Sunrise di Desa Wisata Pujon Kidul
Menikmati matahari terbit dari bukit amping desa pujon kidul. Foto: Google Maps/Syafri Muhammad

Bicara mengenai tempat wisata di Malang memang tak ada habisnya. Mulai dari kebun binatang, taman bermain, museum hingga desa wisata. Salah satu desa wisata yang lagi hit adalah Desa Wisata Pujon Kidul.

Tempat ini berjarak sekitar 30 km atau 1,5 jam perjalanan dari pusat kota. Berada di dataran tinggi membuat desa ini begitu sejuk, serta banyak pemandangan indah. Selain aneka spot fotonya, keasyikan lain di tempat ini akan membuat pengunjung terhibur.

Harga Tiket Desa Wisata Pujon Kidul

Tiket masuk Desa Wisata Pujon Kidul termasuk murah. Cukup dengan beberapa ribu rupiah sudah bisa menikmati berbagai keindahan di desa ini.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Pujon Kidul
Tiket Masuk Rp8.000
Wahana Rp10.000 – Rp50.000

Tiket tersebut sudah termasuk voucher Rp5.000 yang bisa ditukar dengan makanan.

Baca: TAMAN KELINCI Rumah HOBBIT Malang Tiket & 5 Wahana Seru

Jam Buka Desa Wisata Pujon Kidul

Pengunjung yang berencana ke desa wisata ini bisa datang mulai pagi hari. Tempat wisata ini buka dari pagi hingga sore setiap harinya.

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 – 18.00 WIB

Daya Tarik Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Kreativitas para pengelola dalam memaksimalkan potensi desa wisata ini perlu diacungi jempol. Penataan tiap sudutnya menciptakan keindahan tersendiri di samping keindahan alam sekitar. Berikut ini beberapa hal menarik yang akan pengunjung temui di desa wisata ini.

1. Mengendarai motor trail dan ATV

bermain motor trail dan ATV
Bermain wahana ATV atau motor trail juga bisa dilakukan di sini. Foto: Google Maps/Willy Lie

Desa Wisata Pujon Kidul memiliki kontur tanah yang cukup menantang. Hal ini dimanfaatkan dengan baik untuk membuat penyewaan motor trail dan ATV. Untuk satu sesi, pengunjung bisa menaiki ATV sebanyak 10 kali putaran.

Sedangkan untuk motor trail kesempatan yang diberikan 7 kali putaran untuk satu kali penyewaan. Bagi pengunjung yang hobi olahraga ekstrim, tak akan cukup sekali untuk mencoba keasyikan ini.

2. Berkeliling Sambil Menunggang Kuda

menunggang kuda di desa wisata pujon kidul
Menunggang kuda berkeliling area kebun dan sawah pasti menghibur dan menyenangkan wisatawan. Foto: Google Maps/Zoe KLim

Selepas dari Cafe Sawah, ada kegiatan lain yang tak kalah seru, yaitu berkuda. Menikmati pemandangan alam di desa wisata sambil berkuda tentu memberi sensasi tersendiri. Tak perlu takut jika awam berkuda, karena pengunjung akan dikawal seorang pemandu kuda.

3. Melihat Aktivitas Peternak Sapi

Tak selalu tentang cafe atau spot foto, masih ada potensi lain di sini. Desa Pujon Kidul merupakan salah satu penghasil susu sapi perah di Malang. Mengamati aktivitas para peternak sapi di desa ini merupakan keseruan tersendiri.

Banyak kegiatan para peternak yang bisa diamati, mulai dari proses pemerahan hingga distribusi. Selain mengamati, pengunjung juga bisa ikut dalam kegiatan tersebut. Salah satunya adalah memerah susu sapi dan kemudian langsung meminumnya.

Proses pemerahan susu sapi biasanya dilakukan 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore. Kemudian susu segar yang telah diperah langsung dibawa ke koperasi. Sesampainya di sana, susu segar dikumpulkan untuk didistribusikan lebih lanjut.

Baca: TAMAN SELECTA Malang Tiket & Ragam Aktivitas Top

4. Menikmati Keelokan Sunrise di Bukit Amping

Sunrise di Desa Pujon Kidul
Menikmati matahari terbit dari bukit amping desa pujon kidul. Foto: Google Maps/Syafri Muhammad

Masih di kawasan Desa Wisata Pujon Kidul, ada sebuah bukit bernama Amping. Untuk menikmati keelokan sunrise di bukit ini, pengunjung lebih baik menginap di homestay. Tak hanya pesona matahari terbit yang bisa dinikmati di Bukit Amping.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan gunung-gunung di sekitarnya. Di sebelah timur laut terlihat Gunung Arjuna yang menjulang tinggi. Di bagian selatan ada Gunung Kawi dan Gunung Kelud yang menawarkan pesona lain.

5. The Roudh 78

The Roundh 78
The Roudh 78 arena bermain berbagai aktvitas seperti paint ball. Foto: Google Maps/Ali Akbar Fathony

Selain ATV, ada aktivitas lain yang juga memacu adrenalin, yaitu The Roudh 78. Tempat ini menawarkan macam-macam kegiatan fisik yang seru. Salah satu keseruan tersebut adalah off road dengan jeep tempur.

Mobil tangguh di medan terjal tersebut akan membawa pengunjung berkeliling Desa Pujon Kidul. Mulai dari menyusuri perkebunan, persawahan hingga peternakan yang ada di sana. Jika adrenalin belum terpuaskan, ada kegiatan menantang lain di The Roudh 78.

Baca: LABIRIN COBAN RONDO Malang Tiket & Aktivitas

Pengunjung juga bisa bermain perang bersenjata paintball di The Roudh 78. Meski temanya perang bersenjata, namun tidak membahayakan. Karena peluru senjatanya terbuat dari cat warna.

The Roudh 78 dibuat dengan konsep seperti Texas di Amerika. Oleh sebab itu, pengunjung juga bisa berkuda seolah-olah menjadi koboi. Agar lebih terasa suasananya, di sini juga disediakan busana koboi lengkap.

6. Wisata Kuliner Khas Pedesaan di Cafe Sawah

wisata kuliner di desa pujon kidul
Tidak ketinggalan wisata kuliner di Desa Wisata Pujon Kidul dengan Cafe Sawahnya. Foto: Google Maps/Ludy Gianto

Dari namanya saja, cafe ini sudah mengundang keunikan tersendiri. Masih berada di Desa Wisata Pujon Kidul, cafe ini terletak di antara persawahan. Suasana Cafe Sawah begitu nyaman, cocok untuk menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari.

Berada di Cafe Sawah seperti kembali ke suasana zaman dulu. Namun suasana modern zaman sekarang tetap terlihat dari cafe ini. Itulah keunikan menikmati kuliner di Cafe Sawah.

Baca: ECO GREEN PARK Malang Tiket & Wahana

Aneka menu khas pedesaan tersedia di Cafe Sawah. Nuansa nostalgia dengan menu-menunya begitu terasa. Dengan model prasmanan, pengunjung dipersilakan mengambil menu sendiri dan langsung bayar di kasir.

Tak hanya kuliner khas pedesaan, cafe ini juga menyediakan tempat selfie bagi pengunjung. Ada spot seperti taman bunga, jembatan hingga bangunan bambu. Dengan segudang pesonanya, tak heran jika cafe ini begitu hits di seluruh Malang.

Fasilitas Desa Wisata Pujon Kidul

Para warga Desa ini benar-benar totalitas dalam mengelola tempat ini. Berbagai fasilitas disediakan untuk mengakomodasi pengunjung, mulai dari toliet hingga mushola. Selain itu juga ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak.

Kontak dan Lokasi Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata ini cukup mudah dijangkau karena memiliki berbagai jalur alternatif. Alamat lengkapnya berada di Pujon Kidul, Pujon, Krajan, Malang, Jawa Timur 65391.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,88 / 32 pembaca