Beranda Tiket Wisata

Danau Singkarak Harga Tiket & Ragam Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Danau Singkarak : Rp10.000Jam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Jl Singkarak, X Koto Singkarak, Solok, Sumatera Barat, Indonesia, 27356

Sumatera memiliki danau terbesar kedua setelah Danau Toba, yaitu Danau Singkarak. Lokasinya berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Danau ini begitu luas, yang terbentuk karena peristiwa tektonik. Dan menjadikannya danau indah yang layak dikunjungi untuk berwisata.

Pemandangannya begitu menawan, dengan perbukitan dan hijaunya pepohonan. Berbagai aktivitas dan wahana permainan pun tersedia siap untuk dicoba selama berkunjung ke sini. Wisatawan juga dapat mencoba ikan Bilih, yang endemi hanya ada di Danau Singkarak. Di sini juga langganan acara internasional Tour De Singkarak, yang diikuti oleh peserta dari seluruh dunia.

Harga Tiket Masuk Danau Singkarak

Objek wisata ini menetapkan tarif masuk yang sangat terjangkau. Di samping itu, ada juga biaya parkir yang juga terjangkau untuk tiap kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp10.000
Tarif Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: DANAU MANINJAU Tiket & Aktivitas

Jam Buka Danau Singkarak

Objek wisata ini dibuka sepanjang hari. Namun umumnya wisatawan akan datang di pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Terpukau dengan Keindahan Danau Singkarak

Pemandangan Danau Singkarak yang Memukau
Pemandangan Danau Singkarak yang Memukau. Foto: Gmap/Ridwan Napit

Danau Singkarak merupakan danau terbesar kedua di pulau Sumatera. Luasnya mencapai 108 kilometer persegi, yang membentang di Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Danau ini terbentuk karena adanya aktivitas tektonik dari dalam tanah. Yang mana dulu hanya seluas 3 kilometer, namun seiring berjalannya waktu semakin bertambah, dan kemungkinan masih bisa meluas.

Danau ini memiliki peran yang penting bagi warga sekitar. Di mana airnya berguna sebagai pengairan lahan pertanian, serta dimanfaatkan untuk pembangkit listrik (PLTA). Airnya dialirkan melalui terowongan yang menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak. Selain itu, tentunya danau ini menjadi lokasi pariwisata terkenal yang turut meningkatkan ekonomi warga.

Pemandangannya sendiri begitu memesona, dengan airnya yang tampak jernih dan tenang. Pepohonan di sekitarnya turut menyumbangkan warna hijau yang cantik dan menyegarkan. Tak lupa, jajaran pegunungan yang ada di sekeliling danau, membuatnya semakin tampak menawan. Yang mampu memukau siapa pun yang memandangnya.

Baca: HARAU DREAM PARK Tiket & Wahana

Berfoto di Spot Fotogenik

Danau Singkarak memiliki pemandangan alam yang mengagumkan. Ini dapat dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto. Apalagi, ada spot-spot unik yang sayang jika terlewat begitu saja. Misalnya spot rel kereta api tua yang sudah tidak lagi aktif.

Dari rel kereta api ini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang danau serta pegunungan. Bahkan, rumah-rumah penduduk sekitar pun tampak di depan perbukitan. Membuat hasil foto lebih autentik dan begitu cantik. Apalagi di pagi hari, ketika kabut tipis masih menghiasi kawasan sekitarnya.

Jangan lewatkan juga berfoto di depan ikon Danau Singkarak. Sebuah papan bertuliskan “Danau Singkarak Geopark”, yang menjadi tanda telah berkunjung ke danau ini. Bahkan, bagi wisatawan yang sedang melintas di jalan pun dapat berhenti sejenak untuk berfoto. Karena berada di pinggir jalan raya, membuat perjalanan tentu tidak membosankan.

Baca: Lawang Park Agam Tiket & Aktivitas

Lokasi Lomba Balap Sepeda Internasional

Selain Tour de Singkarak, Bersepeda biasa juga dapat dilakukan
Selain Tour de Singkarak, Bersepeda biasa juga dapat dilakukan. Foto: Gmap/Hari Hermawan

Di Danau Singkarak, rutin berlangsung perlombaan balap sepeda Tour de Singkarak antara bulan April hingga Juni. Awalnya lomba ini diadakan pada tahun 2009, dan hingga kini tetap rutin digelar setiap tahunnya. Pesertanya tak hanya dari Indonesia, tapi juga luar Indonesia. Bahkan, Amaury Sport Organization, pihak yang bertanggung jawab atas Tour de Singkarak, juga turut berpartisipasi.

Balapan ini terbagi menjadi 7 etape yang yang berbeda. Di mana rutenya melewati tepi pantai, pegunungan, dan tentunya Danau Singkarak salah satunya. Bagi penggemar olahraga sepeda, tentu dapat mengikuti acara bergengsi ini. Bagi yang tidak ikut, wisatawan juga dapat menonton balapan ini dari tepi danau.

Baca: Gunung Marapi Tiket & Jalur Pendakian

Memancing dan Menikmati Kuliner Khas Danau Singkarak

Ikan Bilih bisa juga untuk Oleh-oleh
Ikan Bilih bisa juga untuk Oleh-oleh. Foto: Gmap/Toko Ikan Bilih Dan Sanjai Akbar

Aktivitas lain selama berada di danau adalah memancing. Bagi wisatawan yang suka memancing, ini merupakan kesempatan yang baik. Karena di danau ini memiliki ikan-ikan yang sehat dan besar. Tentu akan sangat puas jika berhasil mendapatkannya.

Jika tidak ingin memancing, wisatawan pun bisa langsung menikmati kuliner khas danau. Di mana banyak berdiri warung-warung yang menyediakan kuliner khas. Salah satunya adalah masakan khas dari ikan Bilih. Ikan Bilih merupakan ikan endemik yang hanya hidup di Danau Singkarak. Memiliki ukuran kecil dengan sisik berwarna perak.

Ikan ini diolah dengan berbagai masakan, misalnya gulai ikan Bilih. Atau digoreng kering dengan tepung dan diguyur dengan sambal yang nikmat. Lebih nikmat jika disantap dengan nasi hangat di tepi danau. Uniknya lagi, ikan ini apabila dipelihara selain di Danau Singkarak, tidak akan bertahan hidup.

Berkeliling Danau dengan Kapal

Berkeliling Danau dengan Kapal
Berkeliling Danau dengan Kapal. Foto: Gmap/Ady Yandra

Wisatawan dapat menikmati pemandangan indah perairan danau dengan menaiki kapal. Hanya tinggal menuju dermaga tempat bersandar kapal-kapal ini. Kemudian menyewa kapal dengan durasi per jam. Kemudian wisatawan bisa berkeliling kawasan danau yang indah ini.

Suasana sejuk dan pemandangan indah akan mengiringi selama perjalanan. Jangan lupa mengabadikan momen ini. Apalagi jika berkeliling dengan pasangan, suasana romantis sangat terasa selama di atas kapal.

Berenang di Danau Singkarak

Danau ini terbilang sangat dalam, memiliki kedalaman mencapai 268 meter. Meski begitu, wisatawan yang ingin berenang tetap diperbolehkan. Hanya saja hanya pada daerah di tepian danau, tidak boleh ke tengah danau. Di samping itu, hanya perenang yang sudah mahir saja yang boleh berenang.

Lokasi Danau Singkarak

Wisata danau ini berlokasi di Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini