Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN WAY LALAAN Tiket & Keunikan Bentang Alam Desember 2021

Air Terjun Way LalaanHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Kampung Baru, Kota Agung Timur, Tenggamus, Lampung, Indonesia, 35384

Air Terjun Way Lalaan adalah destinasi wisata alam yang berada di Lampung. Air terjun ini berada di kaki Gunung Tanggamus. Gunung ini sendiri merupakan gunung kedua tertinggi di Provinsi Lampung. Way Lalaan sudah lama terkenal sebagai tujuan rekreasi warga Lampung dan sekitarnya.

Tempat wisata ini mencakup dua air terjun dalam satu kawasan. Salah satunya menawarkan fenomena alam langka berupa gugusan columnar jointing. Fenomena ini bisa dijumpai di tengah hutan Gunung Tanggamus yang masih asri. 

Tiket Masuk Air Terjun Way Lalaan

Tiket masuk kawasan wisata Air Terjun Way Lalaan tergolong murah-meriah. Harga tiket sama untuk pengunjung semua kalangan usia. Namun harga tiket ini belum termasuk biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp5.000
Parkir Motor Rp5.000
Parkir Mobil Rp10.000

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaik di Lampung

Jam Buka

Objek wisata ini buka setiap hari sejak pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah ketika musim kemarau dan menjelang musim hujan. Selain kondisi airnya jernih, akses jalan ke lokasi air terjun pun lebih aman.

Jam Operasional
Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB

Kemolekan Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan terdekat dari gerbang masuk wisata
Air terjun pertama yang bisa dijumpai di kawasan wisata ini memiliki aliran air yang bersih dan jernih – Foto: Google Maps/ade wijaya

Lampung merupakan salah satu provinsi dengan potensi pariwisata yang beragam. Daerah di ujung selatan Sumatera ini memiliki kekayaan alam, budaya, dan hingga sejarah. Kekayaan ini membuatnya menarik sebagai tujuan wisata bagi para pecinta travelling. Pariwisata alam di Lampung pun keindahannya sudah tidak bisa disangsikan lagi.

Provinsi ini menjadi rumah bagi kawasan beraneka taman nasional maupun cagar alam. Lampung juga memiliki beberapa gunung yang menyuguhkan pesona alamnya masing-masing. Salah satunya bisa disaksikan di Kabupaten Tanggamus, tepatnya di Air Terjun Way Lalaan.

Lokasinya tak terlalu jauh dari Kota Bandar Lampung. Aliran airnya terkenal bersih dan sejuk karena langsung dari mata air pegunungan. Lokasinya pun tidak membutuhkan treking yang terlalu berat.

Baca Juga: Lampung Walk Tiket & Wahana

Taman Rekreasi

Area gerbang masuk yang dilengkapi spot foto
Akses ke air terjun pertama cenderung lebih mudah karena jalur yang lebih tertata dan terjamin keamanannya – Foto: Google Maps/Prana Thoolibun

Wisata ke air terjun biasanya erat dengan kegiatan treking yang cukup menguras tenaga. Belum lagi suasana hutan lebat dengan kesulitan aksesnya. Mengunjungi air terjun ini wisatawan justru mendapatkan sarana yang sangat memadai. Gerbang masuk kawasan wisata ini bahkan terletak di pinggir jalan raya utama Trans-Sumatera.

Memasuki tempat ini, rangkaian anak tangga siap menyambut. Tangga ini akan menggiring pengunjung ke area rekreasi. Area ini memiliki sejumlah spot foto kreatif dengan latar keindahan alam sekitar. Di sisi lain, terdapat playground dengan wahana permainan anak-anak yang cukup lengkap.

Area ini juga memiliki beberapa gazebo sederhana. Ada kios-kios makanan dan pakaian renang yang tersebar di sekitarnya. Pengunjung dapat menggunakan gazebo ini untuk beristirahat atau piknik sambil menyantap bekal.

Baca Juga: LEMBAH HIJAU Lampung Tiket & Aktivitas

Air Terjun Pertama

Columnar jointing pada Air Terjun Way Lalaan 1
Tebing yang dihiasi fenomena columnar jointing, di mana struktur bebatuan membentuk susunan kolom-kolom hasil aktivitas geologi – Foto: Google Maps/Adelia Riski Amanda

Tempat wisata ini memiliki dua air terjun dalam satu kawasan. Air terjun pertama yaitu Way Lalaan 1 dapat langsung terlihat dari taman rekreasi. Air terjun ini mengalir ke telaga yang diberi pagar rendah. Limpahan air terjun ini mengalir pada kolam yang sering menjadi tempat bermain air.

Siapa saja tentu tidak bisa menahan godaan aliran air deras nan jernih. Pada musim kemarau, kejernihannya akan tampak lebih nyata. Pengunjung dapat melihat dasar kolam dengan mata telanjang.

Baca Juga: Menara Siger Lampung Tiket & Daya Tarik

Columnar Jointing

Columnar Jointing yang tersusun rapi
Columnar Joint yang tersusun rapi di air terjun Way Lalaan. Foto: Google Maps/Rizky Ikhsan

Ada pemandangan yang mungkin menarik perhatian wisatawan ketika melihat air terjun pertama. Air terjun ini mengalir deras dari sela-sela tebing dengan struktur unik. Struktur bebatuan ini sekilas tampak geometris dan memancarkan nilai artistik tersendiri.

Dalam dunia geologi, struktur ini disebut columnar jointing. Ini merupakan fenomena ketika batuan membentuk formasi susunan kolom yang nyaris rapi. Sekilas penampilannya seolah merupakan hasil ukiran manusia. 

Struktur yang terkenal juga dengan sebutan kekar tiang ini adalah hasil aktivitas geologi yang cukup langka. Batuan tersebut berasal dari aliran lava yang mengalami proses pendinginan. Rekahannya membentuk guratan-guratan yang rapi dan menyerupai tiang. Fenomena inilah yang membuat Air Terjun 1 tampak semakin memikat.

Baca Juga: PUNCAK MAS Lampung Tiket & Wahana

Menuju Air Terjun Kedua

Air terjun kedua di kawasan wisata Way Lalaan
Air terjun kedua lokasinya berada kurang lebih 200 meter dari gerbang masuk kawasan wisata ini – Foto: Google Maps/anggih Pradila

Air Terjun Way Lalaan 2 berjarak sekitar 250 – 300 meter. Lokasinya hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga ke bawah. Jalur tangga ini akan terputus di pinggir sungai. Sungai ini merupakan aliran dari air terjun kedua.

Wisatawan perlu menyebrang untuk sampai di lokasi air terjun.  Seperti air terjun pertama, air terjun ini juga memiliki aliran air yang jernih. Telaganya agak lebih luas dan sama bersihnya. Wisatawan juga bisa bermain air dan berenang di sini. Namun, tetap perhatikan garis pembatas untuk menghindari pusaran air.

Fasilitas Air Terjun Way Lalaan

Fasilitas yang tersedia di sekitar air terjun sudah sangat memadai. Kawasan wisata ini memiliki area parkir yang luas, toilet, kamar mandi, serta sejumlah warung makan. Disediakan akses menuju lokasi air terjun berupa tangga batu. 

Lokasi Air Terjun Way Lalaan

Wisata air terjun ini terletak di Desa Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada persis di pinggir Jalan Trans-Sumatera. Berjarak sekitar 1,5 jam berkendara dari pusat Kota Bandar Lampung. 

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang