Beranda Tiket Wisata

BUKIT DAUN Pesona Danau Di Ketinggian – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Bukit Daun : GratisJam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Desa Talang Rendah, Nasal, Kaur, Bengkulu, Indonesia, 38374

Kabupaten Kaur yang berada di selatan Bengkulu ternyata memiliki pesona alam yang luar biasa. Barisan perbukitan menghiasi kawasan Kaur, salah satunya adalah Bukit Daun. Meski namanya bukit namun tempat ini lebih tepat disebut gunung. Karena ketinggiannya yang mencapai 2.467 mdpl. Terletak di kawasan hutan lindung yang begitu asri. Hutannya masih sangat rapat dengan berbagai spesies di dalamnya.

Daya tarik utama Bukit Daun adalah keberadaan bunga Raflesia dan Kantung Semar yang semakin langka. Tak hanya itu di kawasan bukit ini ada sebuah danau alami yang cantik. Danau tersebut berada di tengah hutan dengan airnya yang jernih. Pesonanya mengingatkan dengan danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. Jalur pendakian yang masih alami menjadi tantangan tersendiri bagi penggemar petualangan.

Harga Tiket Masuk Bukit Daun

Untuk mendaki ke Bukit Daun wisatawan tidak perlu membayar tiket. Sejauh ini belum ada loket tiket maupun basecamp di jalur pendakian. Wisatawan cukup membayar untuk penitipan kendaraan di rumah-rumah penduduk.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Gratis

Baca: LORONG WATU Tiket Murah Pesona Jaman Purba

Jam Buka Bukit Daun

Tidak ada jam operasional yang berlaku di tempat ini. Wisatawan dapat berkunjung kapan saja. Namun umumnya pendakian mulai pagi hingga sore hari. Berbahaya untuk mendaki di malam hari karena jalur yang masih alami dan tertutup rimbun pepohonan. Selain itu mendakilah saat tidak hujan. Selain berbahaya, ketika hujan bukit ini akan penuh hewan pacet.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Wisata Pendakian Dengan Danau Cantik dan Flora Unik

Danau di puncak Bukit Kaur
Daya tarik wisata ini adalah adanya danau cantik yang berada di puncak bukitnya. Foto: Gmaps/M Farkhan Mubarok

Meski namanya belum begitu populer, namun Bukit Daun menyimpan beragam pesona. Banyak keunikan yang tidak dimiliki gunung-gunung lain di Indonesia. Dari sini bisa melihat langsung keindahan bunga Raflesia hingga kantung semar.

Bagi penggemar aktivitas petualangan khususnya pendakian bukit ini wajib masuk daftar. Jalurnya cukup curam dan sangat menantang. Apalagi vegetasinya yang masih rapat memberikan sensasi pendakian yang berbeda.

Ciri khas dari bukit ini yaitu terdapat danau yang berada tak jauh dari puncaknya. Bernama Danau Telapak Kaki dengan keindahan yang sangat luar biasa. Karena masih alami wisatawan juga akan menemukan jejak dan bekas cakaran hewan liar di pohon-pohon. Hal itu karena bukit ini menjadi habitat satwa liar salah satunya Harimau. Sehingga untuk mendaki lebih baik menggunakan pemandu agar lebih aman.

Baca: Air Terjun Tri Sakti Dilengkapi PLTMH Makin Nyaman

Jalur Mendaki Yang Menantang

Kebun teh yang merupakan gerbang awal pendakian Bukit Daun
Pada awal pendakian wisatawan akan melewati hamparan perkebunan teh yang cantik. Foto: Gmaps/Wita Pinkk

Puncaknya yang berada di ketinggian 2.467 Mdpl menjadikan pendakian di bukit ini membutuhkan perjuangan ekstra. Setidaknya total 3-4 jam perjalanan dari titik awal pendakian hingga sampai ke puncak. pada awal pendakian wisatawan akan langsung disuguhi panorama yang luar biasa. Hamparan perkebunan teh cantik akan menyambut. Udara begitu segar dan wisatawan akan menemui banyak penduduk setempat yang sedang bekerja.

Setelah perjalanan sekitar 1 jam wisatawan akan sampai di selter 1. Tempat ini sekaligus juga menjadi penanda akan memasuki kawasan hutan. Di Selter 1 ada sumber air yang melimpah sehingga bisa untuk minum dan mengisi perbekalan air. Dari selter 1 ke selter 2 akan melewati hamparan hutan unik. Ada aturan unik dari masyarakat setempat. Pendaki wajib untuk mengoleskan lumut ke kening.

Perjalanan dari Selter 1 ke selter 2 sekitar 2 jam. Jalurnya cukup curam dengan vegetasinya yang rapat. Membutuhkan tenaga yang sangat ekstra. Jika sudah tiba di selter 2 pemandangan sudah mulai terbuka. Indahnya kota Kaur sudah bisa terlihat. Dari selter 2 ke puncak diperlukan waktu sekitar 1 jam pendakian.

Flora dan Fauna Menarik

Bila beruntung di perjalanan menuju puncak akan menemukan flora dan fauna menarik. Kawasan Bukit Daun adalah habitat asli dari bunga Raflesia dan Kantung Semar. Tumbuhan-tumbuhan ini cukup tersembunyi.

Sehingga tidak semua wisatawan beruntung menemukannya. Selain itu ada juga berbagai jenis katak unik dengan warna-warna yang mencolok. Suara burung dan monyet akan terdengar bersahut-sahutan. Keanekaragaman yang ada di bukit ini menjadikannya berbeda dengan yang lain.

Indahnya Danau Telapak Kaki

Keindahan di Danau Telapak Kaki
Di Danau Telapak Kaki wisatawan bisa bersantai dan mendirikan tenda. Foto: Gmaps/Danu Andryka

Pesona utama bukit ini adalah danau yang terletak di area puncak. Dengan luas setidaknya 600 meter danau ini menjadi spot untuk mendirikan tenda dan bersantai. Dari kejauhan air dari danau ini berwarna hijau. Namun ketika didekati ternyata sangat jernih.

Menurut cerita asal-usul danau tersebut berasal dari kubangan kawah yang terjadi karena letusan. Bukit daun dipercaya sebagai gunung berapi purba yang sudah lama tidak aktif.

Keindahan danau dengan pepohonan tinggi yang mengelilingi membuatnya mirip seperti Ranu Kumbolo. Wisatawan pun dapat berenang di area tepian danau. Airnya jelas sangat menyegarkan karena berada di pegunungan.

Puncak Bukit Daun

Setelah sampai di puncak, rasa lelah sepanjang pendakian terasa hilang begitu saja. Pemandangan luar biasa terhampar di puncaknya. Pemandangan danau Telapak Kaki terlihat begitu cantik terlihat dari puncak Bukit Daun. Waktu terbaik untuk menikmati pesona di puncaknya adalah pagi hari. di waktu tersebut wisatawan akan disuguhi pemandangan matahari terbit.

Fasilitas Bukit Daun

Fasilitas yang tersedia memang masih sangat minim. Beruntung di jalur pendakiannya sudah ada selter dan sumber mata air yang sangat membantu wisatawan. sementara untuk yang membawa kendaraan bisa menitipkan ke rumah penduduk setempat. Karena memang belum ada tempat parkir. Begitu pun dengan kamar mandi, wisatawan bisa menggunakan miliki penduduk. Para penduduk sangat ramah dan sudah terbiasa menerima tamu pendaki.

Lokasi Bukit Daun

Bukit ini beralamat di Desa Talang Rendah, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur. Dari pusat kota berjarak sekitar 50 Km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 23

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini