Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN LINGGAHARA Tiket & Ragam Aktivitas - September 2020

Air Terjun Linggahara
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 07.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Linggahara, Lobusona,Rantau Selatan,Labuhan Batu,Sumatera Utara,Indonesia,21417.

Air Terjun Linggahara merupakan wisata andalan Labuhanbatu dengan dua air terjun yang saling berdekatan. Berada dalam kawasan hutan lindung, panoramanya menawan perpaduan dari keindahan alam.

Bersumber dari celah-celah bebatuan lereng Bukit Barisan, kawasannya merupakan area yang sejuk. Nuansa alam yang mempesona membuat destinasi ini cocok untuk wisata keluarga.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Linggahara

Harga tiket
Harga tiket masukRp. 10.000
parkirRp. 5.000

Baca: 5 Air Terjun Terbaik di Sumatera Utara

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Setiap HariPk. 07.00 – 18.00

Ragam Aktivitas Wisata di Air Terjun Linggahara

Gerbang masuk kawasan hutan lindung menuju Air Terjun Linggahara Labuhan Batu Sumatera Utara - Yuga Tri Ananda
Gerbang masuk kawasan hutan lindung menuju Air Terjun  – Foto : GoogleMaps/Yuga Tri Ananda

Menuju kawasan wisata air terjun, wisatawan akan dipandu dengan petunjuk arah yang terpasang. Pihak pengelola kawasan wisata alam memasang papan petunjuk sejak pertigaan jalan bypass Rantauprapat.

Dari jalan pertigaan jalan bypass tersebut, wisatawan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 20 menit. Wisatawan akan menempuh jarak melalui polesan aspal hotmix dengan pengerasan seadanya sejauh delapan kilometer. Di kiri kanan jalan, wisatawan dapat melihat bahu-bahu Bukit Barisan berupa perkebunan kelapa sawit.

Pesona Air Terjun Kembar

Air terjun linggahara mengalir di bebatuan eksotik
Merasakan kesegaran percikan air terjun – Foto : Instagram/zosuherikhan

Air Terjun Linggahara kerap mendapat sebutan dari wisatawan sebagai air terjun kembar. Daya tarik utamanya adalah keasrian alam berpadu dengan dua air terjun pada lokasi berdekatan. Berada dalam kawasan hutan lindung, air terjun ini menyajikan panorama menawan dari keindahan alamnya.

Sumber alami curahan air terjun tersebut mengalir dari celah-celah bebatuan lereng Bukit Barisan. Ketinggian limpahan air terjun tersebut mencapai sekitar 30-40 meter. Di bawah air terjun pertama, alur air yang curam seolah tumpah dengan iringan gemericik.

Tak jauh dari lokasi tersebut, terdapat aliran air terjun lain berketinggian sekitar 15 meter. Di sekitarnya terdapat bebatuan membentuk kolam bertingkat dengan batang pepohon berukuran relatif besar.

Menikmati Sajian Panorama Asri

Pondok-pondok yang berada di sekitar air terjun
Panorama hijau asri di sekitar air terjun – Foto : Instagram/aidinarizki92

Setiap akhir pekan dan hari libur kawasan wisata air terjun ini ramai dikunjungi wisatawan. Panorama alam yang indah di sekitar objek wisata tersebut menjadi daya tarik area asri ini. Memiliki berbagai jenis tanaman hutan, kawasan ini menyuguhkan suasana yang sejuk.

Di bahu badan jalan, wisatawan masih dapat melihat alur anak sungai yang mengalir jernih. Wisatawan dapat mendengar suara kicauan burung bersahutan yang menguatkan kentalnya nuansa natural. Aneka jenis tanaman bunga ditata dan tumbuh subur di kawasan air terjun.

Mengikuti hulu alur air di antara tebing bebatuan, wisatawan dapat menemukan suguhan pemandangan lainnya. Debit Air Terjun Linggahara tidak terlalu deras dengan percikan pada bebatuan kecil yang bertumpuk. Di bagian atas, wisatawan dapat menemukan kolam-kolam bentukan alam, baik yang dalam maupun dangkal.

Merasakan Kesegaran Pemandian Air Terjun

Kolam pemandian di sekitar air terjun
Kolam pemandian yang berada di sekitar air terjun – Foto : GoogleMaps/rumah print

Ramainya kunjungan wisatawan ke objek wisata ini, salah satunya karena lokasi pemandian berair jernih. Kolam buatan khusus dewasa juga merupakan lokasi favorit wisatawan untuk berenang. Sedangkan kolam pemandian untuk anak-anak berjarak sekitar lima meter menuju air mengalir.

Pada kolam-kolam tersebut, wisatawan dapat merasakan kesegaran air yang yang bersih dan jernih. Nuansanya terasa alami dengan air yang bersumber dari celah batuan lereng Bukit Barisan ini. Wisatawan dapat merasakan suasana alam yang begitu menenangkan.

Mengajak Anak-anak Bermain

wahana ayunan anak-anak
Area dengan permainan anak-anak – Foto : GoogleMaps/siagian agian

Di sekitar lokasi wisata, wisatawan dapat menemukan tempat bermain untuk anak-anak. Wisatawan yang datang bersama keluarga dan anak-anak dapat memanfaatkan area ini.

Hiburan Musik Pelengkap Suasana Berlibur

Untuk menambah keceriaan berlibur, pihak pengelola menggelar pertunjukan musik. Di bawah kerindangan pepohonan, wisatawan dapat menikmati hiburan musik yang menemani. Pelengkap suasana ini dihadirkan setiap akhir pekan maupun pada masa liburan.

Bersantai di Gazebo Joglo

Kawasan wisata Air Terjun Linggahara menyediakan pondok-pondok gazebo di antara alur air mengalir. Wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas joglo tersebut untuk bersantai bersama keluarga dan sahabat. Di sini, wisatawan biasa duduk bersama dan bercengkrama sambil menikmati suasana alam kawasan ini.

Selain itu, di bawah kucuran air terjun terdapat beberapa bongkahan batu bukit berukuran besar. Lokasi tersebut sering dijadikan sebagai tempat menggelar makanan dan minuman oleh wisatawan.

Fasilitas Wisata

Kawasan wisata Air Terjun Linggahara telah dilengkapi fasilitas umum yang cukup lengkap. Seperti toilet, ruang ganti, gazebo serta mushola bagi wisatawan muslim yang akan beribadah.

Berbagai fasilitas ramah lingkungan di sekitar air terjun membuat pemandangan menjadi indah. Seperti tempat duduk dari batu dan kayu, serta pondok-pondok gazebo dari kayu-kayu alam.

Lokasi dan Akses Wisata Air Terjun Linggahara

Wisata air terjun ini berada di jalan Linggahara, Lobusona, Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21417. Dari kota Rantauprapat, lokasi ini dapat dijangkau dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini