Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN PELARUGA Tiket & Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Air Terjun Pelaruga : Rp50.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Rumah Galuh, Sei Bingai, Langkat, Sumatera Utara, Indonesia, 20771

Air Terjun Pelaruga merupakan destinasi wisata alam yang ada di Langkat, Sumatra Utara. Air terjun ini memiliki air yang jernih dan menyegarkan. Tak jauh dari air terjun ini, terdapat 2 area wisata unik lainnya. Area tersebut yaitu Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi yang airnya berasal dari mata air murni. Karena kemurniannya, air di Kolam Abadi ini bahkan bisa langsung diminum tanpa harus memasak terlebih dahulu.

Suasana sekitar air terjun ini sangat teduh dan bisa membuat tubuh serta pikiran menjadi rileks. Kemudian di sekeliling air terjun terdapat tebing batu yang menawan serta pepohonan yang rindang. Ketika berenang, pengunjung bisa melakukan atraksi dengan melompat dari tebing batu menuju ke kolam. Selain berenang, terdapat wahana lain yaitu body rafting dan susur sungai.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pelaruga

Untuk bisa menikmati wisata di Air Terjun Pelaruga, pengunjung perlu membayar sejumlah biaya tiket masuk. Tiket tersebut sudah termasuk biaya pemandu, bodyrafting, dan biaya masuk kolam abadi.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp50.000

Baca: PANTAI BIRU Langkat Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Air Terjun Pelaruga

Air Terjun Pelaruga buka setiap hari selama 24 jam. Area wisata ini akan ramai wisatawan saat akhir pekan atau hari libur.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Pesona Air Terjun Berair Jernih

Air Terjun Pelaruga yang berair jernih
Air Terjun Pelaruga merupakan salah satu destinasi wisata alam di Sumatra Utara dengan air yang jernih dan bening. Foto: Google Map/Kun Coro Kun

Bagi masyarakat Sumatra Utara yang sedang mencari wisata alam, coba datang ke Air Terjun Pelaruga. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih, bening, serta tidak kering saat musim kemarau. Tak jauh dari sini, terdapat sebuah air terjun lain bernama Air Terjun Teroh-Teroh. Ketinggian air terjunnya tidak terlalu tinggi hanya 12 meter saja. Untuk bisa sampai ke lokasi perlu berjalan kaki menyusuri tepi sungai aliran Air Terjun Pelaruga.

Air Terjun Teroh-Teroh juga memiliki kondisi air yang sejuk dan jernih dan tergolong bening. Pada bagian bawahnya, terdapat sebuah kolam bernama Kolam Abadi. Kedua air terjun tersebut berpagar pepohonan yang rindang dan tebing batu. Suasana yang sejuk dan teduh akan membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Baca: TANGKAHAN CRU Langkat Tiket & Aktivitas

Segarnya Berenang di Kolam Abadi

Pengunjung yang berenang di Kolam Abadi
Di Air Terjun Pelaruga, pengunjung bisa berenang di Kolam Abadi yang airnya berasal dari mata air alami. Foto: Google Map/Efa A.

Air di Kolam Abadi berasal dari mata air alami sehingga terlihat jernih dan bening. Dari kejauhan, air di kolam ini akan terlihat berwarna biru muda. Kedalaman kolam ini sekitar 3 meter dengan pasir dan batu di bagian dasarnya. Pengunjung bisa berenang langsung atau menggunakan jaket pelampung untuk menikmati kesegaran airnya.

Selain bermain air, bisa juga mencoba melompat dari atas tebing batu ke kolam. Rasakan sensasi mendebarkan saat tubuh melayang sampai tercebur ke dalam air. Wahana ini cocok bagi pengunjung yang bisa berenang. Meski begitu, bagi yang tidak bisa berenang bisa menggunakan rompi pelampung agar tidak tenggelam.

Baca: LAU KULAP Tiket & Aktivitas

Body Rafting dan Susur Sungai

Pengunjung yang selesai melakukan body rafting
Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Pelaruga adalah body rafting. Foto: Google Map/Rey Kesuma

Di Air Terjun Pelaruga pengunjung tidak hanya bisa berenang, namun juga bisa melakukan beragam aktivitas. Salah satunya yaitu body rafting di sepanjang sungai aliran air dari Kolam Abadi. Selama kegiatan akan berlangsung secara rombongan. Kemudian seorang pemandu akan menemai rombongan di sepanjang perjalanan.

Masing-masing akan mendapatkan life vest untuk menjaga agar peserta tetap terapung. Lalu, sebelum memulai body rafting, rombongan akan berbaris di dalam sungai. Selama 30 menit rombongan tersebut akan hanyut mengikuti aliran air sungai dan bermuara di Air Terjun Teroh-Teroh. Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menikmati pemandangan tebing dan pepohonan di kanan dan kirinya.

Kegiatan seru lainnya yaitu susur sungai menuju ke Air Terjun Teroh-Teroh. Pengunjung akan diajak berjalan kaki di jalur tepi sungai yang beralaskan tanah. Selama perjalanan, tak jarang sesekali terkena percikan air sungai. Disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman agar tidak tergelincir sat melakukan kegiatan ini.

Baca: BUKIT LAWANG Tiket & 4 Aktivitas Wisata

Tempat Foto Instagramable

Pengunjung yang berfoto di dalam air
Sambil berenang di sungai Air Terjun Pelaruga, pengunung bisa berfoto di dalam air yang jernih. Foto: Google Map/Rudy Wibowo

Air Terjun Pelaruga memiliki banyak area berfoto yang instagramable. Misalnya pada saat bermain air jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto atau video. Pengunjung bisa mengambil foto dengan latar belakang pemandangan tebing batu dan pepohonan. Lalu, di sini pengunjung juga bisa berfoto sambil duduk di depan air terjun atau berdiri di bawah pancuran air terjun.

Selanjutnya, bisa berfoto dari dalam air sambil berenang. Kejernihan airnya akan membuat foto yang dihasilkan akan terlihat jelas. Pose foto atau video menarik lainnya yang bisa dilakukan yaitu sambil melompat dari tebing batu. Momen dari awal melompat sampai tercebur ke dalam kolam akan menarik untuk diabadikan.

Fasilitas di Air Terjun Pelaruga

Di Air Terjun Pelaruga tersedia pemandu yang akan membawa pengunjung berkeliling dan bermain di sini. Selain itu, sudah tersedia toilet dan kamar mandi bilas sekaligus kamar ganti. Bagi yang ingin bermain bodyrafting, pengelola menyediakan life vest atau pelampung pengaman. Fasilitas seperti area parkir dan beberapa warung yang menjual aneka kudapan.

Lokasi Air Terjun Pelaruga

Air Terjun Pelaruga berlokasi di Desa Rumah Galuh, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Jika berangkat dari pusat kota Medan, maka pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 jam. Waktu tempuh tersebut akan lebih singkat jika berangkat dari pusat kota Binjai.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini