Beranda Tiket Wisata

BUKIT CINTA Labuan Bajo Bentang Alam Memukau - Juli 2020

Bukit Cinta Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Labuan Bajo,Komodo,Manggarai Barat,Nusa Tenggara Timur,Indonesia,-.

Alam memang tidak pernah bohong akan keindahan yang dimilikinya. Seperti kehidupan, alam pun tidak berwujud lurus tanpa lika-liku. Yang mana, lika-liku itulah yang menjadikan alam semakin indah. Seperti jajaran bukit hijau yang terbentuk di Bukit Cinta, Manggarai Barat, NTT.

Labuan Bajo tidak hanya identik dengan lautan saja, tapi juga perbukitan. Bukit Cinta ini juga disebut sebagai Bukit Sylvia. Keindahannya begitu memanjakan mata karena masih sangat asri. Di sekelilingnya pun terdapat lanskap pemandangan yang begitu indah.

Harga Tiket Masuk Bukit Cinta

Objek wisata ini begitu menawan, tapi sangat terjangkau. Tidak seperti tempat indah lain yang mematok harga mahal. Bahkan, pengunjung dapat memilih tempat ini sebagai tempat kencan romantis yang murah. Namun begitu berkesan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: Objek Wisata Menarik di Nusa Tenggara Timur

Jam Buka

Objek wisata ini tidak menerapkan jam operasional khusus. Pengunjung bisa datang kapan saja ke sini. Namun, waktu yang tepat berkunjung adalah ketika sore hari, saat matahari terbenam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menyaksikan Keindahan dari Bukit Cinta

Pemandangan Indah dari Puncak Bukit Cinta
Pemandangan Indah dari Puncak Bukit Cinta. Foto: Gmap/Arjan Rijkers

Bukit Cinta atau Bukit Sylvia, adalah jajaran bukit yang dipenuhi oleh rumput hijau. Di musim hujan, perbukitan ini tampak hijau oleh rumput yang memenuhi seluruh permukaan. Seperti karpet alam yang lembut memenuhi permukaan lantai. Mengikuti alur naik turun bukit, membuatnya tampak indah.

Di sisi timur, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan lautan yang begitu luas. Airnya sangat jernih dengan ombak yang cukup tenang. Deburannya samar-samar terdengar bagaikan alunan alam yang menenangkan. Ditambah lagi, desiran rerumputan yang terbawa angin, menambah merdu irama alam ini.

Di sini cukup panas di siang hari, karena hanya ada hamparan rumput tanpa pepohonan. Oleh karena itu, disarankan untuk memakai kacamata hitam dan topi di siang hari. Untuk menghalau panas supaya tidak langsung mengenai tubuh.

Baca: Tempat-tempat Wisata Menarik di Sekitar Pulau Komodo

Trekking di Bukit Cinta

Ketika berada di sini, sayang jika tidak menuju ke puncak Bukit Cinta. Karena dari sini, Labuan Bajo akan tampak sangat jelas dan mempesona. Perbukitan dengan rumput yang hijau menghampar tampak begitu menenangkan mata. Begitu juga lautan yang akan tampak sangat jelas dilihat dari puncak.

Di sini juga telah tersedia jalur trekking. Berupa jalur setapak kecil yang masih beralaskan tanah. Dari kejauhan, jalur ini tampak seperti ular yang meliak liuk. Berwarna hitam diantara rerumputan hijau di sekitarnya.

Sebenarnya, bukit ini tidak terlalu tinggi. Hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk mencapai puncaknya. Namun, tentu stamina harus bagus karena perjalanan menuju bukit cukup melelahkan. Jika tidak sanggup mendaki puncak, tidak masalah berfoto di kaki bukit karena pemandangannya pun indah.

Menyaksikan Romantisnya Matahari Terbenam

Pemandangan Matahari Terbenam dari Bukit Cinta
Pemandangan Matahari Terbenam dari Bukit Cinta. Foto: Gmap/Teddy NS

Bukit Cinta adalah spot yang sangat indah untuk menyaksikan matahari terbenam. Dari puncak bukit, pengunjung dapat melihat indahnya matahari yang perlahan turun ke peraduan. Turun seolah tenggelam di balik lautan yang luas. Menyisakan siluet oranye yang berpendar ke segala penjuru.

Momen ini begitu romantis, apalagi disaksikan tepat di puncak bukit. Tentunya, akan semakin berkesan disaksikan bersama orang tersayang. Atau bersama kawan-kawan untuk mengukir momen membahagiakan. Jika ingin menyendiri pun, momen tersebut juga tepat karena membawa kedamaian bagi siapapun yang memandang.

Untuk menyaksikan matahari terbenam, pengunjung dapat mulai mendaki sejak pukul 17.00 WITA. Karena, matahari akan mulai terbenam pada pukul 17.30 WITA. Di waktu ini, langit Nusa Tenggara Timur masih cerah. Dan ketika menuruni bukit pun belum terlalu gelap meskipun matahari telah terbenam.

Spot Foto dan Properti Foto

Siluet Mentari Terbenam di Ufuk Barat
Siluet Mentari Terbenam di Ufuk Barat. Foto: Gmap/Yosua Michael Maranatha

Bukit Cinta adalah tempat yang tepat untuk berfoto-foto. Banyak spot yang bisa dijadikan objek foto. Di area bukit dengan pemandangan bukit, atau dengan latar belakang lautan. Terlebih, banyak lalu lalang kapal yang menambah semarak suasana lautan.

Saat matahari terbenam juga menjadi waktu yang tepat untuk berfoto. Dengan latar belakang matahari terbenam, akan menghasilkan siluet yang mengesankan. Apalagi diambil dengan angel yang tepat.

Supaya lebih indah, pengunjung juga dapat menggunakan properti foto. Seperti kain songket misalnya, yang membuatnya akan terlihat khas Nusa Tenggara. Topi atau aksesoris lain juga dapat membangun foto supaya lebih indah.

Tips Aman dan Nyaman Mendaki Bukit Cinta

Hijaunya Pemandangan dari Bukit Cinta
Hijaunya Pemandangan dari Bukit Cinta. Foto: Gmap/Panachai Korsawatworakun

Meskipun medan bukit tidak seperti gunung, namun alangkah baiknya gunakan alas kaki yang nyaman. Jangan menggunakan sandal jepit atau alas kaki bersol rata. Perjalanan menuju puncak bukit berpasir dan cukup terjal. Gunakanlah sepatu gunung atau sepatu yang nyaman supaya tidak tergelincir.

Kawasan bukit memang hijau dan indah, namun di siang hari sangatlah panas. Kenakanlah topi untuk menghalau sinar matahari ke wajah. Pengunjung juga disarankan mengenakan kacamata hitam untuk menutup wajah supaya tidak panas. Sehingga lebih nyaman berfoto di bukit ketika siang hari.

Fasilitas di Bukit Cinta

Kawasan ini belum dilengkapi dengan fasilitas umum. Hanya lahan parkir saja di bagian bawah bukit. Untuk perbekalan, pengunjung dapat membawa sendiri makanan dan minuman. Tapi yang penting harus membawa kembali sampah dan membuangnya di tempat sampah.

Lokasi Bukit Cinta

Kawasan wisata perbukitan ini berlokasi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Berada tidak jauh dari pusat kota, wisata bukit hijau ini bisa ditempuh dalam waktu 15 menit berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini