PULAU KELOR Tiket & Daya Tarik April 2024

  • Harga Tiket Masuk Pulau Kelor: Rp5.000 - Rp600.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Pasir Putih, Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 86763

Pulau Kelor Labuan Bajo dengan luas hanya 28 Hektar adalah suatu daratan kecil yang keberadaannya dekat Labuan Bajo, NTT. Pemandangan alamnya sangat khas dan wisata baharinya sangat menarik. Tempat ini memiliki spot snorkeling yang spektakuler serta menjadi favorit wisatawan. Karena kaya akan biota laut dan jenis ikan yang hidup di dalamnya beraneka ragam.

Kawasan wisata pulau ini berada di bawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Manggarai Barat. Di samping pantai serta lautan yang cantik, pulau ini juga mempunyai bukit kecil. Keberadaan bukit tersebut sangat pas untuk kegiatan trekking atau pendakian kecil. Kemudian dari puncak bukit, pengunjung akan melihat panorama yang luar biasa.

Harga Tiket Masuk Pulau Kelor

Bisa dikatakan kalau HTM ke Pulau Kelor tidak terlalu mahal, bahkan bisa dikatakan murah. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu menurut ketentuan dari pihak pengelola.

Bila tidak mau ribet, pengunjung dapat ikut paket open trip yang sudah banyak tersedia. Biasanya paket pariwisata tersebut telah mencakup beberapa pulau di sekitaran Labuan Bajo.

Harga
Tiket MasukRp5.000
Paket Open Trip Labuan BajoMulai dari Rp600.000

Baca: LABUAN BAJO: 5 Aktivitas Wisata Terbaik

Jam Buka

Pulau Kelor buka setiap hari dan sepanjang hari. Akses ke pulaunya ini terbuka setiap saat. Sehingga wisatawan bisa datang ke sini kapan saja. Untuk wisata dengan paket open trip, biasanya kapal akan berangkat setiap hari.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Daya Tarik Wisata Pulau Kelor Labuan Bajo

Terdengar dari namanya, Pulau Kelor di NTT serupa dengan Pulau Kelor Kepulauan Seribu Jakarta. Akan tetapi perbedaannya di Kepulauan Seribu terkenal memiliki pariwisata bersejarah masa kolonial. Sedangkan pulau yang di NTT ini murni menawarkan panorama alam yang asri.

Suasana Seperti Pulau Privat

Pesona Pulau Kelor
Sajian pemandangan birunya lautan berlatar perbukitan hijau. Foto: google maps/Wiwin Lukman Febrianto

Pulau ini amat pas, bila pengunjung suka dengan lokasi yang cukup sepi serta damai. Sebab belum ramai pengunjung yang mengenal pulau kecil ini.

Mayoritas pengunjung lebih mengetahui dan mengenal Pulau Komodo saja sebagai tujuan populer Labuan Bajo. Meskipun begitu, indahnya Pulau Kelor juga patut diperhitungkan.

Ketika sampai di daratan pulau ini, wisatawan akan merasa layaknya liburan ke pulau privat. Sebab tidak banyak orang yang berkunjung, membuat pulaunya tersebut masih bersih, asri, serta lestari.

Baca: TAMAN NASIONAL KOMODO Tiket & Daya Tarik

Keindahan Pantai dan Laut

Keindahan pantai dan laut Pulau Kelor
Keindahan pantai dan laut di sekitar pulau. Foto: google maps/Canh Tran

Kawasan Labuan Bajo terkenal dengan pantainya yang luar biasa, salah satunya pantai Pulau Kelor. Pasir putihnya sangat cerah dan bersih ketika diterpa sinar matahari.

Ada banyak cangkang kerang yang besar-besar menghiasi pantainya. Kadang terlihat juga serpihan batu karang merah yang terbawa ombak hingga ke pantai.

Lautnya pun cantik dengan air berwarna biru. Pengunjung dapat berenang di pantainya sekaligus merasakan kesegaran sentuhan air laut. Berenang bersama keluarga, teman, atau pasangan akan menjadi aktivitas yang seru.

Baca: BUKIT CINTA Labuan Bajo Bentang Alam Memukau

Snorkeling dan Free Diving

Keindahan wisata bahari sekitar pulau akan membuat wisatawan kagum. Karena kawasan tersebut memiliki terumbu karang cantik beserta kehidupan bawah laut begitu menarik. Wisatawan bisa mengadakan kegiatan snorkeling ataupun free diving di area perairan pulau.

Untuk alat-alat snorkeling, pengunjung bisa membawa sendiri. Bila tak mau kerepotan, pengunjung sebaiknya ikut open trip yang mencakup fasilitas snorkeling. Sebab di Pulau Kelor belum terdapat penduduk yang menyewakan alat snorkeling.

Baca: KELABBA MAJA NTT Eksotisme Pelangi Perbukitan

Trekking ke Puncak Bukit Pulau Kelor

Tracking ke puncak bukit Pulau Kelor
Trekking ke puncak bukit. Foto: google maps/Egi Saputra

Salah satu obyek menarik di Pulau Kelor ialah sebuah bukit kecil yang masih alami. Pengunjung sering menjadikannya untuk lokasi trekking serta pendakian kecil.

Untuk bisa sampai ke puncaknya, hanya butuh trekking sekitar 10 menit. Tetapi jalurnya agak curam dan licin membuat pengunjung harus berhati- hati.

Jalur pendakian bukit ini tidak memiliki tangga ataupun pegangan di sisi kanan maupun kiri. Jika ingin menaiki bukit, sebaiknya memakai sepatu yang nyaman.

Panorama sekitar pulau akan terlihat begitu menawan dari puncak bukit ini. Namun jangan lupa bahwa pengunjung juga harus berhati-hati ketika perjalanan turun.

Baca: 9 Aktivitas Wisata Pilihan Di Pulau Komodo

Spot Foto Instagramable

Spot foto instagrammable di Pulau Kelor
Spot foto instagrammable di Pulau Kelor. Foto: google maps/Vivi Lestari (vivi)

Setiap sudut di Pulau Kelor memang terlihat begitu Instagramable. Sangat rugi jika pengunjung tidak mengabadikannya melalui jepretan kamera.

Area paling keren untuk berfoto yaitu di area dermaganya. Pengunjung dapat berfoto di dermaga berlatar belakang bukit hijau berbentuk piramida.

Selain itu, masih banyak lagi spot foto menarik di pulau ini. Misalnya di atas bukit, karena akan mendapat pemandangan laut biru serta kapal-kapal berlalu-lalang. Boleh juga berfoto dengan memanfaatkan lanskap tepi pantainya.

Warung dan Penjual Suvenir

Terdapat sejumlah warga yang mendiami pulau ini. Warga pulau tersebut biasanya berjualan di tepi pantai dekat dermaga. Banyak warung yang menjual minuman segar, seperti kopi, kelapa muda, dan sebagainya. Juga terdapat penjual oleh-oleh seperti mutiara dan miniatur komodo.

Untuk harga minuman yang dipatok sedikit lebih tinggi dibandingkan harga di Pulau Jawa. Hal itu wajar karena mengingat akses ke Pulau ini tidak mudah. Namun bila ingin menghemat pengeluaran, wisatawan bisa membawa bekal sendiri.

Fasilitas

Di pulau ini tersedia fasilitas dermaga yang bagus untuk tempat berlabuhnya kapal wisatawan. Ada pula warung-warung yang menyediakan minuman bagi pengunjung. Selain itu, ada penjual suvenir yang bisa untuk oleh-oleh atau kenang-kenangan.

Lokasi Pulau Kelor

Pulau Kelor berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Letaknya hanya 1 jam dari Labuan Bajo menggunakan kapal. Pulau ini sebagai pembuka sebelum pengunjung menjelajahi lebih dalam destinasi menarik lainnya.

Berikan Rating

4.9 - 28 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *