Beranda Berita Wisata

Desa Wisata Tamansari Raih Penghargaan

0

Salah satu desa wisata yang ada di Banywangi yaitu Desa Wisata Tamansari berhasil meraih peringkat 1 sebagai Desa Wisata Kategori Digital dari Anugerah Desa Wisata 2021. Sementara itu, untuk Desa Wisata Pentingsari yang berada di Yogyakarta berhasil mendapatkan penghargaan kategori khusus sebagai Desa Wisata Mandiri Inspiratif. Penghargaan ini membuktikan bahwa ternyata daerah-daerah di Indonesia mampu mengembangkan desa wisata dengan baik.

Desa Wisata Tamansari Banyuwangi ini merupakan desa wisata binaan dari Bakti BCA. EVP CSR BCA yaitu Inge Setiawati mengatakan bahwa Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta, dan Desa Wisata Aik Rusa Berehun di Belitung juga mendapatkan sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

“Penghargaan seperti ini akan memacu semangat bagi seluruh desa wisata binaan Bakti BCA untuk selalu bersemangat dan termotivasi untuk menghadirkan pariwisata yang adaptif. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan pelatihan dan pendampingan bagi seluruh desa wisata sehingga bisa terus berekembang” Ujar Inge.

Baca: DESA WISATA PUJON KIDUL Tiket & Aktivias

Adanya sertifikasi dan penghargaan tersebut, merupakan salah satu bentuk nilai jual. Supaya wisatawan tertarik dan merasa nyaman untuk melakukan wisata di tengah pandemi seperti ini. Walaupun pandemi masih berlangsung, namun pihak desa wisata perlu terus untuk bisa menciptakan destinasi wisata yang adaptif.

“Pembangunan sektor pariwisata secara berkelanjutan juga menjadi salah satu target yang dilakukan oleh pemerintah dalam menggalakkan kembali pariwisata di Indonesia” Imbuh Inge.

Inge menambahkan bahwa desa wisata binaan ini memiliki berbagai keunggulan. Sehingga dapat memberikan daya tarik bagi pengunjung, yang mungkin tidak ada tempat yang lainnya. Desa wisata Tamansari di Banyuwangi ini berada di lereng Gunung Ijen tentu saja menawarkan keindahan alam khususnya untuk flora fauna. Ditambah dengan atraksi budaya kesenian Tari Gandrung.

Baca: PELITA DESA Ciseeng Tiket & Zona Outbond

Inge juga menjelaskan daya tarik dari desa-desa lainnya. Yaitu Desa Wisata Aik Rusa Berehun yang ada di Belitung. Yang mana  menawarkan pemandangan dan potensi alam yang indah. Serta kuliner setempat yang siap memanjakan pengunjung.

Kemudian Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta, yang berada di lereng Gunung Merapi yang menawarkan pemandangan alam nan indah dan juga warisan budaya. Seluruh torehan prestasi desa wisata ini tentunya menjadi motivasi dan pemacu bagi segenap pihak untuk kian mengembangkan program desa wisata.

Baca: Kampung Flory Sleman Wisata Ala Desa

“Dengan Adanya prestasi ini kami berharap dapat memberikan inspirasi bagi desa wisata lainnya untuk dapat mengembangkan potensi desa yang ada. Tahun 2022 ini kami akan berkomitmen untuk memberikan pendampingan lewat berbagai program untuk mengembangkan desa wisata” Tutup Inge pada wawancara kemarin.