Taman Wisata Kopeng adalah salah satu dari tempat wisata yang ada di Kawasan Wisata Kopeng. Berada pada ketinggian 1.500 mdpl di lereng Gunung Merbabu dengan cuaca yang dingin sejuk. Sangat nyaman dijadikan destinasi wisata keluarga atau bersama teman.

Taman wisata yang menyuguhkan aneka atraksi wisata yang berada di kawasan hutan alam. Wahana yang disediakan juga terbilang beragam untuk dinikmati segala usia.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kopeng

Datang dan beraktivitas di tempat wisata ini tidak perlu khawatir membayar mahal. Harga tiket Taman Wisata Kopeng bisa dibilang terjangkau.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kopeng
Tiket RegulerRp15.000
PenginapanRp200.000 – Rp600.000

Baca: TAMAN BUNGA CELOSIA Bandungan Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Kawasan wisata alam ini dibuka mulai pagi hari pukul 8.30 pagi dan akan ditutup sore hari pukul 16.30.

Jam Buka
Setiap Hari08.30 – 16.30 WIB

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di area wisata Kopeng diantaranya:

1. Kolam Renang dan Kopeng Weterpark

Berpagarkan pepohonan hijau, menikmati kesejukan pegunungan akan semakin menarik sembari berenang dan bermain air. Karenanya, di area Waterpark ini menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi air yang digunakan di wahana ini ialah dari sumber mata air murni pegunungan.

kopeng waterpark taman wisata kopeng
Bermain di kolam renang dan water park menjadi salah satu aktivitas pilihan di Taman Wisata Kopeng. foto: sutardi/google maps

Bagi pengunjung yang hanya ingin berenang santai, bisa memilih area kolam renang biasa. Sedangkan bagi yang ingin lebih atraktif terutama bagi anak-anak, bisa bermain di area kolam water park. Di area ini, terdapat beberapa wahana seperti perosotan lurus, perosotan spiral, air mancur, dan Giant Water Ball. Kolam ini hanya sedalam sekitar 50 cm sehingga aman bagi anak-anak.

Baca: WATER BLASTER SEMARANG Tiket, Wahana & Atraksi

2. Camping Ground Taman Wisata Kopeng

Sensasi berkemah di alam pegunungan juga bisa dilakukan disini. Lokasinya terletak di lapangan luas yang dipenuhi pepohonan. Pengunjung tentu tak perlu repot dengan segala kebutuhan kemah karena pihak pengelola sudah menyediakan semuanya.

Biasanya Camping Ground ini dijadikan pilihan bagi kegiatan kelompok seperti outing kantor atau kegiatan mahasiswa. Namun tetap perlu diingat dengan dinginnya cuaca di alam pegunungan. Kawasan Kopeng memiliki suhu sekitar 16-20 derajat celcius saat siang dan 13-16 derajat celcius saat malam dengan kelembaban 85%.

3. Paint Ball

Wahana Paintball menjadi atraksi yang cocok bagi kelompok pengunjung yang suka tantangan. Bermain perang-perangan atau War Game dengan senjata tembakan di hutan belantara tentu sangat seru dan menyenangkan. Untuk wahana paint ball War Game minimal diikuti oleh 4 orang dan maksimal 10 orang.

bermain paint ball
Bermain paintball bersama keluarga dan teman-teman di Taman Wisata Kopeng. foto: IG tamanwisatakopeng

Tapi jika tidak datang dengan rombongan, pengunjung juga bisa memilih bermain Shoot Target. Wahana ini ialah menembak target dengan modal 5 buah peluru. Jika beruntung menembak tepat sasaran, ada hadiah yang akan diberikan.

Baca: Keindahan Eling Bening Ambarawa Tiket & Aktivitas

4. Outbound

Bermain mancakrida (outbond) seperti panjat tali, berjalan di jaring, trampolin jaring, spider jumper, hingga flying fox bisa menjadi pilihan ketika berada di tempat wisata ini. Berada di dalam kawasan hutan pinus, menjadikan kegiatan outbond lebih menyenangkan. Flying Fox misalkan menjadi salah satu yang cukup menantang apalagi buat anak-anak. Ada dua pilihan ketinggian flying fox di area outbond ini yaitu 12 meter dan 6 meter.

5. ATV

Bermian mobil ATV menjadi salah satu yang bisa dijajal semua usia. Apalagi, permainan ini mengambil jalur yang seolah benar-benar di alam liar, sehingga membuatnya menjadi lebih menantang.

Menikmati keindahan alam gunung Merbabu dari kawasan wisata Kopeng. foto: Sur yanto/google maps

6. Pasar Buah dan Sayur Segar

Bagi ibu-ibu, tempat satu ini pasti sangat menarik untuk didatangi. Terdapat puluhan jenis sayuran dan buahan dijajakan di pasar tradisional tersebut. Buah dan sayur yang dijual dijamin segar karena berasal langsung dari kebun warga setempat. Hargapun dijamin lebih murah karena langsung dari petani.

Fasilitas Pendukung

Sebagai sebuah kawasan wisata yang besar dan luas, Taman Wisata Kopeng memiliki fasilitas yang sangat lengkap dari mulai Penginapan 19 kamar, 9 unit Resort, 1 Resto keluarga, Cafe, Toko Souvenir, layanan parkir 24 jam, hingga jasa antar jemput bandara.

Lokasi Taman Wisata Kopeng

Tempat wisata ini berlokasi di alamat Jalan Raya Salatiga-Magelang KM 15, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Kurang lebih berjarak 1 jam berkendara dai kota Semarang. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi (0298) 318344.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.