Beranda Tiket Wisata

GUNUNG RAUNG Tiket & Jalur Pendakian Desember 2021

Gunung RaungHarga Tiket: Rp15.000 - Rp300.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: -, -, Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Jawa Timur, Indonesia, -

Gunung Raung merupakan gunung dengan puncak tertinggi di kawasan Pegunungan Ijen. Di sini terkenal dengan jalur pendakiannya yang ekstrem, bahkan sempat disebut jalur shiratal mustaqim. Selain jalur pendakiannya yang menantang, gunung ini juga memiliki 4 puncak tertinggi. Puncak tersebut yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati.

Gunung ini termasuk gunung aktif dan dulunya pernah beberapa kali mengalami letusan. Setidaknya pernah mengalami 3 kali letusan yaitu pada tahun 1586, 1597, 1638 dan terakhir pada tahun 1973. Tak heran jika gunung ini memiliki kawah yang terbesar kedua di Indonesia.

Harga Tiket Masuk Gunung Raung

Untuk memasuki Gunung Raung pengunjung perlu membayar tiket masuk. Biaya lainnya yang diperlukan yaitu untuk ojek dari stasiun menuju titik awal pendakian. Bagi yang membutuhkan pemandu dan porter juga tersedia di sini. Dengan biaya tambahan tersendiri.

Harga Tiket Masuk
PerorangRp 15.000
Biaya Fasilitas
OjekRp 30.000
PemanduRP 400.000
Porter Pembawa AirRp 250.000-Rp 350.000

Baca Juga: 5 Destinasi Gunung Terbaik di Jawa Timur

Jam Operasional

Pendakian Gunung Raung terbuka untuk umum selama 24 Jam.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Jalur Pendakian yang Tergolong Ekstrem

Jalur pendakian yang ekstrem
Gunung Raung terkenal dengan jalur pendakiannya yang ekstrem dengan jurang di kanan dan kirinya. Foto: Instagram/raung.sejati

Gunung Raung terkenal memiliki jalur pendakian yang ekstrem. Bahkan ada salah satu jalur pendakiannya yang mendapat julukan jalur shiratal mustaqim. Julukan tersebut tersemat karena jalur ini hanya bisa untuk satu orang. Selain itu, di kanan dan kirinya langsung bersebelahan dengan jurang. Medan pada jalur ini juga terdiri dari bebatuan dan harus dilalui dengan agak merangkak.

Sebenarnya, semua jalur pendakian ke puncak gunung ini memiliki tingkat kesulitan yang hampir sama.  Seperti menuju Puncak 17 dengan jalur yang vertikal dengan batu-batuan besar di sekelilingnya. Tak jauh berbeda, jalur Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati juga sama-sama ekstremnya.

Jalur Pendakian ke Gunung Raung

Sejauh ini terdapat 2 jalur yang cukup populer di kalangan pendaki untuk menuju ke puncak Gunung Raung. Jalur yang pertama yaitu melalui Sumberwringin, Bondowoso. Untuk menuju ke titik awal pendakian, yaitu pondok motor, pengunjung harus menempuh jarak 7 kilometer. Kemudian, dari sini perjalanan berlanjut menggunakan motor sejauh 0,5 meter ke arah Selatan-Barat Daya. Lalu, pendakian dilanjutkan dengan mengikuti rute yang sudah tersedia.

Jalur yang kedua yaitu melalui Kalibaru, Banyuwangi. Jalur ini dianggap lebih menantang dan memacu adrenalin. Dan juga lebih populer dibandingkan jalur lainnya. Karena dari jalur ini, pengunjung bisa mencapai 3 yaitu Puncak Sejati, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak 17.

Menyewa Pemandu untuk Mendaki

Mendaki Gunung Raung wajib menyewa pemandu
Jika belum 3 kali mendaki ke Gunung Raung, pengunjung wajib menyewa pemandu. Foto: Instagram/raung.sejati

Untuk mendaki gunung ini, pengunjung perlu menyewa pemandu. Hal ini karena jalurnya yang tergolong ekstrem sehingga perlu protokol keselamatan yang lebih. Selain pemandu, pendaki juga akan berbekal APD (Alat Pengaman Diri) seperti helm panjat, perlengkapan tali temali pengaman dan lainnya.

Menyewa pemandu bersifat wajib bagi yang baru pertama kali mendaki gunung ini. Namun yang sudah pernah mendaki setidaknya 3 kali boleh melakukan pendakian mandiri. Peraturan tersebut dibuat demi keselamatan dan keamanan pengunjung.

Baca Juga: GUNUNG ARJUNO Tiket, Rute & Aktivitas

Persiapan Air Minum yang Cukup

Mendaki Gunung Raung wajib membawa banyak air minum
Pengunjung harus membawa minimal 6 liter air untuk mendaki Gunung Raung karena tidak ada titik mata air di sini. Foto: Instagram/raung.sejati

Jika mendaki gunung ini, pengunjung perlu membawa air dalam jumlah banyak. Dengan perkiraan satu orang perlu membawa minimal 6 liter air. Pasalnya, di rute mendaki ini tidak terdapat sumber mata air.

Di sini juga tersedia jasa porter untuk membawa air minum. Untuk membawa air sebanyak 10 liter air akan dikenakan biaya Rp 250.000. Sedangkan untuk air sebanyak 15 liter, pengunjung harus membayar sebesar Rp 350.000.

Baca Juga: PUNCAK MAHAMERU Tiket & Ragam Pesona

Pemandangan Alam dari Puncak Gunung

Pemandangan kawah Gunung Raung
Salah satu pemandangan yang dapat kita saksikan dari puncak gunung yaitu kawah yang terbentang luas. Foto: Instagram/raung.sejati

Meskipun harus melalui jalur yang ekstrem, rasa lelah akan terbayar dengan indahnya pemandangan di puncaknya. Seperti pemandangan gumpalan awan dan langit yang biru sejauh mata memandang. Pemandangan ini bisa didapatkan ketika sampai di Puncak Tusuk Gigi. Selain itu, di sini juga terlihat batu-batu besar yang mengapit bebatuan kecil sehingga terlihat seperti tusuk gigi.

Selanjutnya, pemandangan dari Puncak Gunung Sejati juga tak kalah indahnya. Dari sini dapat terlihat kaldera Gunung Raung. Selain itu, bisa terlihat juga relief-relief yang mengelilingi kaldera tersebut. Pemandangan ini seolah ingin membayar rasa letih para pendaki setelah melewati medan yang terjal.

Fasilitas di Gunung Raung

Fasilitas yang tersedia di gunung ini yaitu area parkir yang luas. Selain itu, juga tersedia musala bagi yang ingin melaksanakan ibadah salat. Kemudian, fasilitas lainnya yaitu warung makan dan toilet. Semua fasilitas ini terdapat di titik awal pendakian. Selanjutnya terdapat jasa penyewaan porter membawa air dan jasa pemandu pendakian.

Lokasi Gunung Raung

Gunung Raung terletak di Jawa Timur, tepatnya di ujung timur Pulau Jawa. Secara administrasi, gunung ini berada di antara perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Untuk sampai ke sini, pengunjung sebaiknya menggunakan ojek dari stasiun Kalibaru menuju titik awal pendakian. Kemudian, gunakan kembali ojek untuk menuju ke pos 1 pendakian.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 15

Kasi Bintang