Beranda Tiket Wisata

RAWA PENING Semarang: Tiket & 4 Zona Wisata - Maret 2021

Rawa Pening Harga Tiket: Gratis - Rp15.000 Jam Buka: 07.00 - 20.00 No. Telepon: - Alamat: Desa Klurahan, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, -.

Menyegarkan pikiran di akhir pekan tidak memerlukan rencana wisata yang mewah. Rekreasi sederhana di Rawa Pening saja bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Danau alami ini merupakan objek wisata yang sudah populer sejak dulu. Bahkan setelah mengalami revitalisasi jadi semakin menarik untuk dikunjungi.

Sedangkan posisi danau melingkupi empat kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Saking luasnya, ada beberapa tempat wisata di sekelilingnya yang juga cukup menarik. Beberapa diantaranya adalah Kampoeng Rawa, Radesa, dan Bukit Cinta. Semuanya menghadirkan pengalaman menikmati Rawa Pening yang beragam.

Tiket Masuk Rawa Pening

Rawa Pening bisa dikunjungi dari spot wisata yang berbeda-beda. Tiket masuk yang berlaku di setiap tempat pun beragam. Biasanya, tiket masuk ini belum termasuk tiket wahana tambahan yang terdapat di dalamnya.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Rawa Pening
Tempat WisataSenin – JumatSabtu – Minggu /Libur
Bukit CintaRp10.000Rp15.000
Kampoeng RawaRp90.000Rp100.000
Radesa WisataRp15.000
SabanaGratis

Baca: 40 Tujuan Wisata Terbaik di Semarang

Jam Buka

Seperti harga tiket, jam operasional setiap spot wisata pun berbeda. Namun, di luar itu objek wisata ini bisa dikunjungi kapan saja. Jika ingin melihat keindahan danau berkunjunglah pada saat musim hujan. Biasanya area danau akan surut pada musim kemarau

Jam Operasional
Rawa PeningSetiap Hari 24 Jam
Bukit CintaSetiap Hari 07.00 – 16.00 WIB
Radesa WisataSetiap Hari 06.30 – 18.00 WIB
Kampoeng RawaHari Biasa 10.00 – 18.00 WIB
Sabtu 08.00 – 19.00 WIB
Minggu 08.00 – 20.00 WIB

Pesona Rawa Pening

Panorama pegunungan dari danau rawa pening
Area danau dengan luas 2.470 hektare dikelilingi oleh beragam tempat wisata menarik – Foto: Google Maps / Zhemwel Elanor

Rawa Pening adalah salah satu danau alami di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau ini terbentang di empat kecamatan: Ambarawa, Bawen, Tuntang, hingga Banyubiru. Sedangkan area danaunya sendiri terletak di cekungan terendah Gunung Merbabu.

Daya tarik objek wisata ini terutama pada sajian panorama alamnya. Selain Gunung Merbabu, sekitar danau juga dihiasi pemandangan Gunung Ungaran dan Telomoyo. Luas danau yang berselimut legenda Baru Klinting ini mencapai 2.670 hektare. Maka tak heran jika danau ini dikelilingi oleh spot wisata berbayar hingga cuma-cuma.

Baca: Umbul Sidomukti Semarang Tiket & Ragam Aktivitas

Sabana dari Dasar Danau

Pengunjung berswafoto di area sabana
Sabana Rawa Pening yang hanya muncul saat musim kemarau – Foto: Google Maps / Penthaz Bento

Rawa Pening sempat mengalami penyusutan pada saat musim kemarau. Penyusutan ini rupanya memunculkan sebuah sabana luas yang cantik. Sabana atau padang rumput itu tidak lain adalah dasar danau. Objek wisata ‘dadakan’ ini hanya muncul selama musim kering.

Sabana yang terbentuk berlokasi di Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kabupaten Semarang. Padang rumput ini menempati area bagian utara danau. Selama berada di sabana pengunjung bisa menikmati panorama sekitar berteman sejuknya udara kawasan danau. Selain itu padang rumput ini cocok untuk piknik keluarga atau sekadar foto-foto.

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO Tiket & Spot Selfie

Bukit Cinta Rawa Pening

teras kayu di tepi Rawa Pening
Wisata kekinian sambil jalan-jalan santai di Bukit Cinta – Foto: Google Maps / Syaillendra

Ingin menikmati suasana lebih nyaman dan ‘kekinian’ selama di Rawa Pening? Wisatawan bisa segera mengunjungi Bukit Cinta. Lokasinya berada di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru. Meski bernama ‘bukit’, namun tidak ada dataran tinggi di sini.

Bukit Cinta adalah kawasan tepian danau dengan taman buatan. Di taman ini terdapat dek dari kayu yang luas dan nyaman. Sekitar areanya tersedia tempat duduk teduh serta gazebo yang juga cantik. Ada juga spot menarik seperti ‘Gembok Cinta’.

Kawasan Bukit Cinta sangat cocok untuk jadi destinasi rekreasi akhir pekan. Selain tiketnya murah-meriah, fasilitasnya pun lengkap dan nyaman. Wisatawan juga bisa mencoba berperahu keliling danau.

Baca: WATU GAJAH PARK Semarang Tiket & Wahana

‘Menara Eiffel’ Tepi Danau

Radesa Wisata tampak dari atas
Radesa Wisata menyajikan perpaduan suasana danau dengan replika raksasa Menara Eiffel dari bambu – Foto: Google Maps / ariyo sulistiyono suparji

Pernah lihat Menara Eiffel dari dekat? Di Rawa Pening, wisatawan bisa bertandang ke menara ini. Meski tidak identik Menara Eiffel ini terbuat dari bambu dan berada di Radesa Wisata. Radesa Wisata adalah objek wisata lainnya yang ada di salah satu sudut danau.

Jika Bukit Cinta didominasi oleh eksterior kayu maka Radesa lebih banyak memanfaatkan bambu. Lokasinya juga tak jauh dari sabana serta masih di Dusun Klurahan Kecamatan Tuntang. Ciri khas Radesa yaitu replika Menara Eiffel dari bambu dengan tinggi 38 meter. Tidak hanya cantik, menara ini juga bisa dinaiki, lho.

Selain berfoto di Menara Eiffel, pengunjung juga bisa menikmati jalan-jalan santai. Radesa menyajikan dermaga dengan rumah apung dari bambu. Tersedia juga wahana unik berupa ban dengan bentuk yang lucu seperti unicorn. Wisatawan juga bisa berperahu di sekitar kawasan Radesa.

Baca: Taman Wisata KOPENG Tiket & Aktivitas

Rumah Apung

Agrowisata Kampoeng Rawa
Kampoeng Rawa memadukan wisata kuliner dan taman bermain tepi danau- Foto: Google Maps / Uke Indraswari

Bergeser agak ke barat dari Radesa, ada objek wisata menarik lainnya. Ialah Kampoeng Rawa, sebuah tempat rekreasi lengkap dan cocok untuk wisata keluarga. Di sini, wisatawan bisa bermain aneka wahana, memancing, hingga mencicipi kuliner lezat.

Ikon Kampoeng Rawa adalah rumah makan terapung. Menu utama yang tersaji yaitu beragam ikan budidaya di Rawa Pening. Selain itu tersedia pula wahana bermain seperti ATV, jetski, dan sepeda air. Restoran ini juga memiliki aula dan pendopo untuk acara besar seperti pernikahan.

Baca: Kopeng Treetop Tiket & Aktivitas

Fasilitas Rawa Pening

Kecuali sabana, objek wisata di tepian Rawa Pening rata-rata memiliki fasilitas yang lengkap. Setiap lokasi wisata memiliki area parkir luas, toilet, hingga mushola. Wahana permainan yang beragam juga tersedia. Hampir di setiap spot wisata pengunjung bisa mencoba berperahu keliling danau.

Lokasi Rawa Pening

Rawa Pening berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau ini mencakup empat kecamatan yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Dari arah Semarang, rute yang bisa dilewati yaitu melalui Jalan Tol Ungaran-Bawen. Danau ini lebih dekat dari Ambarawa. Jarak dari kota Semarang kurang lebih 41 Kilometer sedangkan dari Ambarawa hanya 3 kilometer saja.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini