Beranda Tiket Wisata

4 Daya Tarik PANTAI PASIR PUTIH Bengkulu - Juni 2021

Pantai Pair Putih Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Lempuing, Ratu Agung, Bengkulu, Bengkulu, Indonesia, -.

Pantai Pasir Putih Bengkulu tidak saja menawarkan area pantai berpasir tapi juga berbagai sarana dan ornamen unik. Sementara areanya sendiri masih bagian dari objek wisata Pantai Panjang. Pada tahun 2019, pantai ini selesai direnovasi menjadi semakin menarik. Taman pantainya merupakan daya tarik utama yang memikat wisatawan. Yuk, intip bagaimana menikmati keindahan pesisir di taman ini.

Tiket Masuk Pantai Pasir Putih

Memasuki ke area pantai ini tidak terdapat tiket masuk. Pengunjung cukup menyiapkan uang untuk membayar parkir jika membawa kendaraan pribadi. Jangan lupa siapkan cukup uang untuk menyantap kuliner di kawasan pantai ini.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukGratis

Baca Juga: Tempat Wisata Menarik di Bengkulu

Jam Buka

Tidak adanya gerbang penyekatan resmi membuat pantai ini selalu terbuka. Wisatawan bisa datang pada jam berapa saja. Pantai ini paling ramai pada saat sore hari menjelang matahari terbenam.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Sore di Pantai Pasir Putih

Landmark pantai pasir putih dengan bentuk unik
Ornamen berkonsep unik sebagai ikon pantai – Foto: Google Maps/Afif Afandi

Di Kota Bengkulu, tak jauh dari pusat kota, terdapat sebuah pantai bernama Pantai Panjang. Sesuai namanya, pantai ini merupakan yang terpanjang di kota tersebut. Dengan garis pantai setidaknya mencapai 7 kilometer dan terdapat beberapa spot wisata.

Salah satunya yang belakangan semakin populer yaitu Pantai Pasir Putih. Areanya menempati area paling ujung selatan Pantai Panjang. Di antara banyaknya pantai bernama ‘Pasir Putih’ di Indonesia, pantai ini punya ciri khas sendiri.

Memang bukan pasir berwarna putih, melainkan sebuah taman. Taman ini terkenal juga sebagai Taman Pasir Putih oleh warga Bengkulu dan sekitarnya. Taman inilah yang semakin melengkapi pantainya sebagai tujuan rekreasi. Wisatawan bisa mendapatkan ruang yang berbeda untuk menikmati suasana pantai di sini.

Koridor Dam

Pemandangan laut lepas dari benteng di pantai pasir putih bengkulu
Benteng pemecah ombak yang juga berfungsi sebagai jalur pedestrian – Foto: Google Maps/Gentra Aditya Putra Ruswanda

Tidak terlalu sulit untuk menemukan lokasi pantai yang berada di pinggir jalan raya ini. Akses masuk utamanya ditandai monumen dari papan kayu bergaya minimalis. Sebelum memasuki area bibir pantai, tampak rumpun pohon cemara dan pinus. Pepohonan ini jadi pembatas antara jalan raya dengan pantainya.

Pantai ini diterjang oleh angin Samudera Hindia yang kencang. Ombak hingga setinggi 3 meter pernah mampir ke bibir pantainya. Untuk mencegah dampak ombak dan laut pasang maka dibangunlah benteng pemecah ombak.

Selain sebagai pemecah ombak, benteng ini juga berfungsi sebagai koridor pantai. Pengunjung dapat memanfaatkannya sebagai jalur pedestrian, jogging track, atau tempat duduk-duduk. Bentuk pemecah ombaknya unik karena menyerupai tumpukan sisik ikan.

Pantai Landai

Delman berhenti di area pantai tepat ketika matahari tenggelam
Menyaksikan matahari terbenam yang memesona – Foto: Google Maps/cah Ngapak

Ada kalanya Pantai Pasir Putih menyuguhkan suasana laut yang tenang. Laut yang surut menampakkan hamparan pasir putih. Bibir pantainya luas dan berhias batuan halus berukuran cukup besar.

Areanya luas serta cukup landai. Pasirnya lembut sehingga sangat cocok untuk lokasi bermain pasir atau ombak. Namun pengunjung perlu berhati-hati ketika laut sedang pasang. Karena ombaknya bisa mencapai dinding benteng dan menyeret siapa saja.

Teras Kayu

Pengunjung bersantai di area teras
Teras kayu adalah sarana yang menambah daya tarik di sekitar pantai – Foto: Google Maps/Adi Haryanto

Beralih dari bibir pantai, terdapat objek yang menarik di sekitar lahan parkir. Yaitu teras kayu setinggi beberapa meter dari tanah. Teras ini dilindungi railing atau pagar dari besi.

Lantainya terbuat dari papan kayu yang tersusun menyerupai koridor. Sejak kemunculannya, teras ini menjadi spot favorit pengunjung. Dari sini, pengunjung bisa mendapat pemandangan laut lepas tanpa penghalang. Terasnya nyaman untuk duduk-duduk menikmati sunset. Keberadaan teras ini memang mendukung kegiatan menikmati sunset.

Pantai yang menghadap ke barat ini menyajikan pemandangan matahari terbenam yang menawan. Pada saat sore hari, wisatawan duduk menyebar di teras hingga benteng untuk menyaksikannya. Selain teras, banyak juga objek dari kayu yang tersebar di sekitar pantai. Di antaranya adalah gazebo dan ornamen dekoratif. Keduanya merupakan spot foto lainnya kesukaan wisatawan.

Kuliner Pesisir

Kios dan kedai yang tersebar di pantai
Lengkapi rekreasi dengan menikmati ragam kuliner lautnya – Foto: Google Maps/DJ Family

Jangan beranjak dari Pantai Pasir Putih tanpa mencicipi kulinernya. Di sepanjang pesisirnya, berbagai jenis makanan dan minuman dijajakan. Kedai tanpa sekat dengan tempat duduk yang tersebar.

Selain itu ada juga yang dibawa berkeliling dengan gerobak atau sepeda dan motor. Kuliner di pantai tentu saja tak jauh dari makanan laut. Kepiting goreng dan pempek panggang adalah beberapa menu pilihan. Masih banyak lagi menu pilihan lainnya menemani selama rekreasi di sini.

Fasilitas Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih memiliki fasilitas area parkir yang cukup luas. Selain itu fasilitas seperti toilet, mushola, kursi-kursi santai serta gazebo. Banyak penjaja makanan dan kedai di sepanjang pantai ini. Berbagai pilihan penginapan dan hotel juga tersedia di sini.

Lokasi Pantai Pasir Putih

Objek wisata pantai ini terletak di Jalan Pariwisata, Kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu. Pantai ini berada di sebelah barat pusat kota. Sangat mudah aksesnya menggunakan transportasi apapun karena kondisi jalannya yang baik dan mulus. Bagi wisatawan dari luar Sumatera, Bengkulu bisa menggunakan pesawat domestik dari Jakarta atau Batam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini