Wisata Salatiga: Ini 7 Destinasi Pilihan Terbaik

Salatiga yang berbatasan dengan Kabupaten Semarang mempunyai tempat wisata yang sangat potensial. Agar tidak penasaran, berikut ini beberapa lokasi wisata di Salatiga yang wajib dikunjungi selama liburan di kota tersebut.

1. Wisata Rawa Pening Salatiga

Pengunjung bisa menyewa perahu di Rawa Pening untuk mengelilingi danau
Wisatawan bisa menyewa perahu untuk mengelilingi Danau Rawa Pening, tempat ini juga menjadi salah satu spot memancing di Salatiga. Foto: Gmaps/Rangga dy

Danau Rawa Pening terletak di cekungan antara Gunung Ungaran, Merbabu dan Telomoyo. Berada di dekat danau, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam berupa pegunungan yang tampak kokoh mengelilingi tempat ini. Pesonanya bukan saja memanjakan mata, namun juga bisa menjadi area foto instagramable.

Sambil berjalan mengelilingi danau, pengunjung juga bisa menyaksikan banyak orang yang memancing atau para nelayan yang mencari ikan dengan jala. Objek wisata Rawa Pening buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.00. Setiap orang akan dikenai tiket masuk sebesar Rp2.500.

Baca Selengkapnya: RAWA PENING Tiket & 4 Zona Wisata

2. Wisata Gunung Merbabu Salatiga

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung paling terkenal untuk wisata pendakian
Gunung Merbabu dikenal memiliki panorama matahari terbit yang cantik. Foto: Gmaps/fhm_atm (Fahmi Atmodihardjo)

Gunung Merbabu merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.145 mdpl. Setidaknya ada lima jalur pendakian resmi, yaitu jalur Wekas-Magelang, Selo-Boyolali, Cuntel-Semarang, Suwanting-Magelang dan Thekelan-Semarang. Saat ini Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGb) telah memberlakukan sistem pendakian booking online.

Sehingga pendaftaran pendakian di tempat sudah tidak ada. Pendaftaran lewat online juga mudah. Ketua rombongan bisa mengakses laman tngunungmerbabu.org, lalu mengisi data seluruh anggota rombongan, kemudian pendaki akan mendapat kode registrasi. Sedangkan tiket pendakian Gunung Merbabu terbagi jadi tiket masuk dan kegiatan mulai Rp2.500. Selain itu ada juga biaya asuransi senilai Rp1.000.

Baca Selengkapnya: GUNUNG MERBABU Tiket & 5 Rute Pendakian

3. Taman Wisata Kopeng Salatiga

Wahana air di Taman Wisata Kopeng
Wisatawan bisa menikmati aneka wahana permainan di Taman Wisata Kopeng, salah satunya waterpark. Foto: Gmaps/Irfan Mike

Taman Wisata Kopeng beralamat di Jalan Raya Kopeng, Magelang Km.15 Getasan. Tempat wisata ini adalah area rekreasi yang cocok menjadi tujuan liburan bersama keluarga. Berbagai fasilitas juga sudah tersedia, seperti waterpark, taman seluar 4,17 hektar, ATV, playground, coffe shop, outbound centre, resort, fun bilyard, resto hingga VIP family karaoke.

Dengan suasana sejuk khas pegunungan, tempat wisata Salatiga ini sangat pas untuk melepas penat setelah bergelut dengan rutinitas harian. Destinasi satu ini juga menawarkan area berkemah. Bahkan pengelola juga sudah menyiapkan peralatannya bagi pengunjung yang tidak ingin repot-repot membawa tenda.

Baca Selengkapnya: Taman Wisata KOPENG Tiket & Aktivitas

4. Lapangan Pancasila

Lapangan Pancasila menjadi salah satu pusat aktivitas warga Salatiga
Selain berolahraga, pengunjung juga bisa berwisata kuliner di Lapangan Pancasila. Foto: Gmaps/Emi Iryanti

Lapangan Pancasila atau dikenal juga sebagai Alun-alun Pancasila, bukan hanya digunakan untuk olahraga sepak bola atau lari saja. Masyarakat juga menggunakan taman ini untuk area bermain anak-anak. Bahkan, dilengkapi pula dengan peralatan olahraga atau fitness.

Selain untuk bersantai dan melakukan berbagai aktivitas olahraga, di sini juga terdapat deretan penjual makanan dan camilan. Di area Alun-alun Pancasila terdapat sebuah monumen bertuliskan tiga tokoh pahlawan nasional asal Salatiga. Yakni Adi Sucipto, Brigadir Jenderal Sudiarjo dan Komandan Yos Sudarso. Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga juga menambah keamanan kawasan alun-alun dengan memasang CCTV di sejumlah titik.

5. Taman Kota Salatiga

Taman Kota Salatiga menjadi salah satu yang bisa menjadi tujuan libur akhir pekan bersama anak
Taman Kota Salatiga menjadi salah satu tujuan yang cocok saat libur akhir pekan bersama keluarga. Foto: Gmaps/Soesetijo Jt

Taman Kota Salatiga terletak di Bendosari, Kumpulrejo, Kecamatan Agromulyo, Salatiga. Tempat ini menjadi lokasi yang cocok untuk melepas penat setelah melakukan rutinitas harian. Taman yang juga menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini pun cukup ramah anak, karena dilengkapi dengan beberapa fasilitas.

RTH yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga ini memiliki luas sekitar 3,7 hektar. Selain pepohonan, tersedia pual taman bermain anak hingga taman lalu lintas. Cocok nih untuk berakhir pekan bersama si kecil!

6. Pemandian Kalitaman

Pemandian Kalitaman merupakan tempat bersejarah yang pernah menjadi salah satu vanue PON pertama
Pemandian Kalitaman merupakan sebuah kolam renang yang sudah ada sejak abad ke-19 dan pernah menjadi vanue PON ke-I pada tahun 1948. Foto: Gmaps/Ignatius Prabowo

Lokasinya terletak di Jalan Kalitaman, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Kolam renang ini merupakan vanue cabang olahraga renang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) I tahun 1948. Pemandian ini awalnya adalah taman dan petirtaan yang digunakan untuk tempat pemujaan dan bersuci sebelum masuk ke candi di sekitarnya.

Namun kini, tempat wisata kerakyatan ini terus bersolek. Pengelola juga menambahkan berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, kamar mandi, mushola hingga kefe. Untuk berenang di kolam yang sudah ada sejak abad ke-19 itu, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp4.000.

7. Mata Air Senjoyo

Sumber Mata Air Senjoyo menawarkan kolam alami dengan air yang sangat jernih
Pengunjung bukan hanya bisa berenang, berbagai fasilitas permainan air juga tersedia di Sumber Mata Air Senjoyo. Foto: Gmaps/Achmad Noer Cholis

Lokasinya di jalan Senjoyo IV, Kadipuro, Gendongang, Tingkir, Kota Salatiga. Mata air ini sangat jernih dan merupakan salah satu sumber mata air PDAM Kota Salatiga. Selain itu, mata airnya juga tidak pernah mengering, bahkan di musim kemarau sekalipun. Salah satu ritual yang kerap berlangsung adalah kungkum, yakni berendam semalaman dengan tujuan mengharap keberkahan.

Dari pusat kota, hanya butuh waktu 20 menit berkendara menuju lokasi ini. Jalannya pun mulus dan suasananya sangat asri karena banyak pepohonan besar. Di sini, pengunjung bisa melihat situs kuno berupa batu relief. Konon, pemandian ini diggunakan oleh para raja yang pernah memerintah wilayah tersebut.

Selain itu, terdapat legenda Mas Karebet atau Joko Tingkir yang pernah bertapa di Mata Air Senjoyo. Joko Tingkir merupakan penguasa Kesultanan Pajang yang diberi gelar Sultan Hadiwijoyo. Kini, pengunjung bukan hanya bisa berendam atau berenang, karena banyak spot instagramable dan fasilitas penunjang lainnya.

Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *