per permainan dan paket bundling mulai dari 50 ribu hingga 150 ribu rupiah. Taman ini sangat pas sebagai lokasi kegiatan gathering rombongan keluarga, sekolah, atau perusahaan.

Kopeng Treetop Adventure menawarkan pilihan 8 sirkuit outbond dengan kesulitan yang berbeda-beda. Ada juga wahana Zip Coaster yang memadukan flying fox dengan sensasi menaiki roller coaster. Wahana Giant Tarzan Jump menguji nyali untuk melompat dan berayun dari ketinggian belasan meter. Jangan lupa kunjungi Treetop Sky Resto untuk merasakan pengalaman makan di ketinggian pohon pinus.

Lebih lengkap: Kopeng Treetop Tiket & Ragam Aktivitas Menantang

36. G Pass

menikmati sunrise dari bukit
G Pass, destinasi wisata sederhana dengan pemandangan yang memukau – Foto: Google Maps/Novan Photography

Bebaskan kepenatan dengan menghirup segarnya udara pegunungan di G Pass Semarang. Objek wisata sederhana ini menawarkan wisata swafoto dengan pemandangan dari lereng Gunung Merbabu. Dengan biaya murah-meriah, pengunjung bisa menikmati suasana alam sambil berburu foto panorama alam yang menakjubkan.

G Pass adalah destinasi wisata dataran tinggi di ketinggian 1.700 mdpl. Dari ketinggian ini, wisatawan bisa mendapatkan pemandangan gunung-gemunung yang mengelilingi Kabupaten Semarang. Untuk mendapatkan pemandangan yang sempurna, terdapat gardu pandang setinggi kurang lebih 7 meter. Sangat disarankan untuk datang pada pagi hari dan menjelang sore hari.

Selain menikmati panorama alam, pengunjung juga bisa berburu swafoto. Tersedia spot berbentuk anjungan kapal berlatarkan pegunungan. Pengunjung yang ingin menyambangi G Pass perlu membayar tarif tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Objek wisata ini terletak Dusun Gedong, Nglelo, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Selengkapnya: G PASS Semarang Tiket & Ragam Wahana Memukau

37. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk
Gereja Blenduk adalah landmark Kota Lama Semarang – Foto: Google Maps/Wihandono Yogo

GPIB Immanuel Semarang adalah bangunan bersejarah sekaligus tempat wisata yang bisa dikunjungi di Semarang. Gereja ini lebih terkenal sebagai Gereja Blenduk. Berdiri pada tahun 1753, Gereja Blenduk jadi gereja Kristen tertua di Jawa Tengah. Wisatawan bisa masuk ke dalam area gereja dengan membayar donasi sebesar 10 ribu rupiah.

Gereja Blenduk terletak di kawasan Kota Tua Semarang. Atapnya yang berbentuk kubah menjadi asal-muasal nama ‘Blenduk’. Arsitektur bangunannya yang bergaya kolonial Eropa jadi daya tarik utama. Tidak hanya eksterior, interiornya pun menyajikan suasana khas gereja-gereja di Eropa.

Bagian dalam gereja tampak indah saat sinar matahari menyorot jendela mozaik tinggi berwarna-warni. Perabot yang digunakan oleh gereja ini juga sudah berusia tua. Keberadaan lampu kristal raksasa dan orgel tua menambah suasana klasik nan menawan. Di samping bangunan, terdapat Taman Srigunting yang cantik dan asri.

Selengkapnya: Gereja Blenduk Tiket & Berbagai Daya Tarik

38. New Bandungan Indah

kolam renang New Bandungan Indah
Rekreasi keluarga di akhir pekan ke New Bandungan Indah Semarang – Foto: Google Maps/DevCo Channel

Jika sedang berada di daerah Bandungan Semarang, wisatawan dapat berekreasi di New Bandungan Indah Waterpark. Meski bertajuk ‘waterpark’, banyak wahana wisata selain kolam renang yang tersedia. Taman ini cocok untuk kegiatan outdoor hingga agrowisata bagi keluarga.

Tiket masuk New Bandungan terbilang sangat terjangkau yaitu 15 ribu rupiah. Tiket ini terpisah dari tarif masuk waterpark seharga 20 ribu rupiah. Sementara tarif wahana mulai dari 10 ribu hingga 35 ribu rupiah.

Waterparknya memiliki tiga jenis kolam yang sudah lengkap dengan seluncuran dan wahana ember tumpah. Setelah berenang, jangan lupa coba kegiatan outbond dengan Sky Bike-nya yang menantang. Sedangkan untuk kegiatan yang bisa dinikmati bersama keluarga di antaranya agrowisata kebun buah dan memancing. Jangan lupa bawa oleh-oleh buah lokal dari pasar buah segarnya juga, ya.

Baca: New Bandungan Indah Waterpark Tiket & Ragam Aktivitas

39. Museum Kereta Api Ambarawa

Salah satu kereta klasik koleksi museum
Menyelami dunia perkereta apian di Museum Kereta Api Ambarawa – Foto: Google Maps/Adi Suasono

Sebagai kota yang menjadi pusat perkembangan perkeretaapian di Indonesia, Semarang punya banyak jejak sejarah. Sejarah kereta api di kota ini bisa ditelusuri dengan menyambangi Museum Kereta Api Ambarawa. Museum ini berada di Jalan Panjang Kidul No. 1, Ambarawa, Semarang. Pengunjung berusia 3 tahun ke atas sudah membayar tiket masuk mulai dari 5 ribu hingga 10 ribu rupiah.

Bangunan museum ini merupakan bekas stasiun kereta api yang sudah tidak beroperasi. Di sini, pengunjung dapat menambah wawasan seputar sejarah kereta api di Indonesia. Benda-benda antik seperti mesin pencetak tiket, lonceng, hingga peluit petugas rel terpajang di sini.

Tidak ketinggalan juga koleksi lokomotif uap ‘jadul’. Sparepart kereta seperti roda dan pemutar gerbong pun turut dipamerkan. Museum ini juga menawarkan paket Ambarawa Railway Mountain Tour setiap masa liburan. Pengunjung bisa ikut menyusuri rute Ambarawa-Bedono dan Ambarawa-Tuntang yang menyajikan panorama alam memesona.

Tempat Wisata Di Semarang Lainnya

Itu dia rekomendasi 39 tempat wisata ikonik Kota Semarang dan sekitarnya. Masih banyak pilihan destinasi wisata lain tak kurang dari 48 objek wisata ada di kota lumpia ini. Jadikan Semarang sebagai destinasi liburanmu selanjutnya, ya!

Tanggapan:

0 / 5. dari 0

Kasi Bintang