Beranda Tiket Wisata

COBAN PELANGI Tiket & Ragam Aktivitas Wisata - November 2019

Tgl. Update:Selasa, Oktober 1, 2019
Coban Pelangi Harga Tiket: Rp6.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Dusun Ngadas, Ngadas,Poncokusumo,Malang,Jawa Timur,Indonesia,65157.

Air terjun Coban Pelangi merupakan objek wisata alam yang berlokasi di Desa Gubuk Klakah, Kabupaten Malang. Air Terjun ini dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang. Dinamakan Air Terjun Coban Pelangi karena di air terjun ini sering terjadi fenomena munculnya pelangi.

Air terjun ini memiliki curahan air mencapai ketinggian 110 meter. Selain itu, kawasan air terjun ini dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dengan suhu udara mencapai 19°C – 23°C disarankan membawa pakaian penghangat atau jaket jika berkunjung ke Air terjun ini.

Harga Tiket Coban Pelangi

Berwisata ke air terjun ini pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam. Karena harga tiket masuk yang ditawarkan juga sangat murah. Selain itu biaya lain yang peru dikeluarkan adalah untuk parkir jika membawa kendaraan.

Harga Tiket Masuk Coban Pelangi
Tiket MasukRp10.000
ParkirRp5.000 – Rp10.000

Baca: Coban Rondo Malang Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Kawasan wisata air terjun ini buka setiap hari. Waktu paling tepat berkunjung ke sini pada siang hari. Dimana saat waktu tersebut wisatawan bisa berpeluang melihat pelangi yang muncul di sekitar air terjun.

Jam Buka Kawasan Air Terjun
Setiap Hari08.00 – 17.00

Ragam Aktvitas Wisata di Coban Pelangi

Wisatawan yang datang ke air terjun ini selain akan disuguhkan pemandangan alam yang indah juga beraga aktivitas. Memang aktivitas utamanya adalah bermain di air terjun. Namun tidak jauh dan masih dalam satu kawasan air terjun terdapat berbagai aktivitas. Berikut beberapa diantaranya.

Pesona Pemandangan Air Terjun

air terjun coban pelangi
Kawasan wisata air terjun/coban Pelangi Malang. Foto: Google Maps/Syamsul Arifin

Perjalanan dari pintu masuk menuju ke air terjun ini berkisar 1 km. Pengunjung harus sangat berhati-hati karena jalanan yang curam dan licin terutama di musim hujan. Untuk sampai di air terjun, pengunjung akan melewati jembatan bambu yang ikonik di Coban Pelangi. Jembatan bambu ini juga sering digunakan sebagai latar foto.

Baca: Coban Rais Tiket & Ragam Wahana

Pengunjung juga bisa bermain air sekitar 50 meter dari air terjun. Pihak pengelola wisata tidak mengijinkan berenang di dekat air terjun. Dikarenakan arus yang kencang dari air terjun yang cukup berbahaya.

Berkemah di Sekitar Coban Pelangi

berkemah di kawasan coban pelangi
Berkemah juga menjadi aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung. Foto: Google Maps/Ndayungadventure

Selain menikmati air terjun, pengunjung dapat berkemah di kawasan air terjun Coban Pelangi. Tempat wisata ini menyewakan area khusus untuk berkemah serta peralatan kemah. Hal ini sangat memudahkan wisatawan jika tidak mau repot membawa sendiri perlengkapan kemping.

Karena dingin-nya udara malam di area wisata ini, sangat disarankan untuk membawa jaket. Selain itu bagi wisatawan yang berkemah juga agar tetap memperhatikan kebersihan area kemping.

Baca: COBAN TALUN Tiket & Wana Wisata

Naik kuda

Selain berkemah dan melihat air terjun, pengunjung juga bisa naik kuda. Kuda yang disewakan di sini bisa ditunggangi selama 30 menit untuk satu kali sewa. Tarif-nya juga relatif terjangkau.

Keamanan saat berkuda di area wisata ini tidak perlu diragukan. Karena kuda yang ada di sini sudah jinak. Selain itu setiap wisatawan yang menunggang kuda juga akan ditemani oleh pawang. 

Menunggang kuda ini bisa menjadi solusi bagi pengunjung yang kelelahan namun masih ingin berkeliling kawasan air terjun.

River Tubing

Bagi yang belum mengenal tubing, aktivitas ini adalah aktivitas bermain air di sungai dengan menggunakan ban karet. Di wisata air terjun Coban Pelangi ini, tersedia aktivitas tubing. Aktivitas ini dilakukan di sungai kecil yang ada di area air terjun.

Untuk ikut kegiatan ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Aktivitas tubing berbeda dengan rafting. Jika rafting dilakukan satu tim dalam satu perahu, tubing dilakukan sendiri-sendiri dalam satu ban karet. Pengunjung perlu untuk saling berpegangan tangan satu sama lain agar bisa seimbang.

Baca: Labirin Coban Rondo Tiket & Aktivitas

Rafting

arung jeram di dekat coban pelangi
Aktivitas arung jeram yang berlokasi tidak jauh dari air terjun. Foto: Google Maps/arlex-mardiyansyah

Siapa yang tidak mengenal aktivitas rafting? Aktivitas yang memacu adrenalin ini juga tersedia di wisata air terjun Coban Pelangi. Aktivitas ini dilakukan di sungai yang berbeda dari tubing. Sungai tempat melakukan rafting berseberangan dengan sungai untuk tubing.

Biasanya untuk bermain rafting ini durasinya kira-kira 30 menit. Cukup menantang untuk para pemula yang ingin tahu dan mencoba olah raga ini. Untuk harga hanya dikenakan biaya tersendiri yang cukup terjangkau. Satu tim bisa untuk 4-5 orang.

Melihat Pelangi

Di air terjun Coban Pelangi, pengunjung tidak hanya bisa melihat air terjun tetapi juga pelangi. Pelangi terjadi karena adanya pembiasan cahaya. Oleh karena itu, siang hari adalah waktu yang tepat jika ingin melihat pelangi di air terjun ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah jam 10.00-14.00 dimana matahari sedang bersinar terang. Juga disarankan agar datang pada saat musim panas supaya pelangi bisa terlihat jelas.

Fasilitas

Untuk fasilitas di tempat wisata ini sudah lengkap, seperti : Toilet umum, Musala, tempat makan, toilet khusus untuk mandi, dan Gazebo. Sedangkan untuk infrastruktur akses juga sudah lumayan bagus. Terdapat jalur jalan setapak menuju air terjun.

Lokasi Coban Pelangi

Tempat wisata air terjun Coban Pelangi berada di desa Gubukklakah kecamatan Poncokusumo, Malang. Air terjun ini masih merupakan satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Letaknya hanya sekitar 2 km dari desa Gubukklakah.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.