DANAU MANINJAU Tiket, Jam Buka dan Aktivitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Danau Maninjau: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: -, Tanjung Raya, Agam, Sumatera Barat, Indonesia, -

Siapa yang tidak tahu Danau Maninjau di Sumatera Barat? Salah satu latar lokasi yang masuk dalam cerita trilogi Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Danau ini tergambar memiliki suasana alam yang tenang dan kerap kali menjadi sumber inspirasi. Suasananya yang teduh memberikan kenyamanan bagi siapa pun yang mengunjunginya.

Terdapat banyak cara untuk menikmati danau ini. Selama perjalanan pengunjung sudah dapat menikmati keindahan danau di kelok 44. Kemudian di bagian timur terdapat wisata paralayang di kawasan Lawang Park untuk menikmati keindahan danau dari atas. Nah, di bagian bawah para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan ekosistem danau.

Harga Tiket Wisata Danau Maninjau

Untuk memasuki area wisata bisa menggunakan beberapa pintu. Hingga saat ini, tidak ada tiket masuk yang berlaku. Objek wisata ini cocok bagi para pelancong yang mencari hiburan dengan biaya minimalis. Pengunjung yang datang hanya perlu menyiapkan retribusi untuk parkir kendaraan.

Baca: Tempat-tempat wisata menarik di Agam Sumbar

Jam Buka Danau Maninjau

Kawasan wisata danau ini terbuka untuk umum. Belum adanya badan pengelolaan wisata secara utuh, berpengaruh juga terhadap jam kunjungan wisata. Saat ini, pengunjung dapat bebas berwisata di sini sepanjang waktu.

Waktu-waktu terbaik untuk menikmati Maninjau yaitu pada saat pagi hari dan saat matahari terbenam. Pantulan cahaya matahari pada permukaan danau memberikan kesan harmonisasi alam. Lain cerita ketika pengunjung ingin memancing, waktu terbaik adalah ketika malam hari.

Ragam Aktivitas dan Keindahan Danau Maninjau

Bentang alam danau maninjau dikelilingi perbukitan hijau
Bentang alam danau maninjau dikelilingi perbukitan hijau. Foto: Google Maps/ aquirina putri

Danau ini memang sudah terkenal dari dulu keindahannya. Areanya yang sejuk berpagar perbukitan menambah keelokan panorama. Selain area danau, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas wisata. Mulai dari memancing hingga wisata kuliner. Berikut beberapa di antaranya.

Baca: NGARAI SIANOK Bukittinggi Tiket & Ragam Aktivitas

Memancing

Danau Maninjau terkenal sebagai tempat budidaya ikan dengan Keramba Jaring Apung (KJA). Di sini sangat cocok untuk menjadi spot memancing. Tangkapan ikan yang meruah disertai ukuran ikan yang relatif lebih besar.

Dominasi ikan yang didapat oleh para pemancing adalah ikan Nila dan ikan Mas. Namun sejak pandemi COVID-19 menerpa, pemerintah sementara waktu melarang wisata memancing di danau yang indah ini.

Menikmati Tapian Panyinggahan Maninjau

Objek wisata Tapian Panyinggahan Maninjau terletak di tepi danau, Jorong Kubu Baru, Nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Tepian ini cocok untuk menikmati pemandangan danau dari bawah. Terdapat gazebo untuk menikmati suasana di pagi dan sore hari. Riak air danau juga memberikan ketenangan bagi pengunjung yang membutuhkan inspirasi.

Mengunjungi Museum Buya Hamka

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka
Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka menghadap Danau Maninjau – Foto: Google Maps/Syah Ejaz

Di Danau Maninjau terdapat Museum Kelahiran Buya Hamka. Ia adalah seorang filsuf, ulama, dan sastrawan. Museum ini selesai replikasinya pada tahun 2001 mengikuti wujud asli dari bangunan asalnya.

Baca: Wisata FORT DE KOCK Tiket & Ragam Aktivitas

Banyak peninggalan dan dokumentasi sepanjang hidup Buya Hamka. Dari sekian banyak foto, terdapat  satu foto yang paling menarik hati. Yaitu foto lautan manusia yang menghantarkan Buya Hamka ke peristirahatan terakhir.

Bermain di Linggai Park

Landmark Linggai Park yang merupakan objek wisata keluarga
Landmark Linggai Park yang merupakan objek wisata keluarga – Foto: Google Maps/ Haryo Budi G

Salah satu spot favorit para pengunjung Danau Maninjau adalah Linggai Park. Linggai park menawarkan konsep wisata keluarga. Area ini sudah terdapat fasilitas tempat parkir, toilet, dan area main anak. Selain landmark besar bertuliskan Linggai, terdapat banyak taman bunga yang dapat menjadi latar swafoto.

Wisata Kuliner

Ikan Rinuak Kuliner khas Danau Maninjau
Ikan Rinuak kuliner khas Danau Maninjau – Foto: Google Maps/ Fauzan Helmy

Saat ini, pemda sedang berusaha mengoptimalkan potensi wisata yang dapat dikembangkan di sekitar danau. Banyak penduduk lokal yang menawarkan kuliner khas Danau Maninjau. Menu yang ditawarkan berasal dari ikan-ikan yang berada di danau. Salah satu yang terkenal adalah ikan Rinuak. Kudapan lezat disajikan dengan bumbu rempah khas masyarakat minang.

Fasilitas yang Tersedia

Tersedia fasilitas yang cukup lengkap di sekitar danau. Fasilitas umum seperti musala, toilet, area parkir, dan taman bermain banyak tersedia. Warung-warung makan warga lokal juga siap mengisi perut para pengunjung.

Di sekitar danau juga terdapat banyak penginapan. Mulai dari yang kelas ekonomis sampai penginapan mewah dan sangat nyaman. Harganya juga beragam tergantung masing-masing fasilitas yang tersedia.

Akses & Lokasi Danau Maninjau

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Posisinya berada 140 km sebelah utara Ibu Kota Sumatera Barat. Danau ini berada di ketinggian 461,5 mdpl dengan luas danau mencapai 99,5 km2.

Jika ingin berwisata ke sini, datanglah menggunakan transportasi pribadi. Hal tersebut mengingat belum tersedianya transportasi umum yang memadai.

Pengunjung yang berasal dari Bukittinggi dapat melintasi jalur Kelok 44. Durasi waktu perjalanan Bukittinggi ke Danau Maninjau kurang lebih dua jam. Pengunjung yang berasal dari arah Kota Padang dapat menempuh jalur pesisir Pariaman. Lama waktu tempuhnya kurang lebih 3,5 jam.

Ulasan Pembaca

4.8 - 52 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *