Beranda Tiket Wisata

GUA RANGKO Labuan Bajo Tiket & Aktivitas - Desember 2020

Gua Rangko / Rangko Cave
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: Waktu Terbaik 12.00 - 14.00 No. Telepon: - Alamat: Tj. Boleng,Boleng,Manggarai Barat,Nusa Tenggara Timur,Indonesia,-.

Indonesia tidak hanya kaya akan pantai dan gunungnya, tapi juga Gua-Guanya. Ada Gua alami serta Gua buatan, yang mana dulu digunakan untuk persembunyian ketika perang. Gua alami pun ada yang terletak dekat dengan laut, sehingga memiliki sumber air di dalamnya. Seperti halnya Rangko Cave, atau Gua Rangko, yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Membicarakan Gua, pasti terbayang dengan tempat yang sempit dan gelap. Pengap dengan banyak kelelawar yang berterbangan. Namun, definisi itu tidak berlaku di gua ini. Karena, tempat ini justru menjadi surga tersembunyi dengan kolam alami di dalamnya.

Harga Tiket Masuk Gua Rangko

Gua Rangko letaknya cukup terpencil, sehingga belum banyak wisatawan yang datang. Pemerintah pun tidak banyak menyediakan fasilitas di sini. Namun, tarif masuk tetap ada. Selain itu, pengunjung juga harus naik kapal menuju mulut Gua.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 10.000
Sewa perahuRp 300.000 pulang pergi

Baca: Tempat Wisata Menarik di Pulau Komodo

Jam Buka Gua Rangko

Gua Rangko belum menerapkan jam operasional secara resmi. Namun, tentu waktu yang tepat adalah ketika siang hari, karena sinar matahari dapat menembus Gua. Sehingga, keindahan Gua dapat terlihat dengan sangat jelas.

Jam Operasional
Setiap hariWaktu terbaik 12.00-14.00 WITA

Menyusuri Keindahan Gua Rangko

Indahnya Perpaduan Stalagtit Stalagmit dan Kolam Biru di Goa Rangko
Indahnya Perpaduan Stalagtit Stalagmit dan Kolam Biru. Foto: Gmap/Baktiar Sontani

Gua Rangko bukanlah Gua yang penuh dengan kelelawar, lembab karena tanah, dan pengap. Justru, Gua ini memiliki keindahan alami berupa kolam yang airnya berwarna biru. Masih banyak stalaktit dan stalagmit alami yang tergantung di Gua. Yang mana menjadi ciri khas Gua ini.

Uniknya, stalagtit dan stalagmit di Gua ini terus bertambah. Yang mana juga menambah keunikan Gua ini. Di sini, pengunjung tidak hanya dapat menyusuri Gua, tapi juga berenang. Karena, kolam yang ada di Gua ini aman untuk digunakan berenang.

Baca: BUKIT CINTA Labuan Bajo Bentang Alam Memukau

Berenang di Kolam Alami Gua Rangko

Pengunjung dapat Berenang Mengapung di Kolam
Pengunjung dapat Berenang Mengapung di Kolam. Foto: Gmap/Ricky Istiady

Gua Rangko masih sepi oleh pengunjung, yang mana juga dikenal sebagai Gua Buaya. Lokasinya tidak jauh dari laut, sehingga air laut dapat masuk melalui mulut dan rongga Gua. Sehingga, kolam di sini merupakan perpaduan antara air laut dengan mata air di dasar kolam. Meski begitu, kadar garam di sini lebih tinggi sehingga air kolam terasa asin.

Meski terhubung ke laut, kolam ini tidak serta merta beriak karena ombak. Justru, kolamnya begitu tenang dan menenangkan, apalagi airnya sangat jernih dan berwarna biru. Pengunjung dapat berenang bebas di atasnya, karena lokasinya cukup luas. Namun, sebaiknya hanya pengunjung yang sudah ahli saja yang berenang di sini.

Hal ini dikarenakan, kolam memiliki kedalaman 3 hingga 4 meter. Sehingga jika belum lancar berenang, tentu akan kesulitan dan dikhawatirkan tenggelam. Ketika berenang, pengunjung dapat mengapung dengan sendirinya seperti ketika berenang di laut mati. Untuk menambah keseruan, pengunjung dapat melakukan lombat tebing ke dalam kolam karena kolamnya yang dalam.

Baca: BATU BOLONG TN Komodo Ragam Keindahan Bawah Laut

Menikmati Indahnya Stalagtit dan Stalagmit

Stalagtit dan Stalagmit di Goa Rangko
Stalagtit dan Stalagmit di Gua Rangko. Foto: Gmap/Dhyan Abdu

Menengadah ke atap Gua, pengunjung dapat melihat indahnya stalaktit yang menggantung dan runcing di bawahnya. Di dinding bagian bawah Gua juga terdapat stalagmit yang begitu mempesona. Warnanya cokelat kekuningan, cerah apabila terkena sinar matahari. Perpaduan warna stalagtit dan stalagmit ini sangat pas dengan birunya kolam.

Di dalam Gua, pengunjung tidak akan bertemu dengan kelelawar. Sehingga, tidak perlu was-was dan takut ketika masuk. Bau kotoran kelelawar pun tidak akan mengganggu, hanya bau air laut yang menyegarkan memenuhi ruangan. Pancaran sinar matahari menjadi cahaya alami yang menerangi dalam Gua.

Itulah mengapa, waktu yang tepat berkunjung ke sini adalah di siang hari. Yaitu antara pukul 12.00 hingga 14.00 WITA. Di waktu ini, Gua dalam keadaan yang terang, kecuali jika mendung atau hujan. Terangnya Gua juga membantu pengunjung untuk mendapatkan hasil jepretan foto lebih indah.

Bermain di Pantai Pulau Gusung

Bibir Pantai di depan Goa Rangko
Bibir Pantai di depan Gua Rangko. Foto: Gmap/agung Kidman

Gua Rangko terletak di Pulau Gusung. Pulau ini berupa gumuk pasir yang memanjang, dengan pasir putih yang menyembul di permukaan. Di kanan kiri pasir terdapat lautan biru yang begitu jernih. Sebelum atau sesudah memasuki Gua, pengunjung dapat bermain di sini.

Keunikan pantai ini dapat menjadi spot foto yang begitu indah. Pengunjung dapat berfoto, berjemur, atau bermain air di sekitaran pasir. Di siang hari, pantai ini sangat terik karena tidak ada pepohonan yang menaungi. Sehingga, jangan lupa menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

Di dalam Gua tidak diperbolehkan makan dan minum. Karena dikhawatirkan sampah akan berserakan dan mengotori Gua. Oleh karena itu, pengunjung dapat menikmati perbekalan di pantai ini sambil menikmati pemandangan. Namun tetap, bawa kembali sampah dan buang di tempat yang semestinya.

Fasilitas

Area wisata gua ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah. Oleh karena itu, fasilitas yang tersedia pun belum memadai. Sehingga, pengunjung harus mempersiapkan sendiri perlengkapan yang dibutuhkan. Seperti makanan dan minuman, serta obat-obatan.

Lokasi Gua Rangko

Objek wisata gua ini terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Dapat ditempuh dari Labuan Bajo menuju Desa Rangko. Sampai di Desa Rangko, pengunjung dapat menyewa kapal dengan waktu tempuh 45 menit menuju Gua.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini