Beranda Tiket Wisata

MANTA POINT Komodo Diving Bersama Ikan Pari - Juli 2020

Manta Point Komodo Harga Tiket: Rp1.300.000 - Rp5.800.000/kapal Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Komodo,Pulau Komodo,Manggarai Barat,Nusa Tenggara Timur,Indonesia,-.

Pulau Komodo menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Pemandangan darat dan alam bawah lautnya pun menjadi primadona wisatawan. Karena masih asri dan alami, sehingga berlibur di sini akan membawa kedamaian tersendiri. Seperti halnya mengunjungi Manta Point Komodo.

Manta Point Komodo merupakan spot dimana banyak terdapat ikan pari manta. Tepatnya berada di Labuan Bajo, Pulau Komodo. Untuk mengunjunginya, pengunjung dapat menaiki perahu-perahu kayu. Banyak para penggemar olahraga selam yang menantikan momen berenang bersama ikan ini.

Harga Tiket & Tarif Manta Point Komodo

Biasanya, untuk mengunjungi objek wisata ini jadi satu dengan jasa agen wisata. Sehingga, biaya tiket masuk pun sudah termasuk dan pengunjung tidak perlu membayar lagi.

Harga Tiket
Tiket masukGratis
Sewa Kapal / orangmulai Rp1.300.000
Sewa Kapal / orangMulai Rp5.800.000

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Sekitar Pulau Komodo

Jam Buka

Untuk mengunjungi objek wisata ini, sebaiknya datang di saat terang. Terlebih ketika pagi hari karena gelombang laut belum terlalu besar. Dan tentu tidak disarankan untuk berenang di malam hari. Karena keadaan yang gelap akan mengganggu visibilitas ketika menyelam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Alam Manta Point Komodo yang Indah

Alam Perairan Manta Point yang Indah
Alam Perairan Manta Point Komodo yang Indah. Foto: Gmap/sandal traveling

Hamparan laut akan menyapa pengunjung dengan hangat. Hampir di seluruh mata memandang, hanya ada lautan luas. Warna airnya hijau kebiru-biruan. Dimana di tepi pantai terlihat dengan jelas dasar laut yang jernih itu.

Dapat dikatakan, alam bawah laut di Manta Point Komodo masih alami. Berbagai spesies terumbu karang warna-warni sangat menyenangkan hati. Sekalian menyelam bersama ikan pari, pengunjung juga dapat menikmati indahnya batu karang ini.

Visibilitas air pun masih sangat jelas. Pengunjung dapat menyelam beberapa meter dan masih dapat melihat dengan jelas. Airnya pun begitu jernih, sehingga sinar matahari dapat menembus perairan.

Mengunjungi Taka Makassar sebelum Menyelam

Ikan Pari Manta di Manta Point
Ikan Pari Manta di Manta Point Komodo. Foto: Gmap/yoshiee80

Taka Makassar adalah pasir timbul yang berada di tengah laut. Pasir ini menyembul ketika air laut sedang surut. Dimana, pasirnya putih lembut dan dikelilingi dengan perairan biru kehijauan. Biasanya, pengunjung akan dibawa ke sini sebelum menuju ke Manta Point Komodo.

Perpaduan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih ini begitu memikat hati. Warna pasir di pantai ini begitu unik, sebagian berwarna putih dan sebagian berwarna pink. Namun, pasir pink di sini tidak sebanyak yang ada di Pink Beach. Di sini, pasirnya pun ada yang halus dan kasar, serta banyak karang mati di atasnya.

Taka Makassar masih berada di dalam kawasan wisata Taman Nasional Komodo. Dimana lokasinya persis di sebelah Pulau Komodo. Untuk menuju Taka Makassar, biasanya menggunakan kapal pesiar besar yang diparkirkan di tengah laut. Kemudian naik perahu kecil untuk menuju ke Taka Makassar.

Baca: BATU BOLONG TN Komodo Ragam Keindahan Bawah Laut

Serunya Berenang Bersama Ikan Pari Manta

Sensasi Seru Berenang Bersama ikan Pari Manta
Sensasi Seru Berenang Bersama Pari Manta. Foto: Gmap/yoshiee80

Lokasi Manta Point Komodo tidak terlalu jauh dari Taka Makassar. Dari sini, pengunjung dapat menyaksikan ikan pari manta berwarna hitam. Mengembangkan sayap yang besarnya bisa mencapai tiga meter. Berenang melayang-layang di perairan.

Karena perairannya yang masih jernih, pengunjung bahkan dapat menyaksikannya hanya dari permukaan. Beberapa ada yang hanya melakukan snorkeling saja untuk bisa lebih dekat dengan ikan pari. Ada juga yang sampai menyelam ke bawah laut bersama ikan pari. Tentu bagi mereka yang sudah pandai di bidang menyelam.

Tidak hanya ikan pari manta, di sini pun menjadi habitat dari hewan laut lainnya. Seperti penyu-penyu besar, ikan warna-warni, bahkan terkadang pengunjung dapat bertemu hiu. Terumbu karang yang masih alami pun menjadi pemandangan indah tersendiri. Menjadi harmoni keindahan alam bawah laut di Manta Point Komodo ini.

Baca: 9 Aktivitas Wisata Pilihan Di Pulau Komodo

Berenang Aman Bersama Ikan Pari

Pari Manta merupakan ikan pintar, karena rasio otak dan tubuh paling besar dibanding ikan lainnya. Ikan ini juga tidak dianggap berbahaya, karena dapat mengenali manusia dari matanya. Oleh karena itu, ikan pari tidak canggung berenang dekat dengan manusia. Hanya saja, jika merasa terganggu maka ikan pari dapat menyengat melalui ekornya.

Habitat hidup ikan pari manta adalah di air laut yang memiliki arus. Serta lautan yang memiliki terumbu karang yang masih alami. Karena, tempat tersebut merupakan habitat dari ikan kecil dan plankton. Dimana ikan kecil dan plankton ini menjadi makanan bagi ikan pari manta.

Sambil berenang, pari manta akan membuka lebar-lebar mulutnya untuk memakan plankton. Ikan dan plankton ini akan otomatis terserap dan masuk ke dalam mulut ikan pari. Inilah yang dinamakan sambil menyelam, minum air. Atau sambil menyelam, makan ikan.

Waktu yang Tepat Berenang Bersama Ikan Pari Manta

Ikan Pari Manta yang dapat Dilihat dari Permukaan
Ikan Pari Manta yang dapat Dilihat dari Permukaan. Foto: Gmap/Rizal Fathurahman

Lokasi selam Manta Point Komodo memang yang paling tepat. Di sini perairan masih sangat bersih dan banyak ikan-ikan kecil yang berenang kesana-kemari. Begitu juga dengan batuan karang yang masih sangat subur. Bahkan, dari permukaan laut pun dapat dengan jelas melihat ikan pari memakan plankton-plankton.

Waktu yang tepat untuk berenang adalah saat air laut surut. Selain itu, pari manta ini ada di setiap musim namun tidak di setiap waktu. Terkadang, pengunjung hanya dapat berjumpa dengan satu ikan pari saja. Namun kemudian, datang ikan pari lain yang turut berenang, meski tidak dalam gerombolan yang banyak.

Lokasi Manta Point Komodo

Objek wisata laut ini berlokasi di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pengunjung yang berencana snorkeling atau menyelam di sini harus menyewa kapal. Lokasinya sendiri tidak jauh dari pulau komodo.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini