Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN SIKULIKAP Tiket & Daya Tarik - September 2020

Air Terjun Sikulikap
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Desa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu,Sibolangit,Karo,Sumatra Utara,Indonesia ,20357.

Air Terjun Sikulikap merupakan wisata air terjun yang berada kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berlokasi di bawah daerah Penatapan Doulu, air terjun berketinggian 30 meter ini  sangatlah memukau.

Berwisata ke destinasi alami tersebut, wisatawan akan disajikan harumnya aroma hutan cemara di sekitarnya. Lokasi ini juga menjadi tempat pilihan bagi banyak aktivitas wisata sekaligus olahraga bagi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap

Harga Tiket
Harga Tiket MasukRp. 5.000

Baca: Tempat-tempat wisata terbaik di Karo

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Setiap hari24 Jam

Ragam Aktivitas Wisata di Air Terjun Sikulikap

Selain menikmati air terjun, berbagai aktivitas lain juga bisa dilakukan di objek wisata ini. Seperti kegiatan outdoor bekemah atau panjat tebing. Keindahan alam kawasan sekitar sebenarnya juga sudah cukup menenangkan bagi wisatawan. Berikut beberapa aktivitas pilihan di area wisata air terjun ini.

Trekking Santai Menuju Air Terjun

Jalur treking menuju Air Terjun Sikulikap Karo Sumatera Utara sudah tertata rapi dan dikelola dengan baik - nickyfitriani
Jalur treking menuju Air Terjun sudah tertata rapi dan dikelola dengan baik – Foto : Instagram/nickyfitriani

Pintu masuk menuju lokasi Air Terjun berada dekat gapura perbatasan Deliserdang-Kabupaten Karo. Tepat dari kiri gapura, wisatawan dapat memulai langkah menyusuri jalur treking menuju air terjun. Jarak yang perlu ditempuh tak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit berjalan kaki.

Jalur treking telah dibangun rapi dari beton serta tanah berkontur curam telah dibuatkan tangga. Aksesnya sudah terkelola baik dengan pengaman pagar pada setiap sisi yang mengarah ke jurang. Menyusuri jalur tersebut, wisatawan diajak menyibak petualangan wisata rimba.

Baca: SAPO JUMA Karo Tiket & Ragam Keindahan

Wisatawan disajikan hijaunya pemandangan jajaran pepohonan yang kokoh menjulang. Di sepanjang jalan, wisatawan dapat menemukan berbagai jenis jamur, anggrek hutan, serta kera-kera bergelantungan. Makin dekat dengan air terjun, wisatawan dapat mendengar sayup gemuruh suara curahan airnya.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Pintu masuk kawasan wisata Air Terjun Sikulikap Karo
Pintu masuk kawasan wisata Air Terjun – Foto : Instagram/airterjunsikulikap

Dalam bahasa lokal, Air Terjun Sikulikap disebut sebagai Sampuren Sikulikap. Aliran airnya jatuh dari tebing batu dengan ketinggian sekitar 30 meter. Curahannya dibingkai tebing dan pepohonan dengan bebatuan di bawahnya.

Kawasan sekitarnya merupakan areal hijau yang dipenuhi pepohonan dan tumbuhan subur. Hutannya bagian dari kawasan ekosistem Taman Nasional Gunung Leuser, kawasan Lau Debuk Tanah Karo.

Baca: DANAU LAU KAWAR Karo Tiket & Ragam Aktivitas

Di bawah air terjun tersedia tempat berteduh bagi wisatawan dengan atap bergaya budaya Karo. Berada di dekat air terjun, wisatawan dapat merasakan percikan air dan udara yang lembab. Suhu udara juga lebih sejuk dan terasa menyegarkan.

Merasakan Kesegaran Air dari Sumber Alami

pengunjung sedang menikmati semburan air terjun
Air Terjun ini memiliki curahan air dari tebing batu dengan ketinggian 30 meter – Foto : Instagram/bhagusardiansyah98

Aliran Air Terjun memiliki debit air yang cukup deras. Wisatawan tidak disarankan untuk mandi atau berenang langsung di bawah curahan air terjun ini.

Wisatawan dapat merasakan airnya yang terasa dingin alami dan segar dari tepian aliran. Air tersebut bersumber dari Taman Hutan Raya kawasan hutan lindung Bukit Barisan.

Bersantai di Sejuknya Kawasan Air Terjun

Air Terjun Sikulikap berada di kawasan dengan udara yang sejuk khas dataran tinggi. Terlihat lokasinya dari dermaga kecil yang tersedia, aliran udaranya langsung berasal dari pegunungan Karo.

Destinasi ini berada di tengah-tengah hutan Berastagi sehingga menyajikan pemandangan yang indah. Berada di bawah Penatapan Doulu, wisatawan dapat menikmati harumnya aroma pinus di sekitarnya.

Pilihan Sudut Foto Instagrammable

Berfoto dari rumah pohon di depan Air Terjun Sikulikap
Berfoto dari rumah pohon di depan Air Terjun Sikulikap – Foto : Instagram/ijal_mahendri

Pihak pengelola Air Terjun menyediakan beberapa spot yang dapat dijadikan latar berswafoto wisatawan. Sebelum sampai di lokasi air terjun, beberapa spot menarik dapat menjadi latar berfoto.

Di dekat air terjun juga terdapat pondok bergaya etnik Karo yang biasa digunakan wisatawan sebagai spot foto. Selain itu ada juga rumah Hobbit serta rumah pohon yang tak kalah menarik. Berlatarkan curahan deras air terjun, hasil gambar yang diambil terlihat eksotis.

Panjat Tebing

Aktivitas panjat tebing di samping Air Terjun
Aktivitas olahraga ekstrim panjat tebing di samping Air Terjun Sikulikap – Foto : Instagram/fredensembiringmilala

Telah lama lokasi Air Terjun Sikulikap menjadi lokasi pilihan untuk melakukan olahraga panjat tebing. Destinasi wisata ini memilikidinding batu cadas dengan tantangan panjat yang cukup berat. Dengan sudut kemiringan tegak 90°, wisatawan lokal maupun mancanegara mendapat medan yang menantang.

Beberapa komunitas dan federasi yang menaungi para atlet melakukan latihan rutin di tempat ini. Lokasi pilihan untuk olahraga ekstrim tersebut berada tepat di samping aliran air terjun.

Di tempat inilah para wisatawan dapat berolahraga sekaligus menguji nyali dan adrenalin. Untuk menaklukan medannya yang ekstrim, wisatawan wajib dilengkapi peralatan keamanan, pelatihan, serta disiplin.

Berkemah di Sekitar Air Terjun

Berkemah di area camping ground Air Terjun Sikulikap
Mendirikan tenda dan bersantai di area camping ground – Foto : Instagram/noveliionita

Kawasan wisata Air Terjun Sikulikap juga menyediakan area khusus sebagai camping ground. Di area tersebut, wisatawan dapat mendirikan tenda untuk bermalam sekaligus beristirahat.

Aktivitas berkemah cukup banyak diminati wisatawan di area Air Terjun Sikulikap. Menginap di alam terbuka, wisatawan dapat merasakan nuansa petualangan outdoor.

Pemotretan Pranikah

Berada di area hutan pinus, lokasi wisata Air Terjun Sikulikap memberi efek dramatis. Lokasi ini sering menjadi tempat latar foto untuk pemotretan sesi pranikah. Jajaran pepohonan menjulang kokoh menjadi pilihan pasangan calon pengantin yang mengambil tema foto alami.

Lokasi dan Akses Wisata Air Terjun Sikulikap

Objek wisata air terjun ini berada di Desa Doulu Tanah Berastagi, Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 20357. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan dari kota Medan dengan akses yang mudah.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini