PUNCAK GAGOAN Biaya Masuk & Daya Tarik April 2024

  • Harga Tiket Masuk Puncak Gagoan: Rp3.000 - Rp10.000
  • Jam Buka: 07.00–17.30 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Nagari Paninggahan, Junjung Sirih, Solok, Sumatera Barat, Indonesia, 27388

Puncak Gagoan merupakan sebuah situs geologi yang memiliki keunikan tersendiri. Kawasannya berupa bukit dengan ketinggian mencapai 750 Mdpl. Dari sini terlihat bentangan hutan Bukit Barisan serta terdapat pula panorama Danau Singkarak. Puncak ini juga dibatasi oleh dua sungai yang airnya terlihat sangat jernih.

Berdiri di puncak bukit ini, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan alam yang teramat indah. Meskipun curam serta tinggi, tetapi banyak yang ingin menaklukkan bukit tersebut. Apalagi di atas bukitnya, banyak spot berfoto yang Instagramable. Juga cocok bagi para pemburu sunset dan sunrise.

Biaya Masuk Puncak Gagoan

Perihal biaya harga tiket masuk, tidak perlu khawatir karena harganya cukup terjangkau. Bila membawa kendaraan maka ada tarif parkir yang dikenakan untuk pengunjung. Harga karcis parkir juga relatif murah, sehingga liburan di sini tidak menguras dompet.

Biaya Masuk Puncak Gagoan
Tiket MasukRp10.000
Parkir motorRp3.000
Parkir mobilRp5.000

Jam Buka

Tempat rekreasi Puncak Gagoan buka setiap harinya untuk wisatawan. Jam operasional dari pengelola adalah sejak pagi hingga sore. Sebaiknya pengunjung pulang sebelum gelap (malam) sebab di puncak bukit pastinya belum tersedia penerangan.

Jam Buka
Setiap hari07.00–17.30 WIB

Daya Tarik Wisata Puncak Gagoan

Hal menarik yang bisa wisatawan temukan yaitu hamparan padang ilalang. Area hijau tersebut terhampar sangat luas dengan ilalang setinggi lutut. Selain itu pemandangan alam sekelilingnya tampak bagai lukisan. Membuat pengunjung betah berlama-lama memandangi panorama dari puncak bukit.

Pemandangan Alam Menakjubkan

Area perbukitan ini sangat gagah dan kini menjadi obyek wisata menakjubkan. Letaknya yang berada di ketinggian, membuat pengunjung bisa melihat pemandangan Bukit Barisan. Pemandangan alamnya sangat asri dan alami.

Melihat ke bawah bukit, pengunjung akan menyaksikan pepohonan yang sangat rimbun. Karena di bawah kawasannya merupakan kawasan hutan lindung. Hutan tersebut merupakan kawasan konservasi Bukit Barisan, salah satu paru-paru Pulau Sumatera.

Aktivitas Hiking Seru

Hiking dari tempat parkir tidak terlalu tinggi dan ada talinya. Mendaki dari bawah membutuhkan waktu kisaran 15 menit. Meskipun tak terlalu tinggi mesti berbekal stamina yang fit karena akan cukup menguras tenaga. Sampai di puncaknya, rasa lelah akan hilang, karena pemandangan yang seindah itu.

Pemandangan Danau Singkarak

Pemandangan Danau Singkarak dari Puncak Gagoan
Pemandangan Danau Singkarak dari puncak bukit. Foto: google maps/Vebri Siswanto

Danau Singkarak merupakan danau terluas ke dua di Sumatera yakni 107,8 km2. Karena predikat danau terluas yang pertama dipegang oleh Danau Toba. Danau yang terbentuk dari proses tektonik itu memiliki cekungan yang besar. Air danau mengalir melalui Sungai Ombilin dan alirannya menembus Bukit Barisan.

Jarak dari Danau Singkarak ke Puncak Gagoan yakni sejauh 7,9 Kilometer. Namun tidak perlu datang langsung ke Danau Singkarak demi menikmati keindahannya. Karena dari puncaknya danau yang cantik itu bisa terlihat secara jelas.

Kejernihan Aliran Sungai

Ada dua perairan sungai yang melintasi kawasannya yang berasal dari bukit lain. Sungai tersebut mempunyai kejernihan air yang luar biasa. Keberadaan sungai tersebut menjadi sumber air untuk kehidupan warga sekitarnya. Air sungainya dipergunakan oleh pihak PDAM untuk dialirkan ke rumah warga.

Sabana Luas

Sabana yang luas di Puncak Gagoan
Sabana yang luas. Foto: google maps/betrawh 04

Di Puncak Gagoan, pengunjung akan dimanjakan dengan padang rumput sabana yang luas. Sabana tersebut ditumbuhi rumput ilalang yang tingginya selutut orang dewasa. Pemandangannya terlihat semakin indah ketika rerumputannya melambai-lambai tertiup angin.

Sabana juga bisa menjadi lokasi camping yang bagus. Lahan kosong tersebut akan bisa menampung banyak tenda. Namun jika ingin berkemah di sabana, pengunjung harus membawa peralatan kemah sendiri. Karena pihak pengelola belum menyediakan fasilitas penyewaan tenda.

Spot Foto Menarik

Spot foto menarik di Puncak gagoan
Spot foto menarik. Foto: google maps/MP BERBAGI

Puncak Gagoan mempunyai banyak lokasi foto bagus, sampai bisa membuat pengunjung kehabisan gaya. Pengunjung bisa berfoto di batu cadas pinggiran bukit dengan latar belakang hutan hijau. Sehingga foto akan terlihat sangat eksotis. Namun jika ingin berfoto di pinggir tebing, tetap harus berhati-hati karena tidak ada pembatas.

Bisa juga berfoto di padang rumput yang luas. Namun bila ingin berekreasi di di area padang rumput, sebaiknya pagi atau sore. Karena saat siang hari, matahari yang terik akan membuat pengunjung kepanasan. Sebab di tempat tersebut terbilang jarang ada pohon untuk tempat berteduh.

Tempat Berburu Sunset dan Sunrise

Menikmati suasana sunset dan sunrise di area perbukitan
Puncak Gagoan cocok untuk berburu sunset dan sunrise. Foto: google maps/Twin Chan

Puncak Gagoan terkenal sebagai tempat untuk menyaksikan mentari terbit sekaligus tenggelam. Tenggelamnya matahari di puncak ini berlangsung mulai pukul jam 18.00 WIB. Artinya jika ingin melihat sunset, pengunjung harus datang sebelum jam tersebut. Pemandangan sunset terlihat sangat indah dari atas bukit.

Bila hendak melihat sunrise, pengunjung bisa kemah atau menginap di lokasi ini. Matahari terbit di Puncak Gagoan terjadi pada jam 06.00 WIB. Maka supaya mendapatkan momen tepat menyaksikan matahari terbit, pengunjung harus datang sebelum 06.00 WIB.

Fasilitas Puncak Gagoan

Wisata Puncak Gagoan tampaknya minim fasilitas sebab masih sangat alami. Namun pengelola telah menyediakan tali untuk naik ke puncak bukit, dan ada parkiran kendaraan. Bila ingin mengisi perut tersedia warung dengan harga normal.

Lokasi & Jalan Menuju Puncak Gagoan

Puncak Gagoan berlokasi di Nagari Paninggahan, Kec. Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sumatera Barat 27388. Dari Kota Padang ke bukit ini berjarak 76,8 km. Bila menempuhnya menggunakan kendaraan akan memakan waktu sekitar 2 jam 19 menit. Sementara dari Kota Solok berjarak 25,3 km atau 54 menit.

Pengunjung bisa mencapai lokasi mengendarai mobil atau motor sampai di atas sebelum naik bukit. Namun harus selalu berhati-hati karena jalannya lumayan curam. Jalan menuju tempatnya lumayan agak sulit, tetapi bisa menanyakan ke penduduk sekitar.

Berikan Rating

4.8 - 27 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *