Coban Rais Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 07.00 - 15.00 No. Telepon: - Alamat: Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo,Batu,Batu,Jawa Timur,Indonesia,65316.

Coban Rais identik dengan air terjunnya yang jatuh dari sela-sela bebatuan padas setinggi 70 meter. Air terjun ini berada di lereng Gunung Panderman dengan ketinggian sekitar 1.150 mdpl. Berlokasi di Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu, sekitar 25 km dari Kota Malang.

Air Terjun ini menawarkan panorama pegunungan dan udara yang sejuk alami. Sebelumnya, tempat ini bernama Coban Sabrangan yang berarti jika hendak ke air terjun ini harus menyebrangi 14 sungai. Wisata ini telah dikembangkan dan dilengkapi dengan berbagai wahana seru dan menarik.

Harga Tiket Masuk Coban Rais

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun ini pengunjung akan dibebankan biaya tiket. Harga tiket masuk yang ditawarkan relatif murah dan masih terjangkau.

Harga tiket masuk Coban Rais
Senin – MingguRp10.000

Baca: Coban Rondo Malang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Coban Rais

Kawasan wisata air terjun dibuka untuk umum setiap hari. Mulai dari pagi hingga sore hari. Tidak ada perbedaan jam buka antara hari biasa dan akhir pekan.

Waktu operasional
Senin – Minggu 07.00 – 15.00

Aktivitas dan Wahana

Air Terjun Coban Rais
Coban Rais bisa menjadi pilihan wisata alam bagi penyuka wisata air terjun. Foto: Google Maps/Tintonadi Nugroho

Coban Rais yang sejak awal terkenal dengan air terjunnya, kini semakin mengembangkan diri. Wisatawan selalu tampak memadati area wana wisata yang berada di Kota Batu ini.

Bukan hanya menawarkan keeksotisan air terjunnya, namun juga spot yang instragamable. Banyaknya tempat keren dan unik, membuat objek wisata ini banyak diminati wisatawan. Lebih dari 35 spot foto dapat dinikmati dengan keunikannya masing-masing.

Baca: Coban Talun Tiket & Wana Wisata

Berbagai wahana menarik pun telah tersedia. Seperti Sepeda Terbang, Flying Fox, Hammock Tower, Batu Flower Garden, dan banyak lainnya. Setiap spot memiliki latar pemandangan alam yang indah.

Trekking Santai Ke Air Terjun

trekking santai di kawasan coban rais
Objek wisata Coban Rais menawarkan aktivitas lengkap, salah satunya jalan santai di sekitar kawasan air terjun. Foto: Google Maps/Arjono PTA

Untuk sampai ke lokasi air terjun Coban Rais, wisatawan harus menyusuri jalur trekking terlebih dahulu. Aksesnya terbilang cukup menantang, cocok untuk wisatawan berjiwa petualang. Dari loket masuk, jarak tempuhnya sekitar 1 jam menyusuri perbukitan dan sungai.

Kondisi alamnya masih asri dengan udara yang benar-benar segar. Wisatawan juga melewati Batu Flower Garden yang dipenuhi taman bunga serta berbagai spot berfoto. Kera-kera liar tak jarang menampakkan diri bergelayutan di dahan pohon.

Baca: Taman Selecta Malang Tiket & Aktivitas

Rimbunnya semak belukar dan keindahan lanskap pegunungan tersaji selama perjalanan. Riuhnya suara burung-burung dan serangga hutan memberi efek relaksasi bagi wisatawan. Mendekati titik kawasan objek wisata suara derasnya air terjun sudah bisa terdengar dari kejauhan.

Menikmati Keindahan Air Terjun

keindahan air terjun coban putri
Di sekitar Coban Rais, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Coban Putri. Foto: Google Maps/Ika Widjaja

Pada sebelah kiri jalan arah menuju air terjun, terdapat sebuah bukit yaitu Bukit Gumuk. Dari bukit ini, wisatawan dapat menikmati indahnya pemandagan Kota Malang dan sekitarnya. Bukit Gumuk berjarak sekitar 600 meter dari pintu masuk.

Setibanya di tujuan, wisatawan akan disambut curahan air terjun setinggi yaitu 20 meter. Air terjun ini terletak di ketinggian sekitar 1.025 mdpl di lereng Gunung Panderman. Panorama alamnya yang indah membuat banyak wisatawan mengantre untuk berswafoto.

Pesona Air Terjun Coban Rais

panorama ketinggian air terjun coban rais malang
Coban Rais merupakan wisata alam yang memiliki air terjun dengan ketinggian 20 meter.
Foto : Instagram/novtianafisah

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 1025 m dpl di lereng Gunung Panderman.  Aliran airnya mengalir melewati perbukitan sejuk menghijau.

Awalnya ‘coban’ ini bernama Coban Sabrangan karena untuk ke sini harus menyebrang 14 sungai. Hawa di sekitar air terjun ini segar dan dingin.

Bermain Air

Berada di dataran tinggi membuat air terjun Coban Rais memiliki suhu lebih dingin. Wisatawan dapat berenang dan bermain air di kolam alami yang terbentuk oleh curahan air terjun.

Air terjun dengan curahan air yang besar ini sangat jernih namun airnya sangat dingin. Bagi wisatawan yang tidak tahan dingin, cukup menikmati panorama di sekitar dari tepian kolam.

Baca: Labirin Coban Rondo Tiket & Aktivitas

spot wisata tersebut memang diperuntukkan bagi generasi milenial, yang belakangan memiliki hobi berbagi pengalaman berwisata melalui foto-foto yang diunggah melalui sosial media. Tak heran, jika dalam sekejap kawasan wisata ini pun mulai digandrungi wisatawan.

Batu Flower Garden dan Bukit Bulu Coban Rais Malang

Batu Flower Garden Coban Rais
Batu Flower Garden Coban Rais. foto: instagram/batuflowergarden

Selain wisata air terjunnya, di sini juga memiliki Bukit Bulu dan Batu Flower Garden. Lokasinya masih di kawasan wana wisata ini dengan jarak sekitar 30 menit dari area parkir jalan kaki.

Sesuai namanya, Batu Flower Garden merupakan taman dipenuhi bunga warna-warni yang indah. Inilah yang menarik wisatawan beramai-ramai mengambil foto di taman ini.

Baca: Batu Flower Garden Tiket & Wahana

Di sini terdapat banyak spot foto kekinian. Seperti Bukit Bunga, Pinus, Ayunan, Love, dan wahana I Love U. Tersedia juga Sepeda Gantung, Hammock, dan banyak spot menarik lainnya.

Spot Foto I Love U

sejak awal 2017 lalu, kawasan wisata ini mulai bersolek dengan membuat beberapa spot wisata ramah kamera. kawasan ini memang menyuguhkan sederetan spot wisata yang terbilang romantis.

Salah satunya adalah spot foto ‘I Love U’yang merupakan ikon dari wisata Coban Rais. Lokasinya berada di atas sebuah lembah yang bersebelahan dengan taman Bukit Bulu. Selain romantis, wisatawan pun dapat menikmati sensasi menikmati udara sejuk khas pegunungan Bukit Bulu.

Spot ini menjadi spot swafoto favorit bagi wisatawan yang datang ke sini. Banyak wisatawan rela mengantre untuk mendapatkan foto unik di spot ini.

Hujan Salju

wahana hutan salju
Hujan Salju menawarkan zona khusus dengan ornamen pendukung untuk mendapatkan gambar foto berkualitas di Coba Rais Malang.
Foto : Instagram/emiy_maiy02

Coban Rais memiliki satu zona khusus yang merupakan kawasan putih ‘bersalju’. Meski di kawasan hutan tropis, khusus ‘Hujan Salju’ ini wisatawan merasakan bagai di luar negeri. Di spot foto ini terdapat juga rumah Eskimo lengkap dengan pekarangan dipenuhi tumpukan salju.

Pihak pengelola sudah menyiapkan pakaian, kaos tangan tebal, dan topi pelindung untuk wisatawan. Dengan ornamen-ornamen yang ada, foto yang diambil di spot ini menghasilkan gambar yang berkualitas.

Wahana Sepeda Udara

wahana sepeda udara atau sky-bike
Wisatawan dapat mencoba bersepeda di ketinggian dengan menaiki wahana Sepeda Gantung.
Foto : Instagram/my_name_is_rew_part_2

Mengayuh sepeda di atas angin sambil menikmati pemandangan bukit memberi tantangan tersendiri. Wahana Sepeda Udara merupakan salah satu spot aktivitas pemacu adrenalin wisatawan yang ada di tempat wisata ini.

Sepeda udara ini juga dapat digunakan secara berdampingan. Hal ini mendukung pengambilan foto bagi wisatawan yang berpasangan.

Taman Hammock

Hammock camp yang disebut sebagai Taman Hammock menyediakan flying hammock dengan latar Flower Garden. Di sini, wisatawan akan dipandu oleh kru BFG Hammock dengan peralatan standar internasional.

Terdapat berbagai pilihan wahana hammock yang tersedia bagi wisatawan. Seperti Hammock Tower, Hammock Garden, Flying Hammock, Spider Hammock, dan Triangle Hammock Tower.

Wahana Taman Hammock
Wahana Taman Hammock memberikan berbagai pilihan bagi wisatawan.
Foto : Instagram/batuflowergarden.cobanrais

Berkemah

Coban Rais merupakan tujuan wisata alam yang juga dilengkapi dengan area bumi perkemahan. Lantaran memiliki panorama alam menantang, Di kawasan ini pun kerap menjadi lokasi pilihan untuk berkemah. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan penggemar petualangan alam bebas.

Di kawasan ini juga terdapat jalur pendakian ke puncak Panderman yang cocok untuk pendaki pemula. Areanya berselimut udara dingin dengan suasana yang masih segar alami.

Fasilitas

Di lokasi wisata Coba Rais sudah terdapat beberapa fasilitas umum bagi wisatawan. Seperti toilet, area parkir, dan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Di sekitar pintu masuk banyak dijual berbagai oleh-oleh dan makanan khas Jawa Timur. Banyak hidangan yang direkomendasikan seperti Rawon, Bakso Malang, hingga Tahu Campur.

Lokasi Wisata Coban Rais

Wana wisata ini terletak di kaki gunung Panderman, masih satu lokasi dengan kantor penyiaran BatuTV dan TVRI. Tepatnya di Jalur Lingkar Barat No 8, Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur 65316.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here