Beranda Tiket Wisata

KOLAM ABADI Langkat Tiket & Ragam Aktivitas - September 2020

Kolam Abadi
Harga Tiket: Rp45.000 Jam Buka: 07.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Rumah Galuh,Sei Bingai,Langkat,Sumatera Utara,Indonesia,20771.

Kolam Abadi merupakan objek wisata wahana air alami di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Destinasi ini menawarkan daya tarik utama dari airnya yang masih sangat jernih berwarna biru. Merasakan kesegaran airnya didukung suasana alam yang masih asri menjadi magnet bagi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Kolam Abadi

Harga tiket wisata sudah termasuk biaya tour guide, parkir kendaraan, fasilitas toilet, serta ruang ganti.

Tiket masuk
Harga tiket masuk per orangRp 45.000,-

Baca: Tempat wisata menarik di Langkat

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Senin – MingguPk. 07.00 – 18.00

Ragam Aktivitas di Objek Wisata Kolam Abadi

Objek wisata ini dikelola oleh komunitas lokal, salah satunya Pelaruga (Pemandu Alam Rumah Galuh). Sesampainya di desa Rumah Galuh, wisatawan dapat menemukan pos-pos dengan jasa pemandu menuju lokasi.

Lokasinya merupakan bagian hulu sungai mengawali rangkaian aktivitas wisata. Selanjutnya, wisatawan dapat melakukan susur sungai menuju titik Air Terjun Tero Tero.

Jungle Treking

Tracking menuju Kolam Abadi Langkat Sumatera Utara - endang tri hayati
Jungle tracking menuju Kolam Abadi – Foto : Instagram/endang tri hayati

Untuk mencapai lokasi Kolam  Abadi, wisatawan akan menempuh jalur treking menyusuri kawasan hutan. Dari posko tempat parkir kendaraan, wisatawan akan menjelajah sekitar 10-15 menit dipandu penunjuk jalan. Sebelumnya, pemandu akan memberikan panduan hal-hal yang perlu dilakukan atau pun dihindari wisatawan.

Baca: Air Terjun Ponot Tiket & Ragam Daya Tarik

Perjalanan jungle tracking diawali dengan menyusuri jalan setapak yang menurun dengan udara sejuk. Wisatawan akan melewati parit-parit dan jalan landai dipenuhi semak, kemudian menanjak bukit. Dari perkebunan karet, pemandangan berganti menjadi perkebunan kelapa sawit dengan suasana yang asri.

Treking melewati area dengan pemandangan nan hijau ini membutuhkan tenaga dan kehati-hatian. Aktivitas ini memberikan tantangan tersendiri terutama bagi wisatawan pecinta alam. Hal tersebut justru menambah daya tarik destinasi wisata alam ini bagi wisatawan.

Menikmati Keindahan Kolam Abadi Yang Alami

Kolam Abadi Langkat Sumatera Utara memiliki air yang sangat jernih - wa__journey
Kolam Abadi memiliki air yang sangat jernih – Foto : Instagram/wa__journey

Setelah menjelajah jalur treking menembus hutan, wisatawan akan menemukan keindahan panorama. Aliran sungai bebatuan yang seolah menyapa seketika menghapus rasa lelah wisatawan. Air kolam tempat pemandian para raja jaman dahulu ini dipercaya akan selalu jernih.

Sungai tersebut dialiri air bening kebiruan yang sangat menyegarkan pandangan mata. Alirannya yang tak deras, membuatnya terlihat layaknya kolam yang abadi, seperti namanya. Air sungai yang jernih kebiruan membuat wisatawan dapat melihat jelas bebatuan di dasarnya.

Di sisi kiri dan kanan sungai, wisatawan dapat melihat tebing-tebing dan pepohonan yang menjulang. Suasana hutan tropis yang belum terjamah menambah pemandangan asri yang menenangkan. Ditambah harmoni suara satwa-satwa hutan yang mewarnai nuansa berlibur.

Berenang

Menyelam di Kolam Abadi berair sangat jernih
Menyelami kesegaran jernihnya air Kolam Abadi – Foto : Instagram/kembojaaa

Daya tarik objek wisata ini seolah menghipnotis setiap wisatawan yang datang. Melihat kejernihan airnya yang alami, kebanyakan wisatawan tak sabar merasakan kesegarannya. Wisatawan akan langsung menceburkan diri dan berenang.

Menyelami kolam yang relatif dangkal, wisatawan dapat melihat dengan jelas bebatuan di dasarnya. Aliran sungai ini seolah menyediakan kolam renang yang mempesona terbingkai keindahan alam sekitarnya. Karena sangat jernih, wisatawan dapat berenang dengan mata terbuka dan melihat dengan jelas pepasirnya.

Baca: AIR TERJUN JANJI Tiket & Ragam Aktivitas

Berendam

wisatawan sedang berendam dan bermain air
Berendam di Kolam Abadi – Foto : Instagram/rebelsdubdx

Kolam Abadi menyajikan suasana yang tenang, jauh dari polusi yang biasa menjemukan di perkotaan. Menikmati kemurnian air jernihnya, wisatawan dapat berendam sebagai cara menyegarkan sekaligus relaksasi pikiran. Dengan kedalaman sekitar tiga meter, kolam ini cocok untuk aktivitas berendam yang menenangkan.

Berfoto dalam Air

Foto bawah air Kolam yang sangat jernih
Foto di bawah permukaan air yang sangat jernih – Foto : Instagram/Loina sitepu

Kejernihan air Kolam Alami memungkinkan wisatawan mengabadikan momen di dalamnya. Wisatawan dapat berfose di bawah permukaan air dan menghasilkan gambar yang jernih. Pantulan cahaya warna air yang kebiruan menjadi latar khas berfoto.

Susur Sungai

Susur sungai dari Kolam Abadi menuju air terjun - Foto : GoogleMaps/Aditya Ginting
Susur sungai dari Kolam Abadi menuju air terjun – Foto : GoogleMaps/Aditya Ginting

Puas merasakan kesegaran air, wisatawan akan diajak pada rangkaian aktivitas berikutnya. Menyusuri tepian aliran sungai yang jernih, wisatawan akan mendaki naik turun jalur bukit.

Setelah melalui rute menanjak, wisatawan akan menemui jalur landai sekitar 500 meter. Kemudian, wisatawan akan mengikuti jalan dengan kontur tanah yang menurun. Aktivitas susur sungai ini akan membawa wisatawan bermuara pada objek wisata Air Terjun Teroh-teroh.

Body Rafting di Kolam Abadi

Persiapan body rafting di aliran sungai
Persiapan body rafting di aliran sungai Kolam Abadi – Foto : Instagram/kolamabadi_terohteroh

Selain suguhan keindahannya, di sini juga menjadi tempat menantang untuk aktivitas body rafting. Wisatawan dapat menikmati sensasi menghanyutkan diri di permukaan sungai dengan pelampung (life vest). Kegiatan Body Rafting menjadi salah satu andalan paket wisata dengan pendampingan dari pemandu.

Lebar sungai sekitar dua kali rentangan tangan dengan tebing-tebing di sisi kanan dan kirinya. Dengan kedalamam  setinggi dagu orang dewasa, wisatawan dapat merasakan pengalaman berhanyut-hanyut selama 20-30 menit.

Dari Kolam Abadi, aktivitas body rafting akan berujung pada Air Terjun Teroh-teroh. Body Rafting mengikuti arus sungai menjadi pilihan lebih ringan dan menyenangkan menuju air terjun.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Air Terjun Teroh-teroh
Air Terjun Teroh-teroh merupakan aliran dari sungai yang sama dengan Kolam Abadi – Foto : Instagram/raniafrina76

Setelah menyusuri sungai melalui tepian maupun alirannya, wisatawan akan tiba di Air Terjun Teroh-Teroh. Air Terjun Teroh-teroh ini merupakan aliran sungai yang ada di Kolam Abadi. Lokasi ini ramai oleh wisatawan karena merupakan titik akhir dari perjalanan menelusuri sungai.

Berada di tengah hutan, keindahan alaminya yang semakin terasa akan memukau setiap wisatawan. Penyebutan nama air terjun dari kata Teroh, dalam bahasa daerah Karo berarti tidak tinggi. Hal ini karena ketinggian curahan Air Terjun Teroh-teroh hanya sekitar lima meter.

Debit arus Air Terjun Teroh-teroh tak terlalu deras, dengan tebing mengelilinginya. Sama halnya dengan Kolam Abadi, Air Terjun Teroh-teroh sangat jernih dan tidak terlalu dalam. Wisatawan dapat berenang, menyelam, maupun bermain air menikmati percikan dan gemericik air terjun.

Lompat Bebas dari Tebing ke Sungai

Melompat dari ketinggian tebing di perairan dalam dari aliran sungai
Melompat bebas dari ketinggian tebing pada wilayah perairan dalam dari aliran sungai – Foto : GoogleMaps/Kolam Abadi

Beberapa bagian dari aliran sungai merupakan wilayah perairan yang relatif dalam. Kedalaman air dimanfaatkan oleh wisatawan untuk melakukan aktivitas seru penantang adrenalin. Wilayah berair dengan kedalaman minimal dua meter ini ditandai dengan keriuhan suara wisatawan.

Wisatawan dapat melompat bebas dari atas tebing dengan ketinggian minimal empat meter. Wisatawan baik pria maupun wanita dari berbagai kalangan usia meramaikan aktivitas ini. Satu per satu silih berganti melompat memecah permukaan air sungai.

Fasilitas

Untuk melakukan berbagai aktivitas untuk mengisi keseruan berlibur, Kolam Abadi telah dilengkapi berbagai fasilitas. Demi keamanan, wisatawan akan dilengkapi dengan pelampung sebagai life vest atau jaket pengaman. Wisatawan juga didampingi para pemandu sebagai penunjuk jalan sekaligus membantu menjaga keamanan dan kenyamanan.

Setelah menikmati rangkaian aktivitas wisata, wisatawan dapat beristirahat sambil menikmati aneka kudapan. Warga sekitar lokasi wisata telah membangun pondok-pondok yang menjajakan aneka makanan maupun minuman hangat. Air nira yang menjadi minuman khas destinasi wisata ini serta buah-buahan juga tersedia.

Lokasi dan Akses Wisata Kolam Abadi

Objek wisata ini berada di Desa Rumah Galuh, Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20771. Dari  kota Medan, akses menuju lokasi air terjun memerlukan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Wisatawan dapat menempuh rute Medan – Binjai dengan jarak 20 kilometer sekitar 45 menit. Dilanjutkan menuju Binjai Selatan, lalu ke Desa Galuh, Sei Bingai Langkat sekitar 1 jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini