Beranda Tiket Wisata

COBAN KETHAK Tiket & Pesona September 2022

0
Harga Tiket Masuk Coban Kethak : Rp10.000Jam Buka: 08.00-16.00No Telp: -Alamat: Dusun Pait Utara, Desa Pait, Kesambon, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65393

Coban Kethak bisa menjadi pilihan wisata air terjun di Malang. Air terjunnya memang tidak terlalu besar tapi punya keunggulan tersendiri. Menawarkan nuansa alam yang masih asri serta udara yang terasa sejuk. Selain itu lokasinya hanya sekitar 30 meter dari jalan raya sangat mudah dijangkau.

Selain air terjunnya tersedia pula beberapa wahana foto dan permainan bagi anak-anak. Bahkan ada gazebo dan panggung untuk perhelatan berbagai acara. Untuk itu, tempat ini cocok menjadi destinasi wisata murah, khususnya masyarakat Malang.

Harga Tiket Masuk Coban Kethak

Coban Kethak termasuk destinasi wisata alam dengan harga yang terjangkau. Wisatawan tidak perlu merogoh kocek yang besar untuk liburan ke sini. Harga tiket masuk sudah termasuk fasilitas di dalamnya. Jadi, wisatawan tidak perlu membayar lagi untuk menikmati fasilitas yang ada.

Harga Tiket Masuk Coban Kethek
Setiap Hari/orangRp10.000
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000

Baca: COBAN RONDO Tiket Terjangkau Salah Satu Air Terjun Populer di Malang

Jam Buka Coban Kethak

Kawasan wisata air terjun buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00-16.00

Wisata Coban Kethak

Coban Kethak resmi berdiri sebagai tempat wisata pada tahun 2014 oleh Pemerintah Kabupaten Malang. Air terjun ini sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan wisatawan. Fasilitas yang ada di tempat ini bisa digunakan secara gratis.

Berkemah di Air Terjun

camping ground coban kethak
Coban Kethak menyediakan area untuk Camping Ground. Foto: Instagram/@coban.kethak

Bagi yang suka berkemah area sekitar air terjun ini bisa menjadi pilihan. Pihak pengelola memang menyediakan area digunakan untuk wisatawan yang ingin kemah. Apalagi dengan suasana sejuk dan asri di sekitar lokasi sangat mendukung acara berkemah.

Untuk berkemah di sini, wisatawan bisa membawa peralatan kemah sendiri seperti tenda, sleeping bag, kompor, dan yang lainnya. Hal ini di karena tidak ada penyewaan di lokasi. Di samping itu, ada baiknya juga membawa kebutuhan pribadi termasuk makanan. Meskipun menjadi tempat wisata, namun warung makan atau kantin belum begitu banyak.

Baca: COBAN RONDO Malang Tiket & Aktivitas

Arena Bermain Anak-anak

Arena bermain yang ada di Coban Kethak
Wahana permainan yang tersedia untuk anak-anak. Foto: Google Maps/Wayan Mahmudy

Meskipun tergolong wisata alam, namun Coban Kethak juga menyediakan arena bermain untuk anak-anak. Arena untuk bermain ini tidak terlalu luas. Dengan beberapa permainan untuk anak-anak.

Beberapa wahana permainan yang ada seperti beragam bentuk ayunan hingga mainan untuk melatih kekuatan kaki dan tangan. Wahana permainan di sini memang sedikit, namun bisa menghibur anak-anak kecil ketika ikut bersama orang tuanya.

Baca: COBAN RAIS Tiket & Wahana

Suasana Alam Asri

Tempat wisata khas perhutani di Coban Kethak
Coban Kethak menyediakan tempat wisata khas hutan dengan pepohonan hijau yang rimbun di lokasi. Foto: Google Maps/ Irkhas Saifulloh

Jika ingin berwisata alam, coba datang ke Coban Kethak yang memiliki udara sejuk. Sejuknya udara disebabkan karena lokasinya berada di perhutanan dengan pemandangan alam asri. Deretan pepohonan rimbun termasuk pohon bambu dengan beragam tanaman seperti pucuk merah, lidah mertua, hingga rumput-rumput liar mendukung keasrian lokasi.

Dulu memang hanya berupa hutan. Saat menjadi tempat wisata tentunya banyak yang sudah di ubah seperti jalur pejalan kaki. Di tempat ini, akses jalan sudah banyak yang di paving, mulai dari pintu masuk hingga ke air terjun. Namun, masih ada juga jalan yang berupa tanah dan bebatuan. Hal itu tidak mengurangi keasrian dari tempat wisata ini.

Baca: COBAN PELANGI Tiket & Aktivitas

Adanya Spot-spot Foto Kekinian

Spot foto di Coban Kethak
Sayap kupu-kupu termasuk salah satu spot foto yang ada di Coban Kethak dengan pemandangan air terjun. Foto: Instagram/@coban.kethak

Coban Kethak memiliki wahana-wahana sebagai spot foto wisatawan. Spot-spot ini dihiasi benda-benda sebagai pendukung hasil foto yang dipotret. Beberapa wahana spot foto kekinian seperti bingkai sayap kupu-kupu, bingkai berbentuk simbol love dengan hiasan bunga. Kemudian ada gardu pandang hingga teras buatan dengan pembatas pagar kayu.

Selain wahana foto, wisatawan juga bisa memanfaatkan keindahan air terjun untuk foto. Bebatuan dan tebing berwarna cokelat kehitaman di padukan dengan derasnya aliran air yang turun tentunya menghasilkan foto menarik. Belum lagi, di sekitar air terjun tumbuh tanaman-tanaman merambat yang semakin mendukung sebagai spot untuk foto.

Baca: COBAN JAHE Malang Tiket & Ragam Aktivitas

Berendam Di Air Terjun

Air terjun Coban Kethak
Bebatuan berbentuk wajah singa di air terjun Coban Kethak. Foto: Google Maps/ Ahmad Huda

Aliran air terjun ini berasal dari Sungai Lanang yang bermuara hingga ke Kediri. Tinggi air terjun ini sekitar 25 m dengan satu keanehan namun nyata. Hal itu menjadi daya tarik yang membedakannya dari air terjun lain.

Keanehan tersebut terletak pada bebatuan atas yang menyerupai wajah seekor singa. Jadi, aliran air terjun yang turun ke bawah terlihat seperti surai-surai singa yang lebat. Karena hal itulah ari terjun ini juga terkenal dengan nama Coban Singo Edan atau Grojogan Singo. Apalagi, kepala singa merupakan simbol masyarakat Malang yang di sebut Aremania atau Arek-arek Malang.

Aliran air terjun sendiri ini tidak terlalu deras, namun ada larangan mandi di bawah air terjun. Wisatawan hanya diperbolehkan untuk bermain air seperti merendam kaki maupun turun ke air untuk sekedar foto di depan air terjun.

Wisata Kuliner Buah Durian

Pedagang durian Coban Kethak
Sepanjang jalan menuju lokasi banyak ditemui pedagang buah durian. Foto: Google Maps/Handoko Hendowo

Kawasan Coban Kethak banyak ditumbuhi tanaman durian. Apalagi desa yang menjadi tempat wisata merupakan salah satu desa penghasil durian. Beberapa jenis durian yang ada di coban ini seperti Jingga, Gentaru, Ori, dan Wingit.

Wisatawan yang berkunjung ke coban ini bisa membeli durian khas Kesambon untuk oleh-oleh. Pedagang-pedagang durian bisa ada di sepanjang jalan utama antara Batu dan Kediri.

Bahkan, wisata ini pernah mengadakan pesta perayaan durian dengan peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur. Dalam pesta tersebut, panitia menyediakan buah durian asli Desa Pait, lokasi Coban Kethak.

Fasilitas

Tidak hanya fasilitas utama, Coban Kethak juga di lengkapi dengan fasilitas pendukung seperti toilet, parkir luas, musala, gazebo, hingga panggung hiburan. Semua fasilitas tersebut untuk mendukung kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

Alamat Coban Kethak

Air terjun ini terletak di perbatasan Malang dan Kediri. Lokasinya berada di Dusun Pait Utara, Desa Pait, Kecamatan Kesambon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65393. Untuk informasi lebih lanjut seperti reservasi sebuah acara bisa menghubungi di nomor 085655709390 atau 0813 3355 9297.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini