Beranda Tiket Wisata

DANAU KACO Tiket, Legenda, Misteri dan Pesona Juni 2023

0
Danau Kaco Harga Tiket Masuk : Rp15.000-Rp150.000. Jam Buka : 24 jam. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Jambi, Indonesia, 37173.

Danau Kaco di Taman Nasional Kerinci Seblat destinasi wisata yang menakjubkan di Jambi. Kekayaan alam kawasannya bahkan telah mendapat pengakuan sebagai warisan UNESCO.

Danau yang merupakan habitat dari 370 jenis burung dan 4.000 jenis tumbuhan. Letak danaunya memang di pelosok hutan dan agak sulit menjangkaunya. Hal inilah yang membuat kawasannya bagaikan permata tersembunyi.

Pesonanya bagaikan keajaiban alam yang mengundang decak kagum. Air danau sangat jernih berwarna biru kehijauan atau terkenal dengan sebutan warna cyan.

Meskipun danaunya tidak luas, namun bagian tengah danau lumayan dalam. Perkiraan kedalaman Danau Kaco adalah sekitar 40 meter.

Harga Tiket Masuk Danau Kaco

Kini ada sebuah loket pembayaran tiket yang telah berdiri sejak tahun 2021. Pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat adat setempat. Wisatawan baik domestik ataupun mancanegara wajib membayar tiket masuk.

Tiket Masuk Danau Kaco Per Orang
Domestik Rp15.000
Turis Manca Negara Rp150.000

Baca: GUNUNG KERINCI Wisata Gunung Berapi Tertinggi Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka

Obyek wisata Danau Kaco buka setiap hari untuk pengunjung. Wisatawan boleh berada di kawasan danau selama seharian penuh.

Namun karena letaknya di tengah hutan, maka jam kunjungan wisatawan sebaiknya tidak sampai malam. Hal itu untuk alasan keselamatan sebab di tengah hutan tidak ada penerangan.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Daya Tarik Wisata Danau Kaco Jambi

Air Danau Kaco yang jernih hijau kebiruan
Jernihnya air danau yang berwarna hijau kebiruan. Foto: google maps/Ahmad Mustain

Daya tarik destinasi wisata Danau Kaco terletak pada kecantikan permukaan air yang sebening kaca. Keasrian danaunya tetap lestari di tengah hutan Desa Lempur.

Meskipun aksesnya sulit, tetapi tetap mengundang rasa penasaran untuk mengunjunginya. Berikut ini adalah sejumlah daya tariknya.

Legenda Misteri Danau Kaco

Ada mitos melegenda yang berkembang dari masyarakat sekitar Danau Kaco. Bahwa dahulu hidup seorang putri cantik yang menjadi rebutan para lelaki.

Sang ayah bernama Raja Gagak yang tamak meminta syarat harta benda kepada semua lelaki. Lalu para lelaki itu menyerahkan harta berupa intan berlian kepada Raja Gagak.

Namun sebenarnya Raja Gagak sudah jatuh cinta kepada putrinya sendiri. Sehingga membawa kabur sang putri bersama seluruh harta intan berlian.

Setelah menodai putrinya, kemudian semua harta dan putri ditenggelamkan ke danau. Itulah yang membuat orang-orang meyakini Danau Kaco memancarkan cahaya berlian yang Raja tenggelamkan.

Baca: DANAU SIPIN Tiket Gratis Banyak Aktivitas Menarik

Danau Eksotis

Pesona eksotis danau kaco
Suasana di sekitar danau. Foto: google maps/Fredy Kurniawan

Warna air danau sangat menarik yaitu biru kehijauan dan terlihat eksotis. Kejernihan air membuat hal apa pun yang ada di dalamnya terlihat jelas.

Nama Kaco berarti kaca, nama itu tercetus karena air danau memancarkan kilau cahaya bagai kaca. Danau yang berada pada ketinggian 2.543 Mdpl ini memiliki air yang dingin dan menyegarkan.

Pemandangan danau semakin eksotis dengan adanya batang pohon mati yang tumbang ke dalam danau. Kemurnian danau ini sangat menggugah keinginan wisatawan untuk dapat berenang di dalamnya. Batang pohon yang masuk ke air bisa menjadi pijakan bagi pengunjung yang berenang.

Baca: DANAU SIPIN Tiket Gratis Banyak Aktivitas Menarik

Aura Mistis Danau Kaco Bersinar di Malam Hari

Konon Danau Kaco akan bersinar dalam kegelapan malam hari. Terutama saat bulan purnama, airnya akan memancarkan cahaya. Sekeliling danau yang merupakan semak dan pepohonan turut menambah kesan mistis. Namun terlepas dari aura mistisnya, danau ini merupakan tujuan wisata yang seru.

Menjadi Lokasi Berkemah

Setiap malam pergantian tahun, masyarakat akan berbondong-bondong datang ke danau. Masyarakat mengadakan acara kesenian di tempat tersebut beramai-ramai.

Banyak pula dari mereka yang kemudian berkemah. Danau yang bersinar saat purnama membuat pengunjung yang berkemah tidak memerlukan penerangan tambahan.

Sedangkan pengunjung yang tertarik untuk berkemah perlu membawa tenda camping serta perlengkapan masing-masing. Karena di sekitar belum ada penyewaan tenda untuk wisatawan.

Baca: JAMBI PARADISE Tiket & Wahana Seru

Danau Menjadi Habitat Ikan Semah

Ikan Semah satwa endemik Kerinci
Ikan Semah satwa endemik Kerinci. Foto: google maps/HendiSyahputra

Danau ini merupakan habitat dari beragam jenis ikan air tawar. Pengunjung bisa melihat gerombolan ikan yang berenang dengan lincah bahkan dari permukaan danau.

Terdapat spesies ikan Semah yang hanya ada di Kerinci. Serta merupakan salah satu satwa endemi Kerinci. Ikan Semah merupakan kerabat dari spesies ikan Mas.

Pengunjung bisa berenang bersama ikan-ikan yang hidup di danau. Ikan-ikan tersebut akan mengikuti ketika pengunjung berenang. Pengunjung bisa juga bermain dan memberi makan ikan-ikan.

Baca: ATHAYA GARDEN Tiket & Beragam Wahana Tematik

Trekking Menuju Ke Danau Kaco

Perjalanan ke Danau Kaco memang cocok bagi yang hobi menjelajah alam dan trekking. Karena untuk sampai ke tepi danau pengunjung akan berjalan melintasi jalan setapak di tengah hutan.

Waktu untuk trekking menghabiskan 2 hingga 3 jam dari parkiran menuju ke danau. Bila takut tersesat maka dapat menyewa guide (masyarakat lokal) dengan memberi upah sesuai kesepakatan.

Jalur menuju ke danau cukup melelahkan juga perlu banyak tenaga. Sehingga wisatawan yang ingin datang, wajib memiliki kondisi tubuh yang fit.

Medan sangat menantang, saat hujan jalanan akan berlumpur. Sebaiknya membawa perbekalan makanan dan minuman saat trekking, sebab tidak ada pedagang di danau.

Spot Foto Bawah Air

Menyelam mencoba kedalaman Danau Kaco
Menyelam mencoba kedalaman danau. Foto: google maps/kho willi

Berfoto saat berenang di Danau Kaco bisa sangat Instagramable. Lebih baik lagi, pengunjung membawa Underwater Camera. Jadi, bisa melakukan sesi foto menyelam di bawah air. Makin indah bila ada pemandangan ikan-ikan yang tertangkap lensa kamera.

Fasilitas

Danau Kaco bisa dikatakan belum mempunyai fasilitas memadai. Namun sudah memiliki dua shelter yang dibangun untuk pengunjung beristirahat. Selain itu masyarakat sekitar yang ramah menyediakan fasilitas guiding (pemandu).

Lokasi Danau Kaco

Danau eksotis ini berlokasi di Dusun Baru Lempur, Kec. Gn. Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi. Dari Pusat Kota Jambi ke danau cukup jauh menghabiskan waktu sekitar 10 jam. Karena jaraknya sekitar 378 km. Jika dari Bandara Depati Parbo ke Desa Lempur berjarak 33,6 km atau 59 menit.

Ulasan Pembaca
4.9 / 5. dari 25 Berikan Nilai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini