Beranda Tiket Wisata

GUNUNG WILIS Tiket, Jalur Pendakian & Keindahan – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Wilis : GratisJam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Tawang, Banaran, Pulung, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia, 63481

Gunung Wilis Salah satu gunung sering menjadi tujuan pendakian para petualang di Jawa Timur. Gunung ini memiliki beberapa puncak, namun puncak tertingginya berada di 2.563 Mdpl. Saking luasnya gunung ini menempati wilayah Kota Kediri dan enam kabupaten lainnya. Yaitu Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Kediri, dan Madiun.

Terlepas dari luasnya gunung ini, di sini juga terdapat berbagai objek wisata yang terletak di kaki gunungnya. Berbagai objek wisata ini tersebar di berbagai kabupaten yang mengelilingi gunung ini. Memang sebagian besar objek wisata tersebut berupa air terjun. Kemudian untuk menuju puncaknya terdapat beberapa jalur pendakian dengan spot-spot menarik.

Harga Tiket Masuk Gunung Wilis

Untuk mendaki gunung ini sendiri tidak dikenakan biaya. Namun, di beberapa objek wisata yang pengelolaan terpisah dari gunung, terdapat tiket masuk tersendiri.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Gratis

Baca: Telaga Ngebel Ponorogo Tiket & Aktivitas

Jam Operasional Gunung Wilis

Gunung Wilis sendiri buka sepanjang hari, wisatawan dapat melakukan pendakian kapan saja. Biasanya, untuk mencapai puncak membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam pendakian. Dan waktu yang tepat untuk mendaki bergantung kepentingan masing-masing. Jika ingin melihat matahari terbit, bisa mulai mendaki di siang hari sebelumnya.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Keindahan Gunung Wilis yang memiliki 40 Puncak

Pemandangan Indah di Puncak Ngliman Gunung Wilis
Pemandangan Indah di Puncak Ngliman Gunung Wilis. Foto: Gmap/Mas Ari Front Pembela Hutan

Gunung Wilis tak seperti gunung lainnya yang hanya memiliki satu puncak, melainkan 40 puncak. Puncak tertinggi berada di ketinggian 2.563 Mdpl dan terkenal dengan Puncak Ngliman. Puncak-puncak ini pun tersebar di berbagai kabupaten. Karena memiliki banyak puncak, gunung ini juga memiliki berbagai jalur pendakian.

Gunung ini juga terkenal dengan nama Gunung Limas, karena puncaknya terlihat seperti atap rumah limas. Dengan dominasi vegetasi rerumputan, bahkan ada yang berukuran hingga satu meter. Di puncak gunung pun tumbuh rerumputan, yang terlihat begitu segar. Wisatawan pun seolah tak perlu takut tersesat, karena pohon tak terlalu lebat menutupi.

Dari atas ketinggian, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan hamparan hijau rerumputan yang menyelimuti gunung. Jika berada di puncak tertinggi, pemandangan puncak-puncak gunung lainnya pun dapat terlihat. Begitu unik dan menarik, karena tak semua gunung memiliki pemandangan ini. Dalam perjalanan menuju gunung ini juga terdapat berbagai tempat menarik dan bersejarah.

Baca: Alun-Alun Ponorogo Wisata Lengkap Di Tengah Kota

Asal Usul Penamaan menjadi Gunung Ngliman

Gunung Wilis juga terkenal dengan nama Gunung Ngliman. Hal ini erat kaitannya dengan sejarah pada masa lalu. Dulu, terdapat seorang tokoh bernama Ki Ageng Ngaliman, yang mendirikan padepokan sadepok di kawasan puncak Gunung Wilis. Yang mana pembangunan padepokan ini dilakukan pada zaman penjajahan Belanda.

Di padepokan tersebut, Ki Ageng Ngaliman melatih muridnya untuk siap menghadapi kondisi saat itu. Mulai dari latihan mental, fisik, serta pelatihan spiritual. Hal ini dimaksudkan supaya para murid ini memiliki bekal yang siap untuk melawan penjajah. Karena jasanya itulah, puncak Gunung Wilis juga terkenal sebagai Puncak Ngliman.

Baca: Surya Taman Wisata Kediri Tiket & Wahana

Jalur Pendakian Kare

Jalur Pendakian Gunung Wilis
Jalur Pendakian Gunung Wilis. Foto: Gmap/Mas Ari Front Pembela Hutan

Jalur Kare termasuk jalur yang baru dibuka untuk menuju Gunung Wilis. Di mana pemerintah juga masih mengembangkan potensi wisata di jalur ini. Pos pendakian di jalur ini pun terbilang lebih banyak. Pos Kempo merupakan pos pertama yang menjadi titik awal pendakian, yang berupa kebun kopi.

Selanjutnya mendaki menuju Bukit Teletubies, yang menjadi gerbang menuju hutan. Sebelum memasuki hutan, wisatawan akan melalui padang ilalang yang cantik sebagai spot foto. Kemudian wisatawan akan melanjutkan perjalanan selama kurang lebih 2,5 jam menuju Watu Tulis. Di sini, jalur akan semakin menantang dengan vegetasi yang semakin rapat.

Selanjutnya, wisatawan akan menuju Watu Garuda-Patok Batas, yang merupakan penunjuk batas wilayah Nganjuk dan Madiun. Di area inilah sering menjadi pilihan tempat mendirikan tenda, karena berupa padang rumput luas. Jika ingin menuju Puncak Ngliman, masih membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sedangkan puncaknya sendiri bertanda sebuah plang bertuliskan “Puncak Ngliman”.

Baca: KAMPUNG INDIAN Kediri Tiket & Aktivitas

Jalur Pendakian Candi Penampihan

Jalur Pendakian menuju Puncak Ngliman
Jalur Pendakian menuju Puncak Ngliman. Foto: Gmap/Wahyu Widyatmaka

Untuk mendaki melalui jalur Candi Penampihan, berawal dari Kecamatan Sendang, Tulungagung. Sebelum mendaki, wajib melapor pada petugas Pos Penjaga atau Ketua RT setempat. Setelah dari pos, bisa langsung memulai jalur pendakian melalui lahan pertanian. Dari sini, pemandangan sawah akan terlihat begitu cantik, hijau di musim tanam dan kuning di musim panen.

Dari pos penjagaan ini, perjalanan berlanjut sampai ke pos Watu Godhek yang sering menjadi tempat bermalam. Waktu tempuh dari pos awal menuju Watu Godhek kurang lebih 4 jam. Dari Watu Godhek, wisatawan bisa langsung mendaki menuju puncak. Namun jangan senang dulu, karena perjalanan menuju puncak di jalur ini harus melalui jurang yang curam.

Puncak Gunung Wilis memiliki tanda yaitu adanya bebatuan setinggi satu meter yang tersusun rapi. Di sini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang batu penanda tersebut. Dengan alam sekitarnya terlihat pepohonan.

Baca: Daya Tarik Wisata Monumen Simpang Lima Gumul (SLG)

Sejarah Jejak Jenderal Soedirman di Gunung Wilis

Jika mengawali pendakian melewati jalur Kecamatan Mojo, Kediri, wisatawan akan melewati jejak sejarah. Karena jalur ini dulunya digunakan oleh Jenderal Soedirman untuk melakukan perlawan penjajah di Yogyakarta. Jenderal Soedirman dan para pengikutnya melewati jalur Gunung Wilis supaya tidak tertangkap oleh sekutu.

Gunung Wilis menjadi saksi bisu perjuangan Jenderal Soedirman pada tahun 1949. Tak heran, jika di sini sering berlangsung acara tahunan menyusuri Jalur Kediri-Bajulan. Untuk mengenang sejarah dan menghormati jasa para pahlawan.

Baca: WISATA ALASKA Tiket Masuk, Aktivitas & Fasilitas

Misteri dan Mitos Terkenal di Gunung Wilis

Mitos dibalik Indahnya Gunung Wilis
Mitos dibalik Indahnya Gunung Wilis. Foto: Gmap/Mas Ari Front Pembela Hutan

Gunung Wilis tak hanya memiliki keindahan, namun juga kisah mistis. Menurut kepercayaan di sini terdapat ular penjaga, hingga gua tak kasat mata yang bersemayam pertapa berwajah monyet. Ada juga kisah soal sosok putih misterius yang dipercaya dari kerajaan Mataram, dan adanya naga raksasa. Serta sosok korban pembantaian PKI di sekitar makam yang ada di jalur pendakian.

Namun, keberadaan mitos ini dapat dipercaya atau tidak. Karena tidak semua yang mengunjungi Gunung Wilis dapat melihat sosok-sosok tersebut.

Baca: AIR TERJUN DOLO Tiket & Daya Tarik

Lokasi Gunung Wilis

Wisata gunung ini berada di Tawang, Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Berjarak sekitar 54 Kilometer ke arah barat Kota Kediri. Dengan waktu tempuh sampai ke pos pendakian kurang lebih 1,5 Jam berkendara. Sedangkan jika berangkat dari Kota Ponorogo memakan waktu kurang lebih 2,5 Jam berkendara dengan jarak 77 Kilometer.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini