AIR TERJUN KUNING: Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik April 2024

  • Harga Tiket Masuk Air Terjun Kuning: Rp10.000 - Rp15.000
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: -, Bangli, Kabupaten Bangli, Bali , Indonesia, 80752

Air Terjun Kuning objek pariwisata yang masih begitu asri. Tempat ini terlihat indah serta menawan mata, tetapi perjalanan menuju ke lokasi cukup sulit. Pengunjungnya tidak ramai, bahkan dapat dikatakan sepi karena objek ini belum terlalu terkenal. Surga wisata tersembunyi ini sangat cocok terutama bagi yang menyukai tantangan dan ketenangan.

Sebutan Air Terjun Kuning berasal dari nama dusun di mana lokasi air terjun berada. Ialah Dusun Kuning yang ada di Kabupaten Bangli. Destinasi wisata menarik dengan pemandangan yang cantik. Air terjunnya sangat tinggi serta bagus untuk menjadi spot foto Instagramable.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kuning

Ada perbedaan harga untuk wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke air terjun ini. Wisatawan domestik yang melakukan kunjungan perlu membayar tiket masuk seharga Rp10.000. Sedangkan untuk wisatawan asing terkena tarif Rp15.000 per orang.

Baca: Air Terjun Tegenungan Tiket, Fasilitas dan Lokasi

Jam Buka

Air Terjun Kuning bisa didatangi kapan saja karena tidak ada jam operasional yang berlaku. Namun sebaiknya wisatawan datang saat pagi atau siang hari. Karena saat hari mulai gelap, tidak ada penerangan di lokasi air terjun. Sehingga akan cukup berbahaya jika berada di areal air terjun di atas jam 17.00.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Kuning

Suasana alami di Air terjun kuning
Suasana alami di Air Terjun Kuning. Foto: google maps/JUNNY ARTHA

Kawasannya memang bagus sebagai alternatif wisata dengan nuansa alam. Pengunjung bisa trekking, renang, sekaligus berendam di air terjun. Suhu air terasa menyejukkan serta merelaksasi tubuh wisatawan. Sesungguhnya wisata tersebut mempunyai potensi serta daya tarik namun belum mendapat pengelolaan yang baik.

Sensasi Seperti Air Terjun Privat

Air terjun yang indah ini belum banyak diketahui wisatawan. Jadi belum ramai yang berekreasi ke sana sehingga areanya cukup sunyi. Hal itu membuat objek wisata ini menjadi jarang terjamah. Liburan ke sini mampu memberikan kesan seperti sedang liburan ke air terjun pribadi.

Bagi yang tidak menyukai keramaian, tempat ini merupakan spot yang sempurna. Suasana sekitar tempat ini masih sangat asri dengan banyaknya tumbuhan rimbun. Banyak juga pepohonan hijau yang membuat kawasannya semakin segar. Berkunjung ke ari terjun ini akan mengesankan dan menenangkan.

Baca: GOA RANG RENG Waterfall Tiket & Daya Tarik

Ketinggian Air Terjun Sekitar 25 meter

Air terjun setinggi 25 meter
Air terjun setinggi 25 meter. Foto: google maps/Anastasia Ria

Air terjun berjatuhan dari atas tebing yang cukup tinggi yaitu mencapai 25 meter. Keberadaannya di atas permukaan Sungai Melangit yang airnya mengalir ke arah selatan. Panorama objek wisata ini begitu memukau dengan debit airnya yang cukup deras.

Air yang Sejuk

Berenang di kubangan kolam air terjun yang sejuk
Berenang di kubangan kolam air terjun yang sejuk. Foto: google maps/M. K.

Wisatawan yang berkunjung ke air terjun sebaiknya membawa baju ganti. Sebab akan rugi bila tidak merasakan kesejukan air pada area kolam di bawah air terjun. Pengunjung bisa berenang, berendam, ataupun mengguyur diri di bawah air terjun.

Bermain air di Air Terjun Kuning menjadi aktivitas yang menyenangkan. Air terjun itu berasal dari sumber air pegunungan sehingga airnya begitu segar dan dingin. Apalagi saat masuk ke air kolam yang berada di bawah air terjun sungguh menyejukkan. Ditambah dengan udara pagi yang sejuk, membuat tubuh menjadi rileks.

Baca: AIR TERJUN LEKE-LEKE Tiket & Daya Tarik

Medan yang Menantang

Perjalanan wisatawan ke areal air terjunnya tergolong ekstrem karena melewati jalan setapak yang terjal. Jarak perjalanan dari parkiran ke pemandian kisaran 300 meter. Medannya berupa pepohonan rimbun serta semak belukar. Jika bisa, sebaiknya pengunjung tak bepergian ke lokasi tersebut sendirian.

Mengunjungi tempat ini bisa sekaligus berolahraga dan mencari keringat. Pengunjung mesti memiliki stamina yang cukup serta kondisi tubuh harus fit. Karena akan melewati banyak anak tangga yang bisa saja membuat pengunjung merasa lelah. Namun lelah itu akan terbayar ketika melihat indahnya air terjun tersebut.

Pancuran dan Tempat Suci

Selama perjalanan menuju air terjun, wisatawan bisa melihat beberapa pancuran kecil. Pengunjung juga dapat sekedar meminum air atau mencuci kaki di pancuran tersebut. Terlihat juga sebuah pura di dekat pancuran itu. Kawasan itu merupakan areal suci tempat umat Hindu bersembahyang.

Baca: TIRTA BUANA WATERFALL Tiket Masuk dan Daya Tarik

Spot Foto Instagrammable

Destinasi pemandian tersebut mempunyai tampilan yang sedap dipandang mata. Pemandangannya bagus sebagai spot fotografi, terutama di bawah Air Terjun Kuning. Apabila memfotonya melalui sudut yang pas, maka bisa menghasilkan foto yang keren. Tempat ini pas bagi wisatawan yang hobi mengoleksi foto Instagramable di sosial medianya.

Restoran Paon Kuning Waterfall

Restoran Paon Kuning Waterfall yang memiliki pemandangan sawah
Restoran Paon Kuning Waterfall yang memiliki pemandangan sawah. Foto: google maps/Ngakan Putu Purwita

Tersedia tempat makan yang asik, cocok untuk bersantai sebelum maupun sesudah ke air terjun. Nama rumah makan tersebut ialah Paon Kuning Waterfall. Paon dalam bahasa Bali artinya dapur tempat memasak.

Di sini wisatawan bisa menikmati hidangan sambil melihat hijaunya area persawahan. Restoran tersebut mengusung konsep Bali tradisional di mana bangunan dan furnitur berbahan bambu. Tersedia menu seperti jajan laklak Bali, rujak, ikan, kentang goreng, spageti, dan lain-lain.

Fasilitas

Pengunjung bisa menggunakan fasilitas tempat parkir di tempat wisata Air Terjun Kuning. Kemudian terdapat fasilitas jalan setapak serta tangga untuk menuju ke pemandian. Sebaiknya membawa air minum dan makanan saat trekking ke air terjun. Karena belum ada pedagang di sepanjang jalan setapak.

Lokasi Air Terjun Kuning

Air terjun ini berlokasi di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali 80752. Dari Bandara Ngurah Rai ke Air Terjun Kuning berjarak 49,2 Km. Bila menempuhnya dengan berkendara akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 25 menit.  

Berikan Rating

5 - 1 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *