Beranda Tiket Wisata

BUKIT KABA Tiket Terjangkau Pesona 2 Kawah - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Bukit Kaba : Rp10.000 - Rp15.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Sambirejo, Selupu Rejang, Rejang Lebong, Bengkulu, Indonesia, 39125

Bukit Kaba adalah wisata pendakian yang sangat populer di Bengkulu. Dibandingkan dengan Gunung Patah atau Bukit Kaur tempat ini lebih ramai. Hal itu karena jalur pendakiannya tidak terlalu sulit dan ramah untuk pendaki. Memiliki tinggi 1.952 Mdpl hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam pendakian untuk mencapai puncak.

Di samping ramah pendaki, bukit ini juga memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Pada puncaknya memiliki sebuah kawah dengan airnya berwarna hijau Tosca. Terdapat dua kawah yang ada di puncak Bukit Kaba. Sementara kKawasan hutan di bukit ini pun masih begitu asri dan rindang. Salah satu sebabnya karena hutannya merupakan konservasi Rafflesia Arnoldi.

Harga Tiket Masuk Bukit Kaba

Untuk setiap wisatawan akan dikenai tarif masuk yang sangat murah. Harga tiket meliputi tiket masuk, jasa BUMDes dan asuransi kecelakaan. Ada perbedaan harga antara hari biasa dengan akhir pekan. Selain itu untuk yang datang rombongan lebih dari 10 orang harga tiketnya lebih murah. Untuk wisatawan mancanegara berlaku harga khusus.

Harga Tiket Masuk
KategoriHari BiasaAkhir Pekan/Libur
Wisatawan lokalRp12.500Rp15.000
Rombongan lebih dari 10 orangRp10.000Rp11.000
Wisatawan MancanegaraRp111.500Rp236.500
OjekRp100.000Rp100.000

Baca: 4 Daya Tarik PANTAI PASIR PUTIH Bengkulu

Jam Buka Bukit Kaba

Wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke bukit ini. Basecamp pendakian buka selama 24 jam. Karena jalurnya yang relatif ramah jadi bisa mendaki pagi, siang bahkan malam hari. Namun waktu paling aman untuk mendaki adalah pada pagi atau siang hari saat cuaca cerah.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Sekilas Tentang Bukit Kaba

Pemandangan hijau asri di puncak Bukit Kaba
Pada bagian puncaknya, bukit ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Foto: Gmaps/Tukang Midang

Bukit Kaba sejatinya adalah gunung berapi yang masih aktif. Terlihat dari kawah besar yang masih mengeluarkan asap di puncaknya. Selain kawah hidup ada juga kawah mati di sebelahnya. Kawah mati tersebut justru menjadi favorit. Karena di dalamnya terdapat sebuah air berwarna hijau toska.

Tingginya yang memang hanya 1.952 Mdpl membuat gunung ini lebih populer dengan sebutan bukit. Keindahannya yang luar bisa mampu menarik perhatian wisatawan berbagai daerah termasuk mancanegara.

Baca: BUKIT DAUN Pesona Danau Di Ketinggian

Jalur Ramah Pendaki

Jalur anak tangga yang ada di Bukit Kaba
Sebelum mencapai puncak wisatawan akan melewati puluhan anak tangga. Foto: Gmaps/Imam Wahyudi

Keunggulan yang membuat kawasannya selalu ramai adalah jalurnya yang relatif mudah. Rute pendakiannya tidak terlalu curam sehingga ramah bagi pendaki pemula. Meski begitu untuk melakukan pendakian tetap membutuhkan persiapan fisik serta logistik. Hutannya tidak begitu rapat namun masih sangat terjaga keasriannya.

Jalur pendakian di bukit ini berawal dari jalur setapak tanah khas pedesaan lereng gunung. Di awal perjalanan wisatawan akan menemukan perkebunan milik warga. Pemandangan kebun sayur dan rumah-rumah warga tersusun rapi. Setelah itu wisatawan akan memulai jalur hutan dengan pepohonan tinggi. Kicauan burung dan sesekali suara siamang akan terdengar.

Memang di Bukit Kaba ini banyak Siamang yang hidup di dalam hutannya. Jika beruntung bisa melihatnya bergelantungan di atas pohon. Selain itu di jalur pendakian bukit ini ada sebuah aliran sungai yang cantik. Air dari sungai tersebut sangat bersih dan jernih. Wisatawan bisa menggunakan airnya untuk diminum langsung atau membasuh diri.

Ke Puncak Bisa Naik Ojek

Yang unik dari bukit ini adalah adanya alternatif untuk mencapai puncak dengan cepat. Wisatawan bisa menyewa ojek untuk mengantarkan sampai ke atas bukit. Di wisata ini tersedia dua jalur untuk naik yaitu tanah dan jalur aspal.

Bagi yang tidak kuat untuk mendaki bisa menggunakan jasa ojek ini. Namun bagi penggemar petualangan tentu akan lebih memilih berjalan kaki. Meskipun waktu tempuh lebih lama namun bisa melihat indahnya alam hutan.

Sedangkan bagi yang memilih naik ojek juga tetap harus sedikit mendaki. Karena titik terakhir sebelum menuju puncak jalurnya adalah anak tangga. Ada beberapa puluh anak tangga yang perlu dilewati. Pemandangan kota Bengkulu dan barisan hutan dan bukit akan terlihat dari area jalur anak tangga.

Pesona 2 Kawah

Pemandangan kawah mati di puncak Bukit Kaba
Pesona kawah mati dengan airnya yang berwarna hijau tosca menjadi pesona unik yang sulit ditemui di tempat lain. Foto: Gmaps/Koen Vanhollebeke

Daya tarik utamanya yaitu pesona di atas puncaknya. Sebagai gunung berapi, puncaknya berupa cekungan dengan kawah di dalamnya. Terdapat dua kawah di puncaknya. Yang pertama adalah kawah aktif yang mengeluarkan kepulan asap. Kemudian ada kawah mati yang di dalmnya berisi air berwarna hijau toska. Warna yang tidak biasa tersebut menciptakan keindahan yang luar biasa.

Wisatawan juga bisa turun dan melihat dari dekat keindahan kawah. Jika turun ke bawah bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa. Barisan perbukitan hijau yang mengelilingi kawah sanggatlah memanjakan mata. jika sudah mencapai tempat tersebut sayang jika tidak mengabadikan momen.

Berkemah di Bukit Kaba

Pemandangan pagi hari di camp area
Jika berkemah di tempat ini wisatawan berkesempatan menyaksikan pemandangan lautan awan di pagi hari. Foto: Gmaps/Riski Frederick

Pada sekitar area puncak Bukit Kaba adalah area padang yang sangat luas. Tempat tersebut menjadi spot mendirikan tenda bagi yang ingin berkemah. Bermalam di tempat ini sangat cocok untuk menghilangkan penat serta menyegarkan pikiran. Wisatawan bisa melihat indahnya Rejang Lebong dari ketinggian.

Lampu-lampu kota yang menyala menciptakan keindahan tersendiri. Apalagi jika cuaca cerah pemandangan di area puncak semakin cantik. Gemintang di langit begitu memesona. Momen-momen seperti itu akan jadi kenangan yang tak terlupakan.

Fasilitas Bukit Kaba

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini cukup lengkap. Di basecamp pendakian sudah tersedia area parkir, kamar mandi dan toilet serta mushola. Jalur pendakian pun sangat mudah dan disertai banyak papan petunjuk.

Lokasi Bukit Kaba

Secara administratif wisata alam menakjubkan ini beralamat di Sambirejo, Kec. Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Lokasinya dekat dengan pusat kota. Yaitu berjarak sekitar 11 km dan bisa ditempuh dalam waktu 15-20 menit saja.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 23

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini