Beranda Tiket Wisata

Tukad Cepung Pesona Air Terujun Dalam Goa - November 2020

Tukad Cepung
Harga Tiket: Rp15.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Tembuku, Dusun Penida Kelod,Tembuku,Bangli,Bali,Indonesia,80671.

Seperti di daerah lain, Bali juga memiliki objek wisata berupa air terjun. Salah satu air terjun yang berbeda dari air terjun lain di Bali adalah Tukad Cepung. Dikatakan berbeda karena air terjunnya tidak terbuka, melainkan berada di dalam goa.

Inilah yang menjadikan air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di sekitar air terjun pun seolah belum pernah terjamah oleh manusia. Karena batuan dan tanaman yang ada begitu lebat dan orisinil.

Harga Tiket Masuk Tukad Cepung Bali

Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk yang sangat terjangkau. Dan pengunjung dapat memberi tip bagi jasa pemandu secara sukarela.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp15.000
Jasa pemanduSukarela

Baca: Air Terjun Tegenungan Paling Asik Di Gianyar

 

Jam Operasional

Objek wisata ini menerapkan jam operasional. Hal ini dikarenakan lokasi Tukad Cepung yang tidak memungkinkan untuk kunjungan malam hari.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 17.00

Menikmati Keindahan Air Terjun di dalam Goa

Goa di Tukad Cepung
Goa di Tukad Cepung. Foto: Gmap/DROPROPE VLA

Bak tirai yang ada di dalam rumah, Tukad Cepung memang berbeda dari air terjun biasanya. Dengan ketinggian 15 meter, air terjun ini mampu memukau wisatawan dengan keindahannya. Meski begitu, air terjun ini tidak ter-ekspos langsung di luar seperti air terjun yang lain. Melainkan berada di dalam goa batu dan tersembunyi.

Karena tersembunyi ini, justru menjadikannya lebih terkesan spesial. Aliran airnya pun melebar, tidak deras berkumpul. Yang membuatnya tampak seperti tirai, mengalir dengan lembut hingga ke bawah. Airnya pun putih dan jernih, yang mampu membius wisatawan untuk berenang di kolamnya.

Baca: Tirta Gangga Tiket & Ragam Aktivitas

Kolam pun tidak dalam, sehingga pengunjung dapat bebas bermain air di kolam. Berfoto di kolam dengan latar belakang air terjun menjadi favorit para wisatawan. Apalagi ditambah efek batuan pada goa serta sinar matahari yang menembus masuk ke goa. Mengenai area air terjun seolah cahaya surga yang menyinari dunia.

Alam Tukad Cepung yang masih Asri

area hijau asri sekitar air terjun
Suasana alam yang masih hijau asri di sekitar air terjun. Foto: Google Maps/Jun Ardi

Untuk menuju air terjun Tukad Cepung, pengunjung harus trekking kurang lebih 20 menit. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan hijau dan asrinya alam Tukad Cepung. Pepohonan rindang tumbuh subur di sekitar. Suara serangga hutan pun menjadi musik yang menemani perjalanan menuju air terjun surga ini.

Jika diperhatikan, batuan yang ada di goa sudah sangat lama. Banyak lumut yang menempel dan tumbuhan merambat sesekali menyembul diantara celah batuan. Perpaduan warna hijau dan hitam batuan menjadi kombinasi yang menyegarkan mata.

Pada jalan setapak menuju air terjun, terdapat aliran air tipis dari air terjun. Dasar yang dipijaki berupa batuan halus kecil khas sungai. Pengunjung sebaiknya mengenakan alas kaki dan pakaian yang nyaman jika berkunjung di sini.

Berfoto Dengan Alam Menakjubkan

Berpose di atas Batuan
Berpose di atas Batuan. Foto: Gmap/Ariston Aristarkhov

Selain air terjun, ada beberapa area di Tukad Cepung yang menarik untuk dijadikan objek foto. Salah satunya adalah batu besar yang diselimuti oleh lumut. Di batu besar ini, cahaya matahari akan menyinari dari atas.

Dari atas batuan ini, pengunjung dapat berpijak di atas batu. Karena posisinya yang cukup landai dan aman jika dipijaki. Pengunjung dapat berpose dengan duduk ataupun berdiri. Tinggal menunggu momen ketika cahaya menyinari area tersebut.

Mulai dari Model Amerika hingga Foto Pre-wedding

foto romantis di tukad cepung
Salah satu foto romantis wisatawan ketika berada di objek wisata Tukad Cepung. Foto: Google Maps/Azat Husainov

Tukad Cepung menjadi lebih terkenal setelah seorang model asal Amerika memposting fotonya di Instagram. Dialah Sara Underwood, yang memposting fotonya ketika berada di Tukad Cepung. Berpose cantik dengan latar belakang pemandangan air terjun yang memukau.

Di akun Instagramnya yang sudah diikuti oleh jutaan pengikut ini, Sara memposting foto di Bali. Salah satunya keindahan Tukad Cepung ini.

Selain itu, karena keindahan air terjun ini, seringkali dijadikan objek untuk foto pre-wedding. Tak heran, area air terjun yang di depannya terdapat batuan ini terlihat seperti pintu. Pasangan yang berfoto di sini seolah tengah berada di depan pintu surga. Yang memperlihatkan tirai dari air.

Bermain Air di Kolam Tukad Cepung

Air Tukad Cepung sangat jernih dan menyegarkan. Mengalir langsung menuju kolam yang ada di depan air terjun. Airnya pun begitu jernih hingga pengunjung dapat melihat dasarnya.

Pengunjung dapat bermain air di kolam ini. Kolam yang dangkal membuat pengunjung lebih aman bermain di kolam. Terlebih, aliran air terjun juga tidak begitu deras. Sehingga aman ketika berada di bawahnya langsung.

Oleh karena itu, pengunjung dapat menyiapkan perlengkapan untuk bermain air.

Penyucian Diri sebelum Masuk ke Kawasan Air Terjun

Sebelum masuk ke objek wisata, pengunjung harus mensucikan diri. Di sini, petugas akan memberi percikan air suci dalam upacara mesirat. Tujuannya sebagai tanda pembersihan diri sebelum memasuki objek wisata.

Di kawasan air terjun ini juga terdapat tempat untuk melukat. Melukat sendiri merupakan upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual. Melukat ini dinamakan Petirtaan Nawa Tirta, gunanya yaitu untuk penyucian diri.

Lokasi Air Terjun Tukad Cepung Bali

Objek wisata air terjun Tukad Cepung berada di Kabupaten Bangli. Tepatnya di Jalan Tembuku, Dusun Penida Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,75 | 4 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini