Telaga Ngebel
Harga Tiket: Rp8.000 - Rp150.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Telaga Ngebel,Ngebel,Ponorogo,Jawa Timur,Indonesia,63493.

Danau-danau di Indonesia memang begitu menawan, seperti danau yang terdapat di Kabupaten Ponorogo. Lebih sering disebut Telaga Ngebel, danau di kaki Gunung Wilis ini begitu tersohor. Selain keindahan alamnya, udara sejuk di kawasan ini memang menenangkan.

Harga Tiket Masuk Telaga Ngebel

Harga karcis yang harus dibayarkan pengunjung untuk masuk ke telaga ini sangat terjangkau. Dengan tiket tersebut pengunjung bisa membawa kendaraan untuk keliling telaga dengan satu arah.

Harga Tiket Masuk Telaga Ngebel
Tiket MasukRp8.000
Speed Boat Lewat TengahRp60.000
Speed Boat Lewat TepiRp100.000
Speed Boat 1 PaketRp150.000

 

Baca: Kediri Water Park Tiket & Wahana

Jam Buka Telaga Ngebel

Telaga ini bisa dikunjungi setiap harinya, baik hari biasa maupun akhir pekan. Buka dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 18.00

Aktivitas Wisata di Telaga Ngebel

Keindahan alam Telaga Ngebel - no2t BIRU
Keindahan alam Telaga Ngebel. Foto: google maps/no2t BIRU

Ponorogo sebelumnya lebih sering dikenal dengan Wisata Budaya Reog Ponorogo. Adanya danau ini semakin melengkapi wisata di Kabupaten yang terletak di Jatim. Mitos mengenai asal usul telaga ini memang banyak menjadi perbincangan masyarakat.

Namun berbicara mengenai wahana yang ada di Telaga Ngebel juga tak kalah seru. Dimulai dengan adanya tempat perkemahan, wahana wisata air hingga flying fox. Keseruan bebagai wahana tersebut telah terangkum pada pembahasan di bawah ini.

Baca: Telaga Menjer Dieng Tiket & Pesona

Berperahu di Telaga Ngebel

berperahu di telaga ngebel
Salah satu aktivitas yang cukup seru dan menyenangkan di danau ini adalah naik perahu.

Keindahan alam Telaga Ngebel yang mempesona bisa juga dinikmati dengan berperahu. Tentu sangat asyik bisa berperahu sambil menikmati sejuknya suasana danau. Ada dua pilihan berperahu yang bisa dipilih pengunjung.

Pertama perahu biasa dengan jumlah penumpang yang relatif banyak dan hanya berkeliling danau. Sedangkan jika ingin sedikit menantang bisa mencoba speed boat. Selain berkeliling pengunjung juga akan dibawa dengan cara atraktif yang menguji adrenalin. Jangan lupa mengambil foto saat berperahu, terlebih ketika sunset menjelang.

Baca: Watu Cenik Wonogiri Tiket & Pesona

Bermain Sepeda Air

Sepeda air Telaga Ngebel - Herman Des
Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di danau ini dalah bermain sepeda air. Foto: google maps/Herman Des

Alernatif lain mengarungi Telaga Ngebel tanpa perahu adalah dengan bersepeda air. Sepeda air di sini bentuknya bermacam-macam, ada yang berbentuk bebek hingga ikan. Bentuknya yang lucu dan dihias tersebut berhasil menarik perhatian pengunjung, terutama anak-anak.

Untuk mencoba wahana in pengunjung akan dikenakan tiket yang cukup terjangkau. Tentu sangat asyik bisa bersepeda berkeliling telaga, terlebih bersama keluarga. Meski nantinya cukup capek, namun momen ini bisa melepas penat karena rutinitas harian.

Wahana Flying Fox

Meski sebagian besar wahananya tentang air, namun pengelola juga menyediakan wahana selain air. Adalah wahana flying fox yang cukup menguji adrenalin pengunjung. Meluncur dengan flying fox di atas telaga tentu akan memberi pengalaman seru bagi pengunjung.

Berkemah di Sekitar Danau

Suasana telaga yang asri serta sejuk sangat cocok digunakan untuk berkemah. Pengelola juga menyediakan lapangan yang berada di sebelah timur telaga. Lapangan inilah yang biasa digunakan untuk berkemah, baik kemah sekolah maupun umum.

Wisata Kuliner Khas Telaga Ngebel

Setiap tempat wisata selalu memiliki kuliner yang menjadi ciri khas wisata tersebut. Pun begitu dengan di objek wisata ini, beberapa kuliner khas bisa dinikmati di sini. Yang pertama tentu ikan, namanya wisata telaga pasti menghasilkan ikan.

Nila adalah jenis ikan air tawar yang bisa pengunjung nikmati di sini. Banyak rumah makan di sekeliling telaga yang menyediakan kuliner khas. Kebanyakan ikan air tawar diolah dengan cara dibakar.

Agar tetap segar, ikan tersebut baru dibakar setelah ada yang memesan. Sambil menunggu ikan bakarnya matang, pengunjung bisa bercengkrama sambil menikmati udara khas telaga. Sekitar 10 menit menunggu, ikan bakar pun tersaji dengan nasi, sambal dan lalapan.

Selain nila bakar, ada lagi menu ikan yang menjadi kuliner khas objek wisata ini. Masyarakat sekitar menyebut ikan ini dengan sebutan ikan ngogok. Ikan ngogok akan terasa nikmat saat disantap dengan nasi tiwul, lalapan serta sambal.

Kuliner Khas Selain Menu Ikan

Tak cukup hanya ikan saja yang menjadi kuliner khas Telaga Ngebel. Ada kuliner lain yang patut dicoba dan dijadikan oleh-oleh dari tempat wisata ini. Kuliner ini berupa buah-buahan, jadi hanya bisa dinikmati mulai Desember sampai Maret.

Durian adalah kuliner buah yang wajib dicoba oleh pengunjung. Karena daerah ini penghasil durian, maka harganya pun sangat murah. Jika durian sudah dibawa ke luar telaga, harganya bisa naik dua kali lipat.

Selain dimakan di tempat, durian dari sini juga cocok dijadikan oleh-oleh. Durian dari kawasan ini memiliki kekhasan rasa tersendiri. Selain harganya murah, daging buahnya juga tebal.

Fasilitas di Telaga Ngebel

Dengan banyaknya wahana yang disediakan, fasilitas di telaga ini juga cukup memadai. Dimulai dengan parkirannya yang luas, baik untuk sepeda motor maupun mobil. Kemudian ada juga masjid, hingga toilet di berbagai titik keramaian.

Lokasi Telaga Ngebel

Danau wisata ini terletak sekitar 30 km arah timur dari pusat Kota Ponorogo. Alamat lengkapnya berada di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63493.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,70 | 27 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini