Beranda Tiket Wisata

Alun-Alun Ponorogo Wisata Lengkap Di Tengah Kota - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Alun-Alun Ponorogo : GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Jl. Alun-Alun Timur Barat No.7, Mangkujayan, Ponorogo, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia, 63413

Alun-Alun Ponorogo adalah salah satu destinasi menarik yang ada di Ponorogo. Serta merupakan salah satu andalan wisata di kota yang terkenal dengan kesenian Reog-nya ini. Beragam hiburan tersaji di sini. Tak heran taman kota ini menjadi tujuan utama wisatawan khususnya untuk wisata malam di Ponorogo. Di waktu-waktu tertentu, tempat ini kerap menggelar berbagai acara menarik, salah satunya adalah Grebeg Suro.

Berada di jantung kota Ponorogo, Alun-Alun ini akan langsung menarik perhatian siapa saja yang lewat. Patung-patung besar yang mengelilinginya membuat Alun-Alun Ponorogo berbeda dengan alun-alun di kota lain. Selain itu ketika malam, berisan lampu warna-warni semakin menambah daya tarik dari kawasan wisata ini.

Harga tiket Alun-Alun Ponorogo

Tidak ada tarif masuk untuk memasuki area alun-alun. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir saja. Selain itu wisatawan juga akan membayar sejumlah uang untuk setiap wahana permainan yang ada di sekitar alun-alun.

Harga Tiket Masuk
Harga tiketGratis
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Telaga Ngebel Tiket & Aktivitas

Jam Buka Alun-Alun Ponorogo

Kawasan alun-alun selalu buka 24 jam, sehingga wisatawan bisa datang kapan saja. Namun waktu terbaik adalah ketika malam hari sekitar pukul 19.00 WIB – 22.00 WIB. Karena di jam-jam tersebut akan banyak hiburan dan wahana permainan.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Pesona Alun-Alun Ponorogo

Bagunan berbentuk rumah joglo di alun-alun ponorogo
Salah satu pesona yang dimiliki oleh Alun-Alun Ponorogo. Foto: Gmaps/Daniyan Aulian Rahman

Mungkin hampir setiap kota di Indonesia memiliki alun-alun, namun banyak yang tidak terkeloa dengan baik. Hal itu berbeda dengan Alun-Alun yang berada di Kabupaten Ponorogo. Tempat ini dibuat menjadi kawasan pusat hiburan untuk masyarakat. Ornamen patung singa yang besar berpadu dengan pepohonan besar yang tertata rapi menjadi pesona tersendiri dari kawasan ini. Ketika malam barisan lampu warna-warni semakin menambah keelokan kawasan sekitar alun-alun.

Berbagai wahana hiburan siap memanjakan wisatawan yang datang ke tempat ini. Selain itu di sini juga bisa berwisata kuliner di kawasan Alun-Alun Ponorogo. Banyak warung-warung makan yang menjajakan sajian khas dari Ponorogo atau pun Jawa Timur. Selain itu areanya juga merupakan tempat yang cocok untuk bermain bersama keluarga atau pun bercengkerama bersama teman dan sahabat.

Pasar Malam Alun-Alun Ponorogo

Pasar malam Alun-Alun Ponorogo
Ketika malam wisatawan dapat menikmati pasar malam dengan berbagai wahana permainan di Alun-Alun Ponorogo. Foto: Gmaps/Arief Munandar

Karena tempatnya yang begitu luas, ketika malam kawasan Alun-Alun berubah layaknya sebuah pasar malam. Berbagai wahana permainan dan dan warung kuliner siap menyambut setiap wisatawan yang datang. Wahana yang ada di pasar malam juga sangat beragam dan tersedia untuk berbagi kelompok umur. Untuk anak-anak ada wahana seluncuran balon, komidi putar hingga bianglala. Sementara bagi orang dewasa ada wahana  tong setan dan berbagai wahana yang memacu adrenalin.

Wahana Ombak Banyu

Salah satu wahana yang selalu ramai yaitu “Ombak Banyu”. Wahana yang satu ini menjadi favorit karena seru dan memacu adrenalin. Wahana permainan ini sangat sederhana, wisatawan akan duduk melingkar di bangku kayu.

Setelah itu wahana akan berputar dan wisatawan akan merasakan sensasi berputar naik turun yang sangat seru. Ketika putaran semakin cepat akan dapat memacu adrenalin, terutama saat momen naik dan turun.

Menariknya cara kerja wahana ini masih tradisional. Lingkaran Ombak Banyu tidak berputar dengan mesin melainkan oleh tenaga manusia. Melihat bagaimana operator memutar lingkaran besar dan mengeremnya menjadi tambahan tontonan yang menarik. Tentu dibutuhkan tenaga yang besar dan keterampilan tertentu untuk dapat melakukannya.

Festival Reog Nasional

peserta acara reog ponorogo
Akan ada acara Festival Reog Nasional setiap bulan Suro . Foto: Gmaps/Ulviyatun Ni’mah

Festival Nasional Reog Ponorogo adalah acara tahunan yang berlangsung Alun-Alun Ponorogo. Pesta rakyat yang selalu mampu menyedot animo dari wisatawan dari berbagai daerah. Acara ini berlangsung setiap bulan Muharram atau Suro dalam penanggalan Jawa. Biasanya acara ini akan berlangsung selama satu minggu non stop.

Peserta Festival Reog Nasional ini hadir dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Madiun, Malang, Yogyakarta, Solo, Jakarta hingga Kalimantan. Bahkan belakangan ini Festival Nasional Reog Ponorogo sudah mulai merambah ke kancah internasional dengan peserta dari luar negeri.

Selain Festival Reog Nasional, pengunjung juga bisa menyaksikan rangkaian acara lain selama bulan Suro. Beberapa acara tersebut adalah Pawai Lintas Sejarah hingga Kirab Pusaka.

Keliling Alun-Alun Menggunakan Delman

Delman Alun-Alun Ponorogo
Wisatawan bisa naik delman untuk berkeliling di sekitar Alun-Alun Ponorogo. Foto: Gmaps/The Santosa Photography.

Wisatawan juga bisa memanfaatkan wahana delman yang ada di sekitar alun-alun untuk berkeliling. Selama berkeliling wisatawan bisa menikmati pemandangan indah alun-alun dengan ornamen dan patung-patung. Selain itu suasana keramaian kota di sekitar area alun-alun juga memberikan kesan tersendiri, apalagi ketika malam hari

Spot Foto yang Menarik

Patung singa di alun-alun ponorogo
Salah satu spot foto favorit wisatawan adalah patung singa. Foto: Gmaps/Fathur Rohman.

Di Alun-Alun Ponorogo terdapat beberapa spot yang menarik bagi para penggemar kegiatan berfoto. Spot yang selalu menjadi andalan adalah lima patung singa besar dengan orang yang membawa cambuk di belakanganya. Patung yang berada di bagian tengah alun-alun ini selalu menjadi obyek menarik bagi penggemar foto. Selain itu bangunan pendopo juga bisa menjadi pilihan menarik untuk berswafoto.

Menikmati Kuliner Khas Ponorogo

Di sekitar alun-alun banyak warung-warung makan yang menjajakan berbagai sajian kuliner. Wisatawan bisa berwisata kuliner dengan mencoba mencicipi makanan khas dari Ponorogo. Sajian khas Ponorogo yang selalu jadi favorit adalah Sate Ponorogo. Selain itu bagi pecinta pedas bisa mencoba sajian khas Sego Gegok.

Fasilitas Alun-Alun Ponorogo

Fasilitas yang tersedia sudah sangat lengkap. Disana sudah tersedia area parkir yang luas, toilet, mushola dan berbagai warung makan.

 Lokasi Alun-Alun Ponorogo

Lokasi dari alun-alun sangat mudah untuk ditemukan karena letaknya di pusat kota. Secara lengkap tempat wisata ini beralamat di Jalan Alun-Alun Timur Barat No.7, Ponorogo, Mangkujayan, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 15

Berikan Rating